28 Desember 2018

Jalan - jalanku ke Phillipine episode dua

Desember 2018

Jalan jalanku ke Phillipine episode dua

Heloo heloo

Berhubung kemarin sempet buat tulisan tentang jalan-jalanku part satu,  kayaknya sih ini part duanya deh. Semoga suka yah. Film kali pake part 1 dan 2. Iya soalnya berhubung kemarin kalo dibuat tulisan tar kelewat panjang takutnya yang baca boring makanya ada baiknya aku buat tulisan bersambung aja hi hi biar penasaran. Tapi kira-kira ada yang mau baca gak ya... Wes lah yang penting aku dah tuntasin dulu tulisan aku yang sempet ke pending sehingga rada telat deh posting artikel yang baru.

Kembali ke topik semula,  kali ini ceritaku adalah lanjut ke jalan-jalanku ke tempat yang masih sama dan beberapa tempat yang sedikit berbeda. Oke lanjut....
Seperti yang aku tulis kemarin,  lanjutannya adalah menuju intramuroz street.

Lokasi di intramuroz

 Kemarin aku sempet posting
 beberapa foto di sekitar lokasi intramuroz street. Kalo hendak kesana banyak kendaraan sih seperti taxi, ato mobil sewaan mirip van yang rada gede gitu ato ada juga mobil yang bentuknya unik mirip mobil si bang Doel Rano Karno.

            
                  Jeepney angkot di Philipine            

Dari bentuknya adalah mobil jip tapi bentuk badannya rada panjang.. Kalo gak salah namanya jeepney gitu deh. Muatannya juga cukup banyak, mungkin sekitar 15 orang di bagian belakang dan 1 orang didepan. Dengan posisi duduk saling berhadapan seperti di angkot.  Tapi aku gak tau juga ya ongkosnya berapa soalnya blom coba sih,  soalnya aku naik mobil sewaan dari travel tempat aku jalan-jalan.

Dilokasi intramuroz ini ada beberapa bangunan yang merupakan peninggalan keluarga keturunan cina. Secara bentuk arsiteknya unik banget dan kami sempet melihat isi dari bangunan tersebut seperti kamar tidur yang dipan dan lemari serta kursi yang masih terawat dengan sangat baiknya. Begitu pula dengan lantainya yang terbuat dari kayu megony masih sangat mengkilat dan kuat. Mungkin perawatannya sangat maksimal kali ya.

Ruang kamar mandinya saja masih berbentuk kuno khas cina dengan bathub yang berbentuk seperti gentong raksasa. Suasananya agak gimana gitu, seperti lagi nonton film-film kungfu cina gitu deh.


Tungku bakar

Peralatan memasak didapur juga terbuat dari tungku kayu bakar,  dengan peralatan memasak yang serba kayu yang ditata rapi di meja dapur.

Peralatan memasak

Lanjut perjalanan menuju kolam yang penuh dengan ratusan mungkin ribuan ikan koi. Berhubung selama berada di sana selalu turun hujan deras jadi agak sedikit terganggu ya.. Tapi gak menyurutkan kehebohan empat cewe buat terus jelajah tempat. Suka banget liat ribuan ikan koi yang cantik yang langsung ngumpul begitu diberi makan pur.
Lokasi Nuvali,  Santarosa Luzon Phillipine.

Kumpulan koi yang cantik

Beralih ke suatu tempat yaitu sebuah gereja kuno yang terlihat begitu misteri ya buat aku. Secara seumur-umur baru kali pertama aku melihat gereja diluar dari jarak dekat. Tempat ini begitu terkenal karena biarawatinya yang menggunakan baju dan penutup kepala yang berwarna serba pink. Makanya dijuluki the pink sister chapel.  Lokasinya terletak di Tagaytay Phillipine.

Suasana Gereja ( pink nun. )

     
Suasananya begitu tenang karena dari cerita yang aku dengar dari tour guide kami bahwa memang jika sudah memutuskan tinggal di tempat ini maka urusan duniawi sudah ditinggalkan oleh para biarawati tersebut.  Mereka juga tidak berbicara sepatah katapun.. Tempat mereka berdoa juga dibatasi oleh pagar tinggi.. Jadi hanya terlihat dari jauh saja.


Gereja di pink nun

Aku kok jadi seperti nonton film apa gitu ya tentang kehidupan para biarawati tersebut.  Kesannya begitu sunyi dan khusuk gitu deh. Ditambah lagi suasana diluar hujan jadi menambah suasana terlihat syahdu,  barangkali karena sehari menjelang natal ya jadi rada berbeda gitu.

Lanjut lagi ke suatu tempat tepatnya di Manila Hotel . Ya udah pasti lokasinya di kota Manila. Tapi ini bukan sembarang hotel,  karena berfungsi juga sebagai museum.
Kalo ngeliat bangunannya masih terlihat begitu kokoh walaupun sudah lumayan tua,  iya aja secara berdiri pada tahun 1912.

Manila Hotel

Ruang didalam hotel juga begitu
besar dan megah dengan langit-langit hotel yang begitu tinggi dan luas jadi terkesan begitu megah dan mewah dengan ornament didinding dan lampu gantungnya yang super gede dan mewah.

Ball room di Manila Hotel

Eh ternyata kami juga diberitahu oleh jubirnya hotel alias icon  hotel tersebut kalau ternyata banyak tokoh penting dunia dan para selebriti dunia yang pernah datang dan nginap di tempat tersebut yaitu di Manila Hotel.  Sayang sekali aku liat di foto gak ada tokoh kita yang ada di gambar. 

Jendral perang Amerika bintang 5 yang berasal dari pasukan darat Phillipine  yaitu Mr Douglas Mac Arthur juga suka banget tinggal di hotel ini.

Mac Arthur Suite

Bahkan  Bill Clinton., Ayatollah Khomeini, sampe penyanyi seperti Rod Stewart dan bintang film seperti Liza Mineli dan masih banyak artis dan tokoh penting lainnya yang gak mungkin aku sebutin satu persatu.
Pokoke puas bingits deh ngitarin
 hotel ini.

Nyicipin menu di Hotel Manila

Bahkan kami juga sempet nyicipin makanan di hotel ini walaupun cuma minum es tapi berasa tinggal di hotel bintang lima, secara tokoh-tokoh penting aja pada datang ke sini gitu loh.  Alhamdullilah bisa mampir ke sini juga hi hi hi.

Latar belakang foto tokoh dunia

Terakhir aku ke suatu tempat yang pemandangannya sangat cantik mirip-mirip dipuncak lembang gitu deh. Dengan cuaca yang begitu dingin dan berkabut  sehingga begitu kabut datang lingkungan sekitar tidak terlihat,  maklum saja didataran tinggi.  Tapi begitu kabut hilang yang terlihat hanya hamparan danau yang begitu cantik yang terlihat bagai hamparan luas dengan pulau-pulau yang ada di tengahnya. Masih di Tagaytay juga .


Pokoke cantik banget deh. Tapi berhubung di sana lagi musim hujan,  aku saranin sih kalo mau berkunjung ke sana kudu siapin baju hangat yang cukup tebal juga kaos kaki soalnya dingin banget. Dan berhati-hati karena jalan setapak cukup licin karena diguyur hujan. Jadi tetep jaga tubuh supaya tetep fit dan makan yang sehat supaya jalan gak gampang cape.





Itu tadi cerita jalan-jalanku ke Phillipine episode ke dua. 
Semoga yang baca suka dan cukup terhibur yah. See you next time. Selamat menuju tahun baru semoga tambah sukses ditahun depan. Amiin YRA.


Salam santun

19 Desember 2018

Daftar Keinginanku Di Tahun 2019

Desember 2018


 Daftar keinginanku di tahun 2019-


Gak kerasa tahun 2019 akan segera tiba, tinggal hitungan jari aja. Masih banyak keinginan yang belum tercapai di tahun 2018 ini, harapanku sih semoga aja tahun depan minimal ada yang berubah walaupun gak semuanya. Aku juga nggak mau mempush diriku kelewat jauh. Bukannya gak niat atau kurang gigih sih tapi maunya aku seperti air yang mengalir saja.


Gak juga mau maksa, takutnya kalo nggak kesampaian bakalan kecewa he he. Gak juga sih sebenarnya. Apa yang sudah aku dapat di tahun 2018 ini aku syukuri aja, kadang yang enggak aku sangka malah kejadian, itupun berita baik. 

Iya di tahun ini juga tepatnya bulan febuari aku bisa menjalankan ibadah umroh, pernah baca gak artikelku sebelumnya tentang perjalanan umrohku. Mudah-mudahan sih ada yang baca ya...Amiin.
Itu adalah salah satu hal yang gak aku sangka, niat sih udah ada tapi berhubung masih sambil nabung ya sudah rencana itu aku simpan dulu sementara waktu. Gak taunya kakakku mengajak umroh. Gratis pulak, emang dasar rezeki anak soleh he he.

Sebenernya sih ada beberapa keinginan ku di tahun depan semoga aja bisa terwujud.


1* Kesehatan


Udah jelas banget setiap orang kepinginnya diberi kesehatan baik lahir maupun batin. Gak muluk-muluk kok, sehat itu harga mati. Punya duit banyak tapi penyakitan alias stres karena banyak fikiran jangan sampe yah. Kalau sehat mudah-mudahan masih bisa terus beraktifitas dan gak nyusahin orang.
Sederhana banget kan keinginan aku. 

2* Membuat blogku lebih baik

Iya secara aku tuh masih belajar, bukan blogger pofesional, kayaknya aku juga masih malu sendiri kalo menyandang gelar blogger, secara belum juga lama, pas tanggal 20 desember ini tepat berusia 2 bulan. Horee... ternyata gak kerasa udah 2 bulan aja yah aku ngeblog.
Emang sih belum banyak ilmunya, masih seujung kuku,belum bisa disebut blogger, soalnya masih dalam proses belajar. Aku ngerasa apa yang aku tulis juga belum seberapa , apalagi jika dibanding yang udah pro dan udah tahunan yang udah ngerasain susah dan senengnya ngeblog.

Sedangkan aku belum apa-apa. Aku tuh maunya ngerasain dulu yang namanya ngikutin lomba, biarpun gak menang minimal aku tau rasanya lomba itu seperti apa.
Gak cuman jadi penonton aja. Tapi berhubung lomba yang aku liat cukup susah, ya sadar diri aja deh, bukannya nyerah sih , soalnya belum ada pengalaman yang mumpuni. Terbatas pada jenis artikel yang aku buat. Yang masih gado-gado alias belum jelas.

Tapi memang maunya aku nggak mengkhususkan pada satu jenis kategori aja sih, seperti beauty blogger or food blogger , soalnya aku ngerasa gak menguasai satu kategori aja. Bukannya sok kebanyakan macamnya, cuman kalo lagi kepingin menulis tentang hal yang umum hayo, lagi mau nulis tentang makanan monggo, ato lagi moodnya nulis jalan-jalan oke juga. Kalo teknologi aku sih no tapi kalo campuran aku sih yes...inget mas Anang jadinya.

Soalnya kalau hanya satu jenis saja akunya kudu expert gitu, sedangkan aku nggak ahli he he.
Makanya sesuai judulnya blog aku berisi keseharian dan hobi, jadinya nyambung dengan yang aku tulis tergantung selera dan mood aku aja. Alias nyampur-nyampur seputaran kegiatan aku aja gak lebih.

3* Khatam Qur'an

Ini yang kudu jadi prioritasku. 
Soalnya selama ini masih suka bolong-bolong. Selama ini selalu nyempetin ngelakuin hal lain, tapi selalu lupa or kurang merhatiin hal ini. Bukan sok jadi alim atau apa.. Tapi kudu aku prioritasin dulu deh. Kadang cuma baca 2 atau 3 lembar aja susah dan lamanya minta ampun, tapi kalo ngelakuin yang lain kok gak bisa aku tunda. Ini jadi pelajaran buat aku karena hidup gak melulu cuma kesenangan belaka,  kudu seimbang sama yang lain.

Gak boleh ngeluh cape ato gak sempet. Kudu harus selalu aku inget dan aku lakuin.  Gak cuma omdo dimulut. Mudah-mudahan dipermudah bagi orang yang mau berusaha. Amiin.

Soalnya sudah banyak dikasih kemudahan dan kesenangan sama Allah, jadi gak boleh lupa diri. Kudu inget terus sama yang satu ini.

4* Punya usaha sendiri

Sebenernya sih kepingin punya usaha sendiri... Kebeneran anakku hobi dan pinter ngedit video jadinya kepingin punya usaha editing video. Cuma belom kesampaian.  Sementara ini sih masih usaha sendiri dari rumah alias freelance ajah. Gak perlu cari tempat ato ngontrak segala, yang jelas mahal banget sewanya . Mudah-mudahan sih rencananya kesampean Amiin.

Yup itu tadi sih daftar keinginan aku di tahun depan.  Semoga sukses dan terealisir segera.  Gimana dengan kamu.  Apa saja keinginan kamu yang belum terwujud di tahun 2018 ini.

Mudah-mudahan sih kesampaian juga ya.  Selamat datang tahun yang baru.. Yang lama jadi cerita. Yang baru buat cerita baru.

Salam santun











18 Desember 2018

Resep Sayur Rebung Yang Murah dan Enak



Desember 2018

Resep sayur rebung yang murah dan enak-


Hai sobat,...


Bosan dengan makanan yang itu-itu aja, kali ini aku mau berbagi resep sayur rebung yang murah dan enak, praktis juga memasaknya gak pake ribet dan lama. Kalian sudah tau kan rebung itu seperti apa.
Kalau di kampungnya suamiku ,aku masih bisa melihat secara langsung pohon rebung alias bambu.

Ya rebung memang tanaman bambu, yang diambil pada bagian akarnya yang masih muda alias pucuk rebung. Biasanya kebanyakan di daerah Jawa menggunakan tanaman ini sebagai sayur. Sedangkan batangnya yang sudah tua banyak sekali kegunaanya. Entah dipakai sebagai dinding rumah, biasanya dengan cara menganyam bambu setelah dibersihkan dan di serut bagian yang kasar.

Kebanyakan di desa-desa masih menggunakan bambu sebagai atap dan dinding rumah. Bahkan di rumah orang tua suamiku di Jawa juga plavon rumahnya juga masih terbuat dari anyaman bambu. Terlihat lebih unik karena hanya di beri olesan pernis sehingga mengkilat.
Banyak perabotan rumah tangga juga masih menggunakan bambu anyaman seperti bakul nasi, topi pak tani, kursi dan sebagainya, dikota-kota juga bambu banyak digunakan kafe atau rumah makan tradisional sebagai pemanis interior atau gazebo.

Nah sekarang setelah sedikit uraian diatas, aku mau bagiin resepnya sekarang, di simak yah.

Boleh dibaca :   Resep Sayur Lodeh Yang Simpel



Resep sayur rebung ala aku 

Bahan- bahan :

* 1/4 kg rebung muda yang sudah direbus
* Santan kelapa yang kental 1 gelas

Bumbu yang diperlukan :

* 5 buah cabe hijau iris serong
* 4 siung bawang merah
* 2 siung bawang putih
* ebi  /  udang kering 1 sendok makan ceper
* 4 butir kemiri
* 2 lembar daun salam
* 1 batang sereh di geprek
* 3 gelas air
* garam secukupnya
* minyak untuk menumis

Cara membuat :

Rebung diiris tipis sebesar ukuran telunjuk.

Baca juga :  Semur Ayam Alla Aku

                     
Sebelumnya rebung direbus dahulu supaya empuk, tapi biasanya dipasar sudah ada sih yang matang., 
Giling bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, dan udang kering beserta garam sampai halus, kalo malez ngegiling bisa di blender aja supaya praktis. Kemudian tumis bumbu sampai harum dan matang yah, masukkan sereh yang sudah digeprek tadi juga daun salamnya.

Rebus air kedalam panci sebanyak 3 gelas, biarkan sampai hampir mendidih.
Lalu masukkan rebung yang sudah empuk , tunggu sebentar , kemudian masukkan bumbu yang sudah ditumis tadi, terakhir masukkan santan kental tadi, tunggu sampai santan mendidih , dan usahakan jangan sampai santannya pecah yah. Masak menggunakan api sedang saja ya.

Terakhir taburi dengan bawang goreng dan siap di sajikan.

Kalo kata aku sih rasa kuahnya itu mirip sama kuah bugro yaitu makanan dari daerah Palembang, yang terbuat dari tepung beras yang dimasak dengan cara dikukus dan diiris tipis seperti mie, dan kuahnya terbuat dari campuran  udang kering yang banyak, tapi ada juga yang membuatnya dengan campuran ikan panggang,,sedap deh. Yang orang Palembang pasti tau nih.

Nah sayur rebung udah jadi enaknya dimakan selagi hangat beserta sambal dan lauknya, kebenaran aku juga sudah masak lauk peyek ikan teri dan bakwan apalagi kalo ada kerupuk, pasti lebih nendang he he. Itu tadi resep praktis dari aku semoga ada yang suka dan bisa dipraktekin.
Selamat menikmati.


Salam santun.

Alasan Ngekost Yang Gak Kamu Sadari


Desember 2018

 Alasan ngekost yang gak kamu sadari-


Jadi anak kost, kenapa enggak, buat beberapa orang kost menjadi salah satu hal yang perlu kamu fikirkan ketika kamu berencana mau menutut ilmu sehabis selesai sekolah atau mau pindah kerja dan sebagainya. Biasanya tamat sma atau tamat kuliah yang kepingin mandiri dan ada niatan mau lanjut kuliah dan lanjut kerja memilih untuk ngekost sebagai jalan utama.

Alasan ngekost biasanya karena kepingin mandiri dan gak mau ikut saudara walaupun di kota yang sama ada sanak saudara yang menawarkan tempat tinggal. Biasanya sih karena gak mau ngerepotin alias sungkan kalo tinggal bareng saudara, iya kan? Jadi ngekost adalah alasan yang masuk akal.


.

Sebelum kamu terlanjur ngekost, ada beberapa hal yang kudu kamu ketahui supaya enggak menyesal jadinya. Biasanya aturan kos itu lumayan saklek alias kamu gak bisa seenaknya nganggep tempat kost seperti dirumah sendiri. Kamu harus tau peraturan yang di buat di kostan, intinya sih buat kebaikan bersama antara penghuni  dan pemilik kost,jadi sama-sama dapet untung.

Suka duka kamu jadi anak kost

1* Kamu jadi lebih mandiri

Gak bisa di sangkal dengan ngekost, mau nggak mau kamu jadi lebih mandiri. Yang tadinya biasa dilayani oleh orang rumah alias ortu, sekarang kamu gak lagi dilayani alias mandiri.
Kamu gak bisa seenaknya menuruti cara kamu sendiri, karena semua hal kudu kamu yang kerjakan sendiri, entah itu masak sekedarnya , makan juga kudu kamu yang beli sendiri, pokoknya apa-apa kudu kamu yang ngerjain sendiri. 

Tapi kalau kamu enggak mau repot biasanya kamu belanja makanan di warung ato warteg disekitar kost  atau pesen ojek food. Nyuci baju juga kamu lakukan sendiri, kalo gak sempet paling ke laundry.
Tapi selama kamu bisa ngerjain sendiri ya syukur deh , itung-itung menghemat pengeluaran kamu.
Dukanya adalah kamu jauh dari ortu dan sanak saudara kamu.


2* Kamu jadi lebih hemat

Iya soalnya kalo ngekost, kamu kudu belajar hemat, mau enggak mau itu jadi penyemangat kamu supaya kamu juga lebih mandiri dalam urusan pengeluaran. Tapi apa iya kamu jadi lebih hemat dalam mengatur pengeluaran ? Bagi sebagian orang biasanya sayang banget kalo mau mengeluarkan uang yang gak penting-penting banget. Kecuali dalam keadaan mendesak.

Bukannya kamu gak boleh belanja, tapi kamu merasa bahwa uang yang sudah dikeluarkan oleh orang tuamu setiap bulannya akan sangat bermanfaat buat pendidikan kamu, rasanya sayang banget untuk pengeluaran yang gak penting. Terutama kamu yang sedang menjalankan kuliah, rasanya uang bulanan kudu kamu atur supaya kamu bisa lebih hemat, apa lagi kalau keinget susahnya ortu cari duit buat biaya kost dan pendidikan kamu. Kamu pasti berfikir ulang buat hal tersebut.
3* Kamu lebih banyak teman / bersosialisasi

Karena kamu ngerasa tinggal dilingkungan yang baru, sehingga mau nggak mau kamu kudu menyesuaikan diri dengan lingkunganmu , dan itu membuatmu mencari teman yang senasib dengan kamu alias anak rantau. Biasanya kamu yang terbiasa dekat dengan keluarga, disini kamu mendapat teman baru, kamu mulai belajar bersosialisasi dengan lingkunganmu, entah itu dengan sesama anak kost maupun dengan teman-teman di kampusmu / lingkungan kerjamu.

Kamu juga kudu tau lingkungan tempat tinggal mu dimana kamu ngekost, amankah, strategiskah.


Di satu sisi kamu jauh dengan keluargamu, kamu yang biasanya berkumpul dengan ortu dan saudara, berhubung jauh, kamu akhirnya " terpaksa " mencari teman. Iya lah namanya anak kost, sehingga kamu menganggap semua adalah saudara seperjuangan. 

4*Kamu lebih tahan banting

Karena semuanya kamu kerjakan sendiri, kamu jadi lebih kuat alias tahan banting, gak cepet mengeluh karena ortu kamu yang jauh menjadi penyemangat kamu untuk bisa menjalankan pendidikan kamu. Tugas kuliah mau enggak mau kamu kerjakan dengan harapan kamu bisa segera lulus. Kamu jadi lebih menghargai waktu karena kamu enggak mau berlama-lama molor alias menunda kuliahmu. Kamu juga enggak cepet puas, kepinginnya apa yang kamu kerjakan membuahkan hasil yang baik, kamu enggak rela kalo nilai atau tugas kuliahmu jatuh, soalnya kamu selalu ingat ke dua orang tua kamu yang jauh.


Kamu enggak cepet puas dengan apa yang sudah kamu capai, karena kamu merasa hidupmu mandeg alias gak berkembang kalo kamu cepat puas. Kamu berusaha dan berjuang untuk lebih baik dari sebelumnya.
Kamu yang biasanya selalu dijaga dan diawasi , karena ngekost kamu jadi lebih menghargai waktu. Kamu enggak mau membuang waktumu dengan percuma.

Tugas kuliah yang cukup banyak membuat kamu enggak bisa bebas seenaknya. Kamu jadi lebih mendahulukan tugas kamu, bertemu dengan dosen pembimbing kamu, pokoknya kamu berkutet dengan tugas kamu yang minta segera diselesaikan. Semuanya butuh proses dan perjuangan.
Kamu baru merasa lega jika kamu bisa menyelesaikan tugas yang diberikan dosen kamu, apalagi jika nilai ujianmu bagus, kamu merasa perjuanganmu gak sia-sia.

Itu tadi suka duka jadi anak kost, karena semua hal kamu lakukan sendiri, otomatis kamu lebih bisa ngerasain kehidupan orang-orang disekelilingmu, merasakan sama seperti apa yang juga mereka rasakan, kamu lebih perduli dengan sekeliling kamu dan terbiasa menjalankan segala sesuatunya dengan lebih teratur, karena gak ada yang ngebangunin kamu tidur, ngingatin kamu sholat, dan sebagainya, paling kamu cuma bisa berkomunikasi dengan handphone kamu sekedar menanyakan khabar ke dua ortu dan saudara yang jauh disana.

Orang tua mu sekedar mengawasi dari jauh dengan doa, semoga anaknya kelak bisa mandiri dan berhasil dalam hidupnya. Ini adalah secuil cerita tentang suka duka jadi anak kost. Memang gak bisa menyamaratakan ya, tetapi hanya sebagai pengalaman hidup saja, kemungkinan kondisi juga berbeda anatar satu dengan yang lain. Itulah 4 alasan ngekost yang gak kamu sadari.


Salam Santun.

17 Desember 2018

Barang Di Sekitarmu Yang Membantu Di Saat Kepepet

22 Desember 2018        
                               
  Barang disekitarmu yang membantu disaat kepepet-                                                  

Biasanya mendung-mendung gini enaknya minum secangkir teh hangat ditemenin dengan camilan ya. Berhubung  aku adanya keripik pisang , ya sudahlah dari pada manyun gak jelas, cemilan ini juga lumayan membantu walau gak bikin kenyang he he. iya saat aku menulis ini jam sudah menunjukkan pukul 5 sore. Cuaca diluar rupanya sangat gak mendukung banget deh, udah gelep, sunyi pula. Wes mau ngapa-ngapain juga males banget alias mager

Duduk didepan laptop sambil terus mulutku berbunyi kriuk-kriuk diselingi ngemil si keripik ini, makin membuat aku malas beranjak dari tempat dudukku. Bunyi geluduk sih sudah dari tadi bersahutan, tetapi hujan juga gak kunjung jatuh.
Padahal aku sangat menyukai hujan, entah kenapa, setiap hujan datang selalu suka mencium bau tanah yang basah, ada nuansa apa gitu, gak bisa dijelasin pokoknya.

Apalagi duduk  bersandar dekat jendela samping rumahku, menatap jauh, terlihat orang yang sibuk lalu lalang bergegas karena hari sudah sangat gelap.
Sudahlah tinggalkan sejenak yuk suasana adem tenan ini, sekarang waktunya kembali ke topik yang mau aku tulis saja ya, biar makin gak ngalor-ngidul.

Disini aku mau menulis bahasan yang cukup ringan, gak perlu yang berat-berat deh, karena hidup sudah semakin berat he he. Adapun itu mengenai benda atau barang yang mungkin ada di sekitar kita sehari-hari yang mungkin kita anggap remeh alias gak kepikiran di kepala kita.
Hayuk di simak.

1*Karet Gelang

Loh kok karet gelang sih. Emang ada apa dengan si karet gelang yang satu ini. paling cuma buat ngebungkus atau mengikat sesuatu gitu ya. Iya sih memang gak ada yang istimewa dengan benda yang satu ini, tapi akan lumayan membantu kalau kita sedang kepepet. Kalo kamu lagi menulis atau menggambar dengan menggunakan pensil kemudian gambar atau tulisanmu salah, sedang kamu gak punya penghapus, toh sebagai pertolongan pertama alias disaat kepepet, kamu bisa menggunakan karet gelang dengan mengikatnya diujung pensilmu, gampangkan ?

 Iya itu lumayan membantu kamu ketika diluar sedang hujan or panas dan penghapusmu hilang atau habis, mau keluar juga males dan blom sempet beli, sikaret gelang lumayan bisa menolongnya, iya khan ? Inget zaman dulu pas sd suka ngapus pake karet gelang he he, pengalaman pribadi ini mah, maklum namanya anak sd gak selalu bisa menjaga alat-alat tulisnya, entah hilang atau ketinggalan didalam kelas. Lumayan kan apalagi kamu lagi mager.




2*Mentega atau margarine

Bermanfaat saat bibirmu mengelupas alias kering. Kalau bibirmu mengelupas jangan di kelotokin ya, rambutan kali ngelotok he he. Iya soalnya kalo ngelupas gitu terkadang kita secara enggak sengaja hobi banget main kelupasin bibir. Gak tau tu tangan bersih apa kotor, pokoke asyik banget kalo dah main kelupas, dan itu seringnya jadi kebiasaan buruk. Kadang juga hobi banget basahin bibir yang kering, maksudnya sih biar bibir lembab alias gak ngelupas gitu, tapi ternyata itu gak banget, yang ada malahan bibirmu tambah kering.

Boleh dibaca : 


Cara yang aman adalah menggunakan mentega atau margarine sebelumnya rendam sebentar lap yang lembut dan bersih dengan air hangat, lalu usapkan lap yang basah tadi dibibirmu dengan cara perlahan sampai yang terkelupas lepas, pelan-pelan ya jangan digosok kuat-kuat, biasanya lap yang direndam air hangat akan cepat membersihkan bibirmu, setelah itu baru kamu oleskan dengan mentega or margarine pada bibirmu secara perlahan dan cukup sedikit saja yah gak usah banyak-banyak , tar dikira orang kamu habis makan apa gitu .
.


3*Lipstick

Ada apa dengan si pemerah bibir ini ya ? Ternyata eh ternyata si lipstick ini juga bisa menolongmu disaat darurat alias kepepet. Loh kok bisa, bisa dong. Disaat kamu hendak berpergian entah itu sekedar jalan bareng temen or ke pesta, ternyata shading atau blush on kamu habis, kamu bisa menggunakan lipstikmu sebagai pengganti shadingmu dengan cara mengoles dan membaurkan secara tipis di pipimu, lumayan membantukan si lipstick tadi. Kayaknya sih memang ada juga ya lipstick yang berfungsi sebagai pemerah bibir sekaligus juga sebagai blush on, aku pernah denger deh.

                                                           
                                                            
4*Bawang Putih

Sudah banyak diketahui kalau bawang putih mempunyai khasiat yang cukup banyak, selain sebagai pengobatan untuk beberapa jenis penyakit seperti darah tinggi, kolesterol, dan sebagainya berdasarkan pengobatan tradisional dan modern. Bawang putih biasanya kita konsumsi sebagai bumbu masak dalam sehari-hari. Bahkan sebagian besar olahan makanan orang cina kebanyakan menggunakan bawang putih, bahkan saya sempat mendengar dan melihat manfaat bawang putih di salah satu media televisi kalau gak salah ada satu rumah makan di luar negri yang sebagian besar masakannya menggunakan bawang putih dengan jumlah yang cukup banyak.

Saya juga sempat mencicipi minuman sari bawang putih sebagai obat untuk melancarkan peredaran darah yang terdiri dari bawang putih, cuka apel dan madu, rasanya asam dan masih tercium aroma bawang putih yang cukup menyengat.
.

Tapi kali ini salah satu khasiat dari bawang putih adalah untuk menguatkan kuku yang gampang rapuh. Pasti pernahkan liat kuku seseorang yang agak rapuh alias bentuknya jelek dan agak berwarna putih kekuningan, nah bawang putih ini bisa dimanfaatkan untuk mengurangi kuku tadi dengan cara dikupas kulitnya, kemudian dari satu siung bawang putih tadi bisa kamu oleskan ke kuku kamu atau kukumu dicucukkan ke bawang putih tadi, rutin di oleskan sehari 2 kali dan usahakan rutin memakainya ya sehingga kukumu kembali sehat dan kuat.

5*Daun Sirih

Ternyata daun sirih juga banyak kandungan  yang sangat bermanfaat. Sama seperti bawang putih tadi, daun sirih juga mempunyai kandungan antiseptik yang bermanfaat untuk pengobatan tradisional dan modern. Banyak dijual obat-obatan herbal di toko obat dan apotik bahkan di minimarket juga ada yang digunakan sebagai bahan pembersih kewanitaan dan juga sebagai obat kumur alias mouthwash, juga ada yang digunakan sebagai campuran pasta gigi.


Sebagai pertolongan pertama saat kamu mimisan dengan cara digulung dan diselipkan kedalam hidungmu, cara ini lumayan membantu, ada satu lagi yang gak kalah hasiatnya yaitu ketika kamu makan lalapan yang agak gimana gitu seperti pete dan jeki alias jengkol, biasanya bau mulut gak bisa ditutupin meskipun kamu sudah sikat gigi, terkadang masih samar-samar tercium.

Cara yang praktis adalah dengan mengunyah daun sirih ,yaitu pilih daun sirih yang masih muda secukupnya saja sekitar 2 lembar kemudian dicuci dan langsung saja kamu kunyah, persis seperti oma opa kita di daerah Papua yang terbiasa makan sirih. tapi sirih hijau ya. Kalau digambar ku ini kebeneran sirih merah.
Itu lumayan ngebantu banget dikala kamu sedang ngobrol , maka bau mulutmu akan terhalang oleh bau sirih tadi. Emang sih rasanya getir gitu. Kalo baunya dah ilang kamu bisa berkumur dan minum air putih, supaya rasa getirnya hilang. Selamat mencoba.

Itu tadi 5 barang yang ada disekitarmu yang membantu disaat kepepet , keliatannya gak begitu penting, ternyata cukup lumayan membantu loh.

Salam Santun

15 Desember 2018

5 Hal Yang Harus Kamu Persiapkan Supaya Semangat Belajar


Desember 2018


5 Hal Yang Harus Kamu Persiapkan Supaya Semangat Belajar-



Terkadang mendengar kata belajar rasanya kok males banget yah. Entah kenapa kalau belajar itu erat kaitannya dengan kewajiban , berasa berat banget, pernah gak ngalamin kayak gini, rasanya kok males, bete, gak mood banget, intinya gak menarik aja titik, gak pake koma...
Padahal ada kata pepatah tuntutlah ilmu sampai kenegri cina, waduh itu kan jauh ya,,,... Iya maksudnya barangkali supaya kita menuntut ilmu setinggi mungkin kali yah. , Bahkan pemerintah sudah menetapkan wajib belajar 9 tahun, jadi gak ada kata gak mau, harus mau, kudu mau, gak bisa enggak, alias wajib !!! Gak bisa ditawar-tawar ini mah he he, namun dilapangan masih banyak saudara kita yang belum bisa mengikuti dikarenakan keterbatasan, sekali lagi pemerintah sudah memberikan kartu Indonesia pintar buat membantu saudara kita yang kurang mampu. Tapi entah kalau didaerah lain, barangkali ada program sendiri ya dari pemdanya. Bahkan beasiswa juga ada bagi yang kurang mampu dan berprestasi.

Tapi disini saya akan memberikan sedikit tips and trik supaya tetep semangat belajar, terutama buat adik-adik yang sebentar lagi sudah mau ujian nasional. Tetep semangat yah belajarnya, jangan  sampe los alias kendor.
Silahkan dibaca yah :

Baca Juga : Membiasakan Si Kecil Belajar Menabung

1*Rapihkan kamarmu

Loh kok rapihin kamar sih, emang ada hubungannya ? Iya dong, karena sebagian besar anak sekarang sudah punya kamar sendiri alias gak tidur lagi bareng ayah ibu, kecuali buat yang masih dedek bayi yah ,apalagi yang sudah remaja. Lah kalau kamarmu berantakan , males banget deh mau ngapa-ngapain, apalagi mau belajar. Liat seprei acak-acakan, bantal dan guling gak jelas letaknya dimana, haduh ribet khan ?
Makanya supaya belajar tambah semangat, kamu kudu rapihin , ganti seprei dengan warna yang cerah yang membangkitkan semangat belajarmu, rapihkan guling dan bantal, susun yang bener, kalau perlu beri pengharum ruangan supaya mood kamu belajar meningkat.

lima hal yang harus kamu persiapkan supaya semangat belajar


Tapi gimana kalau gak punya kamar pribadi alias masih tidur bareng kakak atau adik, yah bisa juga kamu akalin untuk memakai sedikit area ruang keluarga untuk tempatmu belajar, di rapihin dan jangan banyak barang bergelantungan supaya kamu gak jenuh dan bete liatnya.

2*Fokus dan disiplin

Bila kamu sudah terbiasa fokus dan disiplin mudah-mudahan sih enggak susah ya belajarnya. Tapi buat yang rada males dan suka nunda-nunda tugas or pr dari sekolah ya susah donk, kamu kudu punya jadwal buat nentuin waktu belajarmu. Misalnya lusa ada tugas kelompok atau pr apa gitu, kamu sehari sebelumnya harus sudah bisa menyelesaikan pr mu, minimal nyicil   supaya pada hari h kamu gak gubrak gubruk alias kelabakan .

Kamu juga harus bisa nepatin janji kamu, kalo kamu sudah niat pingin ngerjain pr pada hari senin misal, ya kamu tepatin, jangan  kamu tunda-tunda lagi, entar aja deh, masih beberapa hari lagi.,gitu mungkin pikirmu. Stop!! Kalo enggak kamu bakalan terus menunda-nunda alias molor , dan itu akan semakin membuat kamu tambah malas. Jadi buang jauh-jauh sifat seperti itu yah....

3*Percantik area belajar kamu

Dengan mempercantik area belajarmu, tentu akan membangkitkan mood kamu dalam belajar. Kamu bisa menambahkan ornament yang lucu-lucu pada meja belajarmu, seperti meletakkan fotomu atau pernak-pernik yang lucu dan imut, supaya kamu makin betah belajar.
Kamu bisa menaruh wadah pulpen dan pinsilmu dengan warna - warna yang cerah dan lucu, selain sedap dipandang mata, itu juga akan membuatmu semakin betah belajar, Apalagi kalo kamu pintar membuat wadah sendiri, itu satu nilai plus buat kamu.

Kamu juga bisa meletakkan keranjang sampah yang berwarna cerah sesuai kesukaan kamu, sehingga meja belajarmu tetap rapih dan bersih, gak berantakan karena numpuk bekas kertas-atau coretan yang gak penting., so kalau kamu mau kamu juga bisa membuatnya dari kaleng bekas, yang kamu cet dan kamu gambar sendiri, menarik bukan?

Silahkan dibaca : Lama Tak Bersua Berkumpul diKota Tua

Kamu juga bisa menaruh fotomu yang narsis alias bergaya didinding area meja belajar kamu, jadi kalo kamu lagi bete, kamu bisa pandangin tuh foto kamu mudah-mudahan bete mu ilang .

.

Tulis kata kata yang indah dan penyemangat belajarmu ,kamu bisa membingkainya dan kamu taruh didinding, setiap kamu bete dan gak mood, kamu baca lagi tulisan penyemangat tadi.

4*Cemilan Sehat

Ya betul banget, yang namanya belajar bosenkan kalo gak ada yang dikunyah alias ngemil. Biar belajar kamu tambah semangat, gak ada salahnya kalo kamu juga nyiapin cemilan kesukaan kamu, bisa beli di minimarket or minta buatin bunda, supaya lebih sehat. Tapi jangan kamu malah nyemil aja but belajarnya malah dinomor duain. Kebalik ya .


.
.
Apalagi buat kalian yang bentar lagi mau ulangan or ujian, sebaiknya disertai dengan makanan yang bergizi, bisa burjo alias bubur kacang ijo, selain enak juga sehat, atau buat snack bar yang sehat, yang terbuat dari oatmil, atau kalo males buatnya tinggal beli aja di minimarket juga banyak kok menjual snack bar sehat. Nah kalo mau tidur kamu bisa diselingin dengan segelas susu hangat, selain sehat dan enak, bikin tidurmu jadi pules, dan bangun juga seger loh.


Jadi jangan abaikan makanan yang sehat yah, supaya belajar tambah rajin dan juga semangat.

Selain camilan sehat, sempatkan juga untuk olah raga ringan sejenak, supaya otakmu gak tambah berat. Gerakan-gerakan ringan bisa kamu lakukan, seperti merenggangkan punggungmu, menggerakkan tangan dan kakimu, supaya peredaran darah juga lancar, juga menarik nafas yang dalam supaya sirkulasi udara di tubuhmu juga lancar.

Soalnya kebanyakan orang kalau belajar biasanya kalo gak duduk ya sambil tiduran, iya kan ?
Cape berjam-jam berkutet terus dengan buku-bukumu, makanya kamu perlu olah tubuh sejenak.
Kalau dirasa sudah cukup segeran , kamu bisa lanjutin belajar kamu .
Jangan lupa minum air putih yang cukup  supaya tubuhmu tetap segar.
.
Tapi jangan kelewat di forsir ya, kamu juga gak boleh memaksakan belajarmu sampai berjam-jam.
Yang adanya bukannya kamu tambah pintar malahan cape. Sebaiknya sih dicicil, jadi gak langsung seharian gitu, kalo kamu terbiasa nyicil belajar , gak susah buat nerima pelajaran baru, soalnya kamu masih ingat dengan apa yang kamu pelajari, nah kalo sistem belajar kamu gaya sks alias sistem kebut semalem yah sudahlah, kamu gak bakalan lama ingetnya, alias cepet lupa, soalnya keburu numpuk di otakmu. Coba kalo belajarnya dicicil, lambat laun kamu akan terbiasa dan mengingat pelajaran juga lama alias gak gampang lupa.

5*Berikan penghargaan pada dirimu

Wis,,, kok kaya dengerin apa gitu yah. Seolah -olah mau dapet penghargaan gimana gitu. Eits...jangan bingung dulu, disini bukan maksudnya penghargaan untuk kategori apa gitu, no..ini bukan penghargaan film or sinetron atau acara tv favorit, yak..ini adalah penghargaan buat dirimu. Alias hadiah buat kamu yang sudah berhasil belajar dan melakukan tugas kamu dengan baik,- pertahankan yah. Jangan dikendorin belajarnya, mudah-mudahan kalau kamu ngikutin cara-cara diatas tadi so pasti kamu akan lebih percaya diri buat ngerjain soal-soal ujian kamu dan mudah-mudahan kamu lulus ujian dengan nilai yang baik.

Semua usaha kamu selama ini gak sia-sia, kamu bisa rehat sejenak dari semua aktifitasmu yang selama ini sudah bikin kamu stres ngadepin ujian or ulangan kamu. Kamu bisa pergi hangout bareng temen-temen kamu, or nonton film favorit bersama sohibmu.

Oke jangan lupa ,terakhir tetap berdoa dan berusaha, karena doa tanpa usaha akan percuma dan juga usaha tanpa doa juga sia-sia, jadi keduanya kudu seiring dan sejalan ya...mantap ini mah.
Sekian tulisan aku yang secuil ini, semoga ada manfaatnya, yang baik diambil hikmahnya yang kurang baik mohon dimaafkan. Tetap semangat dan sukses selalu .
Itu tadi tips and trik 5 hal yang harus kamu persiapkan supaya semangat belajar.


Salam Santun

14 Desember 2018

Ngikutin Lomba Dengan Modal Nekad Karena Kepo





Karena alasan diatas lah yang membuatku nekad sekaligus kepo, kepingin banget ngikutin lomba tapi modalnya cuma nekad, tapi aku tetap dong berusaha menampilkan tulisan yang terbaik menurut aku ya, mudah-mudahan setelah membacanya kalian bisa mengerti alias faham.


Gak pernah terfikirkan sedikitpun kalau aku nekat membuat blog ini. Kenapa aku bilang nekat, ya soalnya seumur-umur dan untuk pertama kalinya juga aku mulai menulis. Lebih tepatnya belajar menulis. Belum banyak yang aku fahami mengenai blog itu sendiri. Biasanya aku hanya sebatas membaca postingan berita di media online, tapi secara pribadi aku belum pernah membaca blog seseorang sebelumnya.

Aku sendiri juga heran awal mula membuat blog ini, seingatku sih sekitar 2 bulan yang lewat aku baru iseng-iseng mendownload aplikasi di smartphoneku. Nah sejak saat itulah aku baru mengerti sedikit apa itu blog, aku berfikir saat itu bahwa kegiatan ngeblog hanya sekedar menulis saja. Ternyata aku salah, setelah beberapa waktu aku belajar nyatanya blog itu bukan hanya sekedar menulis saja, namun lebih dari itu ternyata banyak yang harus aku fikirkan ketika mulai menulis.

.

Bukan hanya supaya enak dibaca, tetapi dengan menulis, aku harus bisa menjelaskan apa yang terkandung didalam tulisan, sehingga orang yang membaca akan betah berlama-lama untuk memahaminya. Dan hal itu masih terus aku lakukan sampai saat ini. Aku juga masih dalam proses belajar. Karena keinginanku sendiri yang membawaku ingin mengenal lebih jauh apa itu blog.

Entah aku yang memang kepo atau sok tau, aku benar-benar mulai belajar dari nol , melihat lembar kerja di blog saja baru seumur itu aku liat, iya betul kok. Aku benar-benar awam sekali untuk masalah ini. Makanya aku penasaran banget dan mulai sedikit-sedikit belajar mengetik dilaptopku yang merupakan pinjaman anakku yah, karena seumur-umur aku belum pernah memakai laptop.
Dari situ aku mulai belajar bagaimana menyimpan foto ke laptop, walaupun terkadang masih diajarkan oleh anak semata wayangku he he.

Terima kasih ya nang sudah mengajarkan ibumu ini supaya lebih mandiri. Terkadang aku juga belajar untuk menyisipkan gambar didalam blogku, semua masih dalam proses belajar, dan aku tidak malu kalau aku memang benar-benar masih gaptek alias belum menguasai komputer seratus persen.
Tapi itu tidak mengendurkan semangatku untuk terus menulis kedalam blog pribadiku loh

.

Aku juga sedikit -sedikit mulai belajar untuk mengikuti grup-grup yang ada di face book untuk bisa share sedikit tulisanku, walaupun belum banyak dan entahlah apakah yang membaca tulisanku ini menganggap layak untuk dibaca atau tidak, aku juga gak yakin ya, soalnya yang berhak menilai adalah pembaca, disini tugasku adalah membagi tulisanku ke grup-grup pertemanan saja, mudah-mudahan sih sejauh ini cukup baik , sambil terus memperbaiki tulisanku. Semangat!!!

Untuk itulah aku memberanikan diri untuk mengikuti lomba menulis blog, pokoknya aku nekat, walaupun pengalamanku mengikuti lomba-lomba juga masih sangat minim.
Kenapa sih aku kok bisa senekat itu, aku sendiri juga heran sebenarnya, secara aku masih buta pengalaman dalam hal begini tapi berhubung aku juga penasaran ya sudah deh ngikut aja


.



Alasan kenapa aku mengikuti lomba :

Aku mengetahu adanya lomba dengan rutin membuka internet, dan kebetulan aku membaca artikel yang sedang mengadakan lomba menulis blog, sehingga aku juga ada niatan untuk mengikuti lomba tersebut. Adapun lomba tersebut diadakan oleh lembaga kursus . Dari pada penasaran mendingan kepoin aja ke Dumet School yuk.
Kenapa aku nekat banget untuk ngikutin lomba ini dikarenakan :

1* Tema yang menarik

Ya karena disini setiap tema yang diberikan akan berbeda setiap bulannya, sehingga buat yang mau ikutan lomba menulis blog akan merasa tertantang untuk menguji sampai sejauh mana sih kemampuan kita menulis. Apalagi buat aku yang baru mulai menulis blog. Sudah pasti ini menarik sekali buatku. Dan untuk tema bulan ini adalah "ayo ikutan lomba menulis blog Dumet School".

Buat temen-temen yang penasaran hayu ikutan aja, siapa tau kita beruntung sekaligus belajar, enggak rugi kok malah banyak dapet ilmu dan berani mencoba walau modal nekat

2*Waktu /timing

Pelaksanaan lomba diadakan setiap bulan, sehingga masih banyak waktu buat kita untuk mengikuti lomba tersebut. Jika kita belum bisa menang lomba dibulan ini, maka kita masih punya kesempatan untuk ukut lomba pada bulan berikutnya, asyik kan ? Jadi buat kamu-kamu yang penasaran bisa banget tuh dicoba.

3*Terbuka untuk umum

Yak betul banget, kamu-kamu yang mau ikutan bisa banget, soalnya lomba diadakan buat umum, apalagi buat yang masih pemula seperti aku ini kayaknya cocok banget deh. Sekalian melatih keberanian juga mengasah kemampuan kita. Jadi kita gak ragu-ragu apakah lomba ini hanya terbatas untuk anak muda atau terbatas pada kalangan tertentu saja, buktinya aku juga bisa kok ikutan. Selama ada kemauan dan usaha yuk ikutan.

4*Tulisan Non Seo

Betul banget, soalnya kita diberi kemudahan dalam menulis dengan tidak menggunakan kategori  SEO alias kita tidak terikat dengan mesin pencari yang terkadang membuat kita susah untuk menulis artikel. Kan tahu sendiri kalau mau menulis di blog kita harus mematuhi aturan alias menulis yang SEO, terkadang susah buat aku kalo harus bersaing dengan penulis-penulis yang sudah profesional.
Gak perlu mikir yang susah-susah yang harus page one di mesin pencari.

Mudah-mudahan sih tulisan kita tetap asyik untuk dibaca oleh masyarakat luas, tanpa terikat oleh segala peraturan, yang penting tulisan kita enak dibaca, mudah dimengerti dan tidak memuat unsur sara dan sebagainya, kualitas harus tetap diutamakan, supaya betah berlama-lama.
Kita juga bisa mengirimkan maksimal 3 artikel perbulannya, tuh lumayan kan ?
Selain mengasah kemampuan juga menambah wawasan kita dalam segi penulisan, karena kita merasa terpacu untuk memberikan tulisan yang terbaik.

5*Banyak Hadiahnya

Nah ini yang terakhir dan paling menarik. Gimana enggak, dengan hadiah yang lumayan banyak dengan pemenang yang juga lumayan banyak. Jarang-jarangkan ada kategori pemenang dengan jumlah terbanyak. Biasanya paling-paling juara 1, 2, 3 atau harapan.
Tapi disini enggak loh. Jadi ada kemungkinan kita masih bisa untuk merasakan hadiahnya, entah itu juara 2, 3 atau juara seterusnya, sampai ke 10, wow makin semangat yah. Apalagi kalau bisa meraih juara ke satu, aduh senang banget yah.

 Dan untuk hadiahnya adalah sebagai berikut :

Juara ke 1 senilai  Rp  1 juta
Juara ke 2 senilai  Rp 750 ribu
Juara ke 3 senilai  Rp 250 ribu
Juara ke 4, 5, 6, 7, 8, 9 dan  10, akan mendapatkan voucer pulsa senilai masing-masing Rp 50 ribu.

Tuh asyik banget kan? Selain bisa ikutan lomba dan memenangkan hadiahnya, kamu juga bisa ngikutin lomba setiap bulannya, belum dapet juara dibulan ini, mudah-mudahan di bulan selanjutnya kita dapet kesempatan untuk menjadi juara, Amiin. Makanya jangan lupa untuk pantau terus ulasannya di Dumet School. Selamat mencoba.










10 Desember 2018

Membiasakan Si Kecil Belajar Menabung

Hallo Sobat


 Membiasakan si kecil belajar menabung-

 Mengajarkan  si kecil   untuk  mulai belajar menabung itu  susah-susah gampang. Biasanya  sikecil   begitu mendapat uang jajan kepinginnya langsung dijajanin mainan atau jajanan favoritnya.Tapi juga bunda harus tau kiat-kiatnya supaya si kecil mulai mengerti dan terbiasa menyisihkan sebagian uang jajannya untuk ditabung  entah itu sekedar menabung di celengan ataupun mulai menabung di bank.

Bila sikecil mulai merengek mau jajan, beritahu si kecil dengan bahasa dan cara yang nyaman ,beritahu supaya si kecil mengerti dengan cara mengatakan bahwa uang kakak atau uang dedek nanti disimpan yah ? Nanti kalau sudah banyak  dan sudah besar baru boleh di ambil. Bicarakan dengan sikecil sambil sedikit mendongeng dengan kalimat yang sederhana yang mudah dipahami si kecil.

Gak mudah memang, tapi dengan seringnya bunda mengajarkan si kecil, lambat laun si kecil akan mengerti karena terbiasa mendengar kalimat yang sama berulang-ulang. Tapi sebaiknya bunda tidak memaksa ya, karena sikecil terkadang masih labil, alias masih belum bisa menepati janjinya, tapi lambat laun si kecil pasti akan belajar.


Bunda juga jangan hanya melarang sikecil untuk tidak jajan diluar, bunda kudu kreatif dan inovatif, nah loh he he, ribet banget yah urusannya. Bunda jangan malas untuk membuatkan jajanan favoritnya. Sebagai ibu yang bijak, selayaknya bunda juga bisa mencontohkan kepada sikecil untuk tidak sering-sering jajan diluar, misalnya buatkan makanan kesukaan sikecil, entah itu kue-kue, puding, buah ataupun menu kesukaan si kecil.

Buatkan bentuk-bentuk yang lucu sesuai kesukaan si kecil, kalo gak bisa bunda bisa browsing internet, kan banyak tuh resep-resep yang simpel ala rumahan yang bisa di praktekin.Beri sedikit bentuk yang lucu entah itu gambar kartun kesukaan sikecil ataupun warna yang menarik..Tentunya tidak memakai pewarna buatan yah bund, pakailah warna dari sayur atau buah yang lebih alami dan sehat tentunya, taruh  dalam wadah atau kotak makanan yang lucu sehingga sikecil menyukainya.


Baca juga : Kasih Ibu sepanjang masa

Selain itu bunda bisa juga menyiapkannya untuk bekal sekolah si kecil, tapi bunda harus bangun lebih pagi yah apalagi kalau bunda juga bekerja,  sebaiknya dipersiapkan terlebih dulu. Sudah pasti ananda akan senang dan pas jam istirahat, si kecil bisa menyantap bekal bersama teman-temannya.

Kembali ke soal menabung, jika bunda gak mau repot banyak kok dijual berbagai macam bentuk tabungan yang lucu dan warna yang cerah sesuai kesukaan si kecil. Harganya juga tidak terlalu mahal, bunda bisa menawarnya kok, gak selalu harus belanja ke supermarket, di toko biasa juga banyak yang menjual seperti di toko khusus alat sekolah biasanya juga ada.

Ajarkan si kecil untuk menaruh sebagian uang jajannya kedalam tabungan, biarkan si kecil belajar menyukai cara-caranya, walau cuma sekedarnya, biar saja yang penting si kecil sudah berusaha.
Lambat laun dia pasti suka dan terbiasa, itu dulu cara saya mengajarkan buah hati menabung, toh sampai sekarang dia masih menyimpan uangnya, bahkan uang thr lebaran tahun kemarin juga masih utuh sampai sekarang he he.


Kalau ananda sudah lebih besar dan mengerti, ajarkan untuk mulai menabung di bank. Banyak sekarang tabungan yang dikhusukan untuk anak-anak atau remaja, bahkan di sekolah juga biasanya ada buku tabungan khusus, yang bisa diambil pada saat kenaikan kelas atau pas kelulusan sekolah. Kan lumayan bund, gak kerasa tabungan sudah mulai banyak , bisa buat keperluan sikecil lainnya.
Dengan terbiasa menabung biasanya anak akan cenderung lebih hemat, dan gak lalai atau boros menggunakan uang jajannya..Biasanya jika sudah lebih besar dia tahu mana yang perlu mendesak atau tidak.dan cenderung lebih teratur.

Diatas tadi adalah pengalamanku dalam hal membiasakan si kecil untuk belajar menabung, mungkin bunda punya tips and trick yang lain.. Mudah-mudahan sih bermanfaat dan sikecil akan gemar menabung.
Terimakasih. Selamat membaca...


Salam Santun

7 Desember 2018

Rem Kebiasaanmu Buat Yang Hobi Ngemall

Hallo Sobat


Bagaimana ngerem kebiasaan ngemall-

Bagaimana keadaanmu hari ini, mudah-mudahan lancar dan aman yah. Semoga kesuksesan ada ditangan kita semua,,,Amiin. Yak biasanya apa yang sobat lakukan kalau kalian habis terima uang gajian, apakah kalian sisihkan dahulu untuk point-point penting ataukah langsung kalian gunakan buat belanja-belanja alias ngemall. He- he  aku yakin pasti ada diantara kita untuk melakukan hal yang kedua mungkin ya ? 

Yak sebenarnya nggak ada yang salah sih, dan itu adalah hal yang sangat manusiawi banget, secara sudah capek menghabiskan waktu buat kerja sebulan penuh, pastinya maunya me time donk ya. Iya sih apalagi kalau mengingat beban kerja yang semakin berat dan juga persaingan sekarang yang semakin sengit he he seperti mau perang aja. Rasanya belanja -belanja adalah hal yang sangat ingin banget dilakukan oleh kita-kita yang memang sudah haus mau cuci mata, terlebih melihat discount dari barang yang sudah lama diincar, mata nih gak bisa akur banget deh. Tangan rasanya gatel cepet-cepet mau belanjakan tuh duit.

belanja saat promo discount


Apalagi kalau discountnya gede-gedean dan lagi sale besar-besaran waduh kepinginnya tuh diborong semua ya, padahal belum tentu juga barang yang kita beli itu penting banget, kadang-kadang malahan kita sudah pernah membeli barang yang sama, cuma warnanya saja yang berbeda, lebih parahnya lagi tu barang yang sudah terlanjur dibeli jarang banget dipakai, alias nganggur di lemari, pernah gak seperti itu, aku yakin pasti jawabnya iya he he, mau nunjuk malu...
 Itu biasanya karena kita khilaf mata alias terbujuk rayuannya si discount tadi loh.

Gak bisa dipungkiri bahwa memang hal yang satu ini seakan sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan, cie-cie seperti pasangan kekasih saja he he. Iya soalnya dizaman sekarang apa sih yang gak ada , semua tersedia di sana, banyak pilihan , entah mau makan, belanja bulanan, sekedar cuci mata dan ngobrolin kerjaan, sekarang bisa dilakukan dimana saja termasuk di mall, sambil icip-icip and ngopi-ngopi santai. Apalagi yang kerjaannya memang selalu mobile alias gak diem ditempat, mall atau kafe jadi pilihan.

ngopi ngopi di mall or cafe

Mau ngopi cantik aja harganya bejibun alias mahal banget buat secangkir kopi saja, memang sih namnya saja tempat seperti ini sudah pasti kita bayar mahal karena tempatnya sejuk ,makanan serba enak, tapi mereka juga sama saja buat membayar sewa tempat di gedung, sudah tentu pajak juga harus tetap bayar. Coba bandingkan kalo ngopi-ngopinya di warung nongkrong he he.Kadang sayang yah menghabiskan uang sekian puluh ribu bahkan ratusan ribu hanya sekedar buat ngopi and nyemil saja. Gak salah memang wong namanya sekali-sekali makan diluar buat nyenengin keluarga ya enggak apa sih, asal gak keseringan aja yah.

           baca juga:  Secuil Cerita di Pagi Yang Sibuk
                           
                              Jangan Pelit Berbagi Ilmu

Asalkan gak jadi kebiasaan sih oke-oke aja.Tapinya yang sering aku lihat adalah gak cuma hari minggu atau hari libur saja, bahkan hari kerja pun mall penuh dengan orang yang bersliweran, entah buat cuci mata atau memang niatnya cuma mau mejeng saja, kadang malah penuh dengan abg- abg yang masih pakai seragam sekolah dan ibu-ibu yang masih pakai pakaian dinas tapi sudah berkeliaran di mall, gak tau maunya apa tuh, gak takut apa terjaring sama petugas he he.
Iya soalnya di tempatku banyak kejadian seperti ini, terjaring gara-gara keliling pada saat jam kerja.


Tapi pernah gak terbersit sedikit dikepala kita kebiasaan yang satu ini. Sekali lagi aku katakan gak salah kok belanja  ke mall, namun apakah kalian sudah terlebih dahulu membagi prioritas kebutuhan  sebelum ngemall ? Barangkali ada diantara kita yang langsung membelanjakan uang gajian sebelum sempat pulang kerumah he he. Sudah gak sabar mau cuci mata nih ceritanya.

Dan bagi kalian yang masih ngekost di ibukota, sudah pasti terbayangkan dong betapa mahalnya biaya hidup di ibukota apalagi seperti kota Jakarta ini, wah sudah pasti pusing kepala berbi he he. Ada baiknya sih kalian sisihkan dahulu buat post-post penting , entah itu untuk bayar kost, makan sehari-hari, transport apalagi tabungan. Yah walaupun enggak banyak minimal ada yang buat kalian simpan buat jaga-jaga, siapa tahu ada kebutuhan mendesak alias hal tak terduga nantinya.

Saran aku sih buat yang masih ngekost apalagi masih sendiri ada baiknya mendahulukan skala prioritas, he he seolah-olah aku ini penasehat keuangan aja yah. Iya soalnya dengan begitu kalian akan terbiasa mendahulukan sesuatu yang sangat penting buat kedepannya. Walaupun cuma secuil tetapi itu akan sangat membantu loh.Pokoknya prinsip ekonomi yah, wah kalo anak ekonomi pasti ngerti banget nih.,betul betul betul.

Prioritaskan point penting

Nah biasanya kalo aku walaupun bukan anak kost dan aku juga sudah berkeluarga, aku selalu membiasakan untuk menyisihkan gaji bulanan dari suami loh, soalnya aku bukan ibu bekerja alias cuma ibu rumah tangga biasa, karena itu justru aku harus pintar-pintar mengatur keuangan buat belanja bulanan. Entah itu untuk keperluan sehari-hari seperti makan dan minum, biaya untuk bayar listrik, pam, telfon dan lain-lain selalu aku sisihkan terlebih dahulu. Apalagi jika sudah punya anak, aduh mesti tambah pinter ngatur duit nih. Hello anak kecil juga ngerti kali, iya tapi kalo gak dilakukan ya percuma dong.Cuma di fikir saja tapi gak bertindak sama juga boong.

Sesudah semuanya teratasi baru deh bisa bernafas lega, bisa buat belanja - belanja alias buat ngemall.
Kalau bisa sih tetep yah yang 2,5 % disisihkan buat bayar entah itu sedekah atau infak atau apapun, biasanya kalau orang kantoran sudah ada yang dipotong yah dari gaji bulanan. Jangan takut kok buat bersedekah, gak bakalan harta kita habis gara-gara bersedekah justru dengan itu kita bisa membantu saudara-saudara kita yang lebih kekurangan dari kita, bahkan rizki makin bertambah jadi jangan takut untuk memberi, bonusnya kita mendapatkan pahala. 

Intinya sih sebelum kita melakukan sesuatu, entah itu hal-hal simpel atau apapun itu,sebaiknya kita fikirkan dahulu matang-matang sebelum kita bertindak, dari pada  kita menyesal nantinya.
Ngemall gak salah kok selama dilakukan tidak sering-sering alias mendahulukan prioritas .Selagi masih muda, manfaatkan uang hasil kerja kerasmu untuk hal-hal yang bermanfaat,buatlah dahulu rencana yang lebih matang, buat pembukuan sederhana dahulu, supaya kita bisa memilah mana yang penting dan mana yang tidak penting.

Apalagi biaya hidup semakin berat, kita harus bisa pintar-pintar mencari celah supaya gak kebawa arus yang bisa menjerumuskan kita ke hal-hal yang gak penting. Fikirkan buat rencana masa depanmu, karena hidup gak melulu diwarnai dengan kesenangan belaka, yang lebih penting lagi asal gak lebih besar pasak dari pada tiang. Masih ingatkan dengan pepatah itu, iya dong jangan pengeluaran kita ujung-ujungnya malah lebih besar dari pemasukan, rugi dong...

Oke deh sobat, kalau itu tadi secuil pendapat aku, kalo kamu gimana, sudahkah kamu ngerem kebiasaan kamu buat ngemall ?
Mudah-mudahan sih tulisanku ini ada sedikit manfaatnya buat temen-temen sekalian. Berhubung aku juga sudah ngantuk berat, jadi udahan dulu yah.

Salam Santun



5 Desember 2018

Pantai Mutun si cantik nan menawan

Hallo sobat.



Pantai Mutun salah satu pantai cantik di povinsi Lampung .

Adalah salah satu pantai yang cantik diantara beberapa pantai yang terdapat di daerahku.Yuk ikuti cerita singkatku dibawah ini, semoga temen-temen gak bosan ya bacanya...

Yah aku sendiri juga heran, kok namanya pantai mutun. Apakah semula berasal dari nama seseorang, pak Mutun mungkin? Aku juga gak tahu ya, Apa bekas nama jalan atau nama tempat, setahu aku sih memang sudah dari dulu namanya pantai mutun. Lokasinya berada di Bandar Lampung, tepatnya desa Sukajaya Kecamatan Padang  Cermin kabupaten Pesawaran Lampung. Waktu yang ditempuh menuju kesana sekitar 45 menit dari Teluk Betung, tapi kalau musim libur tiba , bisa molor lebih lama lagi.Tiket masuknya pun Rp 25.000 untuk motor dan orangnya, sedang mobil pribadi sekitar Rp 100 sampai 150 ribu tergantung puncak liburan.

Fasilitas yang terdapat di lokasi ini 

-Parkiran
-Mushola
-Pondokan
-Kafe
-Toilet
-Arena bermain seperti perahu cano, perahu untuk menyebrang ke pulau, banana boat, dan waterboom. Yang pasti banyak spot indah untuk berfoto.


.Kalau untuk permainan ya pastinya keluar duit lagi ya, sedang yang mau duduk dipondokan dikenai harga sekitar rp 30 sampai rp 50 ribu. Kalau ini aku bersama kakak dan adikku sedang menikmati udara pantai disore hari, karena lebih sejuk dan cocoknya sambil ngopi-ngopi tuh.
Aku sarankan kalau mau ke lokasi ini sebaiknya jangan pada saat libur panjang ya, soalnya macet dan terkadang susah buat parkir kendaraan seperti mobil, kalo motor sih oke saja.
Apalagi kalau berangkat siang hari, waduh lumayan panas, yah namanya saja pantai, walaupun banyak pohonnya tetap saja udaranya panas, aku sarankan sih sore hari karena lebih sejuk, juga bisa melihat sunset yang cantik.


Tuh asik kan bisa main cano, kalo males main yah duduk-duduk cantik aja di pinggiran pantai atau di  cafe juga boleh he he,tapi sambil ditemani makan dan minuman lebih mantab banget.
Sebaiknya sih kalau berencana libur kepantai , aku sarankan membawa sunblock yah supaya kulitmu gak begitu mutung terkena sinar ultraviolet, sediakan juga kacamata anti uv.
.
Cantikkan fotoku ?

Buat  temen-temen yang emang hobi ke pantai, baiknya membawa persediaan persalinan alias bawa 
baju ganti, soalnya kalo sudah melihat laut , bawaan nya kepingin nyemplung aja sih he he. Rugi 
kalo gak mandi or basah-basah ria.Apalagi air laut yang asin cenderung lengket di pakaian kamu. Sehabis mandi kalian bisa membilas badan di toilet alias ruang bilas, biasanya kalo lagi rame lumayan ngantri sih, sabar yak men-temen.

Kalau kepantai biasanya aku bawa bekal dari rumah, biar hemat dan lebih seru. Gimana dengan kalian, soalnya kalau makan rame-rame apalagi sambil bakar ikan dan lalapan ,juga sambel, makan bisa tambah lahap maknyus deh.Tapi semua berpulang pada selera masing-masing sih. Kalo gak mau ribet ya sudah , banyak juga abang penjual makanan dan warung-warung makanan, kafe juga ada kan.tinggal dipilih aja sesuai selera masing-masing.

Sebenarnya masih banyak hal yang bisa kita lakukan kalau berkunjung kepantai, seperti diving , berenang or yang lainnya bahkan di pantai mutun juga bisa nyebrang ke pulau loh.Disini ada menyewakan perahu untuk rombongan yang mau menuju pulau tangkil. Biasanya satu perahu sekitar 5 sampai 7 orang, dan menyebrang sekitar 15 menit lamanya.Biasanya sewa perahu bisa perorang atau rombongan, Kalau perorang sekitar 30 ribu rupiah ya bisa kurang dan lebih tergantung pinternya kita menawar harga dengan si abang tukang perahu.
Biasanya nanti kita berada di pulau tangkil sekitar 30 menit, dan buat janji dengan si abang tukang sewa perahu , minta dijemput sesuai janji ya. Pemandangan di sini juga cantik, tapi tetap sedia topi dan kacamata yah, soalnya lumayan panas loh.

Puas melihat pulau yang cantik, bisa juga kamu berkeliling pulau menggunakan perahu, atau bisa juga naik banana boat, aku saranin sih kalo gak bisa berenang sebaikknya gak usah ya , soalnya kalo naik wahana banana boat sudah pasti jatuh alias terbalik karena kencangnya ditarik perahu he he.

Sejauh ini sudah beberapa kali aku mendatangi pantai nan cantik ini, namun gak bosan-bosan.Tapi aku lebih suka jika pergi kesana bukan pada saat libur panjang atau weekend karena biasanya ramai sekali sehingga susah buat hunting foto yang cantik karena mau bergaya kok malu ya he he.
Jika mau kalian juga bisa kok minta difotoin, soalnya ada juga abang tukang foto alias foto keliling yang menjual jasa fotonya. Tapi sebaiknnya sih bawa kamera sendiri saja supaya lebih puas, pakai kamera handphone juga bagus kok.
.
Well sebenernya sih dengan cara dan peralatan camera apapun yang kalian bawa, sebaiknya tetap berhati-hati ya.Jangan karena kalian sibuk berfoto kalian tidak memperhatikan barang-barang yang kalian bawa. Yah namanya saja sekeliling kita begitu ramai dan begitu hiruk pikuk sehingga handphone kalian hilang atau jatuh, kan sayang sekali.Bisa merusak suasana dan mood kalian ya. Gak asik kan suasana yang gembira berubah jadi bete he he.  

Oke sobatku yang baik hati dan tidak sombong ups..ulala.. demikian sedikit cerita mengenai jalan-jalan singkatku ke pantai mutun yang cantik nan menawan , mudah-mudahan kedepan akan ada lagi cerita or tulisan mengenai jalan-jalanku selanjutnya, mungkin ketempat-tempat cantik lainnya.
Jangan bosen buat mampir dan baca tulisanku yah...Kutunggu coment dan juga sharenya ya...see you.



Salam Santun