30 Januari 2019

Cara Membersihkan Kuningan Yang Kusam Dengan Asam Jawa

 30 januari 2019

Cara Membersihkan Kuningan Yang Kusam Dengan Asam Jawa

Sebenarnya banyak cara untuk membersihkan kuningan, salah satunya adalah dengan menggunakan asam jawa. Siapapun pasti sudah tau banyak manfaat dari asam jawa, selain sebagai bumbu dapur, ternyata asam jawa juga bisa berfungsi untuk membersihkan barang-barang yang terbuat dari kuningan. Dan hasilnya juga terbukti bisa mencerahkan dan mengkilatkan kuningan.
cara membersihkan kuningan yang kusam

Asam jawa, siapapun pasti sudah tau apa itu asam jawa. Asam jawa biasanya banyak digunakan sebagai bahan utama bumbu dapur.
Biasanya digunakan untuk campuran bumbu dalam mengolah ikan supaya tidak amis, jika kebetulan didapur sedang kosong jeruk nipis.

Asam jawa juga bisa dikonsumsi sebagai minuman, berupa campuran gula merah ditambah dengan air hangat dan asam jawa, selain itu juga bisa digunakan sebagai obat pereda panas dalam.

Selain sebagai minuman ataupun bumbu dapur, asam jawa juga bisa dibuat menjadi permen yang rasanya asam manis  dengan taburan gula pasir di atasnya atau permen gulas [ gula asam ].

Bahkan jika anak bayi terkena demam, biasanya di daerah pedesaan masih menggunakan asam jawa sebagai campuran untuk di borehkan di dahi atau di tubuh pada saat si bayi dipijat, sehingga sensasi dingin dari asam jawa bisa menurunkan demam pada bayi, tetapi ini untuk demam biasa, bukan karena demam yang disebabkan oleh virus.

Siapa juga yang tidak suka mengoleksi barang kerajinan yang terbuat dari bahan kuningan. Biasanya orang tua jaman dulu, terutama yang berasal dari Sumatra, biasanya banyak memiliki benda-benda atau peralatan dapur yang terbuat dari kuningan.

Selain untuk keperluan dapur, benda kuningan juga biasanya dibuat sebagai hiasan rumah, seperti puade atau bokor , wadah sirih, ataupun kendi dan gelas yang terbuat dari kuningan. Selain untuk hiasan juga digunakan untuk mempercantik ruangan dirumah anda.

Baca juga  tips memberi barang sebagai bingkisan atau kado


Baca juga  5 tips supaya buah hati tetap sehat dan bugar 

Namun kali ini adalah membahas cara membersihkan kuningan yang kusam dengan asam jawa. Adapun  caranya adalah sebagai berikut.

Bahan yang digunakan :

* Asam jawa sebanyak seperempat kilogram / satu bungkus.
* Sabun detergen bubuk sebanyak satu bungkus ukuran kecil.
* Air secukupnya sebagai bahan pengencer adonan.

Cara membuat adonan pasta :

Ambil asam jawa yang telah di bersihkan dari bijinya, campurkan dengan detergen bubuk dan air secukupnya, dicampur menjadi satu adonan seperti pasta, jadi kekentalannya cukup, tidak terlalu encer juga tidak terlalu kental, sehingga gampang dioleskan.

Cara membersihkan :

Ambil barang kerajinan atau peralatan dapur yang terbuat dari kuningan. 
Oleskan adonan pasta asam jawa tadi ke seluruh barang kerajinan kuningan anda dengan rata sampai keseluruh permukaannya, gosok yang rata dan biarkan agak lama menggosoknya.

Jika seluruh barang kuningan tadi telah teroles secara merata, siramlah barang kerajinan kuningan tadi dengan air, dengan cara di guyurkan atau disiram secara merata, sampai permukaan barang kuningan anda terlihat bersih dan tidak ada lagi tersisa olesan pasta tadi.

Selanjutnya keringkan barang kuningan tadi dengan menggunakan lap kering yang bersih. Keringkan sampai rata dan bersih dan jangan ditunda -tunda mengeringkannya, karena jika terlalu lama dalam keadaan basah, kuningan tadi akan timbul seperti noda bintik-bintik, makanya harus segera di lap.
Pokoknya harus benar-benar kering.

Jika sudah selesai dikeringkan, kalian tinggal menjemur barang kuningan tadi dibawah sinar matahari, syaratnya harus terik yah, supaya hasilnya kelihatan.
Selama sekitar 30 menit atau lebih agar hasilnya maksimal.

Jika ditempat yang gelap atau mendung hasilnya tidak akan maksimal, karenanya disarankan untuk menjemur barang kerajinan kuningan tadi di siang hari yang cukup panasnya supaya hasilnya mengkilat dan warnanya kembali kuning.

Cara ini lumayan berhasil, karena memang ibu saya sendiri punya koleksi barang kerajinan dari kuningan, dan hasilnya terbukti memang bersih dan mengkilat, karena memang  sudah sering di praktekkan.

Dan sebaiknya cara ini diulang sekitar dua atau tiga bulan sekali untuk dilakukan, supaya barang kuningan anda tetap terjaga warnanya dan mengkilat.

Demikian cara membersihkan kuningan  yang kusam dengan asam jawa. Semoga saja dapat dipraktekkan, terutama yang suka koleksi barang kuningan, kan sayang donk kalau tidak dirawat warnanya akan kusam.


Salam santun

16 komentar:

  1. lebih bagu lagi kala ada videonya mba biar lebih keren gtu, krana sekarang kebnyakan org lansung liat prakteknya daripda membacanya hehehe. keren artikelnya .

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya yah sy juga kok gak kepikiran, maybe next time ada video, cuman kl video di youtube jg dh banyak, ini kebeneran emang pengalaman pribadi sih, soalnya mamaku penyuka barang kuningan jadi hrs tau cara perawatannya, thx sdh berkunjung.

      Hapus
  2. Kalau untuk membersihkan tembaga efektif ngak bunda,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo ini khusus untuk kuningan mas.. Kl tembaga sy kurang tauvya.. Soalnya beda bahan kan?

      Hapus
  3. Aku malah suka campur soda sm asam jawa. Cepet bersihnya. Tapi ya tetep kudu hati2, jangan terlalu sering juga, bisa korosi ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba.. Kl aku d dl mh pk asem jawa cmpr sabun bubuk itu. Ksh air dkt.. Terbukti bgt.. Mengkilat gt..kl gak ada asem. Pk blimbing wuluh jg okeh

      Hapus
  4. Wah baru tau saya kalau asam jaqa bisa untuk memberaihkan kuningan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dooooonnk asal ikuti sesuai petunjuk yah. 😊

      Hapus
  5. lumayan...harus telaten juga ya.
    terima kasih sudah berbagi

    BalasHapus
  6. Balasan
    1. Iya btl bgt. Spy kinclong hrs telaten

      Hapus
    2. Iya btl bgt. Spy kinclong hrs telaten

      Hapus
  7. Terima kasih. Tipsnya sangat bermanfaat. Saaya jadi tahu bgmn cara membersihkan peralatan aluminium.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thx sdh beekunjung... Jgn slh ya.. Ini khusus utk barang kuningan

      Hapus

  8. Lebih ramah lingkungan nih.
    Trims tipsnya mbs.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas soalnya pk asem sabun dan air aja.. Lbh ramah lingkungan dan praktis.. Thx sdh berkunjung

      Hapus