4 Februari 2019

KAMU BLOGGER ? YAKIN...

5 Februari 2019

KAMU  BLOGGER ?  YAKIN..

Lagi ngerayain ulang bulan blogku yang ke tiga bulan ceritanya.


Kilas balik aja. lni Iebih tepatnya buat nunjuk ke diri sendiri.
Ngakunya blogger...enggak juga sih. Kalo nulisnya mah iya di blog.. ha hai. Yah begitulah, masih sering error kalo mau nulis. Gak jelas juga , dibilang blogger tapi kok isinya masih nganu nggak jelas kebanyakan curhat, apa nulis yang gak begitu penting, iya nggak sih.

Lagian baru tiga bulan lebih beberapa hari, masak sudah pede banget ngaku blogger, kayaknya masih belum cocok nyandang itu.
Masih banyak yang harus dibenahi, masih suka ngawur. Pokoke masih jauuuh banget.

Kalo lagi blogwalking suka sambil memata-matai. Nulis katanya harus sesuai passion, apa aja yang ada di fikiran langsung dituang....air kali..jangan suka nunda-nunda, ntar malah idenya ngilang, bla-bla-bla. 

Enggak juga berkeluh kesah sih. Tapi sambil ngintip ilmunya, belajar dari yang lebih senior buat dipraktekin ilmunya , lumayan gratis gaes.

Butuh ketelatenan butuh kesabaran, dan yang terpenting kudu konsisten katanya. 
Nah yang terakhir itu masih jadi pr buat aku. Suka mandeg dan angin-anginan.

Kalo nulis masih suka sak enake dewe, entah ada yang mau baca apa enggak, kadang masih suka gimana gitu. Gak masuk kriteria blog ideal  blass. 

Tata bahasanya juga masih kurang teratur, susah kalo mau nulis yang rada formal gitu, ya soalnya emang kaya gini dan jadi diri aku apa adanya aja, gak bisa disamain dengan yang lain, kalo sama gak ada seninya dong, ibarat sayur tanpa garam hambar, biasa aja. Tapi minimal masih berusaha belajar lebih baik.


Bukannya enggak menghormati EYD nya pak Yus Badudu jaman dulu..pernah denger kayaknya nama ini, tapi emang aku ya kayak gini ini nulisnya, kepingin yang santai gak jaim.

Tapi kesannya jadi agak kurang sopan gitu, masalahnya ni tulisan kan aku share. Kalo enggak sih,mungkin gak masalah ya ? Mohon maaf dan harap maklum yah, jika blog aku masih belum memenuhi kriteria blog yang ideal.
Gak kerasa juga mulai nulis di blog yang seadanya ini udah sekitar tiga bulan, tapi bukan bang Toyib yak..tiga bulan gak pulang-pulang, jalannya masih panjang, terjal dan berliku, naik turun tanjakan, belok kiri-belok kanan. Pokoknya masih harus banyak belajarnya dah.

Jujur dari awal mulai nulis sampe sekarang juga gak kepikiran kepingin nyari duit, suer..bukannya sok, iyalah soalnya blog aja masih senin kemis, hari ini nulis, entar-entar nunggak tulisan. Makanya kalo liat komen yang baru mulai ngeblog udah sibuk nanyain adsense segala, aku rada senewen gimana gitu..

Emang enggak dipungkiri kalau ngeblog itu bisa menghasilkan dan malah jadi penghasilan.
Tapi itu enggak instan, butuh proses dan perjuangan, gak instan kayak mie.

Jadi suka gimana gitu kalo liat komen yang baru mulai ngeblog seminggu dua minggu udah sibuk banget nanyain adsense. Banyak akun yang pada bertebaran cari jalan pintas supaya dapat disetujui  mbah google, entah itu njiplak terang-terangan, pokoke bukan content buatan sendiri., yang penting keterima aja.

Ya kalo kepingin cari penghasilan mbok sabar gitu, butuh proses. Emang sih itu hak setiap orang, jangan nyari gampangnya aja, jalan pintas..cuman caranya  enggak elok aja.

Aku malahan lebih bangga liat blogger cewek atau cowok yang emang prosesnya bener-bener dijalanin serius dan tekun, emang bener-bener ngeblog karena kemampuannya, pake hati dan itu perlu proses yang enggak gampang, makanya kalo sekarang mereka berhasil yah wajar dunk, soalnya emang merintis dari nol.

Ya soalnya kalo sedari awal udah niatnya mau nyari duit, takutnya malahan enggak lagi fokus ke nulis content, malahan sibuk nyari duit mulu, ini buat yang ngerasa aja yah. Maaf kalo enggak suka tulisanku.
.
Di perbaiki dulu isinya, baru deh sambil jalan bisa sekalian cari penghasilan kali ya. Sok  tau dan sok bijak kalo gini mah.
Emangnya tulisan aku sendiri dah bagus gitu...enggak juga sih...masih jauuuh.

Aku juga punya temen yang kalo nulis di blog fokus banget ke SEO, yang page one lah, yang keyword turunannya lah apanyalah, kalo ini sih gak apa nambah ilmu, cuma wiw- wiw suka kliyengan aku dengernya kalo udah ngebahas gituan.

Ya emang gak bisa dipungkiri kalo kepingin tulisannya banyak yang terciduk di google sana , ya kudu rajin cari keyword dan temen-temennya segala, katanya biar page one lah, mungkin bangga dan jadi kepuasan batin kali yah bisa masuk...masuk pak Eko.

Baca bulak-balik tulisan si anu yang udah mastah katanya ya, tapi prakteknya kenyataannya susah ..pake banget malah.

Memang akunya aja yang kurang ngerti gitu alias kudet, suka ngerasa gimana gitu kalo dibilang loadingnya lemot, emang kenapa, masalah buat situ ? by the way gak apalah dapet ilmu dari temens, tapi buat sekarang ini aku sih fokusnya nulis aja dulu, nulis yang bener dan menerima kritik dan saran kok demi kebaikan aku sendiri. Learning by doing ajalah.

Buat sementara ini aku lagi ora urus alias lagi enggak deketan sama yang namanya SEO segala, enggak anti kok, cuma bikin aku rada kliyengan aja, kalo beda pendapat dengan temans diluar sana mohon maaf yah..Aku juga berhak memilih antara kau dan dia ehmm. Apalagi bulan April nanti..hi hi gak nyambung. 

Niat awal aku ngeblog juga mau nulis apa yang aku bisa tulis aja, masih sebatas itu aja nggak lebih. Mudah-mudahan sih tulisannya bisa lebih bagus, emang yang sekarang ini masih jauh dari kata layak dan bagus, levelnya masih anchuur, apalagi dengan foto atau gambar di blog yang kadang masih suka acak-acakan dan seadanya. 

Suka malu sendiri kalo pas udah liat hasilnya, editan gak jelas, gambar nggak oke banget, tapi udah keburu di share, pokoknya harus banyak yang dibenahin ini mah. So jangan dibanding-bandingin yah antara aku dengan dia wiw- wiw.

Kalo sementara ini sih tujuan aku ngeblog baru sekedar buat nambah wawasan dan mencari teman aja, blom bisa dibilang blogger juga sih soalnya cuma tulisannya aja yang ditulis diblog hi hi, kalo jiwanya kayaknya belum kali yah ?

Kebanyakan yang ditulis juga temanya ringan dan sehari-hari ala aku aja, mau yang berat kalah saing nanti ama yang expert. Dan aku juga memang sukanya ngebaca artikel yang simpel dan ringan, tapi gak berarti murahan.

Bukannya menutup mata buat baca artikel yang rada berat yah, soalnya beban hidupku udah semakin berat hi hi, kalo buat nambah pengetahuan sih emang oke.

Berharap sih suatu saat bisa menjadi lebih baik lagi, udah itu aja gak pake ribet, aku sih bukannya wonder woman, but I'm a simple woman  eeehmmm. Peace.


Salam santun

44 komentar:

  1. Haha itu serasa pengalaman aku dulu waktu awal awal ngeblog. Masih bingung mau bikin gaya tulisan yang gimana?
    Tapi yang penting konsisten aja, lama lama kita terbiasa kok menuangkan apa yang kita pikirkan lewat kata kata. Tuh artikelnya udah bagus kok, Mbak.

    Intinya blogger itu menuntut kita buat terus belajar. Kalau hari ini bisa nulis, besoknya bisa fotografi, besok bisa ngedit, besoknya lagi bisa design, besoknya lagi paham teknik SEO.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thx mba atas masukkannya.. Smg blog unyuk" ku ini bisa berumur panjang.. Amiin.
      Thx jg sdh berkunjung 😊🙏

      Hapus
  2. Balasan
    1. Apa yg mau direnungkan mas.. Wong blog jauh dr ideal kok 😁😁

      Hapus
  3. Saya buat artikel pasti ada curhat-curhatnya walaupun sebagian ada yang tersirat lewat gambar 😂. Kadang juga saya nulisnya formal untuk jenis kategori tertentu. Kalau artikel tutorial palingan pakai bahasa santai 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sih btl jg.. Tapi blog sy ni emg cuma ngebahas yg simpel " aja.. Jd ya tata bhsnya sederhana aja

      Hapus
  4. Lanjut terus mbak, tiap tulisan mempunyai penggemarnya masing-masing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip deh top markotop.. Thx dan mampir dan masukkannya 😊🙏

      Hapus
  5. tetep nulis mba dulu juga aku gitu nulis sesuka hati haahaa yg penting blognya ga jamuran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip mba.. Thx masukkannya.. Berguru dengan yg udh expert scr gratis 😊😊

      Hapus
  6. Tetap semangat menulisnya, share aja cerita tentang kehidupan sehari2 bisa mendatangkan banyak view lho. Wisata, kuliner dan tips2 gitu. Happy blogging!

    BalasHapus
    Balasan
    1. thax mba atas sarannya, emang blog aku cma seputaran masak, jalan or curhatan ringan aja sih, thx sdh berkunjung.

      Hapus
  7. Blognya bagus dan menginspirasi anak muda seperti saya yang mau banget bisa nulis sepanjang artikel ini ... Saya ngeblog juga asal asalan mba pusing klo pikir SEO ...

    Salam kenal mba heni

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups betul bgt.. Sementra ini sy cm nulis artikel yg ringan aja sesuai kemampuan aja.. Soal SEO pusing sy jg.. Selamat berjuang jg mas. 😀

      Hapus
  8. Duh gegara harus pakai akun google jadinya di komen yang keluar nama suami deh. weleh2...gak apalah ini tetap Dita Arina kok hehe. Eh tapi saya juga males pacaran sama SEO apalagi buat ngedapetin duit lewat blog gegara pernah ditolak cintaku sama google adsense

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi hi pernah di tolak cinta sm google termyata.. Sy jg pusing mba pk SEO.. Blass gak ngerti sama sekali alias kudet bin gaptek 😁😁

      Hapus
  9. kalo saya pertama nge blog waktu SMP/SMK. mulai suka nulis blog pas kuliah...
    Ngomongin konten saya gak peduli, personal blog mah bebas. EYD tabrak aja, biar bahasanya gak kaku. SEO yang penting gambar dikasih title tag....
    Kalo mau nambahin Keyword, saya biasanya fokus nulis dulu. Udah selesai nulis baru riset kata kunci. Setelahnya bumbui tulisan dengan kata kunci, ya paling gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya kadang gt jg sih nyoba.. Tp embuh caranya btl apa enggak. Pokoke udh cb ngikutin ulasan2 tp kdg ssh teori ama prakek kdg gak seiring sejalan... Satu disiring satu dijalan 😁😂

      Hapus
  10. Saya suka dengan semangat mbak Heni dalam menulis, semangat itu yang juga saya perlukan ketika sudah membuat blog dan menulis tapi gak bisa konsisten. Konsisten itu yang paling penting sih mau nulis apa aja tapi kalo gak konsisten pasti blognya gak terurus. Semangat terus mbak nulisnya sampe nemu topik tulisan yang mbak rasa cocok dengan gaya menulis mbak ya ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thx mba atas masukkan dan suport nya.. Smg aku bs terus konsisten menulis di blog unyuk" ku.. Thx juga sdh berkunjung 😊🙏🙏

      Hapus
  11. Semoga yang kita semogakan tersemogakan amiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yo opo rek.. Semoga di semogakan 😁😁

      Hapus
  12. Mau tanya ini templatenya namanya apa ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bawaan blogger sendiri kok... Yg ada warnanya hijau. Merah.. Kebeneran sy pilih ygvmerah.. Kan cewe 😁😁
      Cari aja ada kok

      Hapus
  13. hai mbak heni. kunbal niih. baru 3 bulan sudah begini, bagussss banget ini mah. saya yg sudah banyak tahun saja masih sering angin2an. dapat duit dari adsense juga karena ada yang ngurusin hahaha. btw ini pilihan komennya apa mmg google aja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mba. Thx kunbal nya yahh... Yah inilah blog unyuk" aku yg seadanya hi hi.. Ini koment di blogger kok.. Aku udh mulai ngapus yn G+ mba. Thx yah 😊😊

      Hapus
  14. Ih ini mah blogger keceeeehhh :)

    Untuk saya pribadi, paling suka membaca tulisan yang punya ciri khas tersendiri.
    Saya selalu tersiksa membaca tulisan yang sudahlah iklan, terlalu formal pula.

    Hanya ada sedikit orang yang saya suka tulisannya dengan EYD yang benar, tapi asyik di baca.
    Lainnya, ampuuuunnn... bacanya bikin pusing.

    Tapi kembali lagi, semua tergantung selera sih.

    Untuk menulis saya juga sama, tetep berpegang teguh pada ciri khas saya.
    Maksudnya biar nulisnya mengalir apa adanya, jadi saya nulis ya seperti gaya bicara saya.
    Kadang muter-muter gaje hahaha

    Namun, bukan berarti juga saya tidak mengindahkan EYD, beberapa selalu memperhatikan penulisannya.
    Meskipun kadang masih jauh dari sempurna.
    Apapun itu, teruslah semangat menulis :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thx mba atas masukkannya. Smg kedepan blog unyuk" ku bisa lebih baik lagi.. Gak ngasal tp tetep jadi ciri khas aku sendiri yg simpel no ribet 😁😁

      Hapus
  15. Salam kenal mba Heni. Saya juga sama klw nulis yg penting nulis, ga perhatiin eyd 😊 apalagi seo dan keyword, belum paham soalnya.

    Karena saya pikir setiap orang punya ciri khas masing-masing, dan itu yang membuatnya unik. 😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba btl bgt.. Jadi diri sendiri ajalah.. Mau ikutan orang ga cocok hi hi.. Soal SEO sy emg gak ngerti blass. Sementara ini ya gini aja dulu sambil belajar.. Thx mba sdh berkunjung. 😊🙏🙏

      Hapus
  16. hemmm udah jangan terlalu dipikirkan soal iklan, seo, dan tetek bengek lainnya mbak. ngeblog ya tinggal ngeblog aja, wkwkwk. apalagi blog kita ini kan hostingnya blogspot, susah buat memaksimalkan SEO, yang bisa dilakukan ya fokus konsisten nulis sama memperbaiki kualitas tulisannya. cemunguudhh!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tul bgt mas Abeng.. Makanya sy gak urusan dl am SEO.. Skrg mah fokus sy mah nulis aja dulu.. Smg kedepan lbh baik lg.. Thx atas masukannya yah 😊🙏🙏

      Hapus
  17. Ulang tahun ke tiga bulan, kira"beleh opo mbak heni, ane saranin beleh kambing biar tambah rame prngunjung kwkekekke,
    Intine semua butuh konsistensi, klo ngak pasti njomlang, apalgi yg ngeblog cuma tujuan cari duid :)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbeleh pitek mas hi hi... Matur suwum sarane.. Mugo" kedepane blogku tambah apik dan langgeng.. 😀😀

      Hapus
  18. Tetep semangat ya mba, kalau suka nulis lanjut terus, tulis apapun yang diinginkan karena nanti bakalan menemukan enjoy-nya nulis tentang apa. Aku setuju sih sama statement perbaiki dulu isinya baru mikirin dapat penghasilan. Penghasilan itu bonus kan ya. Hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mba thx sdh beekunjung ke blog "unyuk" aku.. Iya utk sementara aku fokus ketulisan aja dl deh.. Yg lain mh ntaran aja.. Thx masukannya yah 😊🙏

      Hapus
  19. Kalau kata blogger senior yang penting nulis dulu aja, nanti rezeki mengikuti hihihi. Tetep semangat mba saya juga baru belajar nulis ini mari kita sama sama menyemangati

    BalasHapus
    Balasan
    1. Okee mba
      ..saling ngedukung aja... Cemunguut eaak 😁😁

      Hapus
  20. Yang penting nulis saja dulu...:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ho oh mba Elin... Nulis aja dl yg bener... Sy emg hrs banyak belajar dr yg senior... Thx ya mbak dh mampir ke blog aku yg unyuk 2 😀🙏

      Hapus
  21. Balasan
    1. wk wk wk iya tul ...pake banget malahan hi hi

      Hapus
  22. Tak yakin kalau aku seorang blogger, tapi aku suka blog dengan segala keterkaitannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya jg gak yakin kalo saya juga blogger mba... Saya cuman nulis aja gawenya... Lebih dari itu masih nol pengalaman wk wk antara sedih dan jujur.. Aku banget ini mah... 😁😂

      Hapus