25 Mei 2019

CARA NGABISIN THR TANPA RASA BERSALAH

25 mei 2019
Cara Ngabisin Thr Tanpa Rasa Bersalah


Hai sobat, gimana udah dapet thr blom nih, kayaknya ada yang udah ada yang belom yah, sungguh bahagia banget buat yang udah terima transferan, senyum sumringah terlihat diwajahnya wk wk, sedang buat yang belum terima harap bersabar, sesungguhnya orang yang sabar disayang mamah.

gambar cara habiskan thr tanpa rasa bersalah

Kalo aku sih thr [ tunjangan hari rabu ] aja deh, secara namanya ibu rumah tangga ya cuman nunggu apa kata suami, dapet hayook, gak dapet ya nyengir, ngarep.com. 
Maklum eike kan bukan blogger yang berpenghasilan wk wk alias cuman sekedar nulis dan curhat ajaa, kaciaaan.

Emang sih yang namanya dapet duit thr itu hepiiinya gak ketulungan, secara dapet dokunya dobel tergantung dimana kerjanya juga sih, biasanya paling telat seminggu sebelum hari h udah masuk transferan. Hati dag dig dug riang gembira, tralala -trilili, hari yang ditunggu-tunggupun tiba, kayak mo nunggu pujaan hati aja hi hi.

Tapi begitu dapet duit thr kadang suka bingung nih gimana cara supaya ngabisin ato ngegunain duit thr tanpa rasa bersalah alias gak mubazir gitu aja.
Biasanya kan suka kalap begitu dapet duit, maunya langsung aja keliling mall, cuci mata liat diskon dan belanja ini itu.

Ujung-ujungnya tu duit habis dalam hitungan jam, udahnya nyesek di dada liat duit didompet kosong melompong, biarpun masih ada tinggal yang warna ijo ato yang ungu, alias sepuluh rebeet, ngenes yak.
Ntar balik kerumah yang ada lemes karena duit gak cukup ampe bulan depan.Tapi aku yakin sih gak segitunya kali...

Btw, barangkali beberapa hal dibawah ini bisa jadi renungan eeh kok renungan, barangkali bisa jadi acuan buat yang ngegunain duit thr dengan cara yang bijak.

Baca loh :

Tips Membersihkan Kuningan
* Tips Memberi Bingkisan / kado
* Tips Agar Buah Hati Sehat dan Bugar
* Barang Disekitar Yang Membantu Saat kepepet

Cara menggunakan thr tanpa rasa bersalah :

1.* Siapin Buat Bayar Zakat

Pasti dong, kalo yang ini mah udah merupakan kewajiban yang gak bisa diganggu gugat, pokoke kudu dua setengah persen yah jangan lupa.
Supaya hati dan fikiran tenang karena apa yang menjadi haknya fakir miskin dan orang-orang yang berhak menerima zakat fitrah sudah kita bayar.

Kalo gak mau ribet kita serahkan ke petugas amil zakat aja di masjid atau badan yang mengelola tentang pembayaran zakat fitrah supaya kita gak  bingung bin puyeng.
Jangan sampe telat bayarnya yah, yang ada udah heboh belanja kesana kemari giliran bayar zakat waktunya mepet-mepet nunggu bedug takbiran..iiih gak banget kan ? Gak mau dong kita dibilang orang yang gak mampu bersyukur.

2. * Shadaqoh

Sekecil apapun yang kita beri pasti akan ada pahala yang setimpal, jadi jangan takut untuk memberi shadaqoh. Apalagi memberikan kepada orang-orang yang benar-benar gak mampu, seperti anak yatim piatu, pahalanya gede banget tuh.
Apalagi di bulan baik ini, gak rugi rasanya ngumpulin amalan supaya pahalanya makin bertambah, dikencengin aja amalannya.

3. * Sisipin / Sisain Buat Disimpan

Perlu banget ni, jadi begitu terima duit thr sudah tau hal-hal prinsip yang musti kamu dahuluin. Sisipin kek ato simpen kek secukupnya kira-kira yang bisa kamu sisihkan. Jadi gak ada rasa nyesel begitu kamu ngegunain duit thr. Kayaknya sih mas Sabda Awal lebih ngerti deh urusan memanajemen ato ngatur keuangan.

Itu bisa jadi tabungan ataupun dikumpulkan buat buka usaha kecil-kecilan atau apapun itu, terserah kamu deh, intinya duit kamu gak habis begitu aja dengan sia-sia, soalnya kalo gak sakit nya tuh disini [ nepuk jidat ] karena doku keburu habis alias raib.

4. * Belanja keperluan lebaran

Nah setelah kamu berhasil atau selesai membagi kedalam beberapa point diatas, baru deh bisa bernafas lega buat ngegunain duit thr kamu tanpa rasa bersalah atau menyesal, secara semua kewajiban diatas udah kamu lakuin.
So let's go to shopping, soalnya ini yang ditunggu-tunggu sedari tadi.

Sudah pasti yang namanya belanja itu hal yang bikin fikiran kita sedikit rileks, betul apa betul..Gak laki ato perempuan dah pasti kalo belanja tu suka ribet. Apalagi menjelang hari raya gini, sudah pasti heboh kepinginnya tuh berburu diskon beli satu dapet sepuluh wk wk wk.

Ngeliat ibu-ibu di mall tu seharian ngiderin mall gak ada capeknya. Kalo aku sih sebetulnya suka juga, normal dong, tapi kalo seharian ya gak juga lahh. Secara betis eke gak kuat mau keliling, udah itu ngantri dikasir berjam-jam demi ngedapetin baju kesayangan, duh gak deh gak kuat akutu kalo begitu.

Emang suka juga belanja tapi gak maniak juga kali, tetep ada kontrolnya deh biar gak kebablasan, sebisa mungkin belanja yang cerdas deh.
Ato kalo gak, bisa aja belanja online biar gak ribet ngantri dan cape, cuma resiko ditanggung sendiri kalau barang gak sesuai dengan yang kita harapkan.

Belanja disini gak sebatas baju baru aja, tapi udah termasuk perintilannya seperti kue-kue lebaran, hidangan hari raya dan sebagainya, jadi duit gak melulu habis buat mempercantik tubuh aja, tapi juga mempercantik meja makan dan perut. Sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui.

5. * Sisipkan Buat Mudik

Nah ini juga gak kalah pentingnya untuk persiapan mudik, kira-kira dananya udah ada blom, kalo bisa sih sebetulnya dana buat mudik itu udah ditabung dari jauh-jauh hari, jadi enggak tergantung hanya dengan duit thr aja.

Soalnya ongkos buat mudik itu lumayan looh. Tiket pesawat dan karcis kereta api cukup lumayan loh jika sudah punya keluarga, belum lagi jika menggunakan kendaraan pribadi, untuk bayar jalan tol, naik kapal laut dan sebagainya.
Jadi sebaiknya sih yang berencana mudik sebaiknya memang sudah jauh-jauh hari mengalokasikan dananya, sehingga duit thr hanya sebagai cadangan saja.

6. * Sisipkan Buat angpau alias amplop

Nah kalau ini sih sepertinya sudah menjadi tradisi di negara kita, bila setiap hari raya tiba tuh pastinya ada bagi-bagi angpau alias bagi-bagi duit receh buat anak-anak dan sanak saudara.

Gak bisa enggak anak-anak biasanya udah nyiapin tas gembolan berisi duit dari keliling-keliling, hi hi saya keinget jaman masih bocah, kok sampe sekarang kebiasaan ini jadi turun-temurun yah.

Tapi gak apalah setahun sekali ini, lagian rasanya bahagia banget kalo ngeliat bocah-bocah apalagi anak tetangga yang dari pagi udah start keliling rumah sengaja bawa gembolan yang berisi duit thr. Yah biarpun jumlahnya gak seberapa, tetapi keiklasan melihat krucil-krucil tertawa rasanya seneng banget.

Jauh-jauh hari emang udah nukerin duit pecahan baru buat persiapan bagi-bagi amplop. Tu bocah-bocah kalo keliling kan lumayan tuh dikumpulin bisa buat beli apa gituh. Termasuk anakku yang udah abg juga tetep masih kebagian duit thr dari bude dan pakdenya, geli deh kalo ngeliat keponakan yang masih imut-imut nyengir begitu dapet duit angpau.

Belom lagi balita-balita yang juga sibuk nadahin tangan, gak tau ngerti ato enggak pokoke ikut-ikutan aja,,,seettt dibisikin ama mamahnya tuhhh...

The last, itu tadi beberapa cara ngabisin thr tanpa rasa bersalah, gak salah kok belanja-belanja buat keperluan hari raya, wong cuman setahun sekali ini aja kok, asalkan dipergunakan secara bijak dan sudah dipisahkan mana yang wajib di salurkan kepada yang berhak menerimanya.

Jika beberapa hal diatas belumlah sempurna mohon dimaafkan yah, maklum ini sekedar sedikit pengalaman yang pernah saya lakukan, lebih dan kurangnya mohon dimaafkan. Barangkali ada diantara teman-teman yang punya pendapat lain bisa dibagikan tipsnya dibawah ini, hatur nuhun.

Selamat menikmati belanja-belanja, btw kalo saya pribadi sih termasuk jarang loh beli baju baru , apalagi buat hari raya, yang penting anake hepii aja si mamak ini udah seneng. Lebih utama sih silaturahimnya itu looh. 


Salam santun







44 komentar:

  1. Kalau yg ini, saya jagonya Mbak. Dipastikan semalam ludes. Hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi hi si bapak mah ada ada aja. Gak segitunya kali pak 😁😂

      Hapus
  2. wkwk,,, saya masih nunggu THR ini belum cair2 jadi blum tau gimana cara ngabisinya nanti

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wk wk ak.. Mudah"an thr nya ga telat yakk.. Hi hi jd bisa dipake buat jajan... Ups. 😁

      Hapus
    2. wkwkwwk.,, mau saya pake buat beli sepatu baru mbak :D

      Hapus
    3. Mo keliling ya pamer sepatu baruu hi hi 😂😁

      Hapus
  3. wah selalu inget kalau dapat THR bagi2 kegembiraan buat ponakan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba Tira.. Yg bikin hepii tu pas saat liat wajah ponakan jd ceria pas dapet thr 😁

      Hapus
  4. Pengen sih dapet thr tapi belum kerja :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kaciaann sabar yaaa.. Kan orang sabar disayang mamah 😁😂 nti jg ada masanya kok kl dh kerja pasti dpt thr... Nah apalagi mo punya usaha skincare pasti nantinya kamu yg bosnya malahan ngasih anak buah thr... Amiin

      Hapus
  5. Kunbal mba,, the saya sedikit mba, sedih jadinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga apa thr sedikit juga.. Mudah"an bawa berkah amiiin yra. Thx yahh 😀🙏

      Hapus
  6. poin 1 dan 2 yang sangat paling bermanfaat sih menurutku hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah betul bgt mas.. Yg penting byr zakat a sadaqohmya yg didahuluin.. Biar tenang kitanya.. Thx yah 😀🙏

      Hapus
  7. Tehaerku masih belum kelihatan hilalnya jadi belum kepikiran mau dipakai apa. Ehh palingan borong baju lebaran wkwkwk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walah hilalnya blom kliatan... Ky mi nunggu puasa aja mbake wk wk.. Sama nih thr masih ga jelas dimanakah keberadannya 😁😂

      Hapus
  8. naaaah, dulu banget aku suka sembarangan tuh ngabisin thr :p. tp sejak udh nikah, mau ga mau hrs pinter nyusun budgetnya ;). tp memang krn bank tempat aku kerja ,ngasih 2 jenis thr, natal dan lebaran, khusus thr lebaran aku ga gunain utk saving. semuanya utk keperluan lebaran mulai dr mudik, angpao, zakat dll. tp kalo thr natal, baru deeh,aku pake utk tabungn setengahnya ;). karena kan ga rayain natal juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya yam mba biasanya thr dpt dobel pas pwrayaan hr raya besar yaa.. Lumayan tuh jumlahnya.. Bisa dipake buat macem" saat hari raya.. Ato kt mba Fanny thr yg pas natal bisa disimpen sebagian... Jadi biarpun kepake rasanya udah tenang ya soalnya msh ada sisa.. Hi hi

      Hapus
  9. Karena saya orang yang jujur maka saya akan mengaku kalau saya ini pelit :v jadi no. 6 gak pernah aku lakuin :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wk wk.. Mosook siih... Kan setahun ae x ini

      Lagian juga jmlhnya gak musti gede.. Pecahan kertas yg kecil aja bocah" dah pasti nyengir looh... Tp yah memang gak jg boleh maksa yaa
      .itu terserah masing"..mo ngasih ato nggak yg penting kebersamaannya yaak 😀

      Hapus
  10. makasih jadi tahu gimana gunakan THR

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah syukur deh kl ada gunanya jg tulisan saya.. Btw mas maaf bgt sy sudah sering mpir dan baca blognya tp mo ksh komen susah bgt kl disqas.. Maafkeun yaah 😐🙏🙏

      Hapus
  11. Indahnya berbagi THR ya bu..🤗🤗

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iih bu Mindha.. Iya betul bingits.. Apalg thr nya yg ngasih dari ibu wk wk wk 😁😂

      Hapus
  12. wow...asik juga ya caranya….

    BalasHapus
  13. Lama ga blogwalking ke sini, blog mbak Heni makin cantik dan calm, bikin betah =)

    Kalau saya dapat tehaer paling juga cukup hanya buat kebutuhan lebaran mbak, itu juga harus dicukup-cukupin, tapi ya Alhamdulillah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sa atuh mbaa.. Sy jg tehaernya mepet jd dicukup"in aja hi hi.. Yg penting berkahnya ajalah... Iya ni twmplatenya ganti tp ttp bawaan blogger ajaa... Udh ky warna kue talam ya ijoo 😁😂

      Hapus
  14. THR juga numpang lewat mba yang penting semua kebagian wkwkwk dan utamanya jangan sampe malah ngutang saking royalnya bagi2 :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa... Tul bgt mba... Cmn bisa liat betar dah tu ngilang wk wk. Jgn sampe lah kl ngutang mah.. Kebangetan itu mah.. 😁

      Hapus
  15. tanpa rasa bersalah banget ya hehe sedekah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyahh itu mah betul bangettt.. Thx dah mampir dimariii 😀🙏

      Hapus
  16. hik .. hik Na piye mbak heni, ane malah belum dapat THR au au sakitnya tu di sini, semoga di ahir - ahir ramadhan ada kejutan dari ALLAH =D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sabar mas Arif.. Wong sabar disayang mamah 😁 mudah"an ada thr yahh jd gak sakitnya tu dikantong wk wk.

      Dah aku follow yaa biar nambah 😁

      Hapus
    2. haha hia mbak suwon, baru tak munculno widget follower, biar tambah rame pengunjung, kyak blognya mbak heni kwkekkwke

      Hapus
    3. Ho oh podo" mass biar akeeh pengunjunge 😂😂

      Hapus
  17. saya udah gampang capek muterin mall buat beli baju. makanya cepet saya kalau beli baju. Nah itu dia buat zakat masih muter pala ini. Karena suami gak ada penghasilan sama sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba Dita sy paling malez keliling mall udh itu ngantrinya gak kuat... Udh keburu numpuk pembeli... Insyaallah ada aja rezeki mbaa buat bayar zakat fitrah amiin yra.

      Hapus
  18. Wah, kalau saya gak pernah merasa bersalah sama uang THR, lha wong langsung dikasih ke istri, kekeke.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wk wk bagus atuh itu mah. Langsung diserahkan pada ajudannya 😁😁

      Hapus
  19. Gak perlu merasa bersalah ngabisin uang THR, kan sodaqoh dulu yang diutamakan. Sodaqoh ke keluarga, orang terdekat, baru setelah itu belanja kebutuhan buat lebaran.

    BalasHapus