11 Februari 2019

MASJID AGUNG AL FURQON 'IKON KEBANGGAAN MASYARAKAT BANDAR LAMPUNG

MASJID  AGUNG  AL  FURQON  IKON  KEBANGGAAN
MASYARAKAT  BANDAR  LAMPUNG

masjid Agung Al Furqon
                   Masjid  Agung Al Furqon 

12 Februari 2019

Hai temans...Kali ini aku mau ngebahas tentang salah satu ikon kebanggaan masyarakat Bandar Lampung, yaitu masjid Agung Alfurqon. Ya sebenarnya ini cerita lama, tapi aku coba buat mengulas kembali tulisan tentang masjid ini menurut caraku yah.

Kenapa disebut ikon kebanggaan masyarakat Bandar lampung, karena berdirinya masjid ini menurut sejarahnya diprakarsai oleh presiden Ir.Soekarno. pada tahun 1951.

Dan peletakan batu pertamanya adalah pada tahun 1961, menurut sejarahnya, presiden Soekarno membeli lahan tersebut dari masyarakat yang berada disekitaran lokasi dan mewakafkan tanah yang dibeli untuk pembangunan masjid. Dan itu menjadi awal sejarah berdirinya pembangunan masjid Agung Al Furqon. {sumber wikipedia}

lokasi strategis, dok. pribadi
.
Masjid yang lokasinya berada di jantung kota Bandar Lampung ini, berada di dua pertemuan jalan utama yaitu jalan pangeran Diponegoro dan jalan dr Susilo. Dan lokasinya juga berdekatan dengan  pemkot Bandar Lampung.
Jadi lokasinya memang sangat strategis.

   lokasi berada dekat pemkot Bandar Lampung

Pada awalnya masjid Agung Al Furqon ini hanya terdiri dari satu lantai saja. Namun seiring dengan perkembangannya masjid ini sekarang terdiri dari dua lantai yang cukup luas, dan bisa menampung jamaah yang cukup banyak sekitar 2000 jamaah lebih .

Lantai satu biasa dipergunakan untuk acara pernikahan dan sebagai aula  dan lantai kedua digunakan untuk kegiatan peribadahan, namun untuk kegiatan hari raya, biasanya ke dua lantai sangat full, bahkan sampai memenuhi teras masjid.

Sekarang ini masih berlangsung pembangunan menara masjid, dimana tinggi kedua menara tersebut adalah setinggi 100 meter. Menara tersebut ada yang letaknya diluar masjid, dan biasanya pada malam hari ada lampu sorot yang sangat terang, sehingga terlihat sangat indah dan jelas pada malam hari. Bahkan cukup jelas terlihat dari jarak yang lumayan jauh.


menara masjid, dok pribadi
Ornamen dan gambar disekitar jalan menuju masjid Agung Al Furqon ini juga sangat indah karena adanya relief berupa huruf Al Quran didindingnya.
Jika dipelataran taman masjid ada terdapat gambar wali songo yang menambah keindahan arsitektur di sekitar masjid.
huruf al quran didinding ,dok.pribadi 
                   Relief Wali Songo, dok pribadi

Sedang menara yang satunya lagi letaknya ada di seputaran masjid. Dengan warna nya yang hijau pupus, masjid ini terlihat sangat kokoh dan indah.
Aku juga ingat semasa kecil sering ke masjid ini , karena letaknya dekat dengan sekolahku, apalagi bila sedang ada kegiatan solat berjamaah dari sekolah biasanya murid-murid dianjurkan ke masjid ini.

Sering juga diadakan kegiatan pengajian dan tabligh akbar di masjid ini. Biasanya sih mengundang ustad atau penceramah yang cukup terkenal, dan masjid ini akan full oleh pengunjung yang berasal dari luar dan dalam kota Bandar Lampung.

Fasilitas di masjid ini juga sangat lengkap, seperti lahan parkir yang cukup luas, area untuk mengambil wudhu, dan taman. Keberadaan masjid ini cukup terawat karena pengurus masjid sangat memperhatikan keadaan masjid ini.

Pengurus baru masjid ini adalah KH. Buchori Muslim, seorang dosen di IAIN Radin Intan Bandar Lampung pada periode 2016-2019, menggantikan KH. Arief Mahya, meskipun tidak lagi menjabat ketua, namun beliau tetap menjadi pengurus di masjid ini {sumber harian Teras Lampung.com}.

Itu tadi adalah tulisan singkatku mengenai sejarah dan keberadaan Masjid Agung Al Furqon yang merupakan ikon kebanggaan masyarakat Bandar Lampung. Semoga saja masjid yang lumayan besar ini kedepannya akan menjadi tempat memakmurkan masyarkatnya diberbagai aspek kehidupan, terutama  bidang keagamaan...Amiin.



Salam santun





  





22 komentar:

  1. Balasan
    1. Iya mas.. Simpel dan warnanya jg indah.. Thx sd berkunjung. 😊🙏

      Hapus
  2. Pasti cakep melihat menara di malam hari ya mbak.
    Semoga masjid selalu ramai oleh jamaah yang ingin memakmurkan masjid.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah2 an mba Nur.. Amiin.. Thx kunjungannya yah 😊🙏

      Hapus
  3. Ga lama lagi kan kita akan menyambut bulan Ramadha. Nah jadi kepengen ngerasain sholat tarawih di Lampung nih di Masjid Al furqon hehehe. Pasti indah banget pemandangannya di malam hari dengan sorotan lampunya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayoh atuh mba Nurul ntar kita tarawih bareng disitu ditunggu atuh...thanks yah kunjungannya

      Hapus
  4. lain kali kalau kelampung boleh lah singgah dimesjid ini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo atuh mba.. Boleh banget tuh... Ntar aku temenin deh.. Thx sdh berkunjung mba 😊

      Hapus
  5. Tiap daerah punya ikon mesjid rayanya,,dan saya suka itu dan selalu upayain buat singgah kalo backpackeran ke daerah itu. saya suka bentuk bangunan mesjidnya mbak, megah dan bacaan "SUDAHKAN ANDA SHALAT" jadi pengingat sekaligus teguran yang kena di hati buat kita muslim yang shalatnya masih bolong - bolong termasuk saya ^_^
    moga kalo ke bandar lampung bisa singgah kesini. Amin ya rabbalamin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba tul bgt.. Tiap daerah psti punya ciri khas sendiri" dan memang nyentil tulisannya... Ayo mampir ke mari. 😊

      Hapus
  6. Ternyata begitu besat amal dan jasa dari Alm. Bpk.Sukarno. saya baru tau sekarang setelah membaca blog ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul bgt mas.. Dan sy sbg wrg bLampung ikut bangga jg trny presiden pertama yg turun andil.. Thx sdh berkunjung 😊🙏

      Hapus
    2. Iya sama2, sengaja saya hadir ingin menjalin kebersamaa sesama bkogger yg masih aktif

      Hapus
    3. Oke mas sama2 sy jg gt.. Jln silaturahim aja

      Hapus
  7. Balasan
    1. Iya.. Bagus yah arsitektur bangunannya. Smg banyak keberkahan. Thx sdh beekunjung

      Hapus
  8. Bandar Lampung, salah satu kota yang masuk tujuan destinasi saya kelak. Semoga bisa ke sana dan bisa mengunjungi sekaligus shalat berjamaah di masjid megah ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga aja keiginannnya bs kesampean mas Irsyad.. Aminn. Thx sdh mampir 😊🙏

      Hapus
  9. Makan angin terus ntar masuk angin mba :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apanya yg makan angin ? What the maksud. ?

      Hapus
  10. amiiin, lebih bagus lagi kalau di lingkungan masjid ada panti asuhan + pesantren + pusat studi masyarakat. bakal keren banget, insyaallah, hehe.

    BalasHapus
  11. Wah thx mas Abeng.. Ya Mudh"an sih bs menyusul... Amiin juga.. Thx sdh berkunjung. 😊🙏

    BalasHapus