5 tips supaya buah hati tetap sehat dan bugar

Hallo sobat,

Kembali lagi ke blog miniku.

Kali ini aku mau memberikan beberapa tips seputaran menjaga kesehatan si buah hati. Memang akhir-akhir ini cuaca kurang mendukung ya. Terkadang panas terkadang hujan, pokoknya gak jelas deh. Musim hujan gini biasanya ditandai banyaknya beberapa penyakit yang datang tanpa diundang.Misalnya saja demam berdarah, flu dan batuk. Apabila si kecil mulai terserang salah satu dari penyakit diatas, kita sebagai orang tua khusunya ibu sudah pasti ketar-ketir melihat keadaan si buah hati tercinta.

Duh jangan sampai ya ibu-ibu ananda terkena penyakit yang tiba-tiba menyerang.Namun apa daya walaupun kita sudah berusaha menjaga si buah hati, tetap saja terkadang kecolongan ya ? Seperti beberapa saat yang lalu disekitar rumahku ada beberapa anak yang terkena dbd alias demam berdarah. Ternyata gak main-main lo nyamuk demam berdarah itu.

Demi menghindari keadaan  yang gak mengenakkan diatas, disini saya akan membagi beberapa tips supaya si buah hati tetap sehat dan ceria meskipun dimusim yang gak menentu ini.Yuk mari di simak tulisan saya dibawah ini ya ?

1*.Makanan bergizi.

Yak sudah pasti makanan yang bergizi dan sehat memegang peranan penting demi kesehatan si buah hati.Dari jaman dulu sampai sekarang 4 sehat 5 sempurna masih dianjurkan dalam menu makanan sehari-hari, bukan saja bagi orang dewasa, anak kecil atau balita juga membutuhkan gizi yang baik melalui makanan. Gak usah ribet menyiapkan menu yang mewah dan mahal. Makanan sederhanapun bila diolah dengan cara yang baik tentu akan berdampak baik.
.
Contoh :tahu, tempe,telur, ikan ,ayam dan daging adalah protein nabati dan hewani.
Gak perlu kita menyajikan semuanya diatas piring makan kita, cukup kita ambil seperti tempe dan ikan atau tahu dan ayam ,dan seterusnya. Dipiring setidaknya ada 2 jenis protein yang berbeda.Tambah kan sayur hijau atau berwarna dan juga sedikit nasi buat si kecil.

Ibu yang kreatif biasanya menyajikan lauk sikecil dengan berbagai bentuk supaya sikecil lahap makannya. Entah berbentuk hewan atau bentuk kesukaan sikecil. Sayur juga sebaiknya yang segar dan berwarna seperti sop, bayam dan jagung dan sebagainya, Biasakan sikecil menyukai sayur sejak dini, namun bila sikecil susah makan sayur , ibu harus kreatif ya memutar otak,entah itu dibuat snak dan sebagainya.


Selain sayur dan lauknya, buah juga memegang peranan penting karena vitamin dan seratnya yang baik buat pencernaan sikecil, seperti jeruk, pepaya,apel dan sebagainya. Jika sikecil suka jus , ibu bisa membuat jus untuknya, Terakhir susu, nah biasakan si kecil minum.susu 2 kali sehari ya. Kalau masih batita lebih ya soalnya masih menyusui . Sedang balita dan usia sekolah biasanya minum susu 2 kali saat pagi dan malam hari menjelang tidur.

2*Olah raga.

Olah raga disini bukan berarti sikecil harus ikut olah raga yang berat yah bu? Biarkan sikecil aktif bergerak sesuai usianya. Karena anak yang aktif bergerak baik untuk motoriknya.Biarkan sikecil berlari, atau bermain diluar jika cuaca mendukung. Atau ibu bisa mengajak sikecil untuk ikut membantu didapur dengan pekerjaan yang ringan . Seperti membantu ibu membersihkan meja makan,membawa gelas dan piring ke meja, ajarkan agar si kecil bisa berhati-hati.Sikecil pasti senang, dan gak kerasa dia juga sudah bergerak sehat kan.

anak sehat banyak gaya

3*Istirahat yang cukup

Setelah lelah bermain dan bergerak biasanya sikecil akan ngantuk. Biarkan sikecil tidur dan beristirahat sesuai tumbuh kembangnya. Biasanya sikecil butuh waktu tidur lebih lama dari orang dewasa,Mungkin sekitar 8 sampai 10 jam perharinya.
Namun dengan banyaknya kegiatan di sekolah, biasanya waktu tidur sikecil berkurang, ibu bisa menyiasatinya dengan memberi dongeng kepada sikecil sebelum tidur sambil memberinya segelas susu hangat, sudah pasti sikecil akan tidur nyenyak.

4*Imunisasi

Biasanya sikecil atau balita dan batita masih memerlukan imunisasi tiap bulannya.Ibu jangan sampai lupa dengan jadwal pemberian imunisasi buat sikecil. Rutin memeriksakan sikecil ke posyandu atau ke klinik agar daya tahan tubuh sikecil tetap sehat dan kuat. Rajin bertanya kepada dokter atau petugas posyandu mengenai pertumbuhan si kecil, entah itu berat badannya atau tinggi badannya. Biasanya di sekolah juga terkadang ada kunjungan dari dinas kesehatan atau puskesmas yang meninjau ke sekolah-sekolah untuk memberi imunisasi dan layanan kesehatan lainnya.

5*Lingkungan yang bersih

Lingkungan yang bersih mencerminkan kepribadian si pemilik rumah, bukan hanya didalam rumah namun juga lingkungan di sekitar kita. Rajin membersihkan got-got yang tergenang, menguras bak mandi, membakar sampah yang menumpuk, mencabuti rumput yang sudah liar adalah salah satu upaya dalam menjaga lingkungan sekitar tetap sehat. Coba  ibu bayangkan jika rumah ibu sudah bersih tapi lingkungan sekitar masih kotor dan kumuh, ya percuma dong. Jadi gotong royong dengan tetangga juga perlu, lakukan rutin minimal 1 minggu sekali, sehingga nyamuk tidak sempat berkembang biak. Lakukan penyemprotan atau foging di sekitar kediaman apabila ada yang sudah terkena dbd, biasanya petugas dari puskesmas dan kelurahan akan datang.

Terakhir biasakan kita cek rutin keadaan si buah hati, rajin berkunjung dan memeriksakan kesehatannya dan jangan lupa ajarkan sikecil untuk selalu mencuci tangan sebelum makan dan sesudah bermain dan juga menggosok gigi. Mudah-mudahan tips diatas bisa membantu ibu menjaga si buah hati tetap sehat ceria ya. Anak yang sehat hati ibu terasa tenang dan bahagia melihat perkembangannya.

Salam santun





8 Responses to "5 tips supaya buah hati tetap sehat dan bugar"

  1. Bagus bu artikelnya, tingkatkan ya bu.....sip.

    ReplyDelete
  2. Simple ya bu kiatnya, tapi butuh disiplin untuk menjalankannya...

    ReplyDelete
  3. betul sekali dari dini sudah dibiasakan makan sayur dan buah, aku lihat anak sekarang gak suka sayur

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba kudu kita yg kreatif kl nurutin anak ya ttp ga mau he he

      Delete
  4. bener nih, asupan gizi dan nutrisi itu penting dibarengi dengan olahraga dan istirahat yang cukup. DIjamin awet muda dan sehat bugar selalu

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel