17 Desember 2018

Barang Di Sekitarmu Yang Membantu Di Saat Kepepet

22 Desember 2018        
                               
  Barang disekitarmu yang membantu disaat kepepet-                                                  

Biasanya mendung-mendung gini enaknya minum secangkir teh hangat ditemenin dengan camilan ya. Berhubung  aku adanya keripik pisang , ya sudahlah dari pada manyun gak jelas, cemilan ini juga lumayan membantu walau gak bikin kenyang he he. iya saat aku menulis ini jam sudah menunjukkan pukul 5 sore. Cuaca diluar rupanya sangat gak mendukung banget deh, udah gelep, sunyi pula. Wes mau ngapa-ngapain juga males banget alias mager

Duduk didepan laptop sambil terus mulutku berbunyi kriuk-kriuk diselingi ngemil si keripik ini, makin membuat aku malas beranjak dari tempat dudukku. Bunyi geluduk sih sudah dari tadi bersahutan, tetapi hujan juga gak kunjung jatuh.
Padahal aku sangat menyukai hujan, entah kenapa, setiap hujan datang selalu suka mencium bau tanah yang basah, ada nuansa apa gitu, gak bisa dijelasin pokoknya.

Apalagi duduk  bersandar dekat jendela samping rumahku, menatap jauh, terlihat orang yang sibuk lalu lalang bergegas karena hari sudah sangat gelap.
Sudahlah tinggalkan sejenak yuk suasana adem tenan ini, sekarang waktunya kembali ke topik yang mau aku tulis saja ya, biar makin gak ngalor-ngidul.

Disini aku mau menulis bahasan yang cukup ringan, gak perlu yang berat-berat deh, karena hidup sudah semakin berat he he. Adapun itu mengenai benda atau barang yang mungkin ada di sekitar kita sehari-hari yang mungkin kita anggap remeh alias gak kepikiran di kepala kita.
Hayuk di simak.

1*Karet Gelang

Loh kok karet gelang sih. Emang ada apa dengan si karet gelang yang satu ini. paling cuma buat ngebungkus atau mengikat sesuatu gitu ya. Iya sih memang gak ada yang istimewa dengan benda yang satu ini, tapi akan lumayan membantu kalau kita sedang kepepet. Kalo kamu lagi menulis atau menggambar dengan menggunakan pensil kemudian gambar atau tulisanmu salah, sedang kamu gak punya penghapus, toh sebagai pertolongan pertama alias disaat kepepet, kamu bisa menggunakan karet gelang dengan mengikatnya diujung pensilmu, gampangkan ?

 Iya itu lumayan membantu kamu ketika diluar sedang hujan or panas dan penghapusmu hilang atau habis, mau keluar juga males dan blom sempet beli, sikaret gelang lumayan bisa menolongnya, iya khan ? Inget zaman dulu pas sd suka ngapus pake karet gelang he he, pengalaman pribadi ini mah, maklum namanya anak sd gak selalu bisa menjaga alat-alat tulisnya, entah hilang atau ketinggalan didalam kelas. Lumayan kan apalagi kamu lagi mager.




2*Mentega atau margarine

Bermanfaat saat bibirmu mengelupas alias kering. Kalau bibirmu mengelupas jangan di kelotokin ya, rambutan kali ngelotok he he. Iya soalnya kalo ngelupas gitu terkadang kita secara enggak sengaja hobi banget main kelupasin bibir. Gak tau tu tangan bersih apa kotor, pokoke asyik banget kalo dah main kelupas, dan itu seringnya jadi kebiasaan buruk. Kadang juga hobi banget basahin bibir yang kering, maksudnya sih biar bibir lembab alias gak ngelupas gitu, tapi ternyata itu gak banget, yang ada malahan bibirmu tambah kering.

Boleh dibaca : 


Cara yang aman adalah menggunakan mentega atau margarine sebelumnya rendam sebentar lap yang lembut dan bersih dengan air hangat, lalu usapkan lap yang basah tadi dibibirmu dengan cara perlahan sampai yang terkelupas lepas, pelan-pelan ya jangan digosok kuat-kuat, biasanya lap yang direndam air hangat akan cepat membersihkan bibirmu, setelah itu baru kamu oleskan dengan mentega or margarine pada bibirmu secara perlahan dan cukup sedikit saja yah gak usah banyak-banyak , tar dikira orang kamu habis makan apa gitu .
.


3*Lipstick

Ada apa dengan si pemerah bibir ini ya ? Ternyata eh ternyata si lipstick ini juga bisa menolongmu disaat darurat alias kepepet. Loh kok bisa, bisa dong. Disaat kamu hendak berpergian entah itu sekedar jalan bareng temen or ke pesta, ternyata shading atau blush on kamu habis, kamu bisa menggunakan lipstikmu sebagai pengganti shadingmu dengan cara mengoles dan membaurkan secara tipis di pipimu, lumayan membantukan si lipstick tadi. Kayaknya sih memang ada juga ya lipstick yang berfungsi sebagai pemerah bibir sekaligus juga sebagai blush on, aku pernah denger deh.

                                                           
                                                            
4*Bawang Putih

Sudah banyak diketahui kalau bawang putih mempunyai khasiat yang cukup banyak, selain sebagai pengobatan untuk beberapa jenis penyakit seperti darah tinggi, kolesterol, dan sebagainya berdasarkan pengobatan tradisional dan modern. Bawang putih biasanya kita konsumsi sebagai bumbu masak dalam sehari-hari. Bahkan sebagian besar olahan makanan orang cina kebanyakan menggunakan bawang putih, bahkan saya sempat mendengar dan melihat manfaat bawang putih di salah satu media televisi kalau gak salah ada satu rumah makan di luar negri yang sebagian besar masakannya menggunakan bawang putih dengan jumlah yang cukup banyak.

Saya juga sempat mencicipi minuman sari bawang putih sebagai obat untuk melancarkan peredaran darah yang terdiri dari bawang putih, cuka apel dan madu, rasanya asam dan masih tercium aroma bawang putih yang cukup menyengat.
.

Tapi kali ini salah satu khasiat dari bawang putih adalah untuk menguatkan kuku yang gampang rapuh. Pasti pernahkan liat kuku seseorang yang agak rapuh alias bentuknya jelek dan agak berwarna putih kekuningan, nah bawang putih ini bisa dimanfaatkan untuk mengurangi kuku tadi dengan cara dikupas kulitnya, kemudian dari satu siung bawang putih tadi bisa kamu oleskan ke kuku kamu atau kukumu dicucukkan ke bawang putih tadi, rutin di oleskan sehari 2 kali dan usahakan rutin memakainya ya sehingga kukumu kembali sehat dan kuat.

5*Daun Sirih

Ternyata daun sirih juga banyak kandungan  yang sangat bermanfaat. Sama seperti bawang putih tadi, daun sirih juga mempunyai kandungan antiseptik yang bermanfaat untuk pengobatan tradisional dan modern. Banyak dijual obat-obatan herbal di toko obat dan apotik bahkan di minimarket juga ada yang digunakan sebagai bahan pembersih kewanitaan dan juga sebagai obat kumur alias mouthwash, juga ada yang digunakan sebagai campuran pasta gigi.


Sebagai pertolongan pertama saat kamu mimisan dengan cara digulung dan diselipkan kedalam hidungmu, cara ini lumayan membantu, ada satu lagi yang gak kalah hasiatnya yaitu ketika kamu makan lalapan yang agak gimana gitu seperti pete dan jeki alias jengkol, biasanya bau mulut gak bisa ditutupin meskipun kamu sudah sikat gigi, terkadang masih samar-samar tercium.

Cara yang praktis adalah dengan mengunyah daun sirih ,yaitu pilih daun sirih yang masih muda secukupnya saja sekitar 2 lembar kemudian dicuci dan langsung saja kamu kunyah, persis seperti oma opa kita di daerah Papua yang terbiasa makan sirih. tapi sirih hijau ya. Kalau digambar ku ini kebeneran sirih merah.
Itu lumayan ngebantu banget dikala kamu sedang ngobrol , maka bau mulutmu akan terhalang oleh bau sirih tadi. Emang sih rasanya getir gitu. Kalo baunya dah ilang kamu bisa berkumur dan minum air putih, supaya rasa getirnya hilang. Selamat mencoba.

Itu tadi 5 barang yang ada disekitarmu yang membantu disaat kepepet , keliatannya gak begitu penting, ternyata cukup lumayan membantu loh.

Salam Santun

8 komentar:

  1. Bawang puitis memang terbukti berkhasiat luar dalan ...bagi tubuh kita, ....Artikel Bagus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya trims mas sdh mampir.. Artikelnya sih sederhana aja. Mau nulis yg berat dh bnyk yg ahli

      Hapus
    2. Iya trims mas sdh mampir.. Artikelnya sih sederhana aja. Mau nulis yg berat dh bnyk yg ahli

      Hapus
  2. Follow back https://sharing-apa-bae.blogspot.com

    BalasHapus
  3. Bawang putih itu paling dibenci sama suamiku hihi always muntah kalo gak sengaja dia makan. kecuali yang diuleg halus gak akan dah.

    ada temen pas kerja dulu pake lipstik buat blush on dia ntah gimana cara pakenya gak berani nyobain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya emg bener bawng putuh bau bgt. Tp buat masakan sedep bgt.
      Kalo kepepet aja.. Tp aku pernah denger lipstik bs berfungsi jg sbg blush on. Merk apa gt.

      Hapus