20 Mei 2019

AYOOK MUDIK YUK

20 Mei 2019

 AYOOK MUDIK YUK

Mudik,...denger kata mudik identik dengan hari raya, dan lebih berasa disaat hari raya idul fitri tiba. Saat yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat muslim khususnya di Indonesia.
Mudik itu identik banget dengan kaum muslim yang sehabis melaksanakan ibadah puasa ramadhan yang hendak pulang ke kampung halaman.


Tradisi Mudik




Saat-saat yang paling ditunggu-tunggu dan sangat berkesan banget. Meskipun setiap tahunnya tradisi mudik ini sudah sering banget kita lihat di media tentang heboh dan riwehnya pelaksanaannya , namun justru disitulah letak kekhasan dan yang bikin kita kangen dengan suasana seperti itu.

Masih dalam suasana menjalankan ibadah puasa masyarakat rela banget ngantri untuk beli tiket ataupun karcis. Rela tidur sampai menginap demi mendapatkan karcis kereta api bahkan sudah dari jauh-jauh hari antri untuk beli tiket pesawat.

Seperti yang dilakukan oleh kakakku yang sudah jauh-jauh hari membeli tiket pesawat untuk mudik ke kotaku di Bandar Lampung yang berjumlah empat orang, soalnya kalo enggak bakalan kehabisan atau susah sendiri.

Pokoknya suasana ini hanya terasa disaat pelaksanaan menjelang hari raya, barangkali karena sebagian besar penduduk di Indonesia memeluk agama Islam sehingga nuansa ini begitu terasa, dan aku sangat kangen banget dengan segala pernak-pernik kehebohannya. Ada nuansa yang berbeda. 

Melihat banyaknya masyarakat kecil yang sibuk mempersiapkan barang bawaan atau sekedar oleh-oleh buat kekampung halaman, melihat pemandangan seperti ini rasanya sudah lazim banget di tanah air.

Apalagi mereka mencari nafkah di ibukota, sehingga saat mudik segala kehebohan pasti akan terjadi, bahkan aku pernah melihat ditayangan televisi ada saja pemudik yang menggunakan kendaraan yang sebenarnya tidak layak di pakai untuk mudik seperti memakai bajaj di ibukota.

Bayangkan ukuran bajaj yang imut dijejali dengan beberapa orang, belum lagi kardus bawaan pemudik. Namun karena keadaan dan terpaksa, mereka tetap menggunakan bajaj sebagai kendaraan alternatif menuju kampung halaman.

Belum lagi tradisi mudik menggunakan sepeda motor yang sebetulnya agak kurang aman yah. Bukan apa-apa, kadang satu motor diisi dengan kedua orang tua belum lagi ditambah dengan anak dan balita, juga dijejali dengan tas dan barang bawaan. Pemandangan ini sering banget kita lihat saat arus mudik tiba.
Yah mudah-mudahan saja selamat sampai tujuan.

Sedang buat yang mudik menggunakan kendaraan pribadi sebaiknya ada persiapan yang harus dan kudu wajib di lakukan.
Adapun beberapa persiapan yang pernah aku lakukan saat aku mudik barangkali ada manfaatnya buat temen-temen yang juga hendak mudik ke kampung halaman.

Baca :

* Tetap Segar Dan Cantik Saat Ramadhan
* Bahagia Punya Siapa
Tradisi Unik Saat Ramadhan

Persiapan Yang Harus Dilakukan Menjelang Mudik :

1. * Periksa Keadaan Rumah

Ini penting banget diperhatikan, jadi gak cuma persiapan mudiknya saja tetapi rumah yang kita tinggal mudik selama beberapa waktu juga kudu di perhatikan. Jangan lupa untuk mencabut selang gas atau mematikan lampu-lampu yang tidak perlu, periksa juga stop kontak listrik, perhatikan juga kunci rumah. 

Jika kalian tinggal di perumahan sebaiknya minta tolong dengan penjaga komplek untuk sering-sering memperhatikan keadaan sekeliling perumahan.
Kita gak mau dong saat kita mudik terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan.

2. * Cek Kendaraan

Yups ini penting banget buat yang hendak mudik dengan kendaraan, mulai dari cek mesin kendaraan, cek kekuatan ban, kipas kaca, aki dsb, pokoknya semuanya deh kudu di cek dan ricek di bengkel maupun tempat khusus yang menyediakan servis kendaraan.

gambar cek kendaraan


Soalnya ini penting banget demi kelancaraan perjalanan mudik kalian. Pokoknya ini sih tugasnya para suami dan kaum lelaki yang kudu banget diperhatikan.

Baca :

* Macam Tipe Penabung
* Kebiasaan Yang Sering Dilakukan Saat Ramadhan
* Menikmati Fasilitas Feri Di Selat Sunda

3. * Perlengkapan [ pakaian dan perintilannya ]

Bawalah pakaian yang sebisa mungkin kalian mix and match supaya enggak ribet disaat mudik, bawa pakaian yang kira-kira diperlukan misalnya buat yang cewe seperti baju gamis ataupun hijab dan perintilannya sekitar dua atau tiga potong, selebihnya bisa berupa celana panjang ataupun atasan yang bisa kalian gabung.Juga sepatu dan sandal dan perlengkapan ibadah.

Jangan lupa juga pakaian suami seperti baju koko ataupun perlengkapan lainnya. Kalo mempunyai anak kecil tentu lebih riweh lagi persiapannya, harus lumayan banyak yang dibawa, secara namanya anak-anak yang sedang aktif dan gak bisa diem , sudah tentu suka berkeringat sebaiknya membawa baju atau kaus yang menyerap keringat, soalnya mudik sudah pasti akan terkena macet yang gak bisa kita prediksi berapa lama waktunya.

4. * Obat-obatan

Ini penting banget diperhatikan buat jaga-jaga di perjalanan, sediakan juga obat-obatan dan p3k, soalnya ini pengalaman aku kalau hendak mudik gak mau dong kita ribet atau baru beli obat dijalan , harus di persiapkan sebelumnya supaya kita senantiasa tenang di perjalanan, entah itu obat batuk, flu, obat magh dan sebagainya, apalagi yang mempunyai riwayat sakit tertentu harus di perhatikan banget yah.

5. * Camilan / makanan / minum

Walaupun sedang berpuasa juga diperbolehkan bagi musafir untuk tidak berpuasa, dan kita bisa mengganti puasa kita di lain waktu. Terutama buat anak-anak sediakan mereka makanan camilan yang menyehatkan, jadi jangan asal beli makanan saja.


gambar makanan sehat


Sebaiknya membawa cukup air putih, terutama buat supir atau suami yang membawa kendaraan butuh banget tuh air minum yang cukup, soalnya suka susah kalo sedang macet di jalan.

Apalagi walaupun jalan tol sudah mulus , berhubung masih baru, belum banyak fasilitas yang memadai di area peristirahatan.
Masih belum banyak tersedia minimarket ataupun warung makan dan rumah makan disepanjang jalan tol yang baru, ini pengalaman saya saat libur beberapa waktu yang lewat, saat berlibur ke Jawa Timur.

Meskipun tol lancar jaya namun fasilitasnya belum memadai, sehingga kita harus ekstra persiapan yah biar gak memble dijalan, kan sudah sering banget liat di tv tentang kejadian yang gak enak gara-gara mudik dijalan tol, entah macet yang berjam-jam, bahkan kepanasan.

Semoga saja dengan beberapa cara diatas bisa sedikit membantu buat kalian yang berencana mudik ke kampung halaman, gak mudah memang tetapi setidaknya dengan persiapan fisik dan mental semoga saja kita bisa selamat didalam perjalanan sampai ketujuan dan dapat berkumpul dengan seluruh sanak saudara disaat hari raya tiba.

Gak ada yang lebih berkesan dengan kehadiran dari orang-orang tercinta yang sengaja menyempatkan diri untuk bersilaturahim dengan kita, dan momen setahun sekali yang kita tunggu-tunggu mudah-mudahan memberi semangat buat kita untuk tetap menjalin tali persaudaraan. Amiin..

Demikian sedikit tulisan tentang persiapan yang harus dilakukan menjelang mudik. Semoga saja saat kembali kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan fitrah.



Salam santun

25 komentar:

  1. Aduh jadi gasabar juga ini pengen mudik. Kangen banget, gara gara kuliah di luar kota jadi ikutan merasakan mudik juga, sayang aku mudiknya sendirian :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ternyata mudik juga yaa... Seneng ya kalo bisa mudik.. Kumpul brg kluarga silaturahim... Pokoke hepiii banget deh... Gak apa lah mudik sendiri... Selamat mudik yaakk... Btw blom ada tulisan baru ya di blognya?

      Hapus
    2. Ya dah tar sy kesono yaaak

      Hapus
  2. Seru itu kalau mudik naik sepeda motor yg isinya berlima ditambah lg barang bawaan. Hehehe

    Namun tetap keselamatan yg utama.

    Syukurlah ane mudiknya nggak jauh2 amat, masih dlm kategori AKDP Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru sih pak.. Tp ya kl naik motor berlima trus bawaan jg numpuk... Ya was was jg... Namanya aja gak nyaman kl dh begitu.... Tp disitulah swninya mudik di tanah air.

      Hapus
  3. Oh mbak Heni ternyata dari Bandar Lampung, udh semakin ramai ya di sana, dulu waktu almarhum bapak masih tugas di Lampung ada rumah di Tanjung Karang jadi saya sering kesana,.. Jadi inget hotel Marcopolo (kalau nggak salah namanya) kdg renang di sana,..banyak sekali deh kalau diceritakan pengalaman selama di Lampung,...semoga yg mudik lancar sehingga bisa merayakan Lebaran bersama keluarga ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mas Aris... Rumah saya gak jauh dr hotel Marcopolo looh... Dan sampai sekarang hotelnya msh ada kok biar udah hotel lama juga.... Iya ni tulisan di atas buat yg mo mudik pk kendaraan pribadi... Siapa tau ada gunanya gitu..

      Hapus
  4. kok saya belum baca yah, prihal orang mudik pakai Bajay... :) pasti viral yah cerita itu... ? :)

    Kalau orang MUDIK pakai RAKIT, ada ngak yah Mbak... ?

    Kumpul kumpul ketika lebaran merupakan moment yang sangat membahagiakan, sehingga keluar modal banyak buat pulkam, rasanya ngak kerasa yah,,,hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya sebetulnya ini yg pk bajaj pulkamnya udh cerita lama.. Sy jg tauknya krn liat di tv... Maklum supir bajaj.. Barangkli krn ga ada biaya jd terpaksa deh.... Kl pk rakit ada juga kali yaak yg lebarannya masih di kampung" terpencil wk wk...momentt kumpul" itu yg bikin seru dan ngangenin..

      Hapus
  5. Saya mudik dibawa semua sekalian pindah soalnya hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pindah ke mana mba Ditaa... Pasti seneng bagt donnkk bisa kumpul rame"😊

      Hapus
  6. pingin mudik tapi jauh di jepang nggak bisa pulang ke Indonesia sedih baca postingan mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayook mudik mass... Seneng looh bisa kumpul brg kluarga... Apalg kl dah lama gak ketemu.... Pasti rame dan hebooh... Tauk sendiri negara kita klnlg mo mudik idul fitri ky apa serunya 😁

      Hapus
    2. Duh sy mo koment diblognya mas ribet ya disqas itu... Wk wk sy nya yg oon bin gaptek 😁😂

      Hapus
  7. Kalau saya g mudik lah wong dekeet,,, mantap mba artikel nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makasih mas Hudori... Wah ga mudik tooh.. Gak macet doonk kl gt... Ni mas Doel kemplo itu bukan yak?

      Hapus
  8. Sangat informatif sekaligus enak dinikmati. Terus berkarya saya pasti akan selalu menantikan tulisan yang lainnya.

    Salam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Trims mas Adi.. Sudah mau mampir dan ksh komennya... Mudah"an bs ksh tulisan yg lbh baik lg kedepannya 😊🙏

      Hapus
  9. Saya mau ke jogja. Paling saya menyiapkan duit yang cukup sajalah. Yang lainnya bisa dibeli nanti diperjalanan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah mudik juga ni ya mass... Brg kluarga ato sendiri... Kl swndiri mh enak gak terlalu ribet...smg swlamat smpi tujuan dan berkumpul di hari raya...

      Hapus
  10. Tips mudik yg banyak orang lupa karena pikirannya sudah terpecah harus ini harus itu. Cateet...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai iyaa ni mas.. Sapa tau tips nya ada manfaatnyaa.. Soalnya pengalaman mudik sih... Thx dh mampir. 😀🙏

      Hapus