MENU IKAN ACAR KUNING YANG ENAK DAN PRAKTIS

februari 2019

MENU IKAN ACAR KUNING YANG ENAK 
DAN PRAKTIS

"Kali ini mau mengulas tentang ikan, seperti kita tahu, banyak mengkonsumsi ikan sangat baik untuk kesehatan, apalagi ikan laut.

Ikan kembung salah satunya, selain harganya yang terjangkau, proses pengolahannya tergolong mudah, jadi buat yang mau sehat dan pintar banyaklah mengkonsumsi ikan sedari kecil"
.
menu ikan acar kuning
ikan acar kuning


Hai temens, sudah lama banget kayaknya aku gak nulis tentang masakan. Kali ini mau nulis menu acar ikan kembung. Padahal aku suka makan dan masak, ntar kalo kelamaan gak nulis tentang masakan , takutnya ilmuku ngilang hi hi.


Kebeneran di rumah lagi nyetok ikan kembung, masih seger soalnya barusan aku beli, jadi angguran langsung dimasak aja.

Tadinya rencana mau di buat sate kembung, tapi berhubung proses pembuatannya rada ribet dan aku lagi gak ada stok daun pisang buat di bungkus.

Daun pisang aja gak ada apalagi alumunium foil, akunya gak ada setok, maksud hati biar agak rapih dan keyen dikit gitu loooh.. Ujung -ujungnya kagak jadi juga dah.  

Akhirnya cari yang gampang dan praktis aja. Buat acar ikan kembung aja deh, selain enak juga gak ribet. Bumbunya juga emang kebetulan ada di rumah.

Bahan yang di butuhkan :

3 ekor ikan kembung ukuran sedang.

Ikan kembung dipotong menjadi dua bagian, jadi dari tiga ekor tadi bisa terkumpul enam potongan ikan, lalu dibersihkan sampai tidak ada lagi kotoran atau sisa -sisa darah yang menempel di ikan. 

Sebaiknya pakai air yang mengalir aja yah, jadi hasilnya betul-betul bersih, lalu di tiriskan deh supaya airnya menetes  dan sisihkan di piring atau wadah.
.

Bumbu yang di butuhkan :

-8 siung bawang merah
-4 siung bawang putih
-5 butir kemiri
-12 buah cabe merah besar tergantung selera
-1 ruas jari kelingking kunyit
-1 batang sereh ukuran sedang
-1 buah tomat ukuran sedang / besar
-2 lembar daun salam
-1 sendok teh garam
- minyak goreng untuk menggoreng    dan menumis bumbu
- air  sebagai tambahan
-1 sendok teh gula pasir

Baca  Resep sayur lodeh yang simpel dan lezat
Cara membuat :

Goreng semua ikan sampai matang, lalu ditiriskan supaya minyak tidak menetes lagi, atau pakai alas tisu yang khusus untuk meniriskan / menyerap minyak bekas menggoreng.

Semua bumbu yang telah dicuci dan bersih lalu di giling , kalo males ngegiling dan capek, tinggal di blender aja. Soalnya aku tauk pastinya malez buat ngegiling bumbu yang rada banyak , ntar juga takutnya hasilnya kurang halus.

Kalo rada susah, sebelumnya semua bumbu kecuali daun salam sebaiknya di potong rada kecil yah supaya nggak susah di blendernya, kalo perlu tambahin sedikit air supaya gampang.

Setelah bumbunya halus, lantas ditumis dengan minyak goreng secukupnya sampai harum dan matang, lalu tambahkan  daun salam dan air secukupnya.

Terakhir tambahkan garam dan gula pasir, masukkan ikannya dan diaduk sampai semua bumbu menyatu dengan ikan.

Kalo kurang asin atau kurang manis, bisa di cicip dulu, tergantung selera, kalo aku sih sukanya semua yang sedeng-sedeng aja, gak kelewat asin juga gak kelewat manis. Masak sebentar sampai matang dan bumbu agak sedikit mengental.

Kalo sudah matang angkat dan sajikan deh. Gampang dan praktiskan. 

Gak pake ribet dan lama, kalo temens gak sempet masaknya sendiri bisa minta tolong buatin sama mbaknya dirumah, jadi pas mau makan dah tersedia deh.

Yups itu tadi menu ikan acar kuning yang enak dan mudah ala aku, semoga bisa di coba di rumah. Terima kasih temens, selamat menikmati.


Salam santun


26 Responses to "MENU IKAN ACAR KUNING YANG ENAK DAN PRAKTIS"

  1. Ikan ini murah dan bergizi lengkap ya, anak-anak harus kita kenalkan dengan namanya ikan yang beraneka ragam jenisnya ini, termasuk kembung yang biasanya cuma dibumbu kuning trus siap goreng sama ART di rumah hehe. Wahh dirimu rajin juga mbak masak masak gini ya, bahkan sempat kepikiran mau nyate segala wkwkkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya soalnya aku suka masak dan makan mba. Kl digoreng gt aja emg praktis.. Tp kl di acar ato sate lbj mantab... Ganti" rasa gt.. Thx sdh liat blog aku mba πŸ˜ŠπŸ™

      Delete
  2. pengen deh punya istri yg pinter masak.. hihi.. jadi laper mbk

    ReplyDelete
    Replies
    1. He he... Iya soalnya doyan makan. Jd kudu pinter msak.. Tak doain biar golek bojo sing pntr masak 😁

      Delete
  3. suka banget iakn di bumbu kuning gini, seger rasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emg mba Tira lbh pedes dan mantabb.. Thx sdh berkunjung πŸ˜ŠπŸ™

      Delete
  4. Wah, ngebantu banget ini buat dicoba.
    Ada resepnya, euy!

    ReplyDelete
  5. Kalau saya gak bisa masak, cuma bisa tinggal makan doang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ha ha.. Mnt tlg sm orang rumah mas dimasakin 😁😁

      Delete
  6. Replies
    1. Di coba mba Dona... Apa tau nagih hi hi 😁

      Delete
  7. Makasiih resepnyaaa mbaak, mau cobaa ah kapan", looks so yummy πŸ˜‹πŸ˜‹πŸ˜‹

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoi mba... Silahkan di coba atuh.... Mantaffff 😁

      Delete
  8. Saya suka masak tapi malas nguleknya itu. Kalau diblender seperti ada yang kurang. Tapi lebih praktis memang.
    Kelihatannya enak sekali itu. Jadi pengin ngicipi 😊😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya enak mba...dicoba atuh... Kan di blender biar gak cape gituhhh tauk kan skrg serba praktis apa malez beda tipis 😁

      Delete
  9. Sudah lama enggak makan ikan acar kuning..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo minta tlg di masakin sm istrinya mas. 😊😊thx. Sdh berkunjung

      Delete
  10. jadi inget makanan ala2 masa lalu ..πŸ˜ŠπŸ€—

    ReplyDelete
    Replies
    1. Be ha ha dh lama gak nongol bu Mindha 😁😁

      Delete
  11. Kalau ikan kembung daging nya memang enak dan manis mbak, di bakar saja sudah enak. Cukup buat saos nya dari air asam jawa giling cabe rawit beberapa biji lalu iriskan bawang merah.. aduk sampai rata baru lumuri ke ikan kembung panggang. Pasti maknyoss...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya yg penting ikannnya msh segar yah.. Sebenernya diapain aja enak... Thx sdh mpir πŸ˜ŠπŸ™

      Delete
  12. weunaaak….
    bikin perut lapar….hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayo di coba mas... Mnt tlg dimasakin.. Thx yah kunjungannya πŸ˜ŠπŸ™

      Delete
  13. Hmmmmm makyus Bunda. Bisa jadi referensi buat sang istri. Terima kasih Bunda

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pak bisa dicoba dirumah. Thx pak dh mampir πŸ˜ŠπŸ™

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel