Resep Sayur Rebung Yang Murah dan Enak



Desember 2018

Resep sayur rebung yang murah dan enak-


Hai sobat,...


Bosan dengan makanan yang itu-itu aja, kali ini aku mau berbagi resep sayur rebung yang murah dan enak, praktis juga memasaknya gak pake ribet dan lama. Kalian sudah tau kan rebung itu seperti apa.
Kalau di kampungnya suamiku ,aku masih bisa melihat secara langsung pohon rebung alias bambu.

Ya rebung memang tanaman bambu, yang diambil pada bagian akarnya yang masih muda alias pucuk rebung. Biasanya kebanyakan di daerah Jawa menggunakan tanaman ini sebagai sayur. Sedangkan batangnya yang sudah tua banyak sekali kegunaanya. Entah dipakai sebagai dinding rumah, biasanya dengan cara menganyam bambu setelah dibersihkan dan di serut bagian yang kasar.

Kebanyakan di desa-desa masih menggunakan bambu sebagai atap dan dinding rumah. Bahkan di rumah orang tua suamiku di Jawa juga plavon rumahnya juga masih terbuat dari anyaman bambu. Terlihat lebih unik karena hanya di beri olesan pernis sehingga mengkilat.
Banyak perabotan rumah tangga juga masih menggunakan bambu anyaman seperti bakul nasi, topi pak tani, kursi dan sebagainya, dikota-kota juga bambu banyak digunakan kafe atau rumah makan tradisional sebagai pemanis interior atau gazebo.

Nah sekarang setelah sedikit uraian diatas, aku mau bagiin resepnya sekarang, di simak yah.

Boleh dibaca :   Resep Sayur Lodeh Yang Simpel



Resep sayur rebung ala aku 

Bahan- bahan :

* 1/4 kg rebung muda yang sudah direbus
* Santan kelapa yang kental 1 gelas

Bumbu yang diperlukan :

* 5 buah cabe hijau iris serong
* 4 siung bawang merah
* 2 siung bawang putih
* ebi  /  udang kering 1 sendok makan ceper
* 4 butir kemiri
* 2 lembar daun salam
* 1 batang sereh di geprek
* 3 gelas air
* garam secukupnya
* minyak untuk menumis

Cara membuat :

Rebung diiris tipis sebesar ukuran telunjuk.

Baca juga :  Semur Ayam Alla Aku

                     
Sebelumnya rebung direbus dahulu supaya empuk, tapi biasanya dipasar sudah ada sih yang matang., 
Giling bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, dan udang kering beserta garam sampai halus, kalo malez ngegiling bisa di blender aja supaya praktis. Kemudian tumis bumbu sampai harum dan matang yah, masukkan sereh yang sudah digeprek tadi juga daun salamnya.

Rebus air kedalam panci sebanyak 3 gelas, biarkan sampai hampir mendidih.
Lalu masukkan rebung yang sudah empuk , tunggu sebentar , kemudian masukkan bumbu yang sudah ditumis tadi, terakhir masukkan santan kental tadi, tunggu sampai santan mendidih , dan usahakan jangan sampai santannya pecah yah. Masak menggunakan api sedang saja ya.

Terakhir taburi dengan bawang goreng dan siap di sajikan.

Kalo kata aku sih rasa kuahnya itu mirip sama kuah bugro yaitu makanan dari daerah Palembang, yang terbuat dari tepung beras yang dimasak dengan cara dikukus dan diiris tipis seperti mie, dan kuahnya terbuat dari campuran  udang kering yang banyak, tapi ada juga yang membuatnya dengan campuran ikan panggang,,sedap deh. Yang orang Palembang pasti tau nih.

Nah sayur rebung udah jadi enaknya dimakan selagi hangat beserta sambal dan lauknya, kebenaran aku juga sudah masak lauk peyek ikan teri dan bakwan apalagi kalo ada kerupuk, pasti lebih nendang he he. Itu tadi resep praktis dari aku semoga ada yang suka dan bisa dipraktekin.
Selamat menikmati.


Salam santun.

14 Responses to "Resep Sayur Rebung Yang Murah dan Enak"

  1. aku kok sekarang jarang, bahkan memang tak pernah lagi melihat rebung. Apa sebab di Jogja memang jarang ada, ya? Isi lumpia pun bengkoang, wortel, atau kecambah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo di tempatku msh banyak mbak yg jual rebung. Aku dr lampung. Salam kenal mba

      Delete
  2. wah keren bisa masak rebung. butuh keahlian khusus nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak susah kok mba. Biasanya ditempatku memang sdh dijual dlm bentuk potongan jd tinggal rebus bentar dan diolah

      Delete
  3. Masak sayur rebung pake udang kering sodapppp Buu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hayo dicoba. Enak jg kok biar gak pk daging jg maknyus

      Delete
  4. Aku suka nih sayur model gini. Pake santan, sereh biar harum. Biasanya aku tambahin cabai rawit orens biar makin nikmat pedes2 gituh, plus kerupuk. Rebung udah jarang di warung. Jadi begitu ada, langsung dibeli trus masak deh :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Btl bgt mba. Tp di tempatku msh lumyn bnyk yg jual rebung. Disanten gurih jadinya

      Delete
  5. Ya ampuuuun mbaa, ini ingetin aku ama rumah sih :). Mama srg masak sayur rebung ini. Tapi sjk nikah aku jrg makan ini, krn pasar deket rumah ga ada yg jual rebung. Hrs ke pasar yg jauhan. Dari dulu slalu suka banget rebung. Di gulai, di jadiin isian lumpia, selalu enak rasanya. Dan baunya itu loh, khas :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba maknyus enak jg gurih loh. Hayok dicoba. Maaf br bls akunyah. 😊🙏🙏

      Delete
  6. Hohoho rebung dikampung gw berlimpah ruah :v. Bentar lagi gw pulang kampung dan ingin coba walaupun gw masih nob dalam hal memasak 😅.

    ReplyDelete
  7. Sudah setahun kayanya ngak makan sayur Rebung, campur tempe tahu pake sambel terasi, Nasinya baru........asik dech

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel