Alasan Ngekost Yang Gak Kamu Sadari


Desember 2018

 Alasan ngekost yang gak kamu sadari-


Jadi anak kost, kenapa enggak, buat beberapa orang kost menjadi salah satu hal yang perlu kamu fikirkan ketika kamu berencana mau menutut ilmu sehabis selesai sekolah atau mau pindah kerja dan sebagainya. Biasanya tamat sma atau tamat kuliah yang kepingin mandiri dan ada niatan mau lanjut kuliah dan lanjut kerja memilih untuk ngekost sebagai jalan utama.

Alasan ngekost biasanya karena kepingin mandiri dan gak mau ikut saudara walaupun di kota yang sama ada sanak saudara yang menawarkan tempat tinggal. Biasanya sih karena gak mau ngerepotin alias sungkan kalo tinggal bareng saudara, iya kan? Jadi ngekost adalah alasan yang masuk akal.


.

Sebelum kamu terlanjur ngekost, ada beberapa hal yang kudu kamu ketahui supaya enggak menyesal jadinya. Biasanya aturan kos itu lumayan saklek alias kamu gak bisa seenaknya nganggep tempat kost seperti dirumah sendiri. Kamu harus tau peraturan yang di buat di kostan, intinya sih buat kebaikan bersama antara penghuni  dan pemilik kost,jadi sama-sama dapet untung.

Suka duka kamu jadi anak kost

1* Kamu jadi lebih mandiri

Gak bisa di sangkal dengan ngekost, mau nggak mau kamu jadi lebih mandiri. Yang tadinya biasa dilayani oleh orang rumah alias ortu, sekarang kamu gak lagi dilayani alias mandiri.
Kamu gak bisa seenaknya menuruti cara kamu sendiri, karena semua hal kudu kamu yang kerjakan sendiri, entah itu masak sekedarnya , makan juga kudu kamu yang beli sendiri, pokoknya apa-apa kudu kamu yang ngerjain sendiri. 

Tapi kalau kamu enggak mau repot biasanya kamu belanja makanan di warung ato warteg disekitar kost  atau pesen ojek food. Nyuci baju juga kamu lakukan sendiri, kalo gak sempet paling ke laundry.
Tapi selama kamu bisa ngerjain sendiri ya syukur deh , itung-itung menghemat pengeluaran kamu.
Dukanya adalah kamu jauh dari ortu dan sanak saudara kamu.


2* Kamu jadi lebih hemat

Iya soalnya kalo ngekost, kamu kudu belajar hemat, mau enggak mau itu jadi penyemangat kamu supaya kamu juga lebih mandiri dalam urusan pengeluaran. Tapi apa iya kamu jadi lebih hemat dalam mengatur pengeluaran ? Bagi sebagian orang biasanya sayang banget kalo mau mengeluarkan uang yang gak penting-penting banget. Kecuali dalam keadaan mendesak.

Bukannya kamu gak boleh belanja, tapi kamu merasa bahwa uang yang sudah dikeluarkan oleh orang tuamu setiap bulannya akan sangat bermanfaat buat pendidikan kamu, rasanya sayang banget untuk pengeluaran yang gak penting. Terutama kamu yang sedang menjalankan kuliah, rasanya uang bulanan kudu kamu atur supaya kamu bisa lebih hemat, apa lagi kalau keinget susahnya ortu cari duit buat biaya kost dan pendidikan kamu. Kamu pasti berfikir ulang buat hal tersebut.
3* Kamu lebih banyak teman / bersosialisasi

Karena kamu ngerasa tinggal dilingkungan yang baru, sehingga mau nggak mau kamu kudu menyesuaikan diri dengan lingkunganmu , dan itu membuatmu mencari teman yang senasib dengan kamu alias anak rantau. Biasanya kamu yang terbiasa dekat dengan keluarga, disini kamu mendapat teman baru, kamu mulai belajar bersosialisasi dengan lingkunganmu, entah itu dengan sesama anak kost maupun dengan teman-teman di kampusmu / lingkungan kerjamu.

Kamu juga kudu tau lingkungan tempat tinggal mu dimana kamu ngekost, amankah, strategiskah.


Di satu sisi kamu jauh dengan keluargamu, kamu yang biasanya berkumpul dengan ortu dan saudara, berhubung jauh, kamu akhirnya " terpaksa " mencari teman. Iya lah namanya anak kost, sehingga kamu menganggap semua adalah saudara seperjuangan. 

4*Kamu lebih tahan banting

Karena semuanya kamu kerjakan sendiri, kamu jadi lebih kuat alias tahan banting, gak cepet mengeluh karena ortu kamu yang jauh menjadi penyemangat kamu untuk bisa menjalankan pendidikan kamu. Tugas kuliah mau enggak mau kamu kerjakan dengan harapan kamu bisa segera lulus. Kamu jadi lebih menghargai waktu karena kamu enggak mau berlama-lama molor alias menunda kuliahmu. Kamu juga enggak cepet puas, kepinginnya apa yang kamu kerjakan membuahkan hasil yang baik, kamu enggak rela kalo nilai atau tugas kuliahmu jatuh, soalnya kamu selalu ingat ke dua orang tua kamu yang jauh.


Kamu enggak cepet puas dengan apa yang sudah kamu capai, karena kamu merasa hidupmu mandeg alias gak berkembang kalo kamu cepat puas. Kamu berusaha dan berjuang untuk lebih baik dari sebelumnya.
Kamu yang biasanya selalu dijaga dan diawasi , karena ngekost kamu jadi lebih menghargai waktu. Kamu enggak mau membuang waktumu dengan percuma.

Tugas kuliah yang cukup banyak membuat kamu enggak bisa bebas seenaknya. Kamu jadi lebih mendahulukan tugas kamu, bertemu dengan dosen pembimbing kamu, pokoknya kamu berkutet dengan tugas kamu yang minta segera diselesaikan. Semuanya butuh proses dan perjuangan.
Kamu baru merasa lega jika kamu bisa menyelesaikan tugas yang diberikan dosen kamu, apalagi jika nilai ujianmu bagus, kamu merasa perjuanganmu gak sia-sia.

Itu tadi suka duka jadi anak kost, karena semua hal kamu lakukan sendiri, otomatis kamu lebih bisa ngerasain kehidupan orang-orang disekelilingmu, merasakan sama seperti apa yang juga mereka rasakan, kamu lebih perduli dengan sekeliling kamu dan terbiasa menjalankan segala sesuatunya dengan lebih teratur, karena gak ada yang ngebangunin kamu tidur, ngingatin kamu sholat, dan sebagainya, paling kamu cuma bisa berkomunikasi dengan handphone kamu sekedar menanyakan khabar ke dua ortu dan saudara yang jauh disana.

Orang tua mu sekedar mengawasi dari jauh dengan doa, semoga anaknya kelak bisa mandiri dan berhasil dalam hidupnya. Ini adalah secuil cerita tentang suka duka jadi anak kost. Memang gak bisa menyamaratakan ya, tetapi hanya sebagai pengalaman hidup saja, kemungkinan kondisi juga berbeda anatar satu dengan yang lain. Itulah 4 alasan ngekost yang gak kamu sadari.


Salam Santun.

8 Responses to " Alasan Ngekost Yang Gak Kamu Sadari"

  1. Kalau saya ngekos karena nggak ada saudara😁😁😁

    ReplyDelete
    Replies
    1. He he kl ada saudara gak bs seenaknya ya.. Kudu berbagi 😁😁

      Delete
  2. Aku dulu juga Kos pas kuliah Dan smu kls 3. Pas smu sbnrnya ga terlalu ngerasain terlalu mandiri krn apa-apa udh disediain ama ibu Kos . Bnr2 cm tidur Dan belajar. Laundry, bersih2 kamar Dan makan udh tersedia.

    Pas kuliah Baru berasa. Apalagi di negara orang. G mungkin lg manja kayak pas smu :p. Di situ aku br belajar cuci baju sendiri, beres2. Khusus makanan aku ttp ga mau masak, Dan lbh milih beli :D. Tapi segitu aja lgs berasa, gmn aku hrs hemat, apalagi perbedaan kurs yg gede. Ga pgn aja minta2 mulu ama Papa kan :).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener bgt ya.. Jd kepikiran buat tanggung jwb.. Kasian jg dng ortu yah

      Delete
  3. udah 5 tahun jadi anak kos... rasanya ga enak... makan ga jelas, sedihhh rasanyaa... sekarang tinggal sama kk, kalau pulang makannan udah tersedia, lebih terjamin sehat dan begizi, tapi tetao aja ada plus minusnya memang kalau ngkos ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya minimal lbh mandiri. Susah seneng dinikmatin aja.. Kebeneran anakku jg prnh ngekost sih jd pengalaman pribadi

      Delete
  4. Aku belum pernah ngerasain ngekos :)) adanya cuma ngerasain posko KKN. Ngga terlalu kerasa ngekos juga sih soalnya rame2. Deket sama rumah sodara pula. Ahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. He he itu mah bukan ngekost. Tp kumpul bareng. Tp seru juga soalnya sm temen2 ya

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel