24 Agustus 2019

KETIPU OLSHOP ABAL- ABAL

24 Agustus 2019

KETIPU OLSHOP ABAL-ABAL

Jumpa lagi dengan mimin kali ini...Btw ni pertama kalinya mo curhatin pengalaman nyebelin dan malu-maluin mimin sebagai pemilik blog.

Hari gini dijaman yang serba canggih, kok bisa-bisanya mimin keche ketipu waktu belanja olshop, tepatnya di salah satu medsos yang udah fenomenal, sebut aja inisialnya instagram wk wk.

Online Shop

Iyaah, pada waktu itu tepatnya bakda zuhur, eeh maksud mimin ini kejadian udah cukup lama, tapi karena gak ada konten yang bagus buat mimin tulis, jadinya pengalaman buruk mimin aja yang bisa di tulis, maksudnya setelah dishare siapa tauk pembaca jadi lebih berhati-hati lagi kalo mau belanja onleen yakk ?

Yuk cekidot bray..yah awalnya waktu itu mimin lagi hobi-hobinya belanja tas via online. Tiap buka ig tuh yang mimin liat cuman model-model tas yang kekinian dan kece gitu gaess. Wk wk maklum jiwa narsis mimin lagi keluar nih aslinya.

Tas yang mimin taksir itu sebetulnya sih gak juga mahal-mahal amat lah, masih masuk akal dan sesuai dengan kantong mimin, lagian bukan merk ternama dari luar gituhh, ya iya kali brand ternama tapi murah itu sih udah pasti kw, alias palsu. Mimin sih gak mau ketipu ama produk kw.

Baca dong :

* Tas Cantik Saveron Bag
* Perayaan 17 Agustus Yang Sederhana
* Kamu Mengidap Phobia ?

Mimin juga masih cinta produk dalam negri, walo ga nutup mata produk luar juga ok sih , cuman mehong gaess, jadi cukup sadar diri aja.

Berhubung mimin udah naksir berat ama bentuk tas kesukaan mimin, langsung tuh cap cus mantangin ig si olshopnya, mimin liat followersnya cukup banyak, gitu juga chat di ig lumayan gitu, tapi gak tau juga ya asli apa enggak, soalnya gak ngerti juga.


Online shop


Maka jadilah mimin pesan tas yang udah mimin taksir ke penjualnya lewat chat di ig juga via whatsapp broo. Akhirnya setelah pilih-pilih warna dan ukuran serta modelnya yang kecheh, maka mimin langsung aja pesan pada si penjual olshopnya, mimin sih gak kepikiran bakalan ada yang aneh-aneh gitu, karena mimin selalu berfikir positif alias khusnuzon  aja ama orang lain gituh.

Setelah transaksi berlangsung via chat [ sayang udah mimin hapus karena sebel  dan trauma ] maka mimin langsung deh tf alias transfer duit sesuai nominal harga yang tercantum sekalian ongkirnya sekian-sekian.

Baca Yuk :

* Curcol Dikit Dong
* Cerita Tentang Hujan
Bukan Bintang Kejora

Yups, transaksi berhasil dan si mbak olshopnya juga udah wanti-wanti mimin bahwa barang akan segera dikirim setelah mimin menunjukkan bukti transfernya [ udah di apus juga ].

Sampai sejauh ini sih mimin masih berfikir positif ya gaess. Malahan mimin sempet chat ke adminnya gak pake lama, emang dikira mau pesen bakso barangkali ya ?

Chat pun berbalas, mohon bersabar ya kepada pelanggan, barang akan segera dikirim bla-bla-bla. Mimin pun bersabar menunggu dengan hati berbunga-bunga seperti menunggu kekasih gitu wk wk.

Hari berganti minggu, genap seminggu blom ada kabar beritanya, apalagi ujud barangnya sodara-sodara. Dengan sabar mimin tunggu sampai genap sepuluh hari, apa daya barang yang ditunggupun tak menampakkan kehadirannya, hati mimin menjadi resah dan gundah hi hi.

Berhubung mimin udah gak sabaran dan sedikit kesel, akhirnya mimin coba chat nomor whataspp yang ada, disitu terlihat gak aktif alias chat mimin gak pernah dibalas, duuh sebel rasanya, odah gondok bin gedek ni hati mimin.

Akhirnya mimin coba cek ig nya si olshop, ternyata gak aktif gaess alias banyak juga chat-chat yang baru yang sama nasibnya seperti mimin, alias ketipu gitu.

Lemes deh ni badan mimin, duit hilang, barang gak datang, percis seperti ketipu ama gebetan yang kita taksir di medsos gak taunya dia menghilang gitu aja gak ada kabarnya.

Ada juga yang dm ke ig mimin bertanya apa mimin juga pesen tas dari olshop merk anu, eh gak taunya mereka juga jadi korban olshop abal-abal gitu looh.

Mimin yang dasarnya bukan orang yang judes, akhirnya keluar juga tuh umpatan kekesalan mimin, afggtiiii&&&&&&****%%%% pokoknya hati mimin udah kesel campur gondoknya udah sampe ubun-ubun.

Yang lebih keselnya lagi tuh akhirnya akunnya si olshop itu di kunci alias di private gitu, ya susah dong kalo sudah gitu ? huuuft...kalo enggak salah udah sebulan lebih barang pesanan mimin gak juga datang dan menampakkan dirinya. Udah fix kalau seperti ini mah pasti ketipu !!

Mimin coba bertanya ke beberapa orang yang sempet mimin chat, ternyata mereka juga sama saja gak bisa menghubungi si adminnya. Lebih parah lagi, ig mimin di block ama si olshop abal-abal, jadi gak bisa lagi mimin ngomel-ngomel menyalurkan bakat mimin , kesel-kesel-kesel, bete-bete-bete dah !!!

Makanya sebagai pengalaman yang gak ngenakin ini mimin bagi ke pembaca sekalian agar gak gampang terhanyut oleh tipu-tipu oshop abal-abal. Jangan juga tergiur dengan jumlah followersnya yang udah puluhan ribu, gak selalu ngejamin, walau gak semuanya begitu sih.

Lebih baik berbelanja ke toko atau olshop yang memang udah jelas alias udah banyak aplikasi resminya di app store gitu. Jangan juga gampang tergiur dengan harga murah alias produk kw.

Belanja saja di olshop yang sudah terpercaya dan lihat juga testimoni pelanggan, siapa tau bisa jadi pertimbangan kalian selaku konsumen, sekali lagi bijak dalam berbelanja hemmm.

Ini juga menjadi pengalaman yang gak akan terlupakan oleh mimin, sekedar pengingat buat mimin supaya lebih berhati-hati kedepannya.
Selamat berbelanja..
Ingat-ingat kejahatan itu terjadi karena adanya niat dari pelakunya, ting-ting...


Salam santun




19 Agustus 2019

TAS CANTIK dari SAVERON BAG

19 Agustus 2019

TAS CANTIK  dari  SAVERON BAG

Hai ladies, kali ini aku mau cerita sedikit asal muasal aku menulis tentang salah satu produk yang terbuat dari kulit ular phyton berupa tas. Sebetulnya tidak hanya tas saja, tapi juga dompet. Ada juga beberapa produknya yang terbuat dari kulit sapi dan tenun ikat, namun kali ini admin khusus membahas mengenai tas yang terbuat dari kulit ular phyton saja, mungkin lain kali admin akan mengulas produk tas kulit lainnya.


tas kulit ular

Sebenarnya sih ini sekedar ulasan ringan saja, kebetulan aku punya sahabat yang sudah lama sekali aku kenal alias best friendnya aku, beberapa saat yang lalu aku pernah menulis tentang dia di blog aku, cekidot my little friend.

Nah sahabatku ini rencananya sih mau memasarkan produk tasnya lewat website, tapi berhubung belum sempat terealisasi karena kesibukkannya, jadinya dia hanya memasarkan secara langsung di tokonya atau lewat medsos saja dan selalu mengikuti pameran-pameran yang sering diadakan. 

Baca yuk :

* Kamu Mengidap Phobia ?
Mengatur Duit Simpel Ala Saya
* Curcol Dikit Donk

Btw aku disini sebagai admin hanya membantu mereview produknya saja sedikit, tidak ada niatan yang lain, murni membantu sahabatku saja.

Tapi dia bilang ke aku kalau aku bisa memasarkan produk jualannya janjinya mau mengajak aku jalan-jalan ke negara paman Sam sana, menggiurkan banget tawarannya cuman rasanya sulit ya.

Tahu sendirilah aku tidak punya bakat bisnis berjualan apalagi menawarikan produk-produk, ya jadinya aku hanya bisa membantu review produknya saja .
Hitung-hitung sebagai ucapan terimakasihku karena dia sudah sempet memberiku  tas kulit ular versi mini alias clutchnya yang imut dan cantik.

Yuk gak usah panjang x lebar cap cus di lihat saja gambarnya, barangkali saja ladies diluar sana sebagai penyuka produk tas dari kulit ular khususnya[phyton] yang tertarik buat beli produknya, kualitas juga oke, jahitan rapih, harga juga sesuai dengan kualitas dan tidak pasaran.

Baca Yuk :

* Efek Kelamaan Gak Update dan BW
* Cerita Tentang Hujan

Berikut adalah sebagian gambar dari produk Saveron Bag dan harga yang tercantum, sesuai dengan aslinya.  Btw tas ini ukurannya sedang ya. Jahitannya juga rapih dan warna sesuai dengan gambar yang ada, cantik-cantik ya ladies.

Tas kulit ular phyton
Rp 1.300.000,-

Tas kulit ular phyton
Rp 1.300.000,-
Tas kulit ular phyton
khusus warna hijau Rp 1.200.000,-
Untuk warna coklat/merah Rp 1.300.000,-

Itu tadi sedikit review produk Saveron Bag, buat yang berminat bisa menghubungi admin ya.. siapa tahu berminat. Sebelum dan sesudahnya admin mohon maaf jika reviewnya cukup singkat, kalau ada yang kurang jelas bisa bertanya ke admin langsung. 


Salam santun. 





18 Agustus 2019

PERAYAAN 17 AGUSTUS YANG SEDERHANA DI TEMPATKU

18 Agustus 2019

PERAYAAN  17 AGUSTUS YANG SEDERHANA DI TEMPATKU


Halo temens, kali ini mimin mau nulis sedikit cerita tentang perayaan kemerdekaan 17 Agustus yang ke 74 di sekitar tempat tinggal mimin. Sebetulnya bukan sekedar perayaannya aja sih, tapi makna dibalik kemerdekaan yang ke 74 RI itu sih yang lebih penting. Semoga aja belom terlambat yak ? Kok mau buat judul aja ribet ya, tapi ya sudahlah...


HUT ke 74 RI


Sekedar pengingat saja tentang beratnya perjuangan para pahlawan kita yang gugur dimasa lalu. Kalo sekarang kemerdekaan gak lagi menggunakan bambu runcing saja untuk meraihnya, namun banyak hal yang bisa kita lakukan dibalik  kemerdekaan, dan perjuangan kita juga gak hanya sekedar selesai sampai disini.

Baca yuk :

* Masih Setia Memilihmu
Lebih dari itu, kemerdekaan dan perjuangan bisa diisi dengan berbagai hal, bekerja dan belajar juga merupakan perjuangan hidup, hal-hal simpel yang bisa kita lakukan juga bisa disebut perjuangan loh, seperti menulis di blog, berdagang, bertani, buruh, guru dan sebagainya juga disebut pejuang. 

Berjuang untuk memenuhi kebutuhan hidup, berjuang mengajarkan pendidikan dan sebagainya. Jadi berjuang sekarang gak melulu mengandalkan kekuatan fisik atau bambu runcing seperti dulu. Karena zamannya sudah beda.

Baca yuk :

* Aku Si Anak Ojol
* Nobody's Perfect
* Blog TLD Tak Bisa Di akses Tanpa www

Balik lagi tentang perayaan sederhana menyambut kemerdekaan RI di tempatku ini sih lebih dikhususkan ke anak-anak kecil yang ada dilingkunganku.

Yah namanya bocah, kalo gak ada lomba-lomba gak meriah katanya, meskipun lombanya hanya seadanya aja, maklumlah kami disini juga sekedar ambil sumbangan secara sukarela enggak memaksa.

Lomba 17 Agustus
Lomba makan kerupuk, abaikan emot ya...

Adapun lomba yang diadakan di tempatku sebenarnya gak jauh berbeda dengan tempat lainnya seperti :

* Lomba makan kerupuk
* lomba joget dengan balon
* lomba bawa kelereng dengan sendok
* lomba oper tepung alias memindahkan tepung dengan piring kecil.

lomba joget balon
Lomba joget balon

Yang terakhir dan gak kalah serunya adalah bancakan alias makan bersama, meskipun sederhana tapi kebersamaannya itu looh yang dicari, gak ngoyo harus berlebihan.

bancakan atau makan bersama
Bancakan alias makan bersama

lomba kelereng dengan sendok
lomba kelereng dengan sendok

Dan mimin selaku ibu-ibu kompleks juga ikutan ambil foto alias jadi fotografer dadakan alias sekedar pake smartphone aja buat dokumennya.

lomba tabur tepung
lomba tabur tepung, wk wk

Berhubung anak-anak kecil yang ada disekitar tempat tinggal mimin gak terlalu rame, jadinya yang ikutan lomba juga gak banyak, yang heboh justru ibu-ibunya wk wk, maklumlah jarang dapet hiburan kali ya hi hi.

Hadiah juga sederhana aja, gak yang mahal-mahal, kalo anak-anak sih dapet bungkusan snack dan hadiah berupa buku tulis, dan peralatan sekolah aja udah girangnya minta ampun, maklum bocah ya..

hadiah lomba
dapet hadiah snack udah heboh hi hi

Btw, tanpa panjang lebar lihat aja foto-foto kegiatan menyambut kemerdekaan yang ke 74 RI di sekitar tempat tinggal mimin, cekidot...liatnya diatas yak..

Itu tadi sedikit cerita tentang kegiatan kemerdekaan di tempat tinggal mimin, gimana dengan perayaan kemerdekaan di tempatmu ? 


Salam santun

16 Agustus 2019

KAMU MENGIDAP PHOBIA ?

16 Agustus 2019

KAMU MENGIDAP PHOBIA ?

Phobia adalah rasa takut berlebih yang dirasakan oleh seseorang akan suatu hal. Biasanya phobia dipicu oleh trauma atau hal-hal lainnya. Banyak didunia ini orang yang pernah mengalami phobia, setidaknya sekali dan semacam dalam hidupnya.


phobia


Bagi sebagian orang phobia sulit untuk dimengerti, karenanya banyak yang menjadikan penderita phobia sebagai objek atau bahan candaan karena ketidak tahuan mereka.

Ketika phobia terjadi biasanya si penderita akan mengalami rasa takut yang berlebihan dan mengalami rasa panik yang menyebabkan kesulitan bagi penderitanya. Bahkan pada kasus yang serius biasanya penderita akan mengalami sesak nafas, tekanan darah tinggi, nyeri pada perut, pusing bahkan serangan jantung.

Kebetulan sebagai penulis saya memiliki phobia, tetapi juga kurang mengerti saya termasuk ke dalam golongan phobia jenis apa, karena ternyata phobia itu ada banyak macamnya. Namun ada 3 jenis golongan utama :

* Phobia sosial
* Agoraphobia
* Phobia spesifik

Phobia sosial :

Biasanya penderita mengalami kegelisahan terhadap situasi sosial dan berkaitan dengan kehidupan sosialnya, seperti tidak berani menerima telfon, menghubungi seseorang dan sejenisnya yang berhubungan dengan kehidupan sosial.

Agoraphobia

Ketakutan terhadap suatu tempat atau pada ruangan yang terbuka. Penderita biasanya lebih nyaman berada di rumah atau tempat yang dianggap mereka lebih nyaman, hampir mirip dengan phobia sosial hanya saja lebih sulit karena mereka memiliki ketakutan dan menganggap tidak dapat keluar rumah tanpa adanya pertolongan dalam keadaan darurat dan medis, wah ternyata seram juga yaaa.

Phobia spesifik

Biasanya lebih spesifik pada hal tertentu seperti :

- ketakutan berbicara di depan umum
- takut terhadap ketinggian [ wah ternyata saya termasuk phobia spesifik nih ]
- takut terhadap binatang
- takut gelap dan ruangan yang sempit dan tertutup dan sebagainya.

Yang jelas saya selalu takut pada ketinggian tertentu, kalau ketinggiannya masih masuk akal okelah saya bisa mengatasinya. Tapi pada ketinggian tertentu contohnya saja seperti jembatan penyebrangan entah kenapa saya selalu merasa takut dan deg-degan.

Memang sih gak sampai mengalami seperti hal-hal diatas. Hanya saja setiap naik jembatan penyebrangan yang lumayan tinggi dan panjang, saya tidak berani tengok kiri dan kanan, dan sebisa mungkin  memegang tiang jembatan tersebut. Duuh parah-parah.

Kadang hal yang dianggap sepele oleh sebagian orang tapi menyusahkan buat saya. Padahal lumayan sering menyebrang dengan menggunakan jembatan penyebrangan, tapi tetap saja merasa takut, dan badan sedikit kaku kalau berjalan, deg-degan, mungkin karena takutnya yang berlebihan ya ?

Satu lagi saya juga takut kalau naik pesawat, setiap masuk dan duduk dalam pesawat  saya selalu merasa gak nyaman dan deg-deg gak karuan, tapi yang bisa saya lakukan hanya menarik nafas panjang dan menghembuskannya perlahan berulang-ulang, katanya sih supaya lebih rileks, dan yang paling penting berdoa.

Pernah dalam suatu perjalanan saya menggunakan salah satu maskapai Indonesia yang hendak bertolak ke salah satu tempat, dari pertama take off sampai diatas saja pesawat memang sudah tidak nyaman, bahkan ternyata bukan saya saja yang merasakan tidak nyaman.

Disebelah saya ada seorang dokter yang saya ajak ngobrol buat menghilangkan rasa takut, ternyata si dokter juga merasakan hal yang sama. Entah kebetulan saja karena pada ketinggian tertentu, atau karena saya memang merasa tidak nyaman di dalam pesawat, saya juga gak ngerti.

Biar deh dibilang norak, emang gitu kenyatannya hi hi. Pokoknya setiap perjalanan yang menggunakan pesawat saya tuh seperti gugup dan perut ga nyaman aja rasanya.

Salah satu hal yang cukup mengganggu sampai sekarang adalah saya juga sedikit takut dengan air dalam bak kamar mandi yang ukurannya cukup besar apalagi kalau bak mandi tersebut berwarna gelap alias masih semen biasa.

Seperti ada yang keluar dari dalam air dan ada yang menarik tangan saya, padahal itu hanya rasa takut yang berlebihan saja, gak ngerti juga kenapa segitu takutnya.

Untung saja saya jarang mengalami kejadian tersebut, barangkali karena  dulunya pernah mengalami kejadian tersebut saat masih kecil, jadi sampai sekarang masih suka takut kalau ketempat-tempat yang kamar mandinya seperti itu.

Kebanyakan penderita phobia biasanya akan menghindari sumber masalah sebisa mungkin, namun beberapa ahli merekomendasikan terapi perilaku kognitif untuk membantu penderita.

Ada juga yang menyarankan untuk tetap menghadapi rasa takutnya, misalkan seseorang takut akan tikus atau badut, beberapa ahli menyarankan untuk tetap menghadapinya, dan mengatasi situasi dan rasa takut dengan menyentuh tikus atau badut tersebut.

Sehingga diharapkan penderita phobia bisa sedikit mengurangi rasa takut yang berlebihan, jadi kesimpulannya adalah :

* Menghadapi rasa takut
* Mengatasi situasi dan fikiran dari rasa takut

Namun jika kalian pernah atau masih mengalami phobia yang cukup parah yang bisa mengganggu keseharianmu, sebaiknya sih berkunjung pada yang ahlinya ya, supaya rasa cemas dan takutmu bisa diatasi.

Sampai saat ini saya juga masih berusaha untuk mengatasi phobia akan ketinggian dan air didalam bak mandi yang cukup besar dan gelap, kedengarannya memang aneh dan gak masuk akal sih.

Tapi nyatanya tetap saja masih merasa takut, namun saya tetap mengikuti saran ahli untuk tetap menghadapi dan mengatasi situasi dan fikiran dari rasa takut. Semoga saja bisa membantu.

Lebih dan kurangnya mohon maaf, karena mimin hanya menuliskan apa yang di rasakan saja sampai saat ini. Sumber hellosehat.com


Salam Santun


11 Agustus 2019

MENGATUR DUIT SIMPEL ALA SAYA

11 Agustus 2019

MENGATUR DUIT SIMPEL ALA SAYA

Apa kabarnya gaes.. Sudah lumayan lama saya ga update tulisan nih, moga-moga aja masih ada yang mau mampir di blog admin yang sedikit kece yaa... ngarep.com

Btw, ngatur duit itu buat sebagian orang itu susah-susah gampang, alias banyak susahnya dari pada gampangnya, apalagi buat golongan kelas yang biasa-biasa aja kayak saya wk wk.

Cara mengatur duit simpel

Tapi sebagai orang yang sadar pentingnya mengatur masalah keuangan yang rada-rada sensitif ( kayak kulit wajahku ) makanya saya berusaha dengan sekuat tenaga dan daya upaya tetep aja mengatur keuangan tiap bulannya biarpun hasilnya ga terlalu signifikan,  tapi minimal saya punya niat dan komitmen buat tetep nabung biarpun gak banyak.

Biasanya saya selalu menyisihkan hasil pendapatan yang gak seberapa ini kedalam beberapa post.
Sekitar 20-25 persen selalu saya usahakan untuk saya sisihkan seperti tabungan, barangkali memang gak ideal seperti anjuran pakar keuangan ya. Baru deh sisanya yang 75-80 persen saya bagi-bagi dalam beberapa pos. Adapun yang biasanya saya lakukan adalah sebagai berikut :

* 20-25 persen untuk tabungan [ sisihkan, bukan sisakan ].
   Seperti  asuransi,  rekening tabungan , apapun itu bentuknya.

Keperluan rumah tangga seperti listrik,  air, dll.

* Konsumsi,  biaya pendidikan,  hiburan , belanja ini itu.

* Dana darurat,  btw biarpun ga banyak tetap sewaktu-waktu diperlukan.

* Jangan lupa sadaqohnya.

Selama ini saya masih tetap menjalankan cara ini buat keluarga kecil saya, yah biarpun kadang masih juga suka kecolongan wk wk,  maklum yang namanya perempuan ga bisa lepas dari jiwa diskonan kalo udah belanja parah-parah-parah , jangan ditiru ya gaes.

Namun sebagai ibu yang "berusaha terlihat baik",  saya selalu menyisihkan dana buat investasi  juga loh biarpun ga banyak, itung-itung buat bekal hari tua kelak [ semoga panjang umur Amiin YRA ], dan itu gak saya kutak-katik gaes.

Nah kalo kalian googling ada tuh kalo kalian mau invest dana berupa sukuk  tabungan ST005 yang berlangsung dari tanggal 8 -21 Agustus 2019 ini loh..bahkan  ini adalah produk investasi berbasis syariah yang diterbitkan pemerintah kepada warga negara Indonesia perorangan, jadi lebih nyaman dan aman.

Baca Yuk :


Bahkan dengan dana minimum 1 juta rupiah kalian sudah bisa invest dengan imbalan sebesar 7,4%. per tahunnya. Syarat dan ketentuan ya dibaca sendiri ya.. Ato kalo gak mau ribet tinggal datang aja ke bank-bank yang sudah di tunjuk pemerintah seperti BCA, Mandiri, BNI, BTN, BRI Syariah, Mandiri Syariah dan beberapa lembaga keuangan lainnya.

Semakin besar dana yang di invest ya semakin besar bagi hasilnya looh,  jadi buat kalian yang tertarik buruan gih sebelum  masa berlakunya berakhir.

Sedang untuk keperluan sehari-hari saya sekedar menabung buat bisa diambil sesekali saja, jika sakit kebetulan saya dan keluarga mengikuti aturan pemerintah alias BPJS ( walo sedikit ribet ngurusnya).

Memang sih dana bpjs jarang banget saya dan keluarga gunakan, selain rada ribet ngurusnya kesana kemari, ngantri berjam-jam kudu sabar gaes,  jadi kalo sakit sementara ini saya dan keluarga selalu bayar pake duit pribadi alias umum aja,  soalnya ga mau ribet dan lebih cepat aja biarpun rada mahal dikit .
.
Syukurnya aku terdiri dari keluarga kecil jadi gak terlalu berasa banget,  gak kebayang kalo keluarga berencana ( keluarga besar ga ada rencana ) ups.

Dengan nyisipin dana ala saya,  minimal saya ga terlalu silep mata alias ngiler buat beli ini itu berlebihan,  ya sesekali berburu diskonan ga apa sih karena itu buat ngilangin setres juga sekalian bikin rileks fikiran asal gak bergaya BPJS alias  budget pas-pasan jiwa sosialita  hi hi siapa yaaa...
.
O iya gaes saya juga selama ini ngikutin asuransi juga  pada salah satu bank,  yah biarpun ga besar amat minimal saya berusaha untuk tetep komit menabung loh.

Apalagi biaya pendidikan sekarang ini lumayan mahal,  kalo ga pinter-pinter ngaturnya bisa berabe yaa. Tahu sendiri kalau segala sesuatunya pasti keluar duit,  mau pipis aja ke toilet umum keluar duit.

Terakhir,  itu tadi  cara mengatur budget  simpel ala saya selaku admin,  yah emang sih cara ini terlihat biasa saja, tapi jika cara yang sederhana aja gak diterapkan ya percuma donk, semuanya tergantung niat dan ketekunan . Barangkali saja ada temans yang mau menambahkan... Monggo silahkan saja, siapa tau ada yang mau berbagi tips dan sarannya.


Salam Santun

1 Agustus 2019

CURCOL DIKIT DONK

1 Agustus 2019

CURCOL DIKIT DONK


Tulisan diawal bulan agustus ini sedikit banyak bikin aku buat berfikir ulang untuk out dari my blog buat selamanya. Setelah ku fikir dengan berbagai pertimbangan dan membaca sebagian komen dari beberapa temans rasanya kok memang sayang banget kalo blog ini ku tinggalkan.

jejak langkah


Ibarat orang kadung eh maksudku terlanjur melangkah ya udah deh lanjutin aja melangkahnya, jangan balik kebelakang, sekedar pengingat buat diri sendiri aja, all the things I left behind...semoga kedepannya lebih baik.

Gak sekedar domainnya aja yang masih tersisa empat bulan lagi, bukan perkara itu sih, toh ku fikir untuk membayar domain sebesar Rp 135.000/th sih gak terlalu mahal banget yah [ bukan sombong ], tapi memang sayang aja dengan waktu yang masih tersisa, ibarat ngekost, masih sisa empat bulan lagi udah keburu kabur, minimal sampe setahun ini deh.

Baca :

* Efek Kelamaan Gak Ngeblog dan BW
* Selera Musik dari Dulu Hingga Sekarang
Banyak kenangan yang sempat aku tulis di sini, entah itu sekedar curhatan gak penting, pengalaman pribadi, perjalanan , sedikit tulisan tentang resep masakan,  cerpen yang seadanya wk wk,  maklum seumur-umur pertama kalinya nulis cerpen... ternyata susah bingits buat dapetin rasanya πŸ˜„dan tulisan gak jelas lainnya [ yang kadang bikin malu sendiri setelah dibaca ulang  ]πŸ™ˆ.

Semua ku tulis dengan mood yang berbeda-beda, seperti roller coaster yang naik dan turun, maksudnya dengan sifatku yang kadang suka mudian gitu.πŸ˜•

Mulai dari semangat 45 diawal membuat blog, hingga makin kemari semakin  memble aja dan sedikit berkurang saja semangat ngeblognya. Semuanya sudah pernah ku lewati dan masih berlangsung sampai sekarang . Terlihat banget gak profesionalnya yaa.

Memang gak cuma aku aja yang jadwal ngeblognya nurun, ada beberapa temen juga yang sama seperti aku, jadi aku gak sendiri ternyata, minimal gak sendirian xi xi xi.. 😁.

Bukan juga bermaksud ikut-ikutan kayak Ria Richis, youtuber yang kondang itu looh, sempet mundur dari youtube selama empat hari eh katanya balik lagii, wa ka ka...mungkin dia sudah lelah dengan segalanya...

Kalo aku mah sapa atuhhh...mo nongol ngeblog mau enggak juga gak ada yang merhatiin ini hi hi, kaciaan dech loo....

Sudah seharian ini juga aku tuh coba untuk mengurangi menggunakan smartphoneku, alias puasa mengurangi ketergantungan menggunakan handphoneku. 

Bukan apa-apa sih, kadang suka bosen juga dengan segala keriwehannya, bahkan aku mau coba untuk off beberapa jam setiap harinya.
Hanya posting tulisan saja khusus untuk blogku dan kembali smartphone aku matikan.

Kepingin kembali seperti dulu, gak ada bunyi-bunyi dan segala keriwehannya. Lagian gak ada juga hal penting yang mesti aku tunggu dari smartphoneku.

Untung aja dirumah pasang wifi yang memang menggunakan telepone rumah, jadi kalo ada yang butuh ya tinggal calling aja dari rumah khususnya buat keluarga terdekat, kalo diluar itu sementara ini dadah by by.

Semoga aja ini bukan bentuk protesku terhadap keadaan sekeliling yang mulai udah enggak nyaman. #Apapun yang terjadi coz everything's gonna be okay#

Sepertinya aku cuman butuh rehat sebentar dan merecharge ulang batre dalam tubuhku yang udah mulai ngedrop, semoga tetap semangat ngeblognya....

Btw, maafkan kalo judul diatas seperti itu karena memang aku gak tau mesti buat judul apa buat tulisan kali ini , what ever lah. 

Mo buat judulnya "Curhat donk mah" ntar dikira  #curhat donk maah ala mama Dedeh# yang fenomenal itu  πŸ˜

Salam santun

27 Juli 2019

EFEK KELAMAAN GAK UPDATE DAN BW

27 Juli 2019

EFEK KELAMAAN GAK UPDATE DAN BW

Ada yang sedikit berbeda pada tampilan bloggerku, jumlah pengunjung gak terlalu banyak, biasanya sih emang gak banyak juga wk wk, tapi akhir-akhir ini emang terasa banget perbedaannya gak seperti dua bulan yang lewat saat aku masih aktif ngeblog biarpun gak rutin.

Blogging

Memang sih akhir-akhir ini kegiatanku ngeblog agak sedikit berkurang, biasanya diawal-awal bisa seminggu tiga kali, udeh kayak minum obat aja, terus berkurang lagi menjadi seminggu dua kali.

Dengan pertimbangan aku gak mau kelewat ngoyo, iyaah soalnya targetku ngeblog cuman nyenengin dan melampiaskan sedikit curhatanku yang gak penting itu. Lagian wong gak ada masang iklan ini kok fikirku, jadi ya selow aja selow. 

Eh gak taunya makin kesini jatah ngeblog aku jadi cuman seminggu sekali, itu juga masih diselingi dengan sifatku yang mood-mood an. Iya-iya enggak-enggak, kalo kata orang anget-anget tai ayam gitu deeh kakak.

Dan akhirnya makin kebelakang tepatnya sekitar dua bulan terakhir sehabis hari raya, kegiatan tulis-menulisku makin mengerucut ni yee.

Yang biasanya berkurang seminggu sekali sekarang mendadak drastis sebulan hanya dua postingan. Bahkan tampilan bloggerku juga menunjukkan aktifitas yang menurun jika melihat jumlah pengunjung dan penayangan, duuh ngenes..


Draft blogger



Emang sih sehabis hari raya tuh aku memang kebanyakan hilir mudiknya alias kebanyakan liburan. Tapi sehabis liburan bukannya makin tambah rajin eh malah tambah malezz.

Akibatnya tulisaku agak sedikit error ato gak maksimal aja jadinya, padahal katanya kebiasaan yang diasah setiap hari itu akan memepertajam kemampuan kita, tapi nyatanya buatku nol gede. Emang salahku sih gak selalu bisa menuhin targetku sendiri.

Baca juga :

* Selera Musik Dari Dulu Hingga Kini
* My Best Friend Forever
* Bahagia Punya Siapa

Dari awal ngeblog tulisanku ampe saat ini sih baru sekitar delapan puluh dua tulisan aja. kepinginnya kalo bisa ampe seratus tulisan aja dulu deh , kira-kira kekejer gak ya friends ?

Soalnya nanggung amat yak kalo gak diterusin gak genap gitu. Efeknya karena kelamaan gak nulis dan bw, blog akutuh rada sunyi gaes. 

Ya iyalah gimana gak sunyi sepi, wong buka fb aja maleznya minta ampoon, soalnya yang diliat kebanyakan status gak jelas dan lebeeh.

Ada juga beberapa temen yang ternyata setelah aku bw alias sekedar kepingin tau dan kepo ternyata udah lama juga gak update artikel baru.

Baca juga :

* Sehari Tanpa Smartphone
* Masih Setia Memilihmu
* Komentator Dalam Sebuah Blog

Rata-rata mereka tuh terakhir update masih awal-awal juli, bahkan ada yang masih bulan mei dan juni gitu juga looh. " Ya pada bae " karo inyong.

Gak tau apa karena kesibukan atau ada alasan lainnya. Padahal aku sudah membookmark blog mereka satu persatu. Bahkan ada yang blognya gak bisa dikunjungi karena statusnya masih dalam perbaikan.

Padahal aku sih niatnya mau kunbal alias kunjung balik ke blog mereka karena udah kunjungi blog aku, bahkan ada beberapa blog temens yang ketika ku klik bahkan enggak ada sama sekali alias udeh raib alias tutup dan dihapus , yang tertulis cuman blog ini sudah dihapus oleh pemiliknya ato 404 not found, lah kenapa jadi pada gini ?

Cuman ada beberapa temenku yang masih aktif ngeblog, salah satunya mas Arif ini nih, eeh mas Tanza juga kok, btw kalo yang satu ini mah gak usah diragukan lagi gitu looh, tauk sendirilah, ku aja kadang minder sendiri hi hi, perbandingannya bak langit dan bumi, saking jauhnya gak ketemu.

Tadinya aku sempet kepikiran bakalan mau udahan aja ngeblog, buat apa juga sih aku cape-cape nulis, belum tentu juga ada orang yang mau baca tulisanku, kalo dibandingin ama blogger lainnya ya apalah tulisanku ini gak ada seujung kukunya gitu.

Tapi setelah aku fikir lebih jauh rasanya kok sayang juga kalo blognya mau ku tutup selamanya, selain masih ada satu dua yang mampir dan komen, rasanya kok sepi sendiri gitu gak ada kawan wk wk, apalagi suka kangen kalo ada yang komen lucu, bikin geli dan suka ketawa sendiri. 

Emang sih blogku tu aku tulis murni karena memang nyalurin uneg-unegku aja, gak kepikiran harus begini ato harus begitu, pokoknya mengalir aja alla aku gitu yang apa adanya ajalah, mungkin gak sama dengan blognya temen-temen yang udah ada iklan ato apalah, kalo aku ya murni cuman nulis tok buat sementara ini, nggak tau juga kedepannya seperti apa .

Jadi setelah ku fikir-fikir dengan berbagai pertimbangan akhirnya aku gak jadi menutup blog imutku ini, selain masih sayang juga kepingin juga nuntasin minimal seratus tulisan sampai 2019 ini, kalo bisa lebih ya allhamdullilah. 

Memang sih itu masih jauh dari harapan, jumlah sekian sih belum seberapa dibanding dengan blog temans yang tulisannya mungkin udah ratusan lebih bahkan ribuan, minimal aku udah belajar sedikit bahwa menulis itu ternyata butuh konsisten dan niat, gak sekedar nulis aja.

Aku juga cukup menghargai perjuanganku " belajar ngeblog " dari mulai awal hingga saat ini tuh gak mudah ternyata, mulai dari nol dan buta sama sekali mengenai perblogingan. 

Belajar sendiri mulai dari dasar, mendaftar ke google search consule, bw ke blog teman-teman, itu semua ilmu yang aku dapat setelah mulai belajar ngeblog hingga saat ini.

Btw, sekian dulu deh uneg-unegku kali ini semoga aja kedepan gak tambah malas dan kabur dari dunia perblogingan, wasallam.


Salam Santun




24 Juli 2019

SELERA MUSIK DARI DULU HINGGA SEKARANG

24 Juli 2019

SELERA MUSIK DARI DULU HINGGA SEKARANG


Hai, ini kali ke dua aku mulai menulis lagi sejak seminggu yang lewat. Kali ini nggak banyak yang akan aku bahas, dan topik kali ini juga barangkali kalo buat generasi sekarang, barangkali gak begitu menarik buat dibahas.


Music


Tapi sebagai penyuka musik, aku sih cuma sekedar mengeluarkan opiniku aja selaku orang awam. Masih inget gak sih dengan penyanyi yang udah gak keitung jari saking ngetopnya, yaitu bang Virgiawan Listanto alias bang Iwan Fals? 

Wah kalo anak sekarang sih genre musiknya aja udah beda jauh banget yah dari generasi sebelumnya, apalagi generasi saya [ berasa udah tuir bangeeetπŸ˜‚ ] wk wk. Sekarang sih gak dimana-mana musik dan idolanya itu kebanyakan penyanyi Korea, ato boy band gitu, ato apalah, dan jenis musik lainnya.

Gak bisa dipungkiri yang namanya media sosial dan banyaknya aplikasi musik  termasuk youtube, seiring perkembangan jaman juga turut membawa andil tentang keberagaman jenis musik di seluruh dunia, termasuk ditanah air.

Baca yuk :

* Cerita Tentang Hujan
Dengan banyaknya pilihan jenis musik didukung apk yang mumpuni, masyarakat bisa dengan bebas mendengar , melihat dan  mengunduh berbagai jenis musik pilihan. Sekarang semua bisa didapat dengan mudah tinggal memainkan jemari kita langsung bisa mendengar dan melihat apapun jenis musik yang kita pilih.

Balik lagi ke "salah satu" penyanyi kesukaanku bang Iwan Fals, aku gak bisa bilang dia idolaku, soalnya aku juga gak selalu mengikuti perkembangannya sih, maaf kan ya bang Iwan ? Soalnya aku gak pernah mengidolakan seorang  bintang secara berlebihan, gak baik katanya sih.

Tapi sejak pertama kali mendengar lagu-lagu bang Iwan di youtube, aku tuh keinget lagi lagu-lagu hits dia jaman dulu yang emang ngetop banget. Suka nyanyiin lagunya di kamar mandi ato sambil dengerin youtube dengan suara cemprengku, syukur orang rumah gada yang komplen hi hi.

Kebanyakan lagunya bang Iwan tuh menceritakan tentang kritikan beliau tentang segala hal, entah itu tentang politik, sosial, lingkungan, termasuk kehidupan, cinta dan sebagainya. Barangkali ini yang bikin dia terlihat berbeda dengan pemusik dan penyanyi lainnya, ini sih menurut opini pribadi aku aja . 

Iyahh, soalnya aku bukan pengamat musik kayak mas Bens leo itu looh, aku sih cuman sekedar penikmat musik aja. Ya emang gak bisa juga disalahkan, selera atau genre musik masing-masing orang berbeda-beda.

Kebetulan aja aku suka dengan lagunya bang Iwan Fals, tapi itu untuk penyanyi lawas ya, kalo untuk penyanyi sekarang aku lebih suka dengan jenis musik kayaknya Afgan gitu sih, soalnya gak terlalu banyak juga ya penyanyi solois sekarang ini apalagi yang bisa bertahan cukup lama, eh tapi Ari Lasso, juga Andra and The backbone jg aku suka dengerin sih.

Sebenernya banyak juga sih lagu-lagu yang memang cukup bagus aransemen musik dan syairnya seperti mas Chrisye,Once,dan lain-lain.

Kalo dengerin lagunya bang Iwan tuh cukup ngena dihati banget, judulnya aja kadang rada gak umum gitu didenger, bahkan kadang sedikit nyeleneh yah kalo menurut aku .

Ada beberapa lagunya yang emang bener-bener nyentuh hati seperti lagunya yang " Sarjana Muda ". Kalo diperhatikan lirik lagunya tuh nyeritain tentang lulusan sarjana yang susah banget dapet kerjaan. hal yang masih berlangsung hingga saat ini.

"Engkau sarjana muda resah mencari kerja
mengandalkan izasahmu...
Empat tahun lamanya berkelut dengan buku
Tuk jaminkan masa depan...

"Engkau sarjana muda resah tak dapat kerja
Tak berguna izasahmu
Empat tahun lamanya berkelut dengan buku
Sia-sia usahamu..

Aku sempet liat di youtube kalo lagu ini di bawakan ulang oleh seorang cewek cantik dengan gitarnya, tapi entah kenapa , aku sih lebih suka denger lagu aslinya yaa, soalnya musiknya lengkap dan pas aja kalo bang Iwan yang bawain., tergantung selera juga sih.

Banyak judul lagu yang tercipta dari tangan dinginnya bang Iwan yang jadi hits dan masih terkenal hingga saat ini sepert " Ibu ", " Bento dan Bongkar " tentang kritik sosial atau " Umar Bakri " tentang sosok pendidik, atau " Isi Rimba Tak Ada Tempat Berpijak lagi dan Lautku Tak Biru Lagi " tentang lingkungan, masih banyak lagi lagu-lagu hits beliau yang memang enak didenger, nyambung aja gak tua gak muda.

Ada salah satu lagu tentang anaknya yang berjudul " Galang Rambu " yang mengisahkan tentang kelahiran sang anak saat terjadi krisis ekonomi. Atau judul lagunya " Ethiopia ", tentang kelaparan , peperangan dan humanisme.

Pokoknya gak sekedar enak didengar karena memang enak, tapi juga sarat dengan berbagai pesan moral didalamnya, bahkan lagu bertema cinta aja tuh gak sesederhana itu loh maknanya.

Ada satu lagu favorit aku " Yang Tak Terlupakan ", udah lagunya enak, agak sedikit melow sih, tapi gak berkesan cengeng, wahhh jauh banget deh kalo bang Iwan bermusik, gak mendayu-dayu atau cengeng, jauh dari kesan itu, tapi dapet aja rasanya dalam bermusik dan mencipta lagu.

Tapi aku udah lama gak liat kemunculan beliau di media seperti televisi, gak tau sih kalo ada off air, aku juga memang gak mengikuti perkembangan beliau.

Semoga aja sih ditangan dingin beliau dan pencipta lagu lainnya, banyak tercipta lagu-lagu yang sarat dengan makna, gak sekedar asal mencipta lagu, booming dan gak lama langsung menghilang.

Kalau sekedar mencipta lagu itu barangkali buat banyak orang mudah, tapi membuat lagu itu tetap didengar dari era jaman masih kiplik atau jaman batu sampai jaman sekarang abad dua satu dan mempertahankannya itu yang gak mudah. Dan lagu-lagunya bang Iwan masih senantiasa enak didengar dan tetap bertahan hingga saat ini, itu yang bikin salut. 

Salam Santun


18 Juli 2019

AKHIRNYA BISA JUGA LOH MENDAKI PUNCAK GUNUNG PAPANDAYAN

17 Juli 2019

AKHIRNYA BISA JUGA LOH MENDAKI PUNCAK GUNUNG PAPANDAYAN



Horee....., akhirnya jadi juga liburan ke Jawa Barat, tepatnya kabupaten Garut. Memang sih rencana liburan ke tempat ini udah dari sebulan yang lewat, bahkan sudah jauh-jauh hari pesen hotel dan sewa travel selama perjalanan pulang pergi dan selama liburan disana.

Jadi gak bingung-bingung lagi selama berkeliling menikmati suasana di sana, selain pak sopirnya juga ramah dan anteng bawa kendaraannya selama perjalanan, eh nama pak sopirnya itu pak Arif, katanya dia asli Betawi cuman menikah ama orang Garut gitu looh...

Perjalanan ke Garut malam itu tepatnya hari kamis malam jumat eng -ing -eng dah kayak judul film horor aja( tapi bukan malem jumat kliwon yak  πŸ™€) tanggal 11 juli kemaren sekitar pukul sembilan malam, soalnya nunggu kakakku yang ngajak jalan itu pulang kerja dulu, duuh padahal udah dari jauh-jauh hari dia minta cuti dua hari saja jumat dan senin, tapi kerjaan dikantor malahan numpuk, jadi deh kami berlima menunggu dengan sabar wk wk (jangan menyerah -jangan menyerah lagunya the masiv ).

Baca dong :

* Cerita Jalan Ke Philipine Ep. satu
* Cerita Jalan Ke Philipine ep. dua
Sampai akhirnya si kakak dateng dari kantornya, ciluk baa...., cuci muka dan sholat isa sebentar langsung capcus deh... bahkan gak sempet lagi mandi dan ganti baju, πŸ™Š soalnya udah kemaleman, sedang perjalanan ke Garut dari Jakarta ditempuh dalam waktu sekitar lima jam...belom lagi jika ditambah macet di tol Cikampek, bisa-bisa molorr dah waktunya, sungguh selow amat selow.. 

Untungnya pak sopirnya udah berpengalaman, selain aman bawa kendaraannya, dia juga tau jalan tikus buat menghindari macet dijalan tol.
Tau kan selama perjalanan menuju Cikampek sedang ada pembangunan jalan layang, gak kebayang macetttnya....ya ampooon.

Sekitar jam dua malam waktu Garut, eeh... sama aja keles , ku kira waktu luar negri  πŸ˜. Garut masih di Indonesia juga yakkk hi hi. Kami sampai disana disambiit eh disambut dengan udara tengah malam menjelang subuh yang dinginnya gak ketulungan. Ni kalo ngomong aja ampe gigi beradu dan menggigil minta ampun.

Baca donk :

* Ke Bandung euy
* Liburan Murah alla Aku
Beeerr... kok dinginnya koyo ngene yoo, udah mata ngantuk, badan lelah ditambah udara dingin, barangkali sekitar 20 derajat celcius suhunya..#.gak kuat -gak kuat aku gak kuat.. emang kamyu playboy playboy..# eeh kok malahan nyanyi lagunya cheribell..😬.

Setelah beberes nyelesain administrasi , langsung deh capcus menuju kamar masing-masing. Kebetulan yang berangkat rombongan ada enam orang, jadi pesen tiga kamar cukup deh sekamar ber dua, langsung bobok cantik gak sempet mandi dan cuci muka, nguantuk rek.. kerukupan..ademm.
kamojang green hotel & resort

Btw, nama hotel pertama yang kami singgahi selama dua malam adalah Kamojang Green Hotel & Resort. Hotelnya menganut  gaya modern buat kamar hotelnya dan berkesan tradisional buat resortnya, dengan fasilitas yang lumayan lengkap karena selain kolam renang yang berada di lantai atas, unik yaaa. 

Juga jika sarapan pagi hari kita bisa melihat suasana di sekitar area breakfast sambil melihat kolam buatan alias danau buatan yang lumayan luas yang berisi perahu tradisional yang menghubungkan antara resort atau kamar satu kekamar lainnya selain jalan kaki disekitar hotel. 

Belom lagi sarapannya dengan menu yang super lengkap dan ueenake ditambah suasana yang adem semriwing gituuu. Mengenai harga atau tarif bisa cek ajaa ato googling aja deeh.

Lanjut hari pertama rencana jalan kami adalah menuju Kebun mawar Situhapa, (situ lagi gak hapa-hapa pan?)  πŸ˜‚gak tau kenapa namanya gitu yaaa...Tapi begitu sampai disana , apalagi khususnya ciwi-ciwi yang cantik dan hobi foto-foto, rasanya kepingin banget guling-guling di rumputan yang hijau dan luas.


 Kebun mawar Situhapa

Blom lagi hamparan kebun bunga mawar beraneka warna dan jenis tanaman bunga lainnya, pokoknya betaah banget deh disana, udah adem, bersih, pokoke bisa bergaya alla-alla teteh Syahrini deh....bunga-bungaa.... yang maju mundur syantik ituh...sambil tidur-tiduran ba ha ha ...

Mengenai harga tiket masuknya aku kurang jelas juga yakkk, maklum soalnya semuanya gretongan, mulai dari hotel, makan, kendaraan semua gratis hi hi, jadinya segala urusan perduitan akuu cuman duduk manis ajahh. Yang jelas gak mahal kook tapi puase pool. Makloom bukan endorse.... Tapi ku nya hepii karena semua gratis πŸ™ˆ. Maaciih buat kakakku tersayaaang, sering-sering yah..

O iya, berhubung udah rada siang dan laper, maksi kami di mang Asep Stroberi yahh, menunya Sundaan banget looh yang pasti enake nampol. Ada ikan bakar, tempe tahu goreng,  nasi liwet, empal goreng, sambel dan lalapan, sluruuuuup.. mantafff. 

Lanjut jalan ke lokasi wisata lainnya setelah "perut kenyang hati pun riang" (itu adalah motto hidup ku) πŸ˜‚ adalah menuju ke "kawah kamojang".
kawah kereta api kamojang
Perjalanan cukup menanjak yah, sehingga mobil juga jalane pelan-pelan bingits karena Garut merupakan daerah pegunungan. Penumpangnya cukup berdoa ajalah, ni mobil kira-kira ketanjak gak kituu. Allhamdullilah nyampe juga.

Disana terdapat beberapa kawah yang mengeluarkan uap belerang yang cukup kencang dan bau belerangnya yang khas itu, hayoo mirip bau apa yaaa.. 

Ada salah satu kawah yang namanya cukup unik yaitu kawah kereta api, barangkali karena bunyinya yang kencang seperti kereta uap jaman dulu, tuuut-tuuut gitu kenceng banget bunyi dan semburan gasnya looh, tapi kita kudu tetep waspada.

Disepanjang kawasan banyak terdapat pipa-pipa gas berukuran besar, karena kawasan tersebut merupakan pengembangan energi geothermal. Pantesan aja sepanjang perjalanan menuju kesana ada tulisan Pertamina gitu berikut bangunannya.

Lanjut setelah mampir bentar ke kawah kamojang, perjalanan terakhir buat hari itu adalah menuju "talaga bodas", karena hari udah menjelang sore, perjalanan ke sana menyewa motor abang Dillan, eeh abang ojek gitu, [maaf yah becanda aja kok ].
talaga bodas

Satu motor sekitar sepuluh ribu rupiah, jadi pulang pergi dua puluh ribu rupiah aja, tapi janjian minta di jemput ama abang ojeknya lagi yaa. Kalo enggak emang situ mau jalan kaki lumayan menanjak dan menurun. Tapi ada juga sih yang jalan kaki, mungkin masih cukup kuat dia, kalo kami sudah gak kuat sodara.

Emang bener sih kalo udah kesorean yang terlihat cuma kabut aja, tapi enggak mengurangi keindahan di sekitar talaga bodas looh. Masih jernih dan banyak rerumputan ilalang yang cukup tinggi disekitarnya, aku aja rela berfoto diantara semak-semak looh wk wk demi mendapatkan foto yang syantik dan luchu.

Dah rebes eh beres kamipun balik lagi ke hotel karena udah mau malam, badan pegel tapi hati seneng bangeet. Sampe di hotel, mandi dan makan malam bentar dilanjut dengan bobok cantik, ni mata udah sepet aja dan makin redup kayaknya ampir lima watt... 😴met bobook.

Hai, ni hari ke dua edisi jalan-jalan di kabupaten Garut. Berhubung masih pagi after sarapan ni kami lanjut sesuai rencana awal menuju papandayan. Btw papandayan adalah nama salah satu gunung berapi di daerah ini. Meletus pada tahun 2002, jadi udah sekitar 17 tahun aja lamanya.

gunung papandayan


Awalnya sih kami serombongan , ngomong-ngomong kebetulan grup wa kami bernama grup uhuy, terdiri dari anak dan mamahnya aja, alias ponakan ama budenya. Rombongan terdiri dari enam orang, empat cewek cantik dan dua cowok ganteng πŸ‘«πŸ‘­.

Pak sopir mengantar kami menuju lokasi wisata yang cukup luas dan lengkap fasilitasnya, ada ruang informasi, kantin , ruang sholat dan wudhunya, lokasi menginap seperti camping dan cottage, ruang pertemuan juga fasilitas parkir yang sangat luas, dan toilet.

Bahkan juga ada taman edelweiss jika gak sanggup buat mendaki gunung, bahkan masih ada flora dan faunanya, jadi bisa foto-foto gitu sih , pokoknya lengkap dan luas deh.

Ada beberapa paket wisata di papandayan, seperti pendakian ke gunung papandayan, air terjun bertingkat, kolam terapi air panas, area kemah bagi pendaki dan umum, hutan mati, dan padang edelweiss juga lokasi menuju kawah gunung papandayan bahkan bisa menyaksikan sunrise di tebing  Ghober Hoet.

Tergantung kita mau pilih yang mana, kebetulan kami memilih paket menuju gunung papandayan alias mendaki  ke puncak papandayan, melihat kawah , hutan mati dan lokasi ke padang edelweiss. 

Dengan membayar sekitar dua puluh ribu rupiah /orang tergantung harinya yaa dan tarif kendaraan roda empat sebesar  dua puluh lima ribu rupiah, kami ber enam menyewa ojek yang memang khusus disediakan yang memakai tenaga penduduk sekitar, jadi sekitar lima  sampai sepuluh menit deh diantar abang ojek menuju shelter satu. 

Sayangnya adikku yang bungsu gak sanggup ngikutin perjalanan, hi hi, gak sanggup kata mamah yang satu ini, badan boleh paling gede, tapi nyali kagak okee, akhirnya tinggal kami berlima yang berangkat, yaitu aku dan kakak cewekku yang imut, dua ponakan ku cowok dan cewek beserta anak bujangku semata wayang....cemunguuut kaka..

Gak kebayang sama sekali kalo kami bakalan mendaki ke puncak gunung, bayangan kami sih cuma sekedar jalan-jalan di sekitar kawasan aja looh, eeh gak taunya kami di pandu ama  si mas guide nya yaitu mas Yusup ampe ke puncak gunung Papandayan wk wk.

You know gak seeh, kamituh berangkat mendaki tanpa persiapan apa-apa loh, cuman bawa air minum mineral botolan aja. Pake tas selempang dan sepatu kets buat jalan santai aja seperti di mall itu, jadi memang gak ada persiapan sama sekali hi hi.. 

Kalo pendaki gunung yang betulan mah bawaannya lumayan lengkap seperti tas ransel khusus, tongkat untuk mendaki, kaos tangan khusus, kacamata dan topi, serta sepatu gunung khusus untuk mendaki, juga wadah air minumnya juga khusus kalo aku liat-liat [ sambil mlirik-mlirik gitu akutu..].😎

Lah barang bawaan kamituh isinya smartphone buat befoto,  air mineral botolan seadanya, bedak dan lipstick ama parfum wk wk, khas isi tasnya mamah-mamah yang mo ke mall gitu, dan anak bujangku bawa kamera buat berfoto dan videoin gambar, udah itu aja, gak pake yang lain-lain.

Buuuk awal mendaki seperempat jam pertama nafas rasanya udah ngos-ngosan, jalan tertatih-tatih mendaki, walau cuacanya panas namun anginnya kenceng dan sejuk yahh, namanya aja pegunungan kali.

Duuh rasanya mendaki perlahan sambil dipandu mas guidenya ngasih semangat dan bilang agar kami pelan-pelan saja gak usah ngoyo, dan bisa istirahat sejenak sambil menuju shelter yang kedua.

Aku gak kuat, tapinya penasaran, akhirnya setelah menempuh perjalanan mendaki gak tau berapa jam lamanya, sampailah di pos yang ke dua, disana ada satu pondokan yang berjualan gorengan, minuman dan air mineral.

Kamituh sebenernya gak laper, tapi berhubung ada yang jual gorengan akhirnya gak kuat liatnya, akhirnya nyicip daah tu gorengan. Pendaki opooo iki, kok makanane gorengan wk wk, maklumlah sodara-sodara kamituh pendaki gunung kelas amatir. Iyalah seumur-umur baru ini pertama kali mendaki puncak gunung.

Setelah menempuh perjalanan gak tau berapa jam lamanya dengan nafas dan jantung yang dag dig dug bergemuruh akhirnya kamituh sampe juga dipuncak gunung papandayan yang sangat indah bingits looh. Biarpun cape dan gak karuan ni badan rasaya tapi terbayarkan dengan melihat pemandangan dari atas.

Iiih gak kebayang looh mamah-mamah kecheeh ini bisa juga sampe ke puncak gunung yang tingginya minta ampoon, liat kebawah rute yang sudah kami lewati itu keciiil bangettt, kayak liat titik hitam aja dari jauh, kok bisa kituu.. gak percaya aja rasanya.😊
hutan mati Papandayan

Puas berfoto ria di " hutan mati " yang sangat keren [ katanya sih di kasih julukan hutan mati karena letusan gunung papandayan pada tahun 2002 silam sehingga pohon-pohon yang tumbuh disana menjadi kering dan mati ], tapi justru itu yang bikin menjadi unik dan keren looh. Lalu mas guidenya mengajak kami ke lokasi padang edelweiss dengan arah yang berlawanan alias mengelilingi gunung.


edelweiss


Syantik banget loh melihat langsung gerombolan bunga edelweiss yang tumbuh liar di hutan, akutuh biasanya cuman membaca lewat cerpen ato novel aja, tapi kali ini aku melihat langsung, tapi cuman bisa di lihat aja looh, gak boleh dipetik, soalnya ini tumbuhan yang sudah langka dan di lindungi, jadi gak boleh sembarangan main petik aja, kalo ketahuan bisa kena sangsi.

Lanjut menuju lokasi camping buat umum dan pendaki, emang sih kalo pendaki beneran rutenya khusus berbeda ama yang umum, laah yang umum aja rutenya susah dan menanjaknya minta ampuun, apalagi yang khusus pendaki, itu kata mas guidenya sih.

Akhirnya setelah mendaki dan menuruni gunung percis kayak lagunya ninja hatori " mendaki gunung lewati lembah " la la la...berpetualang...
Tibalah waktunya untuk balik lagi kedaratan, namun rutenya berbeda dari yang awal, kali ini melewati sedikit tanjakan kata mas guidenya.

Sengaja si masnya gak mo kasih tau kita seberapa jauh dan seberapa menanjak dan menurunnya jalur pulang, soalnya takut kami mamah-mamah ini dan tiga kurcaci keburu memble dan menyerah, laah siapa yang mo gotong kalo dah kecapean.

Pokoknya selama rute pulang yang menurun sempet juga kami berfoto ria, soalnya pemandangannya indah banget, dan jiwa narsis kamituh gak bisa diem aja hi hi, ampe si mas guidenya juga ikutan ngarahin gaya kita-kita wk wk.




Beberapa kali kepeleset dan jatuh karena jalurnya lumayan licin boo. Sampe kaki ni rasanya semua jari sakit semua menahan beban badan kami yang jalannya menurun, kalo gak mikir sakit, pingin rasanya lepas sepatu alias mlaku sikil, tapi gak boleh ama si masnya.

Hampir sedikit lagi menuju ke bawah kami bertemu dengan penduduk sekitar yang berjalan menanjak memakai motor trail khusus mengangkut barang bawaan, iih kereen banget yaa, hebat daah pokoknya motor bisa mendaki gunung yang terjal dan curam kek gitu.

Eeh ni kakiku kenapa gak puguh-puguh kram pulak, eit daah ngapa jadi gini sih..untung itu udah dikit lagi nyampe bawah, laah coba kalo kramnya pas lagi jalur menanjak, mau jadi apa kitaaa...pan tadi pas berangkat boro-boro mau pemanasan segala gak kepikiran.

Untung si mas guidenya ngebantu ngurut-ngurut jari kaki akooh sampe kembali normal, soalnya ni jari telunjuk kakiku beradu gituhh wkwk gak karuan rasanya keplintir-plintir dan tegang gitu.

Sampe juga akhirnya di bawah dengan selamat, yang jelas hepii karena gak nyangka aja berhasil mendaki puncak gunung, kepikiran aja gak pernah looh, dan ditempuh dalam waktu empat jam pulang pergi, bayangkan sodara-sodara, empat jam berjalan kaki menanjak dan menurun, kalo diitung udah sampe mana gituu.

Horee, akhirnya sampe juga dihotel, padahal rencana awal hari kedua ini ada dua tempat yang kami tuju, berhubung ke gunung papandayannya lumayan lama dan capeek, akhirnya gak jadi dah rencana ke tempat kedua.

Badan gak sanggup lagi maak, capeke pool, ni betis dan paha rasanya gak sanggup lagi diajak jalan, sampe di hotel pokoknya cuman cuci muka, maem bentar dan langsung bobok.

Tapi kalo kali ini gak bobok cantik, tapi bobok tersiksa, duuh sekujur kakiku rasanya pegel minta ampun, dan kutempeli dengan koyok kabeh wk wk, itu aja gak berasa panasnya ketutup ama pegelnya.😭

Ku coba minum obat penghilang rasa nyeri lumayan ngebantu, kalo enggak kunya gak bisa bobok  dengan tenang. Akhirnya pagi pegelnya berangsur membaik meskipun masih terasa dikit-dikit gitu, btw malam ke tiga ini kami nginapnya eh tidurnya di Fave hotel yah. 
fave hotel

Kalo kali ini letaknya di perkotaan gitu dan bernuansa modern, begitu masuk kamar hotelnya aja bernuansa pink gitu deh ditambah bantal emotikon yang lucu dan berwarna pink pulak, rasanya sayang kalo buat bobok deh, dasar perempuan, gak bisa liat yang serba pink.

Btw hotel ini juga lokasinya sangat strategis karena disekitarnya terdapat pusat perbelanjaan dan kafe-kafe yang lumayan banyak dan ada karaokenya kang Charli Van Houten itu lohh. Hotel ini juga menganut faham eh maksudku tidak menggunakan plastik alias zero plastic looh di dalam hotelnya.

Jadi gak ada tuh botol mineral, kita bisa ambil air minum diluar kamar hotel pas didepan pintu kamar yang sudah disediakan, gak ada tuh kantung plastik di kamar mandi atau di kamar hotel, cuman keranjangnya ajaaa, gak ada juga tuh sabun atau botol sampo plastik yang sering kita jumpai kalo nginap di hotel. 

Yang ada tuh di toiletnya udah disediain sampo, sabun dan kondisioner yang khusus bisa digunain bersamaan di dalam satu wadah khusus, jadi no plastik sama sekali, intinya supaya bumi kita tetap terjaga lingkungannya dari sampah plastik, kereen yaa moto hotel ini.

Hari terakhir tepatnya hari minggu pagi jam 9 kami cekout dr hotel dan abis sarapan langsung going menuju pusat oleh-oleh. Biasalah oleh oleh khas Garut ga jauh - jauh dari dodol garut, cokodot, kerupuk kulit aneka rasa dan jaket kulit ama sendal kulitnya. 

Gak lupa tu si kakak beli kuali super guedee  wk wk. Pokoknya tu bagasi mobil udah full ama oleh-oleh kita kaka... 😁
Yeey akhirnya selesai juga cerita liburanku kali ini, mudah-mudahan yang baca gak puciiing yaak karena begitu aku selesai dan melihat gak taunya panjang amaat boo tulisannya...Indonesia itu indaah bangeeet looh.


Salam santun