10 Desember 2018

Membiasakan Si Kecil Belajar Menabung

Hallo Sobat


 Membiasakan si kecil belajar menabung-

 Mengajarkan  si kecil   untuk  mulai belajar menabung itu  susah-susah gampang. Biasanya  sikecil   begitu mendapat uang jajan kepinginnya langsung dijajanin mainan atau jajanan favoritnya.Tapi juga bunda harus tau kiat-kiatnya supaya si kecil mulai mengerti dan terbiasa menyisihkan sebagian uang jajannya untuk ditabung  entah itu sekedar menabung di celengan ataupun mulai menabung di bank.

Bila sikecil mulai merengek mau jajan, beritahu si kecil dengan bahasa dan cara yang nyaman ,beritahu supaya si kecil mengerti dengan cara mengatakan bahwa uang kakak atau uang dedek nanti disimpan yah ? Nanti kalau sudah banyak  dan sudah besar baru boleh di ambil. Bicarakan dengan sikecil sambil sedikit mendongeng dengan kalimat yang sederhana yang mudah dipahami si kecil.

Gak mudah memang, tapi dengan seringnya bunda mengajarkan si kecil, lambat laun si kecil akan mengerti karena terbiasa mendengar kalimat yang sama berulang-ulang. Tapi sebaiknya bunda tidak memaksa ya, karena sikecil terkadang masih labil, alias masih belum bisa menepati janjinya, tapi lambat laun si kecil pasti akan belajar.


Bunda juga jangan hanya melarang sikecil untuk tidak jajan diluar, bunda kudu kreatif dan inovatif, nah loh he he, ribet banget yah urusannya. Bunda jangan malas untuk membuatkan jajanan favoritnya. Sebagai ibu yang bijak, selayaknya bunda juga bisa mencontohkan kepada sikecil untuk tidak sering-sering jajan diluar, misalnya buatkan makanan kesukaan sikecil, entah itu kue-kue, puding, buah ataupun menu kesukaan si kecil.

Buatkan bentuk-bentuk yang lucu sesuai kesukaan si kecil, kalo gak bisa bunda bisa browsing internet, kan banyak tuh resep-resep yang simpel ala rumahan yang bisa di praktekin.Beri sedikit bentuk yang lucu entah itu gambar kartun kesukaan sikecil ataupun warna yang menarik..Tentunya tidak memakai pewarna buatan yah bund, pakailah warna dari sayur atau buah yang lebih alami dan sehat tentunya, taruh  dalam wadah atau kotak makanan yang lucu sehingga sikecil menyukainya.


Baca juga : Kasih Ibu sepanjang masa

Selain itu bunda bisa juga menyiapkannya untuk bekal sekolah si kecil, tapi bunda harus bangun lebih pagi yah apalagi kalau bunda juga bekerja,  sebaiknya dipersiapkan terlebih dulu. Sudah pasti ananda akan senang dan pas jam istirahat, si kecil bisa menyantap bekal bersama teman-temannya.

Kembali ke soal menabung, jika bunda gak mau repot banyak kok dijual berbagai macam bentuk tabungan yang lucu dan warna yang cerah sesuai kesukaan si kecil. Harganya juga tidak terlalu mahal, bunda bisa menawarnya kok, gak selalu harus belanja ke supermarket, di toko biasa juga banyak yang menjual seperti di toko khusus alat sekolah biasanya juga ada.

Ajarkan si kecil untuk menaruh sebagian uang jajannya kedalam tabungan, biarkan si kecil belajar menyukai cara-caranya, walau cuma sekedarnya, biar saja yang penting si kecil sudah berusaha.
Lambat laun dia pasti suka dan terbiasa, itu dulu cara saya mengajarkan buah hati menabung, toh sampai sekarang dia masih menyimpan uangnya, bahkan uang thr lebaran tahun kemarin juga masih utuh sampai sekarang he he.


Kalau ananda sudah lebih besar dan mengerti, ajarkan untuk mulai menabung di bank. Banyak sekarang tabungan yang dikhusukan untuk anak-anak atau remaja, bahkan di sekolah juga biasanya ada buku tabungan khusus, yang bisa diambil pada saat kenaikan kelas atau pas kelulusan sekolah. Kan lumayan bund, gak kerasa tabungan sudah mulai banyak , bisa buat keperluan sikecil lainnya.
Dengan terbiasa menabung biasanya anak akan cenderung lebih hemat, dan gak lalai atau boros menggunakan uang jajannya..Biasanya jika sudah lebih besar dia tahu mana yang perlu mendesak atau tidak.dan cenderung lebih teratur.

Diatas tadi adalah pengalamanku dalam hal membiasakan si kecil untuk belajar menabung, mungkin bunda punya tips and trick yang lain.. Mudah-mudahan sih bermanfaat dan sikecil akan gemar menabung.
Terimakasih. Selamat membaca...


Salam Santun

18 komentar:

  1. bagus ini bisa mengajarkan anak sejak dini menabung.. www.ipung.net

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas. Kebeneran ini pengalaman pribadi

      Hapus
  2. masyaallah, semoga anak2 tambah pinter mengatur dana ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah2an mba. Ini pengalaman pribadi ku trims sdh berkunjung ya

      Hapus
    2. Mudah2an mba. Ini pengalaman pribadi ku trims sdh berkunjung ya

      Hapus
  3. Caranya bisa ditiru nih... Semoga menjadi anak yang hemat ya dik...
    Salam kenal Mbak

    BalasHapus
  4. thanks sharingnya bu. Insya Allah bermanfaat..

    BalasHapus
  5. mengajarkan finansial memang sangat sangaaaaat penting mbak sejak kecil. mulai hal yg sederhana yaitu menabung... karena pelajaran finansial ini ga didapat di sekolah. kalau mau refrensi yang lebih lengkap coba deh mbak baca rich dad poor dad, dibuku itu dijelaskan ttg petingnya pendidikan fjnansial sejak dini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trims mas atas sarannya.. Trimaksih sdh berkunjung

      Hapus
    2. Trims mas atas sarannya.. Trimaksih sdh berkunjung

      Hapus
  6. Kalau memang Ada Bank Syar'iah dititipkan kesana lebih baik. Hindari sekecil mungkin Riba nya. Keperluan kebutuhan yg Baik, tempatkan sesuatu itu dengan Baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. betul banget pak, kebetulan sy jg di bank syariah, trims sarannya pak

      Hapus
  7. sedikit tips yang bermanfaat. dari segi tulisannya seperti nya di ambil dari pengalaman pribadi. ya memang sih saya juga sering di ajarin sama ibu saya menabung. tapi entah kenapa selalu ada aja keperluan tugas sekolah. jadi mau gak mau harus pakai uang tabungan. jadi gak pernah penuh deh tabungan saya. salam dari www.nhentai7.zone.id

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sih namanya keperluan mendadak gak bs ditunda.. Tp ttp diusahakan ya.. Sdkt jg gak apa.. Suatu saat paati ada manfaatnya ya.. Ttp semangat

      Hapus