2 Februari 2019

BAD MOOD ? LAKUKAN 7 CARA INI

   
2 Februari 2019

Bad Mood ?  Lakukan 7 Cara Ini

Suka ngalamin gak yang namanya bad mood, kadang tanpa disadari perasaan gak nyaman tersebut suka datang tanpa di undang, datang dan pergi sesukanya, seperti kamu...bhua ha hai...

Bad mood pada perempuan biasanya dikarenakan beberapa sebab, seperti stres karena pekerjaan, putus hubungan dengan seseorang, bahkan terkadang hal-hal sepele juga memicu bad mood tadi, dan itu berpengaruh terhadap orang-orang disekitarnya.

Suka terinspirasi dengan blogwalking temen-temen cewek, yang tetep aktif ngejalanin segala macam kegiatan, dan bener-bener buat aku melongo dengan segala aktifitas yang tiada henti, tapi  dalam hati aku cuma bisa bilang cape deeeh dan itu yang kadang suka bikin moodku naik turun gak jelas.

Dibalik segala kegiatan yang seabreg tadi kayaknya perlu juga waktu buat nyenengin diri sendiri, meskipun gak harus ngelakuin hal yang mahal, simpel aja udah bikin hepi, yang penting bisa balik refresh dan itu sudah cukup buat akuh.

Me time bukan berarti males-malesan aja , kalo aku biasanya kalo udah boring ato kesel tapi gak tau mau ngapa-ngapain, biasanya yah cuman merenung sejenak, nginget ato flashback tentang hal-hal kecil yang bisa bikin aku semangat lagi.

Emang sih gak gampang buat ngebalikin rasa bad mood yang dateng gak diundang, pulang gak dijemput kayak jelangkung aja . Kalo udah mentok gak tau ngapain lagi yah paling banter mewek sendiri dikamar ha  hai.

Apalagi buat perempuan yang gampang baperan, gak semua perempuan sih, mudah-mudahan kalian tergolong orang-orang yang kuat yah.
Cuman namanya perempuan katanya sih lebih memakai perasaan ketimbang logika, katanya.. ..iya enggak sih ?

Mood atau suasana hati yang kadang sering berubah-ubah pada perempuan pasti ada penyebabnya, salah satunya karena akan kedatangan tamu bulanan atau periode menstruasi.

Periode ini juga gak ujug-ujug pergi begitu saja, kadang bisa beberapa hari tergantung lamanya siklus menstruasi misalkan sekitar lima sampai delapan hari...wew lama juga ya ternyata.

Dan hormon estrogen dan progesteron ini yang berpengaruh pada suasana hati perempuan setiap bulannya. Dan setelah masa menstruasi berakhirpun hormon estrogen akan kembali meningkat dan menyebabkan perempuan akan kembali merasa hepi.

Namun semua akan berubah dimana masa ovulasi ( pelepasan sel telur )datang, justru kadar hormon estrogen akan menurun dan bersamaan kadar  progesteron justru meningkat yang bikin suasana hati kita jadi gak menentu.

Sedih, sebel, murung gak karuan, bawaannya kepingin ngambek gak jelas, makanya wahai para lelaki diluaran sana harap maklum yah, kalo pasanganmu
tiba-tiba berubah gak jelas dan uring-uringan hi hi.

Namun buat para cewek hal ini jangan dijadikan alasan buat selalu ingin dimengerti pasangan yah, sekedar dimaklumin aja. Namun bukan karena pms saja penyebabnya, ada hal-hal lain yang bisa jadi penyebab mood kita buruk.

Yah seperti ditulis diatas tadi bisa juga karena stres ngadepin kerjaan yang numpuk, hubungan yang kurang baik, karena hal-hal sepele juga bisa memicu.

Baca juga   Gak cuma gadget yang multitasking, perempuan juga loh
Baca juga   Tanda si dia bukan milik kamu
Baca juga   Tipe atau karateristik cowok buat yang sedang cari pasangan

 Kalau sudah bad mood gini, sebaiknya lakukan hal-hal berikut :

1* Mendengarkan musik

Mendengarkan musik bisa jadi meningkatkan mood kamu yang lagi enggak banget. Dengerin musik bisa jadi meringankan dan nge charge otak dan hati kamu supaya lebih fresh. Kalo aku biasanya suka dengerin youtube ampe ngulang-ngulang lagu favorit hi hi.

Dengerin lagu-lagu yang bikin suasana hati kamu tambah hepi, jangan dengerin lagu-lagu melow ya, entar bukannya tambah seger yang ada kamu tambah sedih dan murung, coba denger musik yang rada nge beat, pokoknya yang bikin semangat yah. Bisa juga dengerin lagu rohani, kan sekarang banyak tuh lagu rohani yang musiknya lebih modern dan enak.

2* Menangis

Loh kok malahan disuruh nangis sih. Yap betul banget, menangis adalah salah satu cara yang bisa banget buat nenangin hati dan fikiran kamu.
Dengan menangis sebagian beban kamu akan berkurang, hati akan lebih plong.

Karena dengan menangis kamu bisa numpahin segala uneg-uneg kamu, entah itu ke sahabat terdekat kamu yang bisa kamu percaya, atau nulis di buku harian kamu, tapi yang paling penting sih curhatnya sama yang diatas aja ya bagi yang muslim.

Supaya hati jadi lebih tenang jadi gak asal curhat aja, dengan menangis, beban akan sedikit berkurang dan bisa nolong kamu banget, makanya gak usah malu menangis, dengan menangis bukan berarti kita cengeng yah, buat yang ngerasa kaum lelaki lebih kuat dari pada perempuan, gak apa kok sekali-sekali kalian juga menangis, gak usah malu dibilang cengeng yah.

3*Kumpul bareng temen

Ini juga perlu banget, sekali-kali kumpul bareng temens, supaya nggak boring juga suntuk, entah itu sekedar makan bareng, nonton ataupun sekedar ngumpul di rumah bareng sahabat kamu. 

Kalian bisa ngapain aja, sekali-kali berlaku agak konyol dikit gak apa deh, harap maklum aja, tapi jangan keterusan yah bisa berabe.
Intinya kan bisa ngelepasin penat dan boring kalian supaya kembali ceria.

4*Manjain diri kamu

Sekali-kali manjain diri sendiri boleh dong, entah itu sekedar belanja atau cuci mata di pusat perbelanjaan, emang sih cuci mata gak selalu identik dengan belanja yah, bisa sekedar liat-liat aja gak ada salahnya.

Kalo bisa jalan-jalan sih lebih oke banget, sekalian liat pemandangan dan suasana yang ijo-ijo, bikin mata dan fikiran tambah seger.



Atau buat cewek juga bisa banget kalo berkunjung ke klinik kecantikan. Seperti yang kemarin baru aku lakuin, berhubung dirumah gak ada yang dikerjain, semua udah beres, terus boring dan bingung mau ngapain, ujung-ujungnya ke klinik  langganan aku deh.

Udah ketemu dengan dokternya yang masih muda dan keceeeh abis, konsultasi sana-sini, akhirnya perawatan deh, kebetulan emang creamnya udah pada abis setoknya, jadi oke banget deh manjain diri disini.

Soalnya di sini gak cuman sekedar ngerawat muka aja, tapi kita juga bisa relax dengan massage , jadi tubuh kembali seger, and wajah juga cerah gitu, bikin kita tambah hepi.

5*Melakukan olah raga ringan


Olah raga ringan bisa kamu lakuin dimana aja, entah dirumah atau sekedar joging ataupun bersepeda disekitaran kompleks rumahmu.

Dengan berolah raga ringan gak hanya melancarkan peredaran darahmu tapi juga bisa bikin tubuhmu kembali segar.

Lakuin dengan cara pemanasan terlebih dahulu, lakukan gerakan-gerakan ringan, tarik nafas yang dalam dan buang kembali. lakukan berulang sampai kamu ngerasa baikan.

Apalagi buat kalian yang kerjanya ngantor atau seperti blogger yang kebanyakan kerjanya nulis dan kebanyakan duduk, perlu banget tuh, supaya tetep fit, terakhir minum air putih yang cukup.

6* Minum atau makan coklat

Siapa yang enggak suka dengan coklat, siapapun itu entah anak kecil sampe orang dewasa suka banget dengan coklat. Entah itu coklat permen, cake ataupun coklat minuman.

Soalnya dalam coklat terutama dark coklat, mengandung beberapa nutrisi penting dan antioksidan alami. Seperti magnesium, flavanoid ,kalsium, polifenol, dan beberapa zat lainnya. Dan coklat juga bisa  memberi efek menenangkan dan meningkatkan mood kita.

Tapi kita juga harus pintar memilah, karena mengkonsumsi coklat juga jangan berlebihan karena kandungan gula didalamnya, terutama permen coklat.

Jadi makanlah coklat dalam jumlah yang cukup, jangan berlebihan sehingga mendapat manfaatnya, terutama dark coklat yang lebih rendah lemak ketimbang white coklat.

7* Berdamai dengan keadaan

Sikap lapang dada adalah jalan yang paling baik. Sebab tidak ada satupun manusia dimuka bumi ini yang tidak terhindar dari masalah.
Sikap ini akan membuatmu lebih kuat dan menerima dengan lebih iklas.

Jadi bisa menerima keadaan akan lebih baik, dan jadikan semuanya sebagai pelajaran supaya lebih baik lagi kedepannya.
Logika juga harus tetap ditegakkan ya, jadi gak hanya pake perasaan aja ataupun baper-baperan lagi.

Yups itu tadi beberapa cara yang dapat dilakukan kalau kita sedang mengalami bad mood, terutama buat kaum perempuan yang katanya masih suka make perasaan ketimbang logika, katanya looh jika dibanding pria.

Tapi disinilah justru letakknya keunikan wanita, karena memiliki hormon estrogen dan progesteron yang membuat wanita juga bisa multifungsi dalam melakukan aktifitas. 


Salam santun





32 komentar:

  1. paling suka tips no: "6* Minum atau makan coklat"

    asiik kayaknya...hehe

    BalasHapus
  2. badmood mendadak itu pertanda bahwa sedang merindukan seserang secara mendalam sedalam lautan, bahkan dibawah lautan seperti perut bumi saking dalamnya rasa rindu

    BalasHapus
    Balasan
    1. wiw -wiw mendadak kepalaku terasa berat dan berputar tak tentu arah....kliyengan rubuh dah ini mah....aya aya wae kang ..

      Hapus
    2. Wk wk cekakaka kikik 😂😂

      Hapus
  3. cara kedua cukup efektif :v btw sudah lama ngga mampir ke blog ini tiba tiba templatnya udah berubah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nangis ya mas Elli.. Emg biar lega aja... Btw.. Dah lm gak nongol... Iy template berubh dikit... Biar simpel aja

      Hapus
  4. kalau saya kalu lagi badmood..mending manndi,,,eeh.salah...baca buku dan tulis artikel,,tapi mantap Tipsnya,,,sobat..patut dicoba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thx mas Doel... Baca buku and nulis emg ampuh ngusir bad mood... Thx dh mampir 😊

      Hapus
  5. kalau saya pas lagi badmood, lebih milih mengasingkan diri. Entah pergi ke cafe yang agak jauh, nongkrong sendirian dengan segelas kopi dan laptop, atau mendem di kamar, baca buku atau nonton film sambil nyemil snack

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya emg btl bgt... Itu mh enak semua caranya... Kl cewe plg btr nangus btr dah legaaa... Thx ya kunjungannya 😊

      Hapus
  6. # https://www.tanzaerlambang.info/2019/02/seasonings-of-indonesian-food-sold-in.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas Tanza... Thx infonya... Udah aku baca kok cuman blom komen hi hi 😁😁

      Hapus
  7. aku kalau badmood biasanya keliling kota naik motor tanpa tujuan, hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak tentu arah dan tujuan. Ntar malah nyasar wk wk thx kunjngan dan komen nya 😊🙏

      Hapus
  8. Semua orang pernah, bahkan sering mengalami BadMood......No.3 Kumpul bareng Teman di Facebook��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups btl bgt... Kumpul brg tmn.. Slh satunya di fb 😀
      Thx sdh berkunjung

      Hapus
  9. Kalo saya badmood nonton drama korea atau ngumpul sama temen biar mood kumpul lagi. Pokoknya cari sesuatu yang bikin hati senang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah penyuka drakor ya wk wk... Kumpul brg tmn emg satu cara yg bs ngebantu ngilangin bad mood.. Thx sdh berknjng 🙏

      Hapus
  10. Uda brberapa kali ane mbak jadi bhan uring" an si dia, krena lagi keratangan tamu h h h, emng cwek itu apa ya? Ah gelap

    BalasHapus
  11. Emg gitu mas.. Kl dtg tamu bulanan pati gak jelas. Bawaan ngambek... Hormon ktnya. Maklum aja yah hi hi. 😁😁

    BalasHapus
  12. Kemarin aku lagi bad mood karena ada plagiat artikelku hanya untuk kejar setoran. Alhamdulillah bisa happy lagi sejak kumpul lagi sama teman-teman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wh dh brs urusannya mba... Kumpul brg temens emg bikin suasana jadi hepi ya.. Thx sdh berkunjung mba 😊🙏

      Hapus
  13. Piknik juga bisa jadi salah satu pelepas bad mood lho.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup btl bgt mba... Apalagi liat yg ijo2 nyegerin mata dan hati 😊😊 apalagi brg kluarga..

      Hapus
  14. kalau udah badmodd biasanya langsung manjain diri, pergi ke supermarket atau entah kemana lalu bersantai dan menikmati makanan yang enak-enak.

    hitungannya sih manjain diri sesekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups btl bgt mas.. Bad mood.. Siapa takut.. Nyenengin diri sendiri boleh bgt doonk

      Hapus
  15. Kalo aku biasanya sih suka ngelakuin hal - hal di No. 1, 3, 4 dan 6. itu aku banget. paling mentok kalo gak bisa ngelakuin itu semua yah tidurlah berharap bangun tidur badan udah enakan dan mood udah membaik.

    BalasHapus
  16. Hi hi iya mba btl jg sih.. Semua di coba.. Kl mentok paling btr tidur bias pules.. Bangun tidur fikiran fresh lagi.. Thx mba kunjungannya 😊

    BalasHapus
  17. Me time aja dengan bereanng atau nonton film di tv udah cukup bikin happy. Atau berlibur bareng sahabat juga bisa mengembalikan good mood kita :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba tul semuanya, tergantung kitanya aja gmn nyikapin, tidur sebentar aja udh bs bikin kita fresh lagi kok, thx atas komen dan kunjungannya mba Nurul.

      Hapus