SUKA GA ENAKAN SAMA ORANG

11 Maret 2019

SUKA GAK ENAKAN
SAMA ORANG


suka gak enak sama orang

Wah kayaknya sih judul diatas agak sedikit nyentil kupingku nih. Iya soalnya aku orangnya suka gak enakan atau susah nolak dan susah ngomong nggak ke orang lain. Dan itu bukan hal yang patut ditiru. Nggak banget deh.

Nggak tau juga kenapa kok aku punya sifat seperti ini, ni kadang malahan bikin aku jadi susah sendiri.
Mau bilang enggak alias nolak aja kok susahnya minta ampyuun.

Sifat yang kaya gini bikin aku jadi kadang gak enak hati , dan ujung-ujungnya malahan jadi bumerang buat aku.

Ya gimana enggak, pernah aku beberapa kali untuk diminta datang ke suatu tempat dengan alasan temanku gak bisa hadir dengan alasan yang kurang jelas dan aku diminta untuk mewakilinya dan aku nggak enak nolaknya ...zzzz.

Aku sendiri kadang suka mengiyakan saja tanpa sempat berfikir lebih jauh, apakah undangan tersebut bikin aku nyaman apa enggak.
Kadang mulut sama otak jalannya enggak konek alias nggak seirama he he.

Ujung-ujungnya malahan aku yang gubrak-gubruk sendiri, nggak jelas juntrungan dan akhirnya malahan jadi susah sendiri. 

Nggak tau juga apakah karena dari kecil kita suka dididik oleh orang tua jaman dulu untuk selalu berlaku sopan, sehingga giliran sudah besar malahan jadinya punya sifat gak enakan,.. kita ? aku aja kalee...

Sebisa mungkin selalu bilang yes walaupun sebenarnya kita enggak sanggup dan malahan jadi bikin repot sendiri.
Jangankan ke orang terdekat, dengan orang baru saja susah bilang tidaaaaak.

Ada beberapa hal dibawah ini yang bikin aku susah bilang enggak:

1. Sulit bilang enggak sama sales yang nawarin barang.

Ya enggak selalu ketemu juga setiap hari sih. Cuman aku suka susah buat nolaknya, padahal tuh barang yang ditawarkan enggak penting-penting amat.

Nah disitu kadang aku merasa sedih...inget meme beberapa waktu yang lalu hi hi. Ujung-ujungnya saya beli deh tu barang, abis suka kasian liat sales yang jualnya ampe mulut berbusa nawarin dagangan, kan akoh jadi enggak tegaan liatnya. 
Ujung-ujungnya jadi sebel sendiri, duh nggak patut ditiru banget deh.

2. Suka enggak enak sama temen sendiri alias sahabat dekat.

Iya karena saking dekatnya tuh susah buat nolak permintaan dia.
Padahal udah tau luar dalemnya, tapi masih susah aja buat nolak.

Misalnya dia minta dateng dan janjian mau ketemu di suatu tempat, kadang saya juga nggak sempet mikir lagi untuk bilang enggak ke dia.
Eh begitu saya dateng dan on time, eh ni sohib malahan telat datengnya.
Suka telatnya berjam-jam lagi,  bikin bete aja nie orang. 

Kecewa dan jengkel jadi satu paket siap saji.. eeh maksudku ngumpul jadi satu , karena akunya udah susah nolak, udah jauh-jauh dateng ujung-ujungnya si sohib malahan datengnya telat, dihubungi juga susah, bikin tambah empet aja.

Duh buang-buang waktu dan ongkos aja nie, kalo bukan karena sobat dekat mah rasanya kepingin banget ngejitak kepalanya...uuuhh.

3. Susah nolak agen asuransi.

Nah ini yang kadang juga susah ditolak. Suka banget ditawarin asuransi, memang betul sih buat saat ini yang namanya asuransi sudah menjadi bagian hidup. Entah itu asuransi pendidikan, kesehatan, kecelakaan dan sebagainya.

Memang aku juga awalnya sempet ikut dua asuransi, karena asuransi yang pertama sudah berjalan cukup lumayan, dulu aku ambil yang berjarak lima tahun saja, karena alasan males kalo terlalu lama.

Nah sebelum masa asuransi yang pertama habis, aku sudah ditawarin lagi lewat telpon oleh agen asuransi buat ikutan asuransi yang lain.

Nah disini aku kadang suka bimbang dan ragu hi hi, antara males mau nambah asuransi yang baru atau menolaknya, juga suka males denger si mbak agen asuransi telfonnya lamaaaa banget ngomongnya, bikin ga betah dan berasa mau kabur ajaa. 

Soalnya si mbak agen asuransi itu pinter banget deh nawarin aku dengan segala bujuk rayunya seperti rayuan pulau kelapa, ya iyalah pinter ngerayu....kalo enggak pinter ya nggak dapet nasabah dunk...akunya aja yang kadang imannya  sungguh sangat lemah, duuuh. 

Yah ujung-ujungnya ikut lagi deh asuransi yang kedua, jadi dobel kan? Hanya berfikir positive aja deh, bahwa asuransi memang penting buat pendidikan anak akuuh.

Tuh buktinya dah lima tahun bisa langsung dicairkan ke tabungan dan langsung bisa digunakan....ehemm lumayan juga ngurangin biaya pendidikan dan pengeluaran yang tambah mahal.

4. Suka memberi pinjaman.

Nah ini juga salah satu sifat aku yang susah nolak. Apalagi kalo ada tetangga yang memang lagi butuh uang. Mau nolak kok rasanya enggak tega gituuu.
Padahal kita juga terkadang lagi kanker alias kantong kering.

Udah dibilang maaf enggak ada dengan secara halus maksudnya menolak. Eeh malahan si tetangga nie lebih jago ngerayunya ketimbang akunya  oow.

Nah gimana tuh kalo dah begini aku jadi nggak enak hatee, ujung-ujungnya minjemin tuh duit.

Dengan janji beribu janji yang awalnya cuma janji sebulan enggak tahunya udah ampe dua tahun berjalan tu janji tinggal janji. Percis kaya janji kampanye deh.

Ditagih orangnya bilang blom ada duit, di diemin malahan keenakan dan akunya yang malahan kebingungan , nyebelin banget kan ketemu yang model begini ?
Allhamdullilah masih bisa bersabar dan ada aja rejeki yang datang.

Nah sifat enggak enakan sama orang nie kadang sudah nempel banget di aku kayak lem gitu hi hi...syukur masih bisa ketawa. Mungkin aku harus merubahnya perlahan-lahan yah, karena kalo sudah melekat gini yang susah aku sendiri jadinya.

Entahlah apakah karena takut melukai perasaan orang lain aku juga enggak ngerti, padahal belum tentu juga orang lain itu memahami perasaan akunya, duh kalo dah begini I feel so sad apa so stupid yah.

Sedikit cara yang bisa dilakukan supaya nyaman :

Belajar berani bilang tidak / tegas.

Karena menurutku sih secara gak langsung buat pertahanan terakhir kalo sudah gak mempan lagi menolak dengan halus, dengan bilang tidak berarti cukup tegas untuk menolak sesuatu yang dianggap cukup mengganggu.

Sedikit cuek.

Sedikit agak cuek sepertinya lumayan membantu, khususnya buat aku yang rada susah nolak karena enggak enak hati. Bukan berarti kita tidak berempati pada orang lain, namun ini salah satu cara buat diri merasa lebih nyaman.

- Gak selalu memikirkan perasaan orang lain.

Iya dong, gak selalu kita harus memikirkan perasaan orang lain, memang sih terdengar agak kejam, tapi kita berhak juga dong untuk bilang tidak atau menolak, mereka juga enggak berhak menganggap kita pelit atau enggak setia kawan atau gak peduli dengan orang lain.

Sebetulnya sifat gak enakan ini ada baik dan buruknya, baiknya aku jadi lebih bisa menghargai orang lain, dengan mengingat bahwa mereka juga butuh bantuan, yang kadang membuat kita menjadi lebih perduli dengan orang lain.

Semoga saja sih sifat yang kurang menyenangkan ini bisa  aku hilangkan perlahan-lahan, karena bagaimanapun juga  terkadang masih suka menganggu kuuuh. Yah ini beberapa hal yang suka bikin aku ga enakan sama orang, sekedar berbagi cerita aja sih, barangkali saja ada temen-temen yang juga sering mengalami hal yang sama seperti aku.




Salam santun



40 Responses to "SUKA GA ENAKAN SAMA ORANG"

  1. hahahha, kayaknya sungkan itu ada disetiap angkatan tua ya. sifatnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya hi hi suka ga enak mau nolak ato bilang nggak keorang... Jadinya malahan susah sendiri 😁😂

      Delete
  2. Jiahahah sama dengan saya. Biasanya kan pulang dari kampus abis itu diajak temen ke kosnya kalau bakal ada kajian di sana (saya juga sering sekali ke kosnya, tapi tidak enak juga kalau diberi makanan gratis. Padahal saya tidak pernah memberinya makanan gratis :v). Saya langsung bilang saja "Nanti saya datang kalau tidak ada kesibukan" eh pas dia nelpon saya kagak angkat-angkat dan saat itu saya lagi enaknya tidur di kos 😂

    Untuk hal cuek, kayaknya saya ini nomor satu deh 😅. Diajak senior aksi depan menara phinisi (letak rektor berada), saya mah bodoamat pergi mending tidur dan main game di kos..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi hi kasian amat yak tu temennya.. Dh sering ngasih makan gratis.. Giliran ditelfon di cuekin.. nie sifat ga banget deh... itu mah bukan ga enakan tapi gak urusan alias cueeek z z 😁😁

      Delete

  3. Mampir jg gan ke kelimpit.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Okee mas... Sy mh perempuan bukan agan 😁😁

      Delete
  4. Tulisan yang bagus mbak. Mampir juga ke
    http://ferdiansyahputralaw.blogspot.com/

    ReplyDelete
  5. Hampir sama kayak saya..., susah nolak kalo diajak makan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo diajak makan mah rezeki atuuh.. Kalo ntu sy jg gak bs nolak 😁😁

      Delete
    2. Ngapa bang Ichal.. Ngakak aneh ya jawabannya 😁😁

      Delete
  6. Memang iya sih saya juga sering nggak enakan sama orang. Akhirnya keblinger nyusahin diri sendiri bahkan gak jarang keluarga kecil ikutan keseret akibat tingkah saya. Tapi sekalinya pernah nolak apa ya dulu ditawari temen soal pengajian. Karena udah kapok sama pengajian2 yang gak saya kenal dan isi kajiannya gak memuaskan juga temen yg pengen memanfaatkan saya biar mau boncengin dia akhirnya saya tolak deh. Eeh dia nya jadi ngatain macem2 ngajak kebaikan gak mau, kok saya udah berubah dsb nya lah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah tu kan... Gegara ssh nolak dan ga enakan jd malah nyusahin diri sendiri yaa... Ntu mah dasar aja trmennya mau cr yg gratisan aja...aji mumpung.
      Itu lah kl pnya sifat ky gini kdg sk dimanfaatin orang lain 😮😮
      ..

      Delete
  7. Mampir ya mba
    https://www.samaindo.ml/2019/03/bakal-launching-13-maret-mendatang-ini.html?m=1

    ReplyDelete
  8. Kurang lebih kita sama, Mbak. Apalagi soal pinjaman, suka nggak tega. Kebayang kalau saya diposisi yang lagi kesusahan tentu sangat butuh bantuan. Tapi ujungnya suka kesal sendiri kalau bayarnya lama banget, lewat dari waktu yang dijanjikan. *jadi curcol

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi hi iya ni betul bgt...suka ga enak kl nolak tp bgt ditulung... Lupa ama janjinya... Ditagih sk ngumpet" didiemin keenakan jd srb salah, lah kitanya yg memble 😁😂


      Delete
  9. saya ngerasain juga, apalagi saat pergi nongkrong di cafe temen. Setiap saya mau bayar pasti dikembalikan uangnya :) jadi gak enak sendiri :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya jg ya.. Kl keseringan dibtraktir alias ga bayar jadinya mlahan ga enak sendiri sedangkan temen jg kan cr duit... Asal gak sering" aja. 😁😁

      Delete
  10. Waduh sangat, sangat dan sangat mewakil saya sendiri Mbak. Pas betul dengan sifat saya suka nggak enakan ama orang, susah nolak. Makasih Mbak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh gitu ya pak. Sy kira kl liat bapak pasti orangnya tegas... Gak taunya gak enakan juga ya pak sama orang... Namanya manusia gak ada yg swmpurna ya pak..

      Delete
  11. Ikh bunda sama ama aku. Aku juga ga enakan ama orang. Mungkin karena pola asuh di waktu kecil tidak dibiasakan terbuka atau mengungkapkan perasaan. Akhirnya aku terbiasa nurut n itu bikin aku nggak nyaman. Tapi ga enak juga mu ngomong hahaha. Makanya ke anak aku nih, aku ngajarin dia klo nggak nyaman ya ngomong tentu saja dengan cara yg baik. Jadi klo anak aku nggak mau ama apa yg aku tawarkan. Aku ga maksa dia selama itu bukan sesuatu yg sifatnya ga terlalu penting

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ni mbak Yeni... Ujung"nya jadi bikin susah sendiri ya. Emang betul barangkali krn pola asuh ortu jaman dulu yg slalu mewajibkan kita untuk slalu sopan dan manut aja. Jadinya akhirnya keterusan jadi sifat gak enakan alias gak tegas. Thx mba ssudah berbagi 😊🙏

      Delete
  12. Aku tadinya juga mirip kayak mbak Heni hehehe. Tapi makin ke sini bisa merubah kok. Apalagi punya beberapa kali dikecewakan teman2 yang aku sendiri padahal baik sama mereka. Kalau dipikir2, udah ga zamannya aku merasa harus menyenangkan semua orang, Saatnya berubah! Yuk, mbak, bahagiakan diri sendiri, supaya diri kita lebih berharga dan dihargai oleh orang lain. Aku lagi belajar "ah, bodo amat" wkwkwkwkwkwk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ni mba Nurul lg mulai belajar so cuek sm orang lain yg dirasa ckp neganggu aku.. Kl gak akunya yg berasa di manfaatin... Thx ya mna Nurul dh mampir 😊🙏

      Delete
  13. Sebenarnya ada untung ruginya punya kepribadian 'ngga enakan' sama orang ...
    Enaknya, kita itu artinya punya prinsip ngga mau merepotkan orang.
    Tapi ngga enaknya, dicap ngga mau menghormati pemberian orang lain untuk kita.

    Masalahnya aku pernah dicap seperti itu, kak.
    Dikatain 'kamu risih ya sama pemberian makan saya'... , padahal kutolak karena ya itu tadi aku ngga mau menyusahkan merepotkan orang lain.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kan makanya kita jadi susah sendiri gara gara suka gak enakan... Giliran kitanya tegas gantian dia yang salah sangka... Serba salah emang 😁😁

      Delete
  14. Apa lah dayaku gak suka bergaul .. anak rumahan .. www.laluahmad.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yah bergaul ga apa sih mas.. Asal tau wkt sm liat" gmn orangnya.. Kdg kt jg bth sahabat.. Asal ktnya pintar" milih aja... Jgn ky sy sk ssh nolak jd susah sendiri

      Delete
  15. wah kalp susah bilang enggak sama seles repot juga mbak :D

    ReplyDelete
  16. Kalau saya liat kondisi dan kepentingannya mbak, kalau ga sreg dihati, malah bikin kita susah sendiri saya tolak sih..

    Tapi lucu juga ga bisa bilang ga ke sales, habis terus dung duitnya buat beli ini itu, haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ni suka ga enakan sm orang dan ssh nolak jd malah susah sendiri... Mo bljr tegas napa susah yak 😁

      Delete
  17. Wah ini ngena banget Mba Heni, saya juga orang nya dari dulu gak enakan, tapi semejak jadi pekerja saya jadi mengerti bahwa tidak selamanya sesuatu hal itu kita iya kan hehe...
    .
    .
    monggor mampir ke www.febrianammar.com, salam kenal :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sm donk kita mas.. Suka ga enakan jg sm orang... Mlh ssh sendiri jadinya.... Thx mas sudsh berkunjung 😊🙏

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel