NGEBLOG TIAP HARI ?

 7 Maret 2019

NGEBLOG  TIAP  HARI ?

Ngeblog tiap hari
Pixabay.com

Duh hari ni berita di grup facebook tentang turunnya DA dan PA dari beberapa temen blogger, padahal aku sendiri nggak paham amat yang namanya DA dan PA lool..masih belajar.

Katanya untuk menaikkan DA dan PA harus rajin menulis konten yang bermanfaat, rajin blogwalking dsb. Emang betul juga sih dengan bw dan berkomentar, lumayan menambah trafik blog.


Bukan tanpa alasan soalnya kesini-kesini masih banyak juga yang harus aku benahi. Gak gampang ternyata ngurusin blog semata wayang nie.

Padahal awal-awal getol banget kepingin nulis, eeh kenapa akhir-akhir ni malahan rada mandeg alias jalan ditempat oow.
Kalo liat komen temen-temen sih ada yang penurunannya cukup fantastiko alias fantastis, dari nilai berkisar 40 ada yang anjlok separuhnya, katanya sih.

Saya juga gagal faham, ehemm maklum blogger abal-abal sih.
Yang saya tau dari browsing sih katanya DA dan PA itu menentukan posisi peluang artikel atau tulisan di blog ada di mesin pencari. 

Katanya semakin besar nilai atau score DA suatu blog akan semakin bagus dan besar peluangnya dimesin pencari.

Begitu juga dengan PA katanya tingkat kekuatan dan ketenaran suatu blog atau situs website gitu ya..cuma itu saja yang sedikit saya ketahui, itu juga setelah saya bulak -balik baca di internet.

Lebih dari itu sih I don't know, soalnya saya gak ahli dan gak ngerti juga sih.
Kesempurnaan hanya milik Allah dan kekurangan adalah bagian dari diri saya, laah ngapa jadi gini ?

Baca  Titik Itu Bernama Jenuh
Iya ngurusin blog satu ni aja susahnya minta ampun kalo kata saya sih hi hi, perlu dipupuk dan di siram serta perlunya dibelai dengan kasih sayang nah loh.
Blog saya juga termasuk blog personal yang masih campur-campur sesuai keinginan si penulisnya yang masih suka nulis sesuka hatinya.

Dan masih belum terlalu mengutamakan visitornya, bisa ada yang komen dah bikin hepi, tu aja sih.
Intinya selama masih bisa menulis udah bikin senang.

Kadang suka mikir liat yang punya blog lebih dari dua, yah kalo masih dua sih okelah, tapi  liat komen ada yang punya blog lebih dari dua.
Wow saya takjub banget yah dan kagum banget kalo bisa punya blog segitu banyaknya.

Baca  Pasar Tradisional Riwayatmu Kini
Baca  Ngebaca Sedikit Terganggu Karena Iklan
Baca  Bahagia Itu Ternyata Sederhana

Gak kebayang kapan waktu nulisnya dan kapan waktu istirahatnya, tapi itulah semua balik ke si empunya keinginan. Iya semakin besar keinginan seseorang untuk maju, sepertinya seberat apapun pressure itu ya dilakoni .

But buat aku sih kayanya nggak deh. Soalnya aku tipikal orang yang slow but sure, asal jangan slow not sure aja. Jadi kalah bersaing dengan blogger-blogger yang super duper keren ntu.
Emang skill dan jam terbang  ikut berperan juga sih.

Aku juga gak mau ngeblog karena sekedar ikut-ikutan  karena topik yang sedang ngetren dan sekedar nyari keuntungan, karena banyak juga blogger pemula yang menganggap jika topik tertentu akan lebih banyak diincar oleh sponsor.

Padahal sebenarnya banyak yang belum memahami bahkan tidak suka sebenarnya dengan topik tersebut. Seperti hobinya kuliner, tetapi karena mengejar topik yang diinginkan sponsor seperti mereview produk seperti gadget, kan gak nyambung tuh, akhirnya mereka terlalu memaksakan diri untuk ikut mengulas topik yang diwajibkan sponsor.

Kalau sudah begini yang ada jadinya ngeblog gak lagi menjadi minat dan hobi, tetapi karena kewajiban saja dan akhirnya bikin postingan seperti dikejar-kejar target, dan bahkan kadang bingung  mau nulis apa, ujung-ujungnya nulis jadi gak bikin hepi lagi deh.
Tapi kalau sanggup dan mampu sih oke banget tuh, secara banyak juga blogger yang sukses dari mereview produk dari sponsor.

Kalo konten atau tulisan yang ada diblog aku sih selama ini masih berupa konten yang gak terlalu ribet alias simpel-simpel aja, masih dalam katagori konten yang seadanya . Yah soalnya selama ini cuma ini saja yang bisa aku tulis.
Pokoke jadi diri aku sendiri aja lah.

Bukan gak belajar dari ngeliat blog nya temen-temen, uh itu sih jangan ditanya, aku suka banget baca-baca blog temen, walaupun kadang suka rada gak paham ,apalagi blog yang ngebahas tentang teknologi atau pun SEO dan teman-temannya hi hi. Biasanya blog cowok-cowok kalo ni mah.

Harap maklum yah, tapi aku tetep aja suka liatin komen-komen dari temen-temen, gak tau kenapa. Pokoknya blogwalking dan ninggalin komen itu seperti ada rasa kepuasan tersendiri, sekaligus ngejalin silaturahim aja sih kalo menurut aku yang awam nie. Apalagi kalo ada yang berkunjung dan kasih komennya diblog aku...wadau.. hepinya gak ketulungan ni mah.

Iyalah kalo dipikir-pikir siapalah aku ini, ngetop enggak, terkenal enggak, blog juga standar-standar aja, tapi masih ada juga temen-temen blogger yang baik hati dan tidak sombong ngasih komen ke blogku...trims  yah buat kalian semua. Soalnya tanpa kalian siapa yang bakal tau blog aku.. wew.

Jadi ngeblog atau nulis sekarang udah jadi sedikit bagian dari keseharianku. Kenapa aku bilang sedikit, soalnya memang aku ngerasa kemapuan aku cuma sampai disitu aja, gak bisa lebih, alias gak mau terlalu pressure juga.

Aku sudah cukup ngerasa hepi sekedar bisa bagi tulisan entah itu cuman seminggu sekali atau maksimal seminggu dua kali. 
Kalau awal-awal sih sampai beberapa minggu yang lewat kayanya aku kok getol banget alias kelewat maksain diri buat update tulisan seminggu tiga kali.

Tapi sudah dua minggu terakhir aku nyoba menyesuaikan dengan ritme tubuhku, kalau aku nggak sanggup lebih dari itu.
Dah cukup lah seminggu dua kali aja aku sudah bersyukur. Yah ngukur kemampuan juga sih, sadar diri aja. 

Bukannya gak mau maju seperti teman-teman yang lain, tapi buat aku sih is not my type banget deh.
Dari pada akunya kelewat maksa juga, ujung-ujungnya malah ribet sendiri dan gak bisa menikmati ngeblog itu sendiri.

Akunya seperti dikejar-kejar hutang musti nyetor tulisan ke grup-grup. Ujung-ujungnya kerjaan rumah dan kegiatan aku yang lain agak sedikit tergangu dan sedikit keteteran.
Makanya sekarang aku cuma update tulisan hanya dua kali seminggu saja, aku rasa itu sudah cukup buat aku, karena aku ingin ada juga unsur fun didalamnya gak melulu menulis karena ikut-ikutan.

Lagian aku juga nulis sekedar ngisi waktu luang, karena sementara ini tujuan aku ngeblog baru sebatas hobi bukan buat dijadikan mata pencaharian seperti teman-teman lainnya. Semua kembali kepada tujuan masing-masing sih. Karena ngeblog sekarang juga bisa jadi penghasilan yang lumayan.

Seperti beberapa hari yang lewat aku sempat menolak satu kerjaan, dengan alasan karena aku gak sempat nulis, akhirnya kerjaan itu aku kasih ketemanku, eeh ujung-ujungnya nulis juga mandeg. 

Duh gak enak banget nie jadinya.
Rejeki dari teman malahan aku tolak gegara aku mau fokus nulis ceritanya. Yah udahlah emang belom rejekinya aku aja kali.

Dah ah akhirnya kesimpulan aku, aku gak mau terlalu ngoyo dalam menulis di blog, aku harus menyesuaikan dengan keadaan dan kemampuanku sendiri. Juga orang-orang di sekitar aku juga masih perlu sedikit perhatian dariku. Soalnya kalau sudah mulai nulis, suka lupa waktu dan suka gak mau diganggu, jadi kadang gak enak hatee sendiri  lol. 

Lagian dari awalnya memang bukan buat jadi profesional blogger kok. Cuman sekedar nulis curhatan atau apalah-apalah yang gak juga terlalu gimana gitu, sekedar nyalurin hobiku aja, ngisi waktu luang dan cari teman, bukannya justru waktu saya berkumpul bersama keluarga jadi sedikit terabaikan.
Semua kembali pada tujuan dan pilihan masing-masing.



Salam santun



52 Responses to "NGEBLOG TIAP HARI ?"

  1. Aku aja ga ngikutin berita turun nya PA apalah itu. Soalnya masih gado gadoo, ngga papa juga sih gak muncul di pencarian google ahahaha *nangis

    Samabu aku juga senang banget kalo ada yang ngekomen di blog sendiri. Rasa gimana gitu kan ya yang mana blog kan kudu punya akun gmail dulu baru bisa komen, terus kudu login, jadi mereka yang komen itu rela ngelakuin keribetan itu jadi terharu wkwk

    Aku juga senang loh kalo komen di blog orang terus di bales komentarnya, suatu kehappyan yang tida bisa digambarkan oleh tulisan. *Dihayalin aja*

    Dan lagian ada juga loh yang blog personal curhat kaya kite ini jadi terkenal. Ntah itu emang tulisannya yang khas, pokoknya ada daya tarik. Enak kan hobi yang bikin terkenal terus dapat receh hoahaha astaga maaf mikir receh mulu.

    Semangat ngeblognya!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ha ha ngakak saya jadinya bc komen mu mas broo... Iya emg ga ngerti DA PA apalah itu.. Yhvpenting nulis aja sesuka hati... Ada yg baca syukur apa lg ada yg ksh komen uuu hepi gak ketulungan... Berarti msh ada yg mlirik blog kita yahhh... Iya tulisan itu jd ciri khaas tersendiri.
      Makanya sy sk ngakak sendiri kl baca blog kamu maa broo.... Thx sdh berkunjung πŸ˜πŸ™

      Delete
  2. Kalau kita blog Gado2 tenang aja Bu. Yg penting kita nulis aja. Bisa memberi manfat bagi sesama. Makasih

    Monggo singgah di www.abdulmajid.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yak tul banget pak.... Gak perlu gwdubrakan kali ya... Thx kunjungannnya pak πŸ˜ŠπŸ™πŸ™

      Delete
    2. Writing for tour soul, not search engine bu. Ini yg mendadari sy dan mungkin Ibu juga.

      Delete
    3. Iya pak saya jgvjd terinspirasi dr moto nya bpk.. Kl menulis itu krn jiwa bukan krn mesin pencari.. Thx pak Abdull πŸ™

      Delete
  3. Hey, DA PA itu bukan hal yang terlalu penting. jangan sampai karena da pa yang tidak baik saja bikin kita malas nge-blog.

    blog saya juga da pa nya jelek banget. maklum masih cupu.

    tapi saya memang senang menulis. apa saja. jadi ya dibawa hepi aja saat nulis di blog.

    setahu saya yang lebih penting dari sebuah blog adalah bagaimana kualitas konten yang dibuat oleh orangnya. kalau banyak pencariannya di google, atau banyak teman-teman yang suka tulisannya orang akan tetap datang kok ke blog kamu.

    IMHO

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mas sy jg gak ngerti apa iyu DA dan PA.. Maklum sy kan penulis abal2 jd emg gak ngerti samansekali. Iya sih sementara ni cm bisanya nulis sebatas ky gini aja... Entah berguna apa enggak. Thx yah sudah berkunjung kembali πŸ˜ŠπŸ™

      Delete
  4. Fokus ke kerjaan rumah kalau udah selesai santai baru bobok eeh nulis di blog maksudnya hehe....meski kadang gatel baru nyapu lantai dikit buka hp ada yang komen nggak yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah itu dia mba Dita... Sambil nulis sambil nyambi jg kerjaan rumah... Dh beres br deh bisa santai ria... Sambil ngintip ada yg komen gak gitu 😁😁

      Delete
  5. baru kali ini tau ada istilah DA dan PA. sy langsung cek ke google. bolehlah ditulis kepanjangannya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mosoook... Kl saya mah emg sok tau... Walau gak tau 😁😁 yg tau mah yg udah pengalaman lah... Kl sy mah apa atuh blog jg seadanya alias abal-abal... Thx bang Ichal πŸ˜ŠπŸ™

      Delete
    2. siip. saya asing dengan istilah itu dan tidak tau sama sekali sbelumnya.

      Delete
    3. Iya tah.... Kirain semua blogger yg udh lm berkecimpung di blog dh tau... Kl sy mah emg btl gak tauk... Tau jg liat di google... Kl gak mah mene keteheng...
      Secara ngelblog jg br 4 bln ini. πŸ˜‚πŸ˜‚

      Delete
    4. Yang maklum yang mana nie... Sayanya apa abang Ichalnya 😲😲

      Delete
    5. Eehh sy ya yg hrp maklum 😁😁

      Delete
  6. Saya gak ahli mbak aoal SEO atau semacam nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama aja sy juga gak paham sama sekali apa itu SEO dan ky gimana prakteknya.... Pokoknya sy nulis karena jiwa saya bukan karena mesin pencari aja dah. 😁😁

      Delete
    2. kalau mau nyari duit dari iklan biasanya wajib paham itu. SEO

      Delete
    3. Saya mah emg sok gitu orangnya....rada jual mahal.. nulis sekedar suka aja... Gak tau entar" masih labil πŸ˜‚πŸ˜‚

      Delete
  7. Replies
    1. Wah sy mah nggak mudeng ynk ke gini... Soalnya emg ga pernah jg cek DA PA apalg yg alexa rank... Suer ga pernah 😁

      Delete
  8. Iya mba. Paling enak itu kalau kita ngeblog udah tahu niat ngeblognya buat apa? Mau apa? Jadi nanti sejalan dengan prosesnya ya. Bener banget kalau niat kita ngeblog hnya untuk hobi. Ya udah nggak usah terlalu dipikirin soal da/pa krn kita ngeblog tujuan utamanya bukan uang ya. Tapi karena memang seneng nulis aja. Lagian kalau terlalu banyak artikel pesanan, jadi nggak nyaman lagi menulisnya ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pagi Bund.. Iya... Kl ay emg sebatas suka aja... Gak buat cari penghasilan... Makanya sy santai aja bund... Emg gak paham jg sih dngan DA PA... Maklumlah bund rada telat mikir hi hi... Thax bund dah mpir πŸ˜ŠπŸ™

      Delete
  9. Oh jadi banyak blog pada down gara gara perubahan algoritma Google ya...Terutama blog baru seperti saya punya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Barangkali jg ya mas.. Sy btl" gak ngerti mslh ginian sih ..maklum msh baru jg nulis di blog. Jd ga paham DA dan PA...thx dh berkunjung πŸ˜ŠπŸ™

      Delete
  10. aku gak terlalu mempermasalahkan dapa
    lagian, ngeblog kan seni
    emang masih gado-gado sih blogku
    cuma gatau sekarang dengan lebih sering nulis jadinya mengerucut kepada beberapa topik aja, semisal sejarah dan kereta api
    masalah sponsor aku juga ga ikutan mbak, wong dapa ku juga jelek hehe
    klo pas lagi ada lomba aja paling ulas sponsor
    klo gak pas lomba, kembali menjadi Blogger Ortodoks aja, sesuai pengajaran para bapak blogger mula-mula, nulis untuk berbagi dan menginspirasi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya saya jg nulis gak ngerti DA PA... Jd nulis aja tuh sesuai dengan kemauan sy aja sih... Msh gado" juga... Belum pas mau kemana gt hi hi... Jalan hayo... Kuliner hayoo... Apa aja sebisanya saya aja... Kl sponsor kynya enggak mungkin soalnya kynya kl blog model ky saya nih susah dpg sponsor... Lomba jg br sekali ngikut ngerame" in aja.. Thax mas sdh mampir πŸ˜ŠπŸ™

      Delete
  11. Yes, disesuaikan dengan diri kita sih Mbak ngeblognya. Dibuat sesantai dan senyaman mungkin biar bisa terus punya motivasi :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Okee btl bgt nih... Hrs sesuaikan dng kemampuan sendiri... Gak ush ngikut org. Selagi mampu sih ga apa...thx yahhh πŸ˜ŠπŸ™

      Delete
  12. Mampir ya
    https://www.samaindo.ml/2019/03/bakal-launching-13-maret-mendatang-ini.html?m=1

    ReplyDelete
  13. Salut dengan semangat Mbak Henni yang minat ngeblognya tinggi dan tahu sampe mana kemampuannya untuk tidak memaksakan diri sendiri buat ngebet banget nulis. Tetep pertahanin jadi diri sendiri mbak yah, menulis juga perlu gaya dan mbak Heni sudah punya gaya menulis sendiri tidak perlu seperti orang lain. kayak yang mbak bilang slow but sure not slow not sure. Saya awalnya juga gitu punya 2 blog dengan 2 niche berbeda, satu personal blog dan travel blog sampe akhirnya keteteran dan harus milih menutup personal blog saya dan mempertahankan travel blog saya yang sekarang. Tapi salut juga buat yang bisa punya 2 blog dan berjalan dengan lancar. Semangat ya mbak untuk terus menulis dan gak perlu lihat kuantitas tulisannya tapi kualitas tulisannya. Salam Ransel Ijo +62,,,salam Blogger juga ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya thx mba Julia... Iya emg aku skrg nulis sesuai kemampuan aku aja deh.
      Bukan gak mau ky org yg bs tiap hari update tulisan
      Maklum ada jg yg hrs aku prioritaskan sprt anak dn kluarga... Gak ngelarang sih... Tp akunya aja yg sdr diri. Semoga nulis ttp lancar tp jg keluarga gak terbengkalai.
      .smg nulisnya bs jd diri aku sendiri aja deh... 😊😘😘

      Delete
  14. Betul juga mbak, entah kenapa kalau ada yang komen jadi semangat tuk ngeblog. Mau bahas DA PA, SEO dan teman sealirannya, tidak terlalu dipikirin, hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya yg ditunggu"kynya komen deh hi hi itu tanda tulisan kita senggaknya masih ada yg mau baca..sy jg gak ngerti apa itu DA PA dan SEO... Banyak tutorial ttg semuanya srg sy baca tp ttp sulit... Teori sm praktek kdg ga seiring. Apa emg sy yg ga ngerti kali 😁😁

      Delete
  15. Kalau prinsip saya ngeblog dibikin enjoy aja lah nggak terlalu dibikin pusing yg penting gimana tetap konsisten update artikel dan bw biar punya banyak teman

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maunya sih gt bs ngeblog tiap hr.. Tanpa dibuat pusing apapun tp kdng ssh bagi waktu.. Namanya udh ibu" gak melulu bs bebas seenaknya.. Hrs bs prioritasin urusan rumah dl baru deh biaa urusvyg lain... Thx sdh beekunjung πŸ˜ŠπŸ™

      Delete
    2. Kalau sudah berkeluarga emang repot sih mbak beda situasinya waktu masih single, waktu lebih banyak

      Delete
    3. iya betul banget mas Aris...

      Delete
  16. Replies
    1. Maunya sih tiap hari... Tp ga bs seenaknya. Hrs ada yg aku priortsin dl baru deh bisa me time.. Thx ms Tanza πŸ˜ŠπŸ™

      Delete
  17. gw sih nggak tiap hari,gw manfaatin waktu luang aja buat ngeblog

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sy jg gak bs tiap hari... Soalnya kebentur ama kerjaan yg lain jg sih... Kl ada wkt senggang br deh bisa me time dan nulis.. Thx yah. πŸ˜ŠπŸ™

      Delete
  18. Secara pribadi sih, aku enggak tiap hari nulis blog, kadang juga rasa males itu yang kadang susah di hilangin. ..
    Mampir juga mba ke...
    www.feriblogid.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yups betul bgt.. Kdng pas lg timbul rasa jenuh atau cape sy butuh istirht sebentar baru deh cari ide atau inspirasi apa gt buat nulis lg biar fresh... Thx yah. πŸ˜ŠπŸ™

      Delete
  19. Blogging itu menuliskan cerita tentang diri kita. Kan kita punya banyak peran tuh dalam kehidupan. Ya sebagai teman, sebagai rekan kerja, sebagai pasangan, sebagai orang tua, dll.

    Bukankah ada banyak cerita di setiap peran yang kita jalani itu?

    Hanya karena kita memutuskan jadi blogger, nggak berarti hidup kita hanya melulu soal ngeblog aja. Justru, kita perlu 'menjalani peran' yang lain. Selain karena tuntutan tanggung jawab. Sekalian sebagai sumber inspirasi cerita untuk kita bagikan di postingan selanjutnya bukan?

    Singkatnya, live your life and tell your tales.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip bgt mas Candra thx sdh berbagi... Apalagi moto yg dibawah.. Live your life and tell your tales... Kyanya pas bangetπŸ˜ŠπŸ™

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel