15 April 2019

KOMENTATOR DALAM SEBUAH BLOG

15 April 2019

KOMENTATOR DALAM SEBUAH BLOG

Menurut kalian apa sih peran dan gunanya komentator dalam memberikan ulasan atau pendapat pada blog kalian? Sangat pentingkah dalam membangun blog kalian, ataukah sekedar pemanis saja?

gambar tulisan komentar


Hai ...kali ini aku mau menulis sedikit ulasan tentang peran komentator dalam sebuah blog. Pada saat menulis ini aku agak sedikit kesel, karena sudah menulis kata penutup. 

Entah karena mencet apa gak sengaja , tulisan aku malahan ngilang, du duh cape deh...padahal tadi setiap dapet satu paragraf aku save, tapi kok tetep ngilang, udah aku cek juga nggak ada..hadeeh.😣

Kembali ke laptop, dah lewat masa keselnya, buatku peran mereka sangat berarti, karena kehadiran komentator menurutku cukup memberi warna tersendiri khususnya buat blog aku.

Entah komen yang mengulas panjang lebar maupun singkat, buatku itu sama pentingnya, sama berharganya.

Ibarat dalam sebuah pertandingan sepak bola, kehadiran komentator pastilah sangat ditunggu-tunggu oleh pemirsa televisi, kehadiran mereka sedikit banyak memberi warna dan kemeriahan dalam ulasan pertandingan.

Lihat saja seorang komentator sepakbola yang cukup ngetop yaitu bung Falentino Simanjuntak yang punya julukan unik dalam setiap komentarnya dipertandingan sepak bola.

Kata-kata " jebreet " sepertinya sudah menjadi ikon buat doi. Gak asing lagi komentar doi dalam membawakan acara sepak bola ditelevisi begitu meriah dan cukup ramai.

Baca :

* Blog Tld Tak Bisa Diakses Tanpa www
Ketika Artikel Terindex Google
* Rokok VS Bedak

Begitu juga dengan komentar di dalam sebuah blog, khususnya buat blog aku. Buatku komentator itu seperti menjalin hubungan antara penulis dengan pembacanya. Ada hubungan yang saling terkait diantaranya.

Memang tidak semua komentar itu selalu baik dan benar, bahkan ada juga yang asal saja berkomentar alias nyepam dalam sebuah blog. Bahkan ada yang terang -terangan memberi link hidup pada si empunya blog.

Padahal blog sudah sedemikian diatur oleh si empunya blog agar gak sembarang orang menuliskan komen yang asal alias nyepam.
Tapi itu kembali pada tujuan si komentator tersebut , entah sekedar iseng atau enggak, gak jelas juga.

Pernah diawal membuat blog, ada juga satu dua orang menuliskan komentar yang enggak ada hubungannya sama sekali dengan konten atau ulasan yang kita buat , seperti hai... atau hemmm.
Bahkan ada yang menaruh link hidup di blog aku, namun segera aku hapus.

Apakah dengan banyaknya komentar itu sudah menjamin kalau blog seseorang itu bagus ? Entahlah, selama ini aku suka memperhatikan beberapa blog yang cukup banyak komentarnya, dengan judul atau niche yang berbeda-beda.

Ada yang tulisan atau artikelnya sederhana, tapi kenapa justru komennya cukup banyak, barangkali apa yang dia sampaikan melalui tulisan cukup mengena dihati pembacanya ?

Ada juga yang blognya cukup bagus menurutku dan kontennya juga sangat bermutu dan bermanfaat, tetapi kenapa justru sepi dengan komentar ?

Apakah gaya bahasa yang terlalu kaku atau terlalu banyak tulisan yang mirip, aku juga kurang jelas. Itu kembali lagi kepada pembacanya.

Tapi buatku peran komentator ini cukup penting , karena kehadiran mereka seperti mood booster banget buatku, berarti setidaknya apa yang kita tulis sedikit banyaknya mau membuat mereka sejenak menoleh ke konten yang kita ulas.

Apalagi buat blogger yang udah ngetop dan wira-wiri di medsod atau seperti blognya temen-temen aku yang super kereen, wuih..liat komen-komennya bejibun, berarti artikel yang mereka buat itu memang menarik sehingga orang berduyun-duyun memberi komentarnya.

Kembali ke niat awal, tujuan komentar adalah untuk saling menjaga hubungan antara pengunjung dan si empunya blog.

Alangkah bijaksananya jika komentar yang diberikan adalah komen yang membangun, memberi saran, jadi nggak sekedar hai atau hello saja alias numpang lewat.

Tidak hanya pemberi komentar, sama pentingnya dengan si pemilik blog hendaknya juga saling menghargai dan memberi sambutan yang baik buat komentar yang masuk.

Bisa dimaklumi jika komentar sudah terlalu banyak dan tidak mungkin menjawab satu persatu, minimal ada hubungan timbal balik diantara keduanya, karena apa yang kita tulis, otomatis akan memberi reaksi kepada pembacanya.

Dan disitulah peran si pemilik blog terlibat. Jadi sebisa mungkin menjawab yang santun , singkat dan jelas.

Karena komentar yang baik, pastinya akan membuat si empunya blog akan lebih semangat lagi dalam membuat sebuah konten atau tulisan.

Seperti yang sempat aku lihat dibeberapa blog teman ada tulisan komentar yang baik mencerminkan siapa dirimu...keren yah.

Yups ini tulisan singkat aku mengenai peran komentator dalam sebuah blog, cukup singkat saja karena memang hanya sedikit saja yang mau aku ulas.

Lebih dan kurangnya saya minta maaf, karena ini sekedar tulisan dan opini saya saja. 

Dan saya sangat berterima kasih dan menghargai komentar yang sudah ada di blog saya, karena dengan kehadiran mereka blog akan semakin berwarna dan memberi semangat buat penulisnya, terima kasih.

Btw menurut kalian seberapa pentingkah komentator didalam sebuah blog ?


Salam santun


50 komentar:

  1. Menurut saya kata `Mantap gan, Mantul gan` ngeselin banget. Kenapa! Karena rasanya pembaca tidak melihat keseluruhan dari apa yang ingin di sampaikan penulis.
    Namun dengan sedikit komentar saja, sesuai dengan apa yang mereka baca dari postingan kita, kita akan sangat berterima kasih. Karena komentar bisa membangun kita menjadi lebih baik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul banget tu mass.. Kl yang komen ngasal aja.. Gak niat amat yak.. Nice kk.. Dll... Entah dibaca apa enggak tulisan kita.. Minta kunbal lagi... Itulah aneh" mmg beda " ..thx yah dah mampir. πŸ˜ŠπŸ™πŸ™

      Hapus
    2. mantul alias mantap betul, bukankah begitu bpk Ridous ?thx yah sudah mampir ...

      Hapus
    3. Dulu saya juga berpikiran seperti kak Violetta. Rasanya kaya, nie orang niat nggak sih ngasih komentar.

      Tapi semua berubah sejak negara api menyerang.

      Sekarang saya lebih take it easy kalau ada yang ngomen seperti itu. Malah, saya balik visit blog mereka dan ngasih komentar di postingan mereka. Ada yang berubah, ada yang nggak.

      Namun, kalau dipikir-pikir...biarin lah mereka ngomen apapun. Ngritik pun gak apa-apa. Ibarat buka toko, nggak semua pengunjung beli atau sekedar nanya-nanya. Masa iya yang nggak beli kita caci atau yang nanya tapi nggak beli dimaki? Kan ya nggak toh.

      Sebagai tuan rumah, ya kitanya perlu menunjukkan sikap terbaik kita ke semua pengunjung blog. Kita nggak bisa ngatur-ngatur orang lain...tapi kita bisa memilih reaksi kita.

      Hapus
    4. Iya yah.. Kita mmg gak bisa ngatur" yg mau komen ke kita... Kita jg gak ngundang atau nyuruh pergi.. Suka" yg datang sprti pembeli adalah raja.. Gak semua yg mampir hrs dan pasti beli... Bener kt mas Chandra... Kita yg tuan rumah kudu ttp baik dan menghormati yg dtg... Syukur msh ada yg mau dateng... Yah lebih dan kurang mmg jadi bagian dalam karakter dan sifat seseorang... Dan hrs maklum itu... Thx mas πŸ˜ŠπŸ™

      Hapus
  2. Lha saya postingan saya yg udah lama dibuat malah kehapus (tersave postingan kosong) dan sy tidak mau buat lagi postingan itu.
    Komentator sangat penting, tiba ada yg nyepam, malah dihapus, why? Why?
    Di blog saya juga kalau ada yg komentar udah disambut seperti saat awal kamu ke postingan blog saya. Hiya hiya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaah ni rs sebel udh cape" ngetik tau" ngilang.. Hu hu... Iya sambutannya luar biasaa ramah dan baik sekaleee. Sesuai ama yg punya blog 😁😁Thx yah dah mampirπŸ™πŸ™

      Hapus
    2. Lha sy postingan yg hilang itu udah sampe desain...
      Kok pertanyaan why di atas blm dijawab sih?

      Hapus
    3. Yah katanya kalo yang nyepam kudu dihapus... Lagian kalo comentnya cuman nulis kayak haiii.. Ato hemmmm ngapain jg kalii... Apalg yg ninggalin link idup... Minta banget di klik kayaknya 😁😁 itu saya tadi buat tulisan ini barusan siang tadi... Udah nulis penutup gak sengaja nyentuh apa kali kok langsung ngilang... Pdhl udh di save ttp aja ngilang... Ya betee dunk saya... Dah punggung pegel... Ngulang lagi dari awal... Yah lumayan masih inget apa yg sy tulis... Padahal enggak sy tulis di coretan looh πŸ˜‚πŸ˜‚
      .

      Hapus
    4. ingatan Anda masih kuat. mantap2.

      Hapus
    5. Amiiin. Thx yahh πŸ˜πŸ˜πŸ™

      Hapus
  3. Komentator itu menyenangkan kalau apa yang disampaikan sesuai dengan tulisan yang kita buat. Artinya tulisannya dibaca heheheh (mudah-mudahan bacanya serius). Saya sebisa mungkin meninggalkan komentar di blog yang saya baca. Biar ada jalinan di antara kita. Ea.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Allhamdullilah ya mba Utari, memang yang menyenangkan itu kalau ada yg kasih komen yang bermanfaat yah, dan semoga aja tulisan kita mmg dibaca hi hi.
      thx sudah mampir mba Ut ...

      Hapus
  4. terkadang kita mau komen, karena judulnya wow. tapi setelah membacanya. jadi komennya sedikit. ya seperti ini ni contohnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi hi.. Gak apa sih mau komen banyak apa dikit mas.. Yg penting nyambung ama yg ditulis sm penulisnya... Kn kadang ikutan komen tp gak nyambung... Thx dh mampir πŸ˜ŠπŸ™

      Hapus
  5. hihi
    inginya bertamu sekaligus meninggalkan jejak, tentunya jejak yang indah .. iya gak sih?
    tapi terkadang selesai baca blank dengan yang dibca tadi. bingung deh mau koment apa dan akhirnya muncul kata mantull gays wkwkkwwk. (ndak semua orang dengan komentar itu wegah baca) wkwkkw (ngeles)

    oh iya, jangan rendah diri , nih blogmu beneran tulisannya renyah, enak dibaca kok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thax mas Bondan.. Iya kadang org sk bingung kl mo ksh komen... Keburu buyar krn kepanjangan ulsannya yah hi hi... Btw tulisan sy renyah... Ky kerupuk donkk 😁😁

      Hapus
    2. saya suka saya suka n_n
      (gaya mei mei)

      Hapus
    3. Iya saya juga....saya juga... Wk wk 😁😁

      Hapus
  6. minimal untuk saling komunikasi antara sesama bloggers.
    Cherioo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yups betul banget mas Tanza.. Buat jalin komunikasi sesama bloggers... Thx sdh mampir yahh πŸ˜ŠπŸ™

      Hapus
  7. pentiiing sekali buatku :). aku bikin blog, tujuan awalnya krn aku pelupa. jd semua pengalaman hrs ditulis supaya nanti kalo butuh lg, bisa diakses. tp lama lama muncul keinginan utk sharing dgn semua orang ttg traveling dan kuliner. dan dari situ, aku appreciate sekali komen2 yg masuk. sengaja semua aku moderasi dulu, hanya supaya aku bisa baca dan bls 1-1 komen yg masuk , juga supaya semuanya bisa aku Bw balik :). kalo ga aku moderasi, ditakutin ada komen yg terskip :). dan aku ga mau.

    buatku, yg blogny blm pgn aku monetize, komentar dr temen2 sangat berarti. banyak udh blogger yg sempet aku temuin akhirnya, setelah sekian lama cm chat di komen dan dunia medsos :). pas ketemu itu, perasaan lgs happy, nambah temen, dan kebanyakan mereka sama seperti aslinya di chat :). bersyukur sih punya banyak temen blogger di mana-mana. jd kalo suatu saat aku berkunjung ke suatu kota, dan di sana ada blogger yg srg komen di blog/medsosku, aku biasanya ajak ketemuan :).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mba Fanny ketemu lagi kita yahh... Senang rasanya ketemu sahabat baru nih... Iya memang yg paling ditunggu" itu komen hi hi secara dari situ kita bisa komunikasi langsung dengan sesama blogger yah... Entah yg udah pro ataupun yg msh baru nyemplung... Emg ada bbrp yg suka komen asal tp cmn segelintir aja kok... Kebanyakan malahan yg baik" komennya... Almamdullilah jika dpt sesama tmn blogger yg baik yahh... Nih kapan" mampir ke kotaku yah di Bandar Lampung... Btw nama blognya mba Fanny apa yah... Kepo biar aku bisa kunjungi πŸ˜€πŸ™πŸ™

      Hapus
  8. Aku...komemtar, nyantai mba.. boleh ninggal komentar, boleh ndak. Cuma mmg berasa lebih hidup aja klo ada komentarnya...

    Tp sebenarnya yang lebih riil page. View sih, lebih seneng koment nya banyak, PV nya juga tinggi :-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sih mbaa.. Kl page view mah jgn ditanya atuhh. ..sy juga syukaa.. Cmn bedanya kl komen itu berasa ada kepuasan tersendiri... Sprti ada ikatan komunikasi antara pengunjung dan si empunya blog... Itu yg beda dan bikin hepiii 😁 thx mba dah mampir dimari πŸ˜ŠπŸ™

      Hapus
  9. Banyak yang baca post di blog saya. Tapi, cuma sedikit yang komen :v tapi, kalau menurut saya gak apalah :v yang penting masih ada yang mau baca :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas apapun itu disyukuri ajaa.. Lama" pasti ada aja kok org yg akan ikut komen.. Dulu sy jg awal" ngeblog gak ada yg komen samasekali... Lama" setelah sering aktif bagi postingan yah ada jg yg ksh komen... Disyukuri ajaa.. Thx yah dh mampir. πŸ˜ŠπŸ™

      Hapus
  10. Benar mba. Komentar itu jadi suntikan semangat untuk bikin artikel berikutnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul banget.. Mau panjang ato pendek... Selama msh nyambung dsn sopan. Itu buat kita tmbh semangat... Rhx dh mampir πŸ˜ŠπŸ™

      Hapus
  11. Balasan
    1. Ya thx mas Tanzaa πŸ˜ŠπŸ™πŸ™

      Hapus
  12. penting sih mbak, cuman rada kesel kalo komentarnya gak nyambung dengan postingnya, gue gak bilang semuanya sih, pasti ada yang cuma baca judul posting langsung ke komentar wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul banget tuhas...memang ga semua tp ada hg yg bbrp komen ga nyambung aluaa cm bc judul aja ikutan komen.. Hi hi namanya org beda" yah.. Thx dh mampir πŸ˜ŠπŸ™

      Hapus
  13. Komentar yang ada pada blog menurut saya penting. Selain menjalin hubungan antara penulis dan pengujung yang berkomentar seperti kata mbak, juga bisa sebagai kritikus agar blog yang dikelola juga semakin membaik.

    Walaupun ada juga yang komentarnya tidak nyambung seperti, nyimak, nice info, kunbal ke blog gua, dan masih banyak lagi. Selain itu ada juga yang komentar pedas-pedas bahkan mencaci pemilik blognya dan itu sudah saya rasakan.

    Katanya sih kenapa gambar di blog saya kebanyakan memiliki watermark. Dan saya sendiri curiga sama orang itu. Karena watermark adalah salah satu bukti kepemilikan konten yang asli.. Komentarnya yah langsung saya hapus πŸ˜‚

    Sorry, saya kayaknya curhat lagi πŸ˜‚πŸ˜‚. Kebiasaan nih curhat dimana-mana πŸ˜†πŸ˜†

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi hi iya mmg kadang bentuk komen itu macam"tergantung orangnya yah... Kadang ada yg nyambung kdg ada jg yg enggak.. Ad jg yg kepingin cmn ninggalin jjk dan minta kunbal... Tp mau gak mau mereka adlh bagian dr kita walau caranya mungkin agak sdkt aneh gt... Aplg yg cuman nice kk... Nyimak... dsb... Yah gak apa curhat lama" di sini... Biar kaya slogannya mama Dedeh... Curhat yuuk 😁😁

      Hapus
    2. Wkwkwkw πŸ˜‚πŸ˜‚

      Hapus
    3. 😎😎😝

      Hapus
    4. komentar di atas saya ini sepertinya koment yg ga guna deh wkwkw. maafkeun.

      Hapus
    5. Iya wk wk maklum.. Abis pada punya temen lucu" jg komennya dan gak tau mo ngomong apa lg ya daaah.. Gini ajaa.. Maklum jg yahh.. Maaf keun πŸ˜†πŸ™

      Hapus
  14. Benar sekali mba, kadang-kadang ada yang komen cuman 'Mantul gan/Pertamax/dll'. Kecewa sih iya, rasanya kayak cuman dimanfaatin buat naruh link :')

    Semuanya kembali ke diri masing-masing juga sih, namun alangkah lebih baiknya berkomentar yang membangun ya mbak. Minimal untuk silaturahmi antar blogger gitu hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mba salam kenal yaahh... Iya btl kdang ketemu pas yg komen model gt... Biasanya gak baca lg ulasan kita.. Dan cmn nitip link ajaa mnta kunbal Ktny... Cm komen gt aja... Hi hi tp yah gitulah org beda"πŸ˜πŸ˜‚

      Hapus
    2. iya teh ya, betul itu ,ada baiknya ketika komen di blog orang bukan mengharapkan backlinknya tapi lebih menjalain ikatan silaturahminya,....salam kenal

      Hapus
  15. betul sekali itu teh, konten dan komen itu tidak dapat dipisahkan,...

    konten bagus akan mendatangkan banyak komen begitupun sebaliknya,...

    tetapi komen pada artikel yang kurang bagus juga akan membuat konten berikutnya menjadi bagus, itulah dampak baik komen yang mana juga bisa memberikan masukan bagi penulis konten,..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga ya mass.. Iya betul banget.. Komen yg bagus yang memberii masukan jg saran akan membuat si empunya blog akan tambah semangat buat nulis yah... Dan yg lbh penting menjalin silaturahmi antara keduanya... Thx dh mampir di mari πŸ˜ŠπŸ™

      Hapus

  16. ewowww...tulisannya enak di baca dan mengalir kayak air...jadi nikmat membacanya.πŸ˜€

    Komentator itu klu menurut saya ibarat kopi dan susu...kalau bercampur hasilnya pasti enak.πŸ˜€☺

    tdi saya Pikir ada tulisan tentang para komentator pavorite diakhir...ternyata saya salah tebak...hahahah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tararengkiyu kang Nata... Tulisan saya enak dibaca ky air mengalir? Apakah seprti ituuh (ala teh Syahrini) 😁😁. Iya ntar kapan" akan ada komentaor favorit... Sapa tauk kang Nata masuk nomine ha ha haah ikutan jg sy gaya ketawanya πŸ™ˆπŸ™ˆ

      Hapus
  17. Saya paling ora suka yang komen cuma bilang Nice Info, atau Mantap gan, itu pasti gak dibaca. Udah gitu naro link aktif, komen macam ini langsung saya delete.

    Ketika kita komen ke blog lain, itu artinya kita menghargai si penulis dengan memberikan beberapa sudut pandang, baik berupa masukan, kritik atau sekedar sharing tentang bahasan yang sama.

    Kalo blog kita mau ramai komentar, ya kita juga harus rajin mengunjungi blog lainnya atau blogwalking. Sekedar masukan, mba Heni bisa juga bikin list atau daftar blog sahabat untuk memudahkan saling berkomentar.... Thanks for sharing

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya thx ms Hendra.. Buat sarannya akan sy perhatikan yahh... Betul bgt sprtinya komen yg model gt gak niat banget yah.. Cmn maunya di kunjungi Aja tnpa liat dl apa isi tulisan kita.. Tp gitulah orang beda" caranya buat komen hi hi 😁😁

      Hapus