9 Mei 2019

BAHAGIA PUNYA SIAPA

9 Mei 2019

BAHAGIA PUNYA SIAPA

Yah seperti kalimat diatas, bahagia punya siapa ? Maksudnya bahagia yang kita ciptakan dan rasakan sendiri. Gak muluk-muluk, bahagia itu sederhana aja, gak juga mesti bergelimang dengan kemewahan, walaupun sebagai mahluk hidup kita juga butuh harta benda.

bahagia

Gak juga jadi jaminan kalau hidup bergelimang dengan kemewahan sudah pasti seratus persen hidup kita akan selalu hepii terus bawaannya. Memang gak bisa dipungkiri kalau salah satu sumber kebahagiaan itu jika kita punya sedikit harta benda.

Eits, dari tadi kok ngomongnya bulak-balik harta benda melulu yah ? Bukan, maksud saya, jika dilihat dari sudut pandang saya jika orang yang kekurangan saja masih bisa bersyukur dengan segala keterbatasan fisik dan harta, apalagi saya yang masih diberi sehat dan harta yang cukup menurut saya, meskipun tidak berlebihan.

Ada yang merasa dengan harta yang biasa-biasa saja, namun mereka merasa sudah cukup bahagia, ada yang selalu merasa kekurangan padahal harta mereka berlimpah ruah dan tidak habis tujuh turunan barangkali, namun selalu merasa gak bahagia, jadi gak melulu kebahagiaan itu bisa diukur dengan harta benda.

Baca : 


Jadi kebahagiaan itu kita sendiri yang cari, kita sendiri yang buat, meskipun sederhana. Katanya membahagiakan orang lain itu bisa bikin hepi diri kita pribadi, apa iya ? Memang ada betulnya juga sih, kadang kita berkorban demi kebahagian orang lain.

Tapi Kayaknya buat aku gak begitu setuju yah dengan kalimat diatas. Apa iya kita harus rela berkorban buat ngebahagiaan orang lain, sementara hati kita sendiri aja gak bahagia. udah kayak lagunya Armada aja, asal kau bahagia, sementara hati sendiri hancur, oh no no, gak mau kalo saya kayak gitu.

Yang ideal itu ya bahagia semua, gak cuman satu pihak aja, gak selalu kita bisa ngebahagiain orang lain, meskipun itu orang terkasih, kita gak selalu bisa jadi matahari yang bisa menerangi disiang hari atau kita gak selalu bisa menjadi cahaya lilin disaat mati lampu, ada saatnya lilin juga akan meleleh .

Jadi hal-hal seperti apa yang bisa membuat kita bisa bahagia, yah tergantung kitanya sendiri, bahagia itu kita yang jemput, kita yang cari.
Maafkan jika bahagianya versi saya gak seide dengan yang lain. Dan aku gak mau seperti lilin yang asal bisa menerangi sampai meleleh agar bisa terlihat bermanfaat buat orang lain.

Baca :


Pernah gak sih kita kepikiran untuk sekedar ngebahagiain diri sendiri ? Gak usah muluk-muluk deh harus  begini begitu. Sudah waktunya kita merasa hepi dengan diri kita sendiri setelah berkutat dengan berbagai rutinitas yang bikin kita bosen dan lelah. Gak ada salahnya kan buat dicoba.

Beberapa hal dibawah ini mungkin bisa sedikit membahagiakan diri kita versinya saya:

1 * Traveling

Gak usah deh keliling dunia kalau dana kita aja gak mencukupi, cukup keliling ke daerah sekitar aja, atau tempat lain yang gak terlalu jauh dan memakan budget yang besar. Seperti pantai atau pegunungan.


Pantai

Suasana yang masih alami dan indah yakin deh bakalan bikin kita terbawa suasana hepii. Lupain sejenak tugas rutin sehari-hari. Sudah waktunya ngecharge hidup kita dengan sekali-kali agak sedikit bebas berpetualang.


pegunungan

Bertemu dengan beberapa orang baru diperjalanan bahkan sesama teman akan membawa suasana beda, apalagi kalo kamu tipe backpacker, udah pasti gak terlalu ribet dengan akomodasi dan perintilannya yang serba heboh.

Baca ;


Tapi kalo kamu tipe yang  senang dengan kesunyian ato privacy ya gak ada salahnya kamu pesan penginapan yang sesuai dengan isi kantong kamu. Gak salah kok sekali-sekali keluar dana lebih asal kan kamu bahagia, looh iyakan ? memang bahagia itu kita yang ciptakan kok.
Semoga saja dengan beberapa hari berlibur, saat kembali mood kamu berubah jadi hepii dan gak suntuk lagi.

2 * Belanja

Sesekali gak ada salahnya belanja-belanja , meskipun gak ngeborong, minimal ada discount yang bisa kamu manfaatin. Coba lihat di lemari bajumu, adakah yang sudah gak bisa kamu pakai lagi atau sudah ketinggalan gaya ?

Memilah-milah pakaian bekas dan me mix and match nya dengan pakaian baru barangkali bisa jadi solusi kamu dalam penampilan.
Bagi sebagian orang belanja adalah kegiatan yang menyenangkan selama masih dalam batas yang wajar, gak melulu belanja barang mewah, sederhana dan ceria bisa jadi mewakili pribadimu.

Terserah kamu mau belanja apa aja asalkan gak menghabiskan danamu, yang penting tetap smart dalam pengeluaran yah .


3 * Makan/kuliner


kuliner

Ups, kalo ini sih jangan ditanya lagi yah, makan-makan merupakan hal yang bikin kita hepii, perut kenyang hatipun senang. Asalkan nggak berlebihan dan jatuhnya mubajir. Bisa kok kamu juga berbagi bahagiamu dengan membelikan makanan kesukaanmu buat kamu berikan dengan orang-orang yang membutuhkan, walau cuma sekedar nasi bungkus, itu sudah bikin kamu hepii.

Apalagi disaat ramadhan ini, kamu bisa membagi-bagi takjil gratis dengan orang-orang disekitarmu, selain kamu jadi bahagia, kamu juga bisa dapat pahala looh. Jadi dobelkan bahagianya.

4 * Berbagi

Meskipun harta kita enggak berlimpah, dengan saling berbagi sudah menunjukkan kalau kamu sebetulnya peduli dengan keadaan orang-orang disekeliling kamu. Kamu bisa ikut merasakan kesusahan mereka.

Kalau bukan hati kamu yang tergerak buat ngebantu, siapa lagi ? Niatkan dari hati bukan karena pamrih atau biar dinilai orang lain. lebih baik memberi dari pada menerima, lebih baik dari pada selalu menengadahkan tangan keatas.
Toh dengan memberi, harta kita gak akan berkurang, justru bertambah dan akan berlipat ganda pahalanya.

Hal-hal kecil demikian yang akan membuat kita merasa bahagia, semoga saja apa yang sudah kita beri bisa bermanfaat buat mereka, meskipun hanya secuil kuku yang bisa kamu beri, setidaknya itu menggugah hati kamu untuk tetap peduli dengan orang lain.

5* Nonton / kesalon / perawatan wajah

Ah berhubung sudah kebanyakan yang aku tulis, ni sesi terakhir aku jadiin satu aja yaks, belom tentu juga dibaca semuanya hi hi.

Nonton adalah salah satu hobi aku, aku pernah dalam seminggu dua x nonton film yang sama, bahkan dalam sebulan terakhir aku pernah sampai nonton empat kali film, dua kali film Dillan, My Stupid Bos 2 dan kapten Marvel.
Duh jangan ditiru yak, syukurnya ada juga yang dibayarin hi hi, jadi lumayanlah dari pada lu manyun.

Facial alias perawatan kayaknya perlu buat perempuan saat ini, yah biarpun bukan perawatan yang mahal banget, setidaknya dengan perawatan bikin kita tambah seger dan syantik kaya inces. Biarpun beda level hi hi.

Dan terakhir kesalon, yah sekedar buat perawatan rambut sekali-kali di massage di salon gak apa kali, atau potong rambut kamu yang udah mulai bercabang gak terawat. buat penampilan rambut kamu biar lebih fresh dan gaya. 

Kalo yang berhijab barangkali perlu juga perawatan rambut khusus di salon muslimah yah, soalnya sehari-hari kita sering banget menggunakan hijab dan berkeringat, atau rambut menjadi cepat kotor dan rontok.
Dengan perawatan yang sesuai mudah-mudahan gak ada lagi tuh rambut kusam.

Yups itu tadi beberapa hal yang mungkin bisa sedikit ngebahagiain diri sendiri. Baru deh kita bisa ngebahagiain orang lain.
Gimana dengan bahagianya versi kamu, walaupun bahagianya kita berbeda justru perbedaan itu yang membuatnya menjadi indah.


Salam Santun




34 komentar:

  1. keinget pas lagi butek pikiran ngajak suami nonton avenger : endgame wih plng jam 1 an malem itu luar biasa mana jalannya gelap bener dan sepi lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi bahagia khan? Ya iyalah biar pikiran lg butek pas ntn brg suami biarpun pulangnya malem tp ttp aman dan nyaman yak 😁😁 so sweet

      Hapus
  2. Bisa berkumpul dan bercanda ria dgn istri dan anak, sdh sangat cukup bagi sy. Bahagia tiada tara Mbak. Ulasannya mantap Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah pak jika bisa berkumpul dengan anak dan istri saja sudah bisa bikin kita hepi.. Memang bahagia itu kita yang buat yaah. Thx pak sdh berkunjung 😊🙏

      Hapus
  3. Mantap lah ya tentang bahagia.kalau aku sih teman kita sangat bahagia karena pihak lain ada di antara kita.dulu kan nabi Adam sendiri ga bahagia, Allah kasih Hawa, gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi yg bisa bikin bahagia itu karena swlalu dikelilungi oleh teman" dan orang tercinta yaaa.. So sweet 😊😊

      Hapus
  4. Keren sih jadi lilin yang selalu menerangi gelap, tanpa redup, karna aku bahagia membuat orang bahagia, jadi unlimited gitu wkwk palingan redup itu karna aspek lain kan, karna gapunya duit misalnya :(
    Kalo soal mencari kebahagiaan, samaan kita bu aku suka traveling walau cuma keliling kota pake motor mio aja udah semringah, kalo punya waktu ke pantai lebih seneng lagi. Dan tentunya nonton heheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya keren seperti lilin ya yg bisa nerangin.. Sayangnya lilin itu cepet meleleh.. Makanya saya gak mau seperti lilin... Iya saya jg suka traveling biarpun deket" aja.. Makan dan so pasti nonton wk wk sma hobi kita yak 😁😁

      Hapus
  5. Bener bener banget mbk,
    Hal hal yang disebutkan diatas untuk bahagiain diri sendiri itu persis seperti yang kulakukan ketika suntuk. Lucunya ya, meski belanja itu bikin capek kaki dan uangnya habis, tapi tetep saja bisa bikin happy dan mood baik kembali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mba Arlina salam kenal yahh 😀 iyaa mudah" an cara diatas lumayan bisa bikin kita hepii yah.. Ya biar pun ga semua bisa kita lakukan sekaligus.. Minimal salah satu bisa balikin mood kita ya..

      Hapus
  6. Kebahagiaan fersi ku, nonton mbak, biasanya klo puasa gini seneng nonton yg bertema masak" sambil membayangkan n untuk referensi waktu berbuka puasa☺

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ninton acara masak" di tv sy jg suka.. Apalg ada acara master chef itu yaa... Sy juga suka masak dan makan looh 😁😁 tp gak bisa gendut

      Hapus
    2. Nggak gendut mungkin pitaminnya kurang kwkekke :)

      Hapus
    3. Wk wk betul jg kali yakk.. Apa kantung perut sayanya yg kekecilan jd berasa full terus kl diisi 😁😁

      Hapus
  7. bahagiaku saat kucing tidak menyebalkan lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wk wk wk.. Kok kucing atuuh... So mudah"an kucing na nurut yah gak nyebelin lagi ama tuannya 😁😂

      Hapus
  8. Yup lagi belajar untuk gak banyak alesan untuk bahagia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba Donaa.. Thx yh dah mampir di mari 😀🙏

      Hapus
  9. Kalo aku juga suka jalan-jalan, nonton, tapi lebih suka lagi nulis diem di kamar seharian 😁😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kok sama mba...sy juga suka nulis seharian dlm kamar gak keluar" hi hi.. Inget" kl ternyata sy jg punya keluarga yg kudu diperhatiin juga 😁😁

      Hapus
  10. setujuuuu. bahagia itu asalnya dari kita sendiri kok. banyak hal2 sepele yg sbnrnya bisa jd sumber kebahagiaan. kalo aku jg lbh memilih utk ngebahagiain diriku sendiri sebelum aku bahagiain org lain. ya kaliiii lg sedih, stress, trus disuruh utk bahagiain org lain :p. ga bakal berhasil.

    sumber bahagiaku banyak, mulai dr yg receh sampe yg sedikit pricey. baca novel ith aja udh bikin happy. mau yg mahalan, ya traveling :D. dijamin setelah ngelakuin, bakal fresh dan siap utk bahagiain org lain ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya aku jg gt bahagiain dulu diriku walau cm dikit baru bisa org lain... Hi hi gak salah kan? Yah sebetulnya ngelakuin hal" sederhana aja udh bisa bikin hepi.. Tp kl bisa jalan" nonton dll why not.. Selama ada dana yh lakuin lah ga ada salahnya sekali" keluar biar jd fresh.. Thx mba Fanny 😀🙏

      Hapus
  11. Bahagiaku mungkin sederhana mbak. Beli ini cukup, peegi kesana sini cukup 😄

    Yang penting cukup ☺😄😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yah itu mah sama ajaa mas 😁😂 saya juga mau kalo beli ini itu cukup dan pergi kesana kemari cukup.... Gak kurang itu mah 😆😆

      Hapus
  12. Pernah baca tulisan tentang 10 cara membahagiakan diri sendiri ala tung desem waringin, dan 5 poin diatas masuk ke salah satunya.
    Nice info kak,
    ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mba Aorlin... Oh ya tah.. Sy malahan blom pernah tuh baca tulisan nya Tung Desem..cm prnh tau ajah... Syukur kl tulisan sy ada yg nyangkut jg.. Smg ada manfaatnya. 😀🙏

      Hapus
  13. esensi kebahagian memang ga bergsntung sama harta, banyak hal yang membuat kita bahagia. membantu orang saja sudah bikin bahagia.

    kalau saya, saat ini bahagia ketika berkumpul dengan teman dan keluarga mbak, hati saha sudah sangat bahagia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mas Sabda.. Iya mmg btl bahagia itu gak melulu di ukur dng banyaknya hrta walaupun sbg manusia normal kt jg bth harta bnda... Bahagia org mmg kadar nya berbeda" ya.. Ada yg bs kumpul brg tmn dn kluarga udh bs bikin hepi apalg bisa memberi... Yah bbr hal diatas sekwdar ngilangin kejenuhan aja sih.. Gak melulu jg musti diturutin semuanya... Salah satunya aja dh bersyukur.

      Hapus
  14. Bahagia ituuuu...
    Kalau saya bisa punya waktu banyak tanpa di nduselin si bayi, lalu saya bisa menulis postingan di blog yang sudah di jadwalin bakal tayang selama seminggu ke depan.

    Wiihh bakalan sumringah mulu tuh saya hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ha ha iyaba Rey.. Bahagia itu emag beda"versinya yak... Ada yg cmn bs manfaatin waktu aja dah bahagianya minta ampoon.. Apalg kl ada yg ngasih rezeki... Susah ditolak... Hi hi bahagia sekaleee sayaa 😁

      Hapus
  15. saya juga termasuk yang kalau butek mending pergi pijit. hahahaha.
    meredakan ketegangan terus tau-taunya sudah selesai karena ketiduran saking enaknya tuh pijitan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba betul baget yaakk. Pas dipijit ketiduran saking uenaknya. Abis itu badan seger lagi... Hati jadi hepiii... 😁

      Hapus
  16. Nomer "4 * Berbagi" ...paling mantul….mantap betul

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thx mas Tanza... Iya emg betul no 4 tuh kyknya afdol bgt... Apalg di bln ini... Mksh jg udh berbagi 😀🙏

      Hapus