30 Januari 2019

Cara Membersihkan Kuningan Yang Kusam Dengan Asam Jawa

 30 januari 2019

Cara Membersihkan Kuningan Yang Kusam Dengan Asam Jawa

Sebenarnya banyak cara untuk membersihkan kuningan, salah satunya adalah dengan menggunakan asam jawa. Siapapun pasti sudah tau banyak manfaat dari asam jawa, selain sebagai bumbu dapur, ternyata asam jawa juga bisa berfungsi untuk membersihkan barang-barang yang terbuat dari kuningan. Dan hasilnya juga terbukti bisa mencerahkan dan mengkilatkan kuningan.
cara membersihkan kuningan yang kusam

Asam jawa, siapapun pasti sudah tau apa itu asam jawa. Asam jawa biasanya banyak digunakan sebagai bahan utama bumbu dapur.
Biasanya digunakan untuk campuran bumbu dalam mengolah ikan supaya tidak amis, jika kebetulan didapur sedang kosong jeruk nipis.

Asam jawa juga bisa dikonsumsi sebagai minuman, berupa campuran gula merah ditambah dengan air hangat dan asam jawa, selain itu juga bisa digunakan sebagai obat pereda panas dalam.

Selain sebagai minuman ataupun bumbu dapur, asam jawa juga bisa dibuat menjadi permen yang rasanya asam manis  dengan taburan gula pasir di atasnya atau permen gulas [ gula asam ].

Bahkan jika anak bayi terkena demam, biasanya di daerah pedesaan masih menggunakan asam jawa sebagai campuran untuk di borehkan di dahi atau di tubuh pada saat si bayi dipijat, sehingga sensasi dingin dari asam jawa bisa menurunkan demam pada bayi, tetapi ini untuk demam biasa, bukan karena demam yang disebabkan oleh virus.

Siapa juga yang tidak suka mengoleksi barang kerajinan yang terbuat dari bahan kuningan. Biasanya orang tua jaman dulu, terutama yang berasal dari Sumatra, biasanya banyak memiliki benda-benda atau peralatan dapur yang terbuat dari kuningan.

Selain untuk keperluan dapur, benda kuningan juga biasanya dibuat sebagai hiasan rumah, seperti puade atau bokor , wadah sirih, ataupun kendi dan gelas yang terbuat dari kuningan. Selain untuk hiasan juga digunakan untuk mempercantik ruangan dirumah anda.

Baca juga  tips memberi barang sebagai bingkisan atau kado


Baca juga  5 tips supaya buah hati tetap sehat dan bugar 

Namun kali ini adalah membahas cara membersihkan kuningan yang kusam dengan asam jawa. Adapun  caranya adalah sebagai berikut.

Bahan yang digunakan :

* Asam jawa sebanyak seperempat kilogram / satu bungkus.
* Sabun detergen bubuk sebanyak satu bungkus ukuran kecil.
* Air secukupnya sebagai bahan pengencer adonan.

Cara membuat adonan pasta :

Ambil asam jawa yang telah di bersihkan dari bijinya, campurkan dengan detergen bubuk dan air secukupnya, dicampur menjadi satu adonan seperti pasta, jadi kekentalannya cukup, tidak terlalu encer juga tidak terlalu kental, sehingga gampang dioleskan.

Cara membersihkan :

Ambil barang kerajinan atau peralatan dapur yang terbuat dari kuningan. 
Oleskan adonan pasta asam jawa tadi ke seluruh barang kerajinan kuningan anda dengan rata sampai keseluruh permukaannya, gosok yang rata dan biarkan agak lama menggosoknya.

Jika seluruh barang kuningan tadi telah teroles secara merata, siramlah barang kerajinan kuningan tadi dengan air, dengan cara di guyurkan atau disiram secara merata, sampai permukaan barang kuningan anda terlihat bersih dan tidak ada lagi tersisa olesan pasta tadi.

Selanjutnya keringkan barang kuningan tadi dengan menggunakan lap kering yang bersih. Keringkan sampai rata dan bersih dan jangan ditunda -tunda mengeringkannya, karena jika terlalu lama dalam keadaan basah, kuningan tadi akan timbul seperti noda bintik-bintik, makanya harus segera di lap.
Pokoknya harus benar-benar kering.

Jika sudah selesai dikeringkan, kalian tinggal menjemur barang kuningan tadi dibawah sinar matahari, syaratnya harus terik yah, supaya hasilnya kelihatan.
Selama sekitar 30 menit atau lebih agar hasilnya maksimal.

Jika ditempat yang gelap atau mendung hasilnya tidak akan maksimal, karenanya disarankan untuk menjemur barang kerajinan kuningan tadi di siang hari yang cukup panasnya supaya hasilnya mengkilat dan warnanya kembali kuning.

Cara ini lumayan berhasil, karena memang ibu saya sendiri punya koleksi barang kerajinan dari kuningan, dan hasilnya terbukti memang bersih dan mengkilat, karena memang  sudah sering di praktekkan.

Dan sebaiknya cara ini diulang sekitar dua atau tiga bulan sekali untuk dilakukan, supaya barang kuningan anda tetap terjaga warnanya dan mengkilat.

Demikian cara membersihkan kuningan  yang kusam dengan asam jawa. Semoga saja dapat dipraktekkan, terutama yang suka koleksi barang kuningan, kan sayang donk kalau tidak dirawat warnanya akan kusam.


Salam santun

25 Januari 2019

Tanda Si Dia Bukan Milik Kamu

25 Januari 2019

Sekedar tulisan ringan semoga saja ada yang melirik tulisan ini.

Tanda si dia bukan milik Kamu


Kebanyakan pasangan biasanya kepinginnya mendapat pasangan yang terbaik ataupun menjadi impian, terutama buat pasangan yang baru saja menjalin hubungan. Tapi kebanyakan karena kita belum mengenal sifat  dan kepribadian masing-masing, ujung-ujungnya malahan putus dijalan.

Rasanya enggak enak banget, dan bikin dunia serasa mau runtuh.....

Dibawah ini ada beberapa tanda-tanda yang mungkin bisa menjadi peringatan buat kalian yang sedang menjalin pasangan atau baru mulai jadian, dan ternyata gak taunya ketika sedang serius menjalin hubungan enggak taunya putus ditengah jalan.

Yuk di liat siapa tau diantara kalian ada yang sempet mengalami hal atau kejadian seperti ini, sok disimak ajah.


pixabay

Tanda Si Dia Bukan Milik Kita :

1* Dia lebih memilih orang lain.

Rasanya sakiiit banget, dunia serasa mau runtuh dan seolah-olah kita akan tertimpa reruntuhan gedung , berasa gempa bumi, oleng seketika...
Rasanya dunia jadi gelap, segelap hati yang lagi kalut bin bingung.

Iyalah gimana enggak bingung and puyeng. Sudah lama naksir inceran, sudah lumayan deket dengannya, emang sih dia enggak pernah ngomong apa-apa ke kita, tapi berhubung kitanya yang naksir duluan, seolah-olah kita juga beranggapan kalau si dia juga naksir kita.

Padahal si dia cuman menganggap kita sebagai teman biasa aja, alias cuman temen curhat. Kadang kitanya kege eran, kenapa dia suka curhat sama kita, dan kita ikutan terlibat didalamnya, padahal si dia cuman sekedar berbagi cerita or keluh kesah saja, gak lebih...huf.

Sampai pada suatu saat, kedenger kalo ternyata orang yang selama ini kita taksir enggak taunya lebih memilih orang lain...
Sakitnya tuh disini...Seperti disamber geluduk disiang bolong pas denger kabar gak enak banget itu.

Kita tuh cuman bisa mikir, kenapa kok malah jadiannya sama orang lain, kenapa nggak sama kita aja yang selama ini sudah deket sama dia. Kok jahat yah...kok tega yah...
Apalagi buat cewek-cewek, rasanya enggak banget deh kayak gini.

Kalo udah begini sih, cara terbaik  adalah menyimpan rasa kecewa dan sakit hatimu. Atau kamu bisa curhat ke temanmu yang bisa dipercaya..

Baca juga  Gak cuma gadget yang multitasking,perempuan juga 

2* Dia berselingkuh di belakang kamu.

Awalnya sih biasa-biasa aja, sampai suatu ketika kamu ngedenger sendiri gosip perselingkuhannya sampai ke telinga kamu...uf...rasanya apa yang ada dikepala kamu.
Dunia mau runtuh, sama seperti yang nomor satu diatas.

Perasaan marah, kesal merasa di khianati, kecewa bercampur jijik muncul di dalam hatimu.
Yang ada di dalam kepalamu adalah sudah berapa lama mereka jadian, sudah berapa lama mereka bersama, siapa yang mulai duluan atau kok aku bisa di boongin yah...

Emangnya ada yang salah dengan aku....emangnya aku kurang apa gitu...
Padahal kamu udah percaya sama si dia.

Hal terbaik adalah segera memutuskan hubungan dengannya. Dan kamu juga gak perlu memaaafkannya. Gak ada waktu buat mikirin orang seperti ini. Ini waktu yang baik bagi kamu untuk bangkit. Jangan terpuruk.

Gak perlu menangisi terlalu lama mikirin dia, ngapain wong dia aja gak mikirin kamu !!!
Kamu kudu bangkit, ingatkan pada dirimu bahwa kamu cukup baik, bahwa kamu cukup cantik, dan dia tidak sepadan dengan kamu.

Karena masalah yang sebenarnya terjadi adalah bukan dikamu tapi di dia. So suatu saat kamu akan ketemu dengan orang yang lebih baik lagi darinya.
Tutup mata dan tutup hatimu buat si dia..

Terus maju, jangan patah semangat, dan jangan berduka terus-terusan, karena kamu gak pantas diperlakukan seperti itu
Instrospeksi diri seperlunya saja, buka matamu, someday you will find true love .

3* Adanya perbedaan

Perbedaan itu ternyata cukup banyak antara kamu dengan dia. Entah itu perbedaan dari cara berfikir kalian, misalkan si A mikir nya tentang rencana masa depan yang sudah didepan mata, sedang si B masih sibuk berkutet dengan dunianya sendiri.

Perbedaan usia juga terkadang jadi masalah, yang satu sudah serius, sementara yang satu masih sibuk dengan teman-temannya, sibuk bermain, dan masih kepingin bebas, karena masih sangat belia. Cara berfikir juga terkadang menimbulkan perbedaan yang cukup jauh.

Yang satu sudah prepare untuk masalah keuangan, irit dan mulai mempersiapkan tabungan untuk masa depan, sedang yang satu boros dan doyan banget shopping.
Perbedan-perbedaan itu yang kadang membuat kalian gak seiring.

Apalagi perbedaan masalah keyakinan. Wah ini sih cukup lumayan berat masalahnya. Apalagi jika diantara kalian tidak ada yang saling mau mengalah. Sebaiknya sih dibicarakan antar kedua belah pihak,  kalo perlu minta pendapat keluarga, namun jika tidak juga bisa ketemu , sebaiknya yah berpisah saja.

Hanya satu hal bahwa kita belajar banyak dari hal tersebut, bahwa perbedaan tidak bisa dipaksakan. Segala sesuatunya membuat kita menjadi lebih dewasa dalam berfikir, mungkin dia memang bukan yang terbaik buat kita. Suatu saat mungkin akan bertemu orang yang cocok dengan kita, tanpa adanya perbedaan yang begitu mencolok.

4* Long Distance Relationship ( LDR )

Dari awal sudah tauk kalo ldr itu cukup berat. Jarak yang sangat jauh memungkinkan pasangan cukup sulit untuk menjalin hubungan.
Memang sih ada beberapa orang yang cukup bertahan menjalankan ldr tersebut. 

Satu hal, biarpun komunikasi sudah sedemikian canggihnya, kita bisa berkomunikasi, ataupun video call, namun yang namanya manusia tetep perlu kehadiran fisik.
Entah itu cuma sekedar melihatnya secara lansung, atau mendengar suaranya. Atau sekedar melihatnya tersenyum.

Dan hal tersebut tidak didapat jika kalian melakukan long distance relationship. Kalo enggak kuat-kuat , bisa saja salah satu pihak mencoba untuk memutuskan hubungan tersebut.
Kecuali jika kalian diberi hati yang cukup tangguh untuk ngejalaninnya.

Jalan satu-satunya adalah belajar untuk menerima keadaan, belajar untuk menerima keadaan bahwa ldr memang cukup susah. Mulai belajar untuk  melupakan.
Toh selama ini kalian memang terbiasa berjauhan.

Kamu tetap bisa hidup tanpa dia ada didekatmu, memang mungkin awalnya cukup menyakitkan, tetapi lambat laun waktu juga menyembuhkanmu.

Kamu bisa mengisi waktumu dengan kegiatan yang bermanfaat, seperti ikut kursus musik, les bahasa ataupun kegiatan lain yang bisa membuatmu lupa tentang masa lalumu.
Semua bisa jadi pelampiasanmu untuk bisa bangkit.
Karena hidup cukup sekali dan cukup indah untuk dilewatkan. Dan kamu akan sadar bahwa kamu tetep bisa hidup tanpanya.

Itu tadi beberapa tanda atau hal-hal yang mungkin bisa menjadi acuan bahwa kalian mungkin tidak bisa menjalin hubungan atau tidak ditakdirkan berpasangan.
Semoga saja tulisan ini bisa menjadi pembelajaran bahwa hidup itu terlalu indah untuk di lewatkan begitu saja. Selalu ada cara untuk bangkit dari keterpurukan. 
Gogirl feature


Salam santun


.






24 Januari 2019

Tips Memberi Barang Sebagai Bingkisan Atau Kado

24 Januari 2019

Kadang suka bingung gak, mau nyari kado atau bingkisan buat temen-temen atau kado buat  ultah seseorang. Sebenernya sih sekarang udah gak jamannya lagi yah ngasih barang. Biasanya cenderung berbentuk uang buat yang nikahan. Maksudnya biar lebih praktis juga lebih bermanfaat kayaknya ketimbang beli barang.

Apalagi kalo barang biasanya numpuk di rumah dan sudah ada juga barang yang mirip bahkan sama , rasanya sayang banget yah. Tapi yang namanya pemberian kan tetep harus di simpan walaupun belum tentu juga langsung kita gunakan.

Tapi kadang kepikiran gak sih kalo harga barang yang mau kita beli budgetnya kadang gak sesuai dengan isi kantong kita. Suka bingung apalagi kalo kado atau barang itu buat kita berikan ke orang yang mampu alias tajir.

Suka bingung gitu ngasihnya, mau beli barang yang bagus dan mahal, dana kita terbatas, lagian dia juga mungkin gak terlalu membutuhkan. Tapi mau beli yang biasa aja juga kadang gak enak ati, kesannya kok biasa aja.

Biasanya kita memberi bingkisan buat orang dengan beberapa tipe atau kriteria, seperti :

* Buat orang yang memiliki segalanya alias tajir

1*Tips membeli barang buat orang yang memiliki segalanya :

1*Udah tentu rada njelimet ngebeliin barang buat orang kaya alias tajir, udah keliling-keliling pertokoan ato mall, tapi tetep pusing apa yang mau kita beri. Dana yang terbatas juga sering menjadi kendala buat nyari barang.

Tapi sebenernya gak perlu juga kita repot-repot nyari barang seperti tas, sepatu apa lagi tas branded, kayaknya sih enggak mungkin banget yah.

Selain udah pasti harganya mahal dan bermerk, kayaknya gak banget buat isi kantong.
Kalo kendalanya di budged, bisa aja kita ngebeliin sobat atau orang kaya tadi barang yang buat dia berguna walaupun harganya gak seberapa.
tips memberi barang sebagai bingkisan
komik dan cd favorit


lebih baik kita membelikan barang dengan satu harga seperti buku bacaan ato komik kesayangannya atau pun cd yang berisi lagu-lagu favorit atau pun novel kesukaannya.
Selain harganya gak menguras isi kantong, tentunya punya kegunaan karena bisa menjadi hiburan.
Apalagi jika dia memiliki koleksi cd atau novel. Kan bisa menambah koleksinya. Seorang kolektor biasanya akan senang mengumpulkan barang kesukaannya bertambah, meskipun harganya biasa saja dan dia sudah mempunyai jumlah yang banyak.

Sudah pasti dia akan senang menerimanya, karena benda yang kita berikan bermanfaat buat dia, dan menambah jumlah koleksinya.
Intinya sih gak perlu loh memberikan barang yang mahal,yang penting barang yang kita berikan itu berkesan buat si penerima.

* Buat orang yang tidak mampu.

2*T:ips membeli barang buat orang yang tidak mampu:

Sebenernya gak terlalu susah buat nyari barang atau bingkisan buat mereka. Bukan bermaksud pilih kasih atau merendahkan mereka.
Sebaiknya sih kita membelikan barang yang bermanfaat atau barang yang memang benar-benar dia butuhkan.

Kalau temen kita tersebut masih sekolah dan kita liat tas sekolahnya yang sudah rusak atau tidak layak pakai, kayaknya gak ada salahnya kita membelikan dia tas sekolah baru.

Selain memang bermanfaat, sudah pasti dia akan senang dengan pemberian kita tadi atau jika temen kita tadi pintar melukis atau menggambar, kita bisa membelikannya alat untuk menggambar atau melukis, sudah tentu berguna banget. Harganya gak terlalu mahal dan bisa menambah ketrampilannya dalam melukis.

Dari pada kamu membelikan barang yang mahal seperti baju mahal atau tas pesta, mungkin dia juga bingung yah mau di pake kemana dan buat apa.

*Buat orang yang kurang kita kenal dekat.

3* Tips membeli barang buat orang yang tidak kita kenal dekat :

Sebenernya gak terlalu susah untuk ngebeliin barang buat mereka yang kadang kita gak terlalu kenal dekat. Kadonya seperti apa sih, kok rada bingung yah mau ngasih apa.

Supaya kita gak bingung dan salah dalam memberikan kado atau bingkisan , alangkah lebih baiknya kalau kita memberikan dia barang yang gak terlalu spesifik atau barang-barang yang dibutuhkan manusia pada umumnya.



Seperti mug gelas yang lucu dan berwarna warni, atau juga kita bisa memberikan ikat rambut yang lucu jika yang ultah adalah cewe, atau kaos kaki yang lucu ato bingkai foto lucu juga okeh kok.
Atau kalo yang ultah itu sudah ibu-ibu, bisa ajakan kamu beliin keperluan dapur seperti botol-botol minum yang lucu atau teflon mungil. Selain gak terlalu mahal juga bermanfaat.

Itu tadi beberapa tips sederhana buat mencari kado atau bungkusan kepada beberapa tipe orang. Sebenarnya gak bermaksud mengkhususkan juga sih.
Karena gak semua kita kenal dekat, makanya tips diatas semoga bisa membantu.


Salam santun.


21 Januari 2019

Tipe Atau Karateristik Cowok Buat Yang Sedang Mencari Pasangan

21 januari 2019

Tipe atau karateristik cowok buat yang sedang mencari pasangan

Mencari pasangan itu gak gampang, kepinginnya ngedapetin yang serba baik, namun terkadang apa yang diharap tidak sesuai ekspetasi.
Disini jangan kelewat serius yah menanggapinya, ini sekedar tulisan saja, tapi jika ternyata memang ada yang nyangkut di kamu, it's okeeh.
Gak bermaksud sok tau atau udah berpengalaman, ini cuman sekedar berbagi aja,...so ayo disimak.
.
pixabay

Tipe Atau Karateristik Cowok  :

1* Tipe Daddy atau kebapakan.

Tipe daddy ato kebapakan ini cenderung suka mendominasi atau mengontrol gerak-gerik kalian, ya namanya aja kebapak-bapakan, ya bawaannya kepinginnya selalu melindungi kamu, namun cenderung rada ketuaan sikapnya.
Mereka memang cenderung memegang kendali dan ingin berkuasa, kayaknya kudu di amati dulu, soalnya tipe gini bikin gerak-gerikmu jadi gak bisa bebas alias terbatas, apalagi kalo udah ngelarang-ngelarang kamu, gak banget deh kayaknya, seolah-olah kamu anaknya aja.

Sifatnya yang old fashioned banget kayaknya gak cocok deh buat kamu yang ceria dan bebas.

2* Tipe Petualang

Tipe cowok petualang ini cenderung gak suka dikekang, orangnya cenderung spontan , penuh kejutan dan juga suka mencari-cari hal yang baru.
Tipe begini butuh temen untuk berbagi cerita tentang kesukaan atau hobinya. Tipe ini cenderung ingin orang lain yang dekat dengan dirinya juga ikut ngerasain hal baru dalam hidupnya.
Bagi yang suka tipe petualang kudu siap-siap ngedengerin segala cerita ato curhatannya, karena cenderung suka ngomong. 

Apalagi terkait dengan hobinya ataupun sports yang cenderung rada keras, kalo kamu suka dengan tipe petualang, kamu kudu jadi pendengar yang baik, dan kudu sabar ngeladeninnya.
Apalagi tipe cowok ini rada aktif dan gak bisa diem, ada aja yang membuatnya selalu kepingin melakukan hal-hal baru. 

3* Tipe Cowok Sukses

Sebenernya sih gak ada yang salah dengan tipe cowok sukses kayak gini, mapan dan cenderung bergaya, yah namanya aja dah sukses, boleh dong bergaya yang rada rapih, seperti seorang eksekutif muda, Biasanya kebanyakan jadi inceran cewe-cewe yang suka dengan tipe cowok begini.

Penampilan keren, pakaian dari merk terkenal merek si anu, atau kemana-mana selalu mengendarai kendaraan mewah. Kadang cenderung boros dan sukanya berada ditempat yang rada eksklusif, karena dia cenderung glamour, banyak cewe-cewe yang rada matre mengelilinginya, dan tipe cowok seperti ini suka dengan hal itu. Hati-hati aja yah ketemu tipe succesful man kaya gini.
Jadi jangan selalu menilai seseorang dari luarnya aja.

4* Tipe Bad Boy

Kebanyakan sih tipe cowok bad boy kayak gini cenderung di jauhi calon mertua. Soalnya biasanya tipe begini "cowok banget " gak seperti kebanyakan cowok pada umumnya.
Kadang suka cuek dan rada keras kepala, spontan dan gak suka aturan.

Ada beberapa tipe cewek yang malahan tertarik dengan tipe bad boy yang rada cuek dan suka nya cuman buat bersenang-senang aja. Hidup cenderung semau gue, namun karena mereka ramai dan cowok banget, dekat dengan mereka hidup cenderung lebih berwarna gak datar begitu aja.

Tapi kalo kamu cewek yang tipenya lembut dan cenderung melankolis, sebaiknya sih segera menghindari tipe cowok model bad boy gini, soalnya kemungkinan bakalan sering membuat kamu menangis, tanpa si dia merasa bersalah. Gak banget khaaan..
Yang ada bukannya kamu hepi malahan stres ngadepin dia.

5* Tipe Cowok Manut

Cowok model manut begini selalu bilang yes pada ceweknya. Entah karena gak enak hati atau gak punya prinsip, selalu mengiyakan kemauan ceweknya.
Kemana-mana maunya selalu ngikutin kemanapun kamu pergi, karena sebenernya kepingin nyenengin ceweknya. Sebenernya sih.gak salah , terkadang so nice dan menyenangkan, tapi karena kelewat manut aja sepertinya gak ada tantangan alias hambar-hambar aja.

Dan lama-lama membuat kamu ngerasa terganggu juga dengan sifatnya yang selalu manut dan menghindari konflik, kalo kamu tipe cewek yang kuat dan rada tomboy, rasanya gak banget deh ketemu tipe cowok begini, yang ada malahan kamu jadi lebih cenderung dominan dan perkasa ketimbang dia.

6* Tipe Cowok Idaman

Adalah tipe cowok baik-baik yang santun, ramah, kalem pokoknya semua sifat yang baik ada pada tipe cowok begini. Dia cenderung dekat dengan keluarga, dan menjadi idaman cewe-cewe pada umumnya.

Suka memberi perhatian dan selalu penuh kehatia-hatian dan pertimbangan untuk menyelesaikan permasalahan yang di hadapi.

Tipe cowo idaman ini memang cenderung banyak disukai dan gak salah kalo kamu mengidolakan tipe cowok begini.
Tipe idaman banyak disukai karena kebanyakan cewe-cewe yang cenderung posesif dan mereka inginnya selalu diperhatikan.

Kalo kamu ketemu ato dapet cowok model begini, kamu pasti bahagia, soalnya dia suka memberi perhatian, setia dan gak suka berkonflik.
Sebisa mungkin dia akan menunjukkan perhatiannya walaupun sesibuk apapun pekerjaannya, dia menyempatkan diri untuk sekedar say helooo pada kamu.

Tipe cowok idaman memang gak suka macam-macam dan lebih banyak sifat positifnya ketimbang sifat negatifnya, dia lebih sering melindungi dan menjaga kamu dan setia.

Tapi kalau dia rada pendiam, kamu gak usah sungkan untuk ngeramein suasana , jangan takut kalau dia akan menolaknya, karena dia justru akan merasa senang.

7* Tipe Don Juan

Cowok seperti ini pinter banget naklukin cewe alias ngambil hati cewek. Dia terlihat begitu romantis dan pandai ngegombal. Kamu kudu hati-hati deket dengan tipe cowok begini.
Dia pinter melucu alias humoris dan ramah banget, dan suka memuji-muji kamu, padahal menurut dia  dalam hati , kamu biasa-biasa aja sih sebenarnya. hi hi. Jangan sampai terpikat rayuannya yah..

Dia suka memuji-muji kamu dengan mengatakan kalo kamu adalah cewek paling cantik sedunia dan rajin dan pandai banget merayu, dan mendengarkan curhat kamu.

Mereka biasanya kayak begitu karena emang melihat cewe dari fisiknya saja, dan kamu susah bakalan berkomitmen dengannya. Apalagi untuk urusan serius atau menjalankan hubungan.

Kalau dia sudah bosan dengan kamu, dia akan segampang itu ninggalin kamu dan berpaling ke cewek selanjutnya . Dia tidak akan berusaha memperbaiki keadaan, tapi dia malahan menghindari kamu.

Tapi kenapa yah ada beberapa cewe yang justru suka dengan tipe cowok seperti ini. Bukannya menghindari ,justru penasaran dengan tipe cowok begini.

Padahal kamu udah tauk bakalan jadi korbannya, tetapi kamu masih saja nempel, kalo udah jadi korbannya kamu baru sadar dan berfikir dua kali untuk deket dengan tipe cowok begini.

8* Tipe Cowo Ngartis

Adalah  tipe cowok terakhir yang saya tulis, cowok nyeniman ini tipe yang kreatif dan sedikit njelimet, mungkin karena jiwa ngartisnya yang lumayan tinggi. Yang dominant dari tipe cowok gini adalah sifatnya yang rada moody, sehingga kamu kudu punya kepribadian yang matang dan sabar buat ngadepin tipe cowok model gini.

Cenderung kekanak-kanakan , kurang bisa mengendalikan perasaan , dan dia juga gampang terbawa perasaan, so kamu kudu sabar-sabar ngadepin sifatnya yang begitu.

Selain sifatnya yang cenderung ngartis dan nyeni sebenarnya dia juga tipe yang romantis, dan kamu bakalan sering merasa tersanjung dengan sikapnya.
Pada dasarnya dia adalah orang yang kreatif, dan dia tau gimana caranya membuat cewe merasa hepi.

Itu tadi adalah beberapa tipe atau karateristik cowok yang mungkin jadi pertimbangan buat kamu untuk mencari cowok idaman dan untuk menjalin hubungan.
Semuanya kembali pada pilihan masing-masing dan berusaha mendapatkan yang terbaik.
Diambil dari majalah gogirl dan ditulis ulang oleh penulis.


Salam santun











17 Januari 2019

Bullying... Pernahkah mengalami ?

                                
17 januari 2019 
                                             
Bullying adalah tindakan mengintimidasi seseorang baik secara fisik ataupun mental.

Tulisan ini sengaja ku tulis untuk sekedar berbagi pengalaman

Hai temen-temen, pastinya kalian punya dong pengalaman unik, lucu ataupun norak dimasa kecilmu.
Semua pengalaman lucu dan norak tersebut masih terekam dalam ingatanku dan menjadi kenangan yang tak mungkin aku lupakan begitu saja, walaupun kadang itu pengalaman yang nyebelin dan gak enak buatku.

Aku ingat banget dulu semasa aku masih duduk dikelas 3 atau 4 sd, aku juga lupa yah, ada pengalaman norak dan sedikit memalukan sih sebenarnya. Tapi aku juga gak ngerti kalo sebenarnya pengalaman norak dan gak enak itu, ternyata dijaman sekarang dikenal dengan istilah bullying. OMG, ternyata aku baru tauk dan itu sangat menyebalkan buat aku pada saat itu. Dan ternyata aku juga mengalaminya, ya ampuuun...

pixabay
.

Iya pada saat itu, dikelasku ada kedatangan dua orang teman cowok baru, yah namanya anak sd yah biasa aja, gak ngerti apa-apa, namanya aja masih lugu dan oon juga masih bau kencur. Gak ngerti istilah cinta-cintaan atopun cinta monyet. Ternyata ke dua temen cowok yang baru ini anaknya usil dan nyebelin banget.

Baca juga   Gak cuma gadget yang multitasking, perempuan juga

You know apa yang sudah dilakukan ke duanya pada aku kala itu ? Aku yang saat itu cuma seorang bocah lugu, dijegat di lorong sekolah yang masih sepi karena memang sedang masa jam belajar, jadi otomatis semua murid berada didalam kelas, dan para guru mengajar dikelas masing-masing.

Kalian tau apa yang mereka katakan padaku waktu itu ?  Gua perkosa lu..!!!. Ya Tuhan aku anak cewe yang masih lugu dan oon langsung kabur dari sekolah lari ke jalan raya, dan pulang kerumah menangis dan teriak-teriak...aku mau diperkosa....aku mau diperkosa....

Padahal aku sendiri enggak tau artinya diperkosa itu apa !!! Lool
Coba bayangin, anak sekecil itu sudah mengalami bullying dan aku sendiri tidak mengerti apa istilah itu sendiri, soalnya jaman dulu belum ada istilah bullying, dan semuanya masih tabu pada waktu itu.

Dan hal seperti itu dulu cuma dianggap sebagai kenakalan biasa saja.. Gak perlu ditanggapin berlebihan,  walaupun itu bikin aku ketakutan setengah mati... Iya donk soalnya kelakuan konyol dan malu maluin itu kadang bikin enek. 

Selama beberapa hari aku berangkat kesekolah selalu diantar dan dijemput nenekku karena merasa malu dan takut bertemu mereka.

Untung pengalaman gak mengenakkan itu gak membekas, dan tidak menyebabkan trauma   cuma saja itu jadi pelajaran yang berharga buat aku supaya lebih berhati-hati.
Bayangin aja anak kecil saja sudah bisa menggunakan kata-kata " gua perkosa lu "pada seorang anak cewe kecil yang gak ngerti apa-apa.

Ternyata pengalaman gak enak diganggu temen cowok pada jaman dulu juga gak cuma sekali itu saja. Ada beberapa cerita norak juga bikin kesel dan sebel. Soalnya ada anak cowok juga yang suka jegat aku saat pulang sekolah. Rumahnya sebenarnya jauh dari rumah aku, tapi dia selalu pulang melewati jalan kearah rumahku dan selalu menganggu dan menjegatku pada saat pulang sekolah.

Aku juga sebenarnya gak ngerti ya kenapa ada beberapa temen cowok yang usil dan bandelnya minta ampun , suka ngerjain aku pada saat itu. Mudah-mudahan sih kalo mereka inget kelakuan mereka masa kecil dulu, malu hati yah...dan semoga kejadian seperti itu enggak menjadi bakat keturunan pada anaknya kelak...Ih jangan sampe deh.

Baca juga   Rumput Tetangga Selalu Lebih Hijau

Ada juga pengalaman gak mengenakkan  waktu aku masih kecil juga, pokoke aku saat itu sering banget jadi korban usil temen temenku, entah ketika pada saat jajan dikantin sekolah, mereka belum bayar dan langsung kabur, jadi aku deh yang terpaksa nanggungnya, apes amat yah aku pada saat itu. Gak bisa bedain mana apes mana oon...

Tapi diantara pengalaman gak enak tadi ada juga loh pengalaman menyenangkan namun lucu dan norak juga sih sebenernya hi hi, seperti ketika pas hari raya idul fitri, aku bersama kakak dan teman-temannya berkunjung ke salah satu rumah guruku yang sudah cukup tua, aku masih ingat namanya pak Sarbini. Bapaknya sangat ramah, dan kami sebagai anak muridnya diajak masuk dan mencicipi kue-kue yang dihidangkan di meja pada saat itu.

Pada saat hendak pulang , kami berpamitan pada beliau, kalian tau gak apa yang aku lakukan sebelum pamitan. Sebelum pulang pas saat pak Sarbini lagi didalam, aku nyempetin ngambil setumpuk kacang goreng dari dalam toples kedalam kantung bajuku, emang dasar bocah yak.

Kalian tau gak begitu berpamitan dan aku berdiri, eh ternyata tu kacang goreng berguguran jatuh dari kantong bajuku, yang bolong....
Taukan...tauk donk... apa yang terjadi, he he. Rasanya mau kabur aja aku pada saat itu....


Pengalaman lucu lainnya adalah ketika aku sempat jadi " kelinci percobaan ". Iya saat itu ada saudaraku yang sedang kursus salon dan membutuhkan seorang model untuk percobaan pada saat ujian praktek di salon rambut.

Jadilah aku si anak yang lugu dan oon ini jadi bahan percobaannya. Kalian tau gak , aku tuh sewaktu kecil punya rambut lurus dan pendek setelinga atau model bob ya pada saat itu. Berhubung aku jadi modelnya aku ya nurut aja soalnya gak ngerti apa-apa.
Gak taunya model rambut yang coba di praktekkan di kepala mungilku adalah model rambut keriting.

Lol... Tau gak sih rasanya menderita itu seperti apa ?... Iya pada waktu itu setelah aku jadi "kelinci percobaan", dengan berjam-jam waktu bermainku hilang begitu saja, dan hasilnya rambutku keriting .
Bisa dibayangin pada saat itu aku menangis terisak-isak minta rambutku dilurusin kembali saat itu juga hi hi.

Aku juga masih inget masa kecilku yang indah , dulu sih jaman-jamannya masih bocah sd yah, mungkin sekitar kelas 3 sd. Pada saat itu sedang bulan puasa, jadilah aku yang masih kecil nyoba ikutan puasa, walaupun sebenarnya enggak kuat-kuat amat sih kalo disuruh puasa sampai full.

Tapi ini bocah ngapa yak, begitu temen-temen ngajak bermain, mainnya jauuuh banget. Kebayang dong saat itu sedang puasa dan terik, jadinya berasa lemes dan hausnya minta ampun.
Saking kecapean main dan haus banget, tuh aku nekat minum, padahal lagi puasa. Tau gak...dirumah aku sengaja tetep pasang muka lemes...padahal mah udah seger gegara sempet minum tadi.

Nenek ku yang dirumah sih taunya aku tetep aja puasa full, padahal sih udah bocor puasaku dari tadi siang. Duh nenek, maafkan aku yang bandel yak ? Aku tuh juga gak pernah berfikir pada waktu itu kalau Tuhan juga ternyata selalu melihat perbuatan hambanya...Maafkan aku ya Allah.
.
pixabay

Itu tadi beberapa cerita tentang pengalaman konyol aku semasa kecil, tapi khusus tentang bullying karena pada masa kecilku dulu belum ada gadget dan pemberitaan di media masa dan elektronik belum serame sekarang, ya sudah ngilang gitu aja. Aku juga bersyukur karena enggak sempat mengalami yang namanya trauma dan sejenisnya.

Cuma untuk di jaman sekarang sih bullying atau apapun istilahnya kudu diperhatikan secara serius yah.Soalnya banyak kasus atau kejadian yang dialami ketika bullying dilakukan terhadap seseorang.
Entah itu penyerangan terhadap fisik ataupun psikis seseorang. Pokoke peran keluarga dan dukungan dari orang tua diperlukan banget, kalau perlu didampingi psikolog supaya tidak timbul trauma berkelanjutan.

Banyak kejadian seperti itu, korban bullying di medsos ataupu dilokasi terbuka dilakukan secara terang-terangan oleh segelintir orang yang kurang peduli. Dan seremnya lagi tuh banyak kejadian yang mengakibatkan anak sampai tidak mau berangkat sekolah karena malu dan takut, yang lebih buruk lagi sampai ada yang coba bunuh diri.
Semoga saja tidak ada lagi korban bullying selanjutnya.


Salam santun







16 Januari 2019

Gak cuma gadget yang multitasking, Perempuan juga bisa loh

16 Jan 2019

Sebenernya ini bukan membahas masalah tentang smartphone, gadget apalagi tentang tentang teknologi. Gak ini gak ada hubungannya sama sekali, ini murni tentang emak-emak rumah tangga biasa. Tapi kalau emak-emak itu juga merangkap wanita karir lebih yahud lagi deh.

Biar jaman udah semakin canggih gini tetep aja yang namanya emak-emak gak luput dari urusan rumah tangga. Iya sesibuk apapun seorang perempuan ujung-ujungnya masih juga perlu sekali-kali terjun kedapur, bukan terjun bebas trus nyungslep  ya...no no.

Kalo ada asisten rumah tangga sih itu sekedar pelengkap aja, namun yang tetep memegang urusan rumah tangga teteplah si mak tadi , apalagi urusan yang berhubungan dengan dapur dan anak-anak. Iyalah gak mungkin juga kita lepas tangan begitu aja ke asisten rumah tangga, apalagi anak-anak, kalo semua-semua urusan diserah kan ke asisten rumah tangga, entar kapan si emak mau deket sama anaknya.

pixabay

Ntar yang ada malahan si dedeknya lengket sama asisten dan menganggap nya sebagai mamahnya sendiri dan menganggap mamahnya sendiri sebagai asisten, ketuker dah itu peran ,oh no....tapi bukan itu intinya sih, sebenernya adanya keterikatan aja alias saling membutuhkan ato istilahnya simbiosis mutualisme, eak...inget jaman sekolah duluk.

Peran ibu sendiri cukup krusial ... hi hi istilahnya ketinggian, penting gitu maksudkuh,bagi perkembangan buah hatinya, apalagi pada usia balita, perlu banget kedekatan yang erat, sebetulnya sih lebih ke kualitas ketimbang kuantitasnya.
Terutama buat anak-anak yang baru saja belajar sekolah alias masih paud atau taman kanak-kanak, biasanya di hari awal-awal sekolah si ibu lah orang pertama yang mengantar dedek ke sekolah, selain memberi rasa nyaman juga supaya si dedek punya keberanian buat berbaur dengan teman lainnya.


pixabay



Ternyata peran emak-emak gak cuman diluaran aja, dirumah juga multifungsi seperti smartphone, alias multitasking. Apalagi kalo enggak punya asisten rumah tangga.
Wadau bisa kebayang enggak si emak tadi, betapa repotnya beliau, apalagi kalo masih punya momongan yang masih kecil.
Mulai dari urusan dapur, memasak, nyuci, ngepel, sampe ngurusin mandiin anak dan nganter jemput sekolah juga jadi agenda rutin sehari-hari.

Baca juga  Rem kebiasaanmu buat yang hobi ngemall 

Pokoke udah kaya ojek online lah, siap antar jemput dedek kemana dan dimana saja. Kaya remot tv, tinggal diklik jalan. Juga merangkap sebagai mentri urusan peranan wanita... wew.
Makanya bapak-bapak alias suami kalo sepulang kerja ngedapatin si istri masih pake daster dan belum wangi, jangan keburu marahin ato manyunin istrinya yah...Entar kelar juga kok kalo dandan bakalan syantik lagi ngalahin artis , iyah artis rumah tanggahhh wk wk.

Coba kurang apalagi cuman emak-emak yang bisa masak sambil gendong debay alias dede bayi, cuman emak emak yang bisa masak, nyuci baju sambl mbopong dedek di punggung, pemandangan seperti itu masih sering aku liat kalo pulkam suami.
Dan emak-emak juga yang suka jemput anak sambil mbonceng motor ada dedek di gendongannya, sering liat kan ketemu emak-emak model gitu di jalan. Tapi sebaiknya sih jangan ditiru ya, soalnya bahaya dijalanan. Ato sambil menyusui debay tapi juga sekalian ngepel dan jemur baju, hebat pisan euy.

Baca juga  jangan pelit berbagi ilmu

Dan saking multitaskingnya, emak-emak juga bisaloh ngulek bumbu sambil ngomong pake handphone di telinganya... wow. Jadi jangan dikira kalo emak-emak itu bisanya cuman ngerumpi ato ngabisin duit belanja doang. Wong tetanggaku aja yang cuman seorang single parent aja bisa kok ngebetulin genteng yang bocor walaupun dalam keadaan kepepet, karena gak ada suami ato jadi tukang tambal ban dijalanan.

Jadi emak-emak itu bisa merangkap juga sebagai bapak dalam membantu suami mencari nafkah. Coba aja liat di medsos banyak banget emak-emak yang rajin pajang produk jualannya buat bantu-bantu suami, minimal tambahan duit dapur supaya tetep ngebul dan juga jajan anak.

Jadi buat bapak-bapaknya ato suami jangan suka komplen sama istrinya, ato suka membanding-bandingkan istrinya dengan orang lain. Helooow, inget waktu muda dulu perjuangan pertama kali saat menikah yang janji sehidup semati, jadi jangan ngerasa paling bener sendiri.

Dulu sih iya masih muda masih menarik, sekarang saat istri sudah tidak muda lagi dan mulai timbul uban dan muka tidak mulus lagi, yang disalahkan justru istri , kenapa tidak bisa merawat diri. Yak kalo duitnya lebih dan bisa buat perawatan wajah di klinik kecantikan sih okeh. Tapi nuntut istri tetep tampil syantik namun ngasih duit belanja  aja pelit wk wk. Tidak semudah itu Ferguzoo...

Tapi buat emak-emak rumah tangga juga kudunya tetep merawat diri loh supaya suami gak plirak-plirik perempuan lain... ehem. Ni kudu dipakein kacamata kuda biar jalannya lurus kedepan, dan gak tengok kiri kanan.
Gak musti juga beli baju baru terus ato dandan yang medok, biasa aja tampil yang sederhana dan menarik, yang penting kalo diajak sama suami jalan keluar gak malu-maluin amat gitu looh hi hi, tapi bapake juga jangan menuntut berlebihan yak, soalnya kepingin istri cantik tapi dia sendiri uelek ...baaah macam mana pulak kau ini..
Kan dulu semasa menikah juga berjanji akan setia dalam suka dan duka, susah dan senang.

Iya soalnya kalo emak-emaknya juga masa bodoh alias cuek dengan penampilan tar para suami makin tambah bosen, soalnya yang diliat setiap hari istrinya begitu-begitu ajah, gak menarik alias udah kadaluarsa, membosankan.
Makanya buat yang masih muda dan sudah berpasangan sebaiknya tetep dandan dan tampil yang cantik buat suami, bukan tampil cantik buat diliat orang lain, supaya gak nyesel nanti.
Kalo ada yang nglirik ya berarti itu bonus karena emak-emaknya tampil cantik he he....enggak dink, kalo yang terakhr mah guyon ajah.

Makanya hidup emak-emak !!!. Sudah bisa menjadi strong woman, alias  multitasking   entah itu ibu rumah tangga biasa ataupun ibu bekerja. Jadinya bukannya gadget aja yang cuma bisa multitasking, emak-emak juga ternyata bisa looh.

Tulisan ini enggak bermaksud menyudutkan para suami ato bapak-bapaknya yah, ini cuman murni apa yang sering saya lihat disekitar lingkungan ajah. Gak semuanya gitu kok, ini cuman segelintir aja yang keliatan. Masih banyak bapak-bapak diluar sana yang baik dan sayang banget ama keluarganya terutama terhadap istri dan anak-anaknya, karena gimana pun juga suami tetep nahkodanya


Salam santun




12 Januari 2019

Mawar Merah Jambu Pemberiannya

12 Januari 2019


Cerita Pendek






Pada suatu pagi, ketika kubuka jendela kamarku, kucium bau tanah yang masih basah. Segar.... dan aku selalu suka dengan hujan, karena suasana terlihat lebih syahdu. Semalam masih ku ingat dengan jelas ketika dia datang dengan baju yang sangat basah, datang kerumahku sambil membawa setangkai kecil mawar merah jambu.

Aku suka pemberiannya, walaupun mawar merah jambu yang ada digenggaman tanganku basah dan sedikit rapuh. Aku hargai jerih payahnya yang dengan bersusah payah datang berkunjug kerumahku, aku suka caranya, aku suka gayanya, apa adanya dengan baju yang masih basah, dia terlihat begitu gagah dan dewasa.

Aku suka melihat rambutnya yang ikal menutupi sebagian wajahnya, terlihat begitu mempesona, membuat hatiku sedikit berdegub menatapnya.
Ya...dia adalah kekasihku, hubungan kami memang belum berlangsung lama, baru menjelang lima bulan berselang. 

Baca juga   Rumput Tetangga Selalu Lebih Hijau  

Tapi dia begitu ramah dan menghargaiku apa adanya, menerima kekurangan dan kelebihanku apa adanya. Dia tahu kalau aku orang yang tidak suka berpura-pura.
Dan aku menyukai caranya menghargaiku sebagai kekasihnya.

Lelaki itu bernama Bara, seperti bara api yang menghangatkan dikala hujan. Tidak terlalu berlebihan jika aku menganggapnya sebagai pria idaman, karena dibalik wajahnya yang rupawan terselip juga sikapnya yang dewasa dan menawan.

Sosoknya mengajarkan aku untuk selalu bisa memahami kehidupan, menghargai adanya perbedaan dan yang penting kami seiman. Bersyukur aku bisa menjadi kekasihnya, karena masih kuingat saat pertama kali kami berjumpa dengan cara yang tidak biasa.

Kala itu aku sedang berjalan ditengah hiruk pikuknya kota yang ramai dan saat itu sedang  turun hujan. Aku baru saja mendapat kabar bahwa bapak dan ibuku hendak berkunjung ke tempat kost dimana aku tinggal. Karena ketidak tahuan ke dua orang tuaku ,dimana mereka hendak memberikan aku putri semata wayangnya sebuah kejutan.

Namun apa daya ternyata kedua orang tuaku malahan tersasar di kota yang cukup besar ini.
Yah aku memang memutuskan untuk tinggal dikota besar selesai kuliah. Disana aku belajar mandiri dan mendapat pekerjaan. Ternyata ada seorang pria yang dengan baik hati mengantarkan ke dua orang tuaku ke tempat kost Ku. 

Ya dia adalah  sosok yang kini menjadi kekasihku. Pertemuan pertama yang tidak disengaja akhirnya berlangsung sampai saat ini. Tidak terasa sudah lima bulan aku menjadi kekasihnya. Sikapnya yang sederhana membuatnya terlihat begitu istimewa.

Dia juga ternyata seseorang yang cukup romantis, dan aku tidak menyangka masih ada sosok seperti dia yang mau menerimaku apa adanya. Dia tinggal di kota yang sama denganku, dia berasal dari keluarga yang cukup ternama, namun sifatnya sangat sopan dan sederhana.

Baca juga    Dia Bukan Perempuan Pilihan

Tidak pernah aku mendengar dia membanggakan kedua orang tuanya yang kaya raya, begitu juga dengan titelnya. Meskipun dia sudah bergelar sarjana dan kaya tetapi sangatlah berbeda dengan penampilannya. Itu yang membuatku suka dengan sikapnya yang apa adanya, bukan karena ada apanya.

Terkadang dia rajin membawakan novel untukku atau buku cerita kesukaanku, karena aku menyukai novel yang romantis . Dia tahu kebiasaanku jika aku kadang suka menghabiskan waktu membaca novel pemberiannya. Dibalik sifat kekanak-kanakanku dia selalu membimbingku.
Dan dia begitu menghargaiku sebagai kekasihnya.

Dan aku suka dengan caranya, aku suka caranya menatapku, aku suka caranya mengelus rambutku. Penuh kasih dan romantis. Dan yang aku suka darinya dibalik segala kelebihan dan kekurangannya dia selalu rajin memberiku bunga. Seperti kali ini disaat hujan sore ini, kembali dia datang membawa bunga kesayanganku. Mawar merah jambu.

Kutanam bunga mawar pemberiannya dibawah jendela kamarku. Aku suka menatapnya . Apalagi dikala hujan seperti ini, kelopak mawar merah jambu hampir merekah. Pohonnya yang rimbun dan berwarna merah muda begitu indah .

Aku suka menatap bunga mawar  itu berlama-lama yang mengingatkanku pada sosoknya. Ya dia kekasihku yang sore ini tiba membawakanku setangkai bunga mawar merah jambu.

Kuingat betapa romantisnya dia dikala hujan tiba, bersusah payah datang menemuiku membawakan ku setangkai bunga dan kusuka  dia apa adanya, dia yang sederhana dan dewasa, tidak perlu mengumbar kata-kata mesra, dari cara memandangnya saja ku tahu ada ketulusan didalamnya.

Tanpa kepura-puraan, apa adanya, tampan wajahnya, dan aku suka wangi tubuhnya.
Ya lelaki itu kini sudah menjadi milikku. Dia yang bernama Bara, yang selalu rajin membawakanku bunga, mawar merah jambu  selalu ada dihatiku. 
Aku selalu suka hujan , aku selalu suka mawar pemberiannya, semuanya mengingatkanku pada sosoknya, lelaki itu bernama Bara.

Hanya sebuah cerita pendek.


Salam santun