Menu Lodeh lengkap dan peyek udang

 3 Januari 2019

Halo sobat bloggers

Wah banyak banget yah cerita di awal tahun. Ada yang jalan-jalan, ato sekedar kumpul bareng keluarga. Semuanya di nikmati aja, aku gak juga sampe heboh gitu nyambut tahun baru, biasa aja. Kebetulan aku juga malahan udah molor dari jam 10 malem, soalnya udah cape dan ngantuk sih. Kebangun juga karena tetangga yang niup terompet dan ngidupin kembang api. Mudah-mudahan kedepannya bisa lebih baik dari saat ini. Amiin.

Ketopik selanjutnya,
   
Nulis tentang resep masakan lagi aja deh. Secara dah beberapa saat yang lewat nulis tentang perjalanan melulu,  sekarang kudu diselingin ama masakan gitu,  supaya aku juga gak bosen nulis hal yang sama. Kudu ada something yg berbeda gitu. 

Resep kali ini juga cukup simpel dan tentunya enak gitu looh kalo menurut aku. Enggak tau kalo menurut kalian. Mungkin mau coba praktekin dulu nih resepnya . Kalo belum coba.. jangan dulu bilang gak enak yah. Mudah-mudahan sih kalian syukaaa..Soalnya ini mah menu rumahan aja.
.
Oke resep kali ini ada dua macam. Sekalian aja biar sayur juga sekalian lauknya,  jadi gak perlu bingung-bingung lagi mau masak apa.
Hayuk di mulai dan disiapin bahan-bahannya.

Resep pertama

* Sayur lodeh lengkap *





Bahan-bahan:

* Melinjo sebanyak 1 genggam ato satu mangkuk kecil sesuai selera masing-masing.
* Daun melinjo secukupnya
* Labu siam 1 buah dipotong dadu
* Jagung manis potong 4
* Kacang panjang 1 ikat kecil potong seruas ibu jari
* Kol 2 lembar di potong/sobek
* Tahu goreng 4 buah di potong dadu
* Santan kental 1 gelas
* Air 4 gelas
* Minyak untuk menumis.

 Bumbu yang dibutuhkan :

* Garam secukupnya
* Sereh 1 btg geprek
* Laos 1 bh ibu jari geprek
* Daun salam 2 lembar
* Kemiri 4 butir
* Cabe hijau 5 buah iris tipis
* Cabe merah 3 buah
* Bawang merah 4 siung
* Bawang putih 2 siung
* Kunyit 1/2 jari kelingking
* sejumput gula pasir

 Baca juga  : SemurAyam Alla Aku

 Cara membuat :

Giling bumbu seperti cabe merah+bawang merah+bawang putih+kunyit+kemiri dan garam sampai halus. Kalo males di blender aja.

Tumis semua bumbu yang sudah digiling tadi,  lalu masukkan irisan cabe hijau... Daun salam... Sereh dan juga laos yang sudah digeprek tadi.dan sejumput gula pasir. Tumis bumbu sampai harum dan sisihkan.

Rebus 4 gelas air... Masukkan melinjo.. Labu siam dan jagungnya. Tunggu sampai semua empuk.
Masukkan kacang panjang.. Tunggu sebentar... Lalu masukkan daun melinjo plus daun kol... Lalu masukkan bumbu yang ditumis tadi.

Terakhir masukkan potongan tahu dan santan kentalnya.
Masak sebentar sampai santan mendidih dengan api sedang. Usahakan santan tidak pecah. Angkat dan sajikan. Taburi bawang goreng lebih enak.

Resep kedua

* Peyek udang *


Bahan-bahan :

- 1/4 udang kecil bersihkan
- 8 sendok makan tepung beras
- 1 batang daun bawang iris tipis
- 1 butir telur
- minyak untuk menggoreng
- air sebagai pengencer adonan

 Bumbu :

- 2 siung bawang putih
- 2 siung bawang merah
- 1 sendok teh ketumbar
- 1/2 jari kelingking kunyit
- garam secukupnya


Baca juga :  Resep Sayur Rebung


Cara membuat :

Giling semua bumbu seperti bawang merah + putih +ketumbar dan garam dan juga kunyit sampai halus....sisihkan.

Buat adonan dari tepung beras ditambahkan telur dan masukkan bumbu tadi. Tambahkan air secukupnya sampai adonan kekentalannya cukup... Masukkan irisan daun bawang.
Lalu masukkan udangnya dan di aduk sampai nyatu.

Goreng adonan dalam minyak yang cukup dengan api sedang.
Masukkan adonan satu persatu.
Goreng hingga warnanya kekuningan... Angkat dan sajikan. 

Yah selesai juga deh menu kita yang ke dua ini. Simpel dan juga enak . Soalnya bahannya juga masih seger dan gampang di dapat.

Yup kalo ada yang mau coba silahkan.  Siapa tau bisa jadi menu makan siang kalian kali ini.
Apalagi jika sedang libur bisa banget tuh di coba.
Met maksi semuanya. Jumpa lagi di resep selanjutnya yah...


Salam Santun

10 Responses to "Menu Lodeh lengkap dan peyek udang"

  1. Aku kalo masak lodeh pake bumbu instan. Ya ampun malu maluin. Tapi sepertinya resep peyek udang patut dicoba nih. Beli dulu bahannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip deh mba cb in peyek udangnya deh. Trims sdh berkunjung 😊🙏

      Delete
  2. Replies
    1. Lsj kemarin bilang ktnya bagus makan seafood gak tauknya ga sk udang to? Piye. 😁😁

      Delete
  3. menu sederhana tapi enak , kesukaan suamiku

    ReplyDelete
  4. Masak lodeh aku pake bumbu instan mba karena kesibukanku wkwkwk tinggal tambahin lengkoas, cabe ijo, santan jadi deh dan untuk peyek udang kalau aku pake dau jeruk mba mmm endes kacid hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba pake daun jeruk tambah harum ya peyek udangnya 😊👌

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel