5 April 2019

KETIKA ARTIKEL BLOG TERINDEX DI GOOGLE

5 April 2019

KETIKA ARTIKEL BLOG TERINDEX DI GOOGLE

Hai sobat blogger, aku mau cerita sedikit pengalaman aku Ketika tau kalau artikel blog aku keindex di google. Awalnya sih aku enggak paham sama sekali gimana caranya supaya artikel itu bisa keindex. Maklumlah ibu" gaptek bin kudet. Suka lola alias loadingnya lama.


google search



Ini sih bukan tutorial yak. Kalo yang buat tutorial udah banyak ahlinya dan pada pinter semua,  kalo aku cuman bagi pengalaman aja. Siapa tau berguna. 

Emang sih dulu udah pernah daftarin blog aku ke google webmaster atau google search console, tapi itu awal-awal aku ngeblog sekitar lima bulanan yang lewat mungkin yah. Tapi ya udah begitu daftar aku tuh nggak ngerti sama sekali ngegunainnya wk wk.

Liat bentuk tampilan google search console aja aku bingung, ra mudeng...kok bentuknya gini amat yak, banyak seperti trafik atau apalah yang naik dan turun, beserta angka-angka yang bikin aku ra ngerti blass, ojo ngguyu...kulo nembe ilmu loo ? 

Ya udah dari hari kehari, minggu keminggu dan bulan kebulan, aku gak ngerti sama sekali ngegunain dan apa sih manfaatnya dari si google search console ini. Jadi ya begitu daftar, ya udah numpang lewat gitu aja soalnya aku gak ngerti..duh oon amit yak.

gambar google search console
google search console

Aku juga nggak pernah ngetes atau ngecek alamat blog aku ada apa enggak artikelnya, pokoknya habis buat artikel terus posting dan sebarin aja ke grup-grup tanpa pernah update atau masukin url artikel terbaru ke google search console...OMG, banyak waktu kebuang gara-gara gak ngerti.

Ya sih katanya memang bakalan masuk alias keindex juga, tapi lama prosesnya dan gak tau kapan boo, itu juga kalo keindex, kalo enggak mene keteheng ngilang dimana tu artikel. 

Nah kalo udah paham ngegunain google search console ini gak pake lama-lama buat ngeindex artikel kalian,  gak sampe 2 menit bisa langsung di cek kok dan emang ada. 

Apalagi aku udah pusing mikirin cara ngegunain dan belajar SEO, wk wk, kayaknya sih artikel recehan kayak punyaku sih gak perlu SEO an segala yak, soalnya kontennya agak gimana gitu..gak penting - penting amat, cuma curhatan ato tulisan ibu" apalah. 
Kalo yang tutorial-tutorial atau tips bermanfaat barangkali iya perlu SEO.

Tapi berhubung akunya penasaran dan ibu yang kepo, aku tuh nyempetin baca-baca and browsing buat belajar SEO, dan sukses bikin kepalaku tambah mumet, sumpah gak ngerti blass 😱.

Sudah nggak ngerti istilahnya, juga sudah terlalu banyak tulisan yang aku baca tentang tutorial SEO ini dan itu, semuanya aku baca, tapi aku tetep nggak ngerti juga, duh ketahuan deh betapa oon nya aku ?

Sampai pada suatu hari di pagi yang cerah ha hai lebeeh, aku baca tulisannya mas Sugeng, hi hi, aku tuh suka bacain blog dia yang udah lama-lama, padahal aku gak ngerti, tapi aku suka cara dia nulis, simpel gak ribet dan gaya bahasanya halus, percis deh nama orangnya sudah pasti dari Jawa, lemah lembut 😊.

Dari blognya mas Sugeng ini, saya baca-baca sedikit tentang per SEO an, sedikit saya ubah pengaturan di blogspot tentang robot txt lah apalah saya edit, terus tentang gambar atau foto yang harus di tambahkan tag alt dan title dengan mengklik properties.

Aku juga ngaktipin tag meta robot, dan peta situsnya ,meskipun aku sendiri nggak ngerti fungsinya buat apa 😮tapi pokoknya ku ikuti aja tutorial dari mas Sugeng , sampe juga ke tag metadeskripsi aku aktipin, ternyata ribet yak. 

Cuman kata kunci aja yang aku masih gak ngerti. Pokoknya aku belajar aja sih otodidak, gak ada yang bantuin , soalnya anak juga sibuk dengan urusannya sendiri .

Pokoknya kalo aku buat artikel baru aku ikutin cara tersebut sebisaku aja, soalnya nggak paham semua.  Btw, terimakasih mas Sugeng atas artikel lamanya tersebut, membuat aku mengerti, walau cuma seiprit hi hi  ðŸ˜ðŸ˜‚.

Sampai pada pemberitahuan dari google search console yang harus diperbaharui, terakhir sampai tanggal 10 April ini deh, aduh itu bertepatan dengan ultah aku looh  ðŸ˜™.

Makasih mbah google udah ngerayain hari batas penggantian search console lama ke search console yang baru bertepatan dengan ultahku, kayaknya bakalan dirayain orang sedunia nih hi hi. 

Nah karena harus update ke yang baru, aku tuh baru buka lagi GSC yang lama, buat diperbaharui, disitu aku merasa sedih karena gak ngerti caranya 😞.

Sampai akhirnya aku browsing lagi di internet, namun kebanyakan ulasannya membuatku pusing dan bingung, karena kelewat bertele-tele.

Sampai akhirnya aku ketemu sebuah ulasan dari blognya mas Fikri Ramdani (fikriramdani32.blogspot.com) tentang cara menggunakan google search console yang baru, disitu saya baca petunjuknya dan ternyata gampang banget, sampai akhirnya tampil deh menu yang baru.
Gak rugi saya rajin baca-baca dan browsing internet.
gambar google search console
index url artikel

Yups akhirnya aku bisa deh mulai ngerti dikit-dikit cara ngegunainnya.
Jadi setiap aku buat artikel baru, langsung praktekin dengan menyalin atau mengetikan url artikel terbaruku ke google search console satu persatu .

Dan tinggal aku klik tuh enter buat mengindex artikel terbaru ( minta pengindex ) dan klik uji langsung di pojok kanan atas UJI URL AKTIF ..btw aku pake laptop yak. 

Kalo udah sukses alias betul caranya akan nongol tanda centrang warna ijo dilembar google search console kalian, artinya sukses. 

Gak sampai dua menit selesai, dan bisa kalian cek di google dengan cara memasukkan url blog kalian misalnya mawar.com dan hasilnya taraaa, nongol deh artikelnya.

Sudah sampai disitu saja?  Belum dong.. tugas selanjutnya ya tetap rajin buat artikel yg ori, no copypaste, dan tetep rajin share yak...kalo ga di share susah kalo cuman ngandalin mbah google aja, emang situ siapa ?
Udah ngetop ? Yang udah master aja tetep ngeshare looh. 

peta situs google search  console
url artikel


Yang saya petik adalah jika kita sabar dan mau berusaha pasti ada jalan, kata pepatah dimana ada kemauan disitu ada jalan. Saya aja mak-mak yang gaptek bin kudet aja bisa, mosok kalian yang masih muda dan pinter gak mau mencoba, ayo cemungut  !!!

gambar artikel terindex google
artikel

Aku sih membuat tulisan ini enggak bermaksud apa-apa, enggak sama sekali kok, hanya berbagi pengalaman  saja setelah mengetahui bahwa artikel aku akhirnya terindex juga di google.

Pokoknya nongol aja.. entah pages yang kesepuluh atau pages yang ke se ratus gak ngerti ,tapi minimal gak pake lama...kalo mau yg page one ya belajar SEO aja ndili yakk 😁.

Padahal aku mah sumpah kalo sudah tahu ya udah mau ngapain lagi, hanya sekedar sharing aja, siapa tahu ada manfaatnya buat yang baru mulai, soalnya banyak blogger baru yang bermunculan, pastinya masih perlu banyak belajar. 

Barangkali bagi sebagian besar blogger sudah gak asing lagi kalau artikel mereka gampang terindeks di google, apalagi ampe page one, tapi buat aku yang gak faham per SEO dan buta pengalaman rasanya seperti dapat pengalaman baru .
Intinya jangan malas belajar dan mau berusaha dah titik. 


Salam santun









28 komentar:

  1. mantul.. selamat datang di console baru,,,
    sy sudah menggunakan ini sejak awal kembali ngeblog.. dan user friendly lah... beda ama yg lama, agak membingungkan...
    mbaknya kesenangan ya... seperti yg pernah sy baca, intinya: setiap baru publish artikel baru, lakukan lagi updet sitemap dan test live url lagi... gitu aja trus sampai bruno mars nyanyi lagu blackpink yg baru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa... Dah lama pk gsc tp ga ngerti gunainnya... Baru tau sekarang... Udah rada telat... Tp gak apalah namanya belajar ga ada kata terlambat. Iya sy jg skrg slalu update url artikel yg baru di gsc.. Rasanya ky makan permen nano" thx sdh mampir 😁😁

      Hapus
    2. belum dikatakan telat sih. wong gsc masih baru.

      Hapus
    3. Iya juga yaaa... Untung iseng"baca baca.. Kl gak sy ttp kudet ajaa hi hi... Thx yahh dah mampir 😊🙏

      Hapus
    4. Okeeehhh 😁😁

      Hapus
  2. yang baru lebih smooth mbak, efeknya juga lebih cepet.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya lebih cepet dan lebih gampang digunain... Thx dh mampir 😊🙏

      Hapus
  3. ih gak paham sama google search console selama ini main blog pakai hp terus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku jg br belajar kok bbrp hari ini aja.. Soalnya batas update smpe tgl 10 april jd mau gk mau ya hrs update dn belajar jadinya. 😁

      Hapus
  4. wah keren ya mbak ini, mau terus belajar...blog mas sugeng itu memang simple, poin 2 pokok Blogger disitu semua... Template nya juga keren...
    saya juga belum paham betul seo, tapi sedikit demi sedikit belajar...
    keren mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul bgt tuh mas.. Bc blog mas Sugeng sy... Lbh mudah dan simpel... Jg blog mas Fikri jdnya akhirnya bs deh sy praktekin di google search console yg baru.. Thx dh mpir 😊🙏



      Hapus
  5. Saya juga daftar gsc dan selama ini nggak diutak-atik hahaha. Ternyata oh ternyata harus dimaksimalkan. Selama ini kita samaan mbak, pokoknya nulis lalu share nggak pake nyolek gsc. Harus berubah strategi rupanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya btl baget tuh mba.. Selama ini sy pk GSC yg lama gak ngerti gunainnya... Pas suruh update baru deh sy paham dn utak atik ngikutin petunjuk yg ahli.. Alhamdullilah bisa juga tuh... 😁 thx dh mampir mba Utari 😊🙏

      Hapus
  6. Mantaapp.. semoga dengan blognya yang di-index Google jadi makin semangat nge-blog. Ciayo!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thx mas Michael... Iya biar tmbh semangat ngeblognya... Thx dh mampir di mari. 😊🙏

      Hapus
  7. Selamat ulang tahun goigle search console baru, eh# selamat ulang tahun kak Heni Ajaa ...
    Ngga apa-apa ya ngucapinnya sekarang, masih 4 hari lagi niih 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi hi iya nih kok tepatan ama google search console...😁 thx mas Himawant dh mampir 😊🙏

      Hapus
  8. Aduh mba Heni, aku juga asal nulis-nulis aja. Pernah baca blognya mas Sugeng. Top deh. Cuma aku yang mumet mesti kek gimana. Trus nyari tutorial di youtube. Kudu semangat demi blog tercinta...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba... Aku jg awalnya gt. Udh dftar webmaster itu tp gak ngerti caranya... Smpe akhirnya bljr liat tutorial mas Sugeng dan mas Fikriramdani... Akjirnya alhamdullilah ngerti dikit" google console yg baru 😁😁

      Hapus
  9. Mantepp deh, Mbak. Aku juga nggak paham2 amat soal SEO, yang penting nulis aja wkwk
    Tapi cara2 seperti yang Mba share ini boleh lah aku coba juga
    Thanks, Mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sy cm baca aja caranya mas Sugeng dan mas Fikri buat google search consoleya... Kl SEO sy jg gak ngerrti sm sekli sih...susah.. Tgx mas sdh mampir 😊🙏

      Hapus
  10. Kalau belajar pasti bisa dan tahu mengenai SEO. Dan banyak juga kok selain mbak yang bingung memakai search console baru terutama bloger-bloger yang baru.. :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya sy jg msh belajar aja sih, tapi kalo google search console alhamdullilah dah mulai ngerti sambil baca dan praktekin, ternyata gak sesulit yg saya bayangin looh...thx sdh mampir yah...

      Hapus


  11. Betul mbak saya juga dulu begitu dan akhirnya lama2 jadi tahu dan paham...Pengalaman adalah guru yang berharga..😄😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups btl bgt tuh mas... Dulu awal" masih ga ngerti lama" belajar akhirnya jd tau... Emg pengalaman adlh guru yg plg berharga bwt yg mau belajar. Thx sdh mampir 😊🙏

      Hapus