5 Hal Yang Harus Kamu Persiapkan Supaya Semangat Belajar


Desember 2018


5 Hal Yang Harus Kamu Persiapkan Supaya Semangat Belajar-



Terkadang mendengar kata belajar rasanya kok males banget yah. Entah kenapa kalau belajar itu erat kaitannya dengan kewajiban , berasa berat banget, pernah gak ngalamin kayak gini, rasanya kok males, bete, gak mood banget, intinya gak menarik aja titik, gak pake koma...
Padahal ada kata pepatah tuntutlah ilmu sampai kenegri cina, waduh itu kan jauh ya,,,... Iya maksudnya barangkali supaya kita menuntut ilmu setinggi mungkin kali yah. , Bahkan pemerintah sudah menetapkan wajib belajar 9 tahun, jadi gak ada kata gak mau, harus mau, kudu mau, gak bisa enggak, alias wajib !!! Gak bisa ditawar-tawar ini mah he he, namun dilapangan masih banyak saudara kita yang belum bisa mengikuti dikarenakan keterbatasan, sekali lagi pemerintah sudah memberikan kartu Indonesia pintar buat membantu saudara kita yang kurang mampu. Tapi entah kalau didaerah lain, barangkali ada program sendiri ya dari pemdanya. Bahkan beasiswa juga ada bagi yang kurang mampu dan berprestasi.

Tapi disini saya akan memberikan sedikit tips and trik supaya tetep semangat belajar, terutama buat adik-adik yang sebentar lagi sudah mau ujian nasional. Tetep semangat yah belajarnya, jangan  sampe los alias kendor.
Silahkan dibaca yah :

Baca Juga : Membiasakan Si Kecil Belajar Menabung

1*Rapihkan kamarmu

Loh kok rapihin kamar sih, emang ada hubungannya ? Iya dong, karena sebagian besar anak sekarang sudah punya kamar sendiri alias gak tidur lagi bareng ayah ibu, kecuali buat yang masih dedek bayi yah ,apalagi yang sudah remaja. Lah kalau kamarmu berantakan , males banget deh mau ngapa-ngapain, apalagi mau belajar. Liat seprei acak-acakan, bantal dan guling gak jelas letaknya dimana, haduh ribet khan ?
Makanya supaya belajar tambah semangat, kamu kudu rapihin , ganti seprei dengan warna yang cerah yang membangkitkan semangat belajarmu, rapihkan guling dan bantal, susun yang bener, kalau perlu beri pengharum ruangan supaya mood kamu belajar meningkat.

lima hal yang harus kamu persiapkan supaya semangat belajar


Tapi gimana kalau gak punya kamar pribadi alias masih tidur bareng kakak atau adik, yah bisa juga kamu akalin untuk memakai sedikit area ruang keluarga untuk tempatmu belajar, di rapihin dan jangan banyak barang bergelantungan supaya kamu gak jenuh dan bete liatnya.

2*Fokus dan disiplin

Bila kamu sudah terbiasa fokus dan disiplin mudah-mudahan sih enggak susah ya belajarnya. Tapi buat yang rada males dan suka nunda-nunda tugas or pr dari sekolah ya susah donk, kamu kudu punya jadwal buat nentuin waktu belajarmu. Misalnya lusa ada tugas kelompok atau pr apa gitu, kamu sehari sebelumnya harus sudah bisa menyelesaikan pr mu, minimal nyicil   supaya pada hari h kamu gak gubrak gubruk alias kelabakan .

Kamu juga harus bisa nepatin janji kamu, kalo kamu sudah niat pingin ngerjain pr pada hari senin misal, ya kamu tepatin, jangan  kamu tunda-tunda lagi, entar aja deh, masih beberapa hari lagi.,gitu mungkin pikirmu. Stop!! Kalo enggak kamu bakalan terus menunda-nunda alias molor , dan itu akan semakin membuat kamu tambah malas. Jadi buang jauh-jauh sifat seperti itu yah....

3*Percantik area belajar kamu

Dengan mempercantik area belajarmu, tentu akan membangkitkan mood kamu dalam belajar. Kamu bisa menambahkan ornament yang lucu-lucu pada meja belajarmu, seperti meletakkan fotomu atau pernak-pernik yang lucu dan imut, supaya kamu makin betah belajar.
Kamu bisa menaruh wadah pulpen dan pinsilmu dengan warna - warna yang cerah dan lucu, selain sedap dipandang mata, itu juga akan membuatmu semakin betah belajar, Apalagi kalo kamu pintar membuat wadah sendiri, itu satu nilai plus buat kamu.

Kamu juga bisa meletakkan keranjang sampah yang berwarna cerah sesuai kesukaan kamu, sehingga meja belajarmu tetap rapih dan bersih, gak berantakan karena numpuk bekas kertas-atau coretan yang gak penting., so kalau kamu mau kamu juga bisa membuatnya dari kaleng bekas, yang kamu cet dan kamu gambar sendiri, menarik bukan?

Silahkan dibaca : Lama Tak Bersua Berkumpul diKota Tua

Kamu juga bisa menaruh fotomu yang narsis alias bergaya didinding area meja belajar kamu, jadi kalo kamu lagi bete, kamu bisa pandangin tuh foto kamu mudah-mudahan bete mu ilang .

.

Tulis kata kata yang indah dan penyemangat belajarmu ,kamu bisa membingkainya dan kamu taruh didinding, setiap kamu bete dan gak mood, kamu baca lagi tulisan penyemangat tadi.

4*Cemilan Sehat

Ya betul banget, yang namanya belajar bosenkan kalo gak ada yang dikunyah alias ngemil. Biar belajar kamu tambah semangat, gak ada salahnya kalo kamu juga nyiapin cemilan kesukaan kamu, bisa beli di minimarket or minta buatin bunda, supaya lebih sehat. Tapi jangan kamu malah nyemil aja but belajarnya malah dinomor duain. Kebalik ya .


.
.
Apalagi buat kalian yang bentar lagi mau ulangan or ujian, sebaiknya disertai dengan makanan yang bergizi, bisa burjo alias bubur kacang ijo, selain enak juga sehat, atau buat snack bar yang sehat, yang terbuat dari oatmil, atau kalo males buatnya tinggal beli aja di minimarket juga banyak kok menjual snack bar sehat. Nah kalo mau tidur kamu bisa diselingin dengan segelas susu hangat, selain sehat dan enak, bikin tidurmu jadi pules, dan bangun juga seger loh.


Jadi jangan abaikan makanan yang sehat yah, supaya belajar tambah rajin dan juga semangat.

Selain camilan sehat, sempatkan juga untuk olah raga ringan sejenak, supaya otakmu gak tambah berat. Gerakan-gerakan ringan bisa kamu lakukan, seperti merenggangkan punggungmu, menggerakkan tangan dan kakimu, supaya peredaran darah juga lancar, juga menarik nafas yang dalam supaya sirkulasi udara di tubuhmu juga lancar.

Soalnya kebanyakan orang kalau belajar biasanya kalo gak duduk ya sambil tiduran, iya kan ?
Cape berjam-jam berkutet terus dengan buku-bukumu, makanya kamu perlu olah tubuh sejenak.
Kalau dirasa sudah cukup segeran , kamu bisa lanjutin belajar kamu .
Jangan lupa minum air putih yang cukup  supaya tubuhmu tetap segar.
.
Tapi jangan kelewat di forsir ya, kamu juga gak boleh memaksakan belajarmu sampai berjam-jam.
Yang adanya bukannya kamu tambah pintar malahan cape. Sebaiknya sih dicicil, jadi gak langsung seharian gitu, kalo kamu terbiasa nyicil belajar , gak susah buat nerima pelajaran baru, soalnya kamu masih ingat dengan apa yang kamu pelajari, nah kalo sistem belajar kamu gaya sks alias sistem kebut semalem yah sudahlah, kamu gak bakalan lama ingetnya, alias cepet lupa, soalnya keburu numpuk di otakmu. Coba kalo belajarnya dicicil, lambat laun kamu akan terbiasa dan mengingat pelajaran juga lama alias gak gampang lupa.

5*Berikan penghargaan pada dirimu

Wis,,, kok kaya dengerin apa gitu yah. Seolah -olah mau dapet penghargaan gimana gitu. Eits...jangan bingung dulu, disini bukan maksudnya penghargaan untuk kategori apa gitu, no..ini bukan penghargaan film or sinetron atau acara tv favorit, yak..ini adalah penghargaan buat dirimu. Alias hadiah buat kamu yang sudah berhasil belajar dan melakukan tugas kamu dengan baik,- pertahankan yah. Jangan dikendorin belajarnya, mudah-mudahan kalau kamu ngikutin cara-cara diatas tadi so pasti kamu akan lebih percaya diri buat ngerjain soal-soal ujian kamu dan mudah-mudahan kamu lulus ujian dengan nilai yang baik.

Semua usaha kamu selama ini gak sia-sia, kamu bisa rehat sejenak dari semua aktifitasmu yang selama ini sudah bikin kamu stres ngadepin ujian or ulangan kamu. Kamu bisa pergi hangout bareng temen-temen kamu, or nonton film favorit bersama sohibmu.

Oke jangan lupa ,terakhir tetap berdoa dan berusaha, karena doa tanpa usaha akan percuma dan juga usaha tanpa doa juga sia-sia, jadi keduanya kudu seiring dan sejalan ya...mantap ini mah.
Sekian tulisan aku yang secuil ini, semoga ada manfaatnya, yang baik diambil hikmahnya yang kurang baik mohon dimaafkan. Tetap semangat dan sukses selalu .
Itu tadi tips and trik 5 hal yang harus kamu persiapkan supaya semangat belajar.


Salam Santun

2 Responses to "5 Hal Yang Harus Kamu Persiapkan Supaya Semangat Belajar"

  1. intinya rasa malas adalah musuh terbesar untuk belajar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tul bgt. Makanya kudu ada trik spy gak tmbh malez

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel