CERITA SERU DIBALIK SHOLAT TARAWEH - HENIAJAA.COM

CERITA SERU DIBALIK SHOLAT TARAWEH

22 Mei 2019

CERITA SERU DIBALIK SHOLAT TARAWEH

Hai temens biasanya banyak cerita lucu dan sedikit nyebelin dibalik pelaksanaan sholat taraweh. Sholat yang biasanya identik dilakukan pada saat bulan ramadhan ini di laksanakan setelah solat isya. Dan biasanya diakhiri dengan sholat witir.
gambar cerita seru dibalik sholat taraweh
Pada awal puasa biasanya masjid sangat ramai dengan pengunjung untuk dapat melaksanakan solat taraweh bersama.
Namun setelah berlangsung  pertengahan bulan biasanya  semakin berkurang  dan menjelang akhir romadhon semakin mengerucut saja.
Fenomena ini lazim terjadi setiap tahunnya. Entah karena kesibukan lain ataupun halangan yang biasa terjadi pada kaum hawa.

Aku yang biasanya sholat taraweh bareng tetanggaku sudah hafal banget dengan cerita lucu dan sedikit nyebelin pada saat pelaksanaan sholat taraweh. Duh bukannya mo ngegosip dibulan puasa yak, ni cuman keluh kesah mak-mak yang rada rempong.

Baca yuk :


Beberapa kejadian yang sering banget terjadi saat pelaksanaan sholat taraweh di tempatku :

* Banyak Bocah Berkeliaran

Yak yak, yah begitulah cerita sebenarnya, kebanyakan ibu -ibu tuh membawa anak dan balita ikut juga saat sholat taraweh. Barangkali karena dirumah gak ada yang jagain alias pada sholat taraweh semua, jadi bocah-bocah imut ini ikut diajak juga.

Lucu sih liat mereka masih imut dan pake baju koko dan peci, juga yang cewek dipakein hijab. Tapi tingkah polah mereka yang lucu berubah jadi sedikit nyebelin karena ada saja yang terjadi saat pak ustad sedang kasih ceramah, mereka tuh lari sana lari sini dan saat jatuh tu pada nangis kenceng.
Hadeeh apa yang diomongin pak ustad kadang jadi kalah ama suara tangisan mereka  hi hi. Melengking ampe 7 oktav...

Belom lagi ni bocah-bocah yang jumpalitan gak karuan di sajadah mamaknya, udah itu giliran kita mo sujud mereka sibuk wira-wiri nutupin sajadah kita, ujung-ujungnya mo cium sajadah jadi susah deh, hadeeh.

* Bunyi Petasan Saat Sedang Sholat

Ni lagi, apa emang gak dikasih tauk kali ama ortunya, ni bocah ngapa yak girang banget bunyiin petasan saat yang lain pada sibuk sholat.
Aku tuh sempet sedikit kaget, syukur aku gak latah, kalo gak berabe dunk.

Masak lagi khusuk sholat keluar latahnya eeh copot-copot, gak keren dong.
Ini yang kadang bikin sholat jadi agak sedikit terganggu denger suara petasan yang membahana.
Bukannya berenti ni bocah-bocah malahan tambah girang mainin petasan.

* Bacaan Surat Yang Panjang

Duh maafkan saya ya pak ustad, udah sholatnya kurang khusuk karena denger suara petasan ditambah bacaan surat yang panjang-panjang jadi makin hilang konsentrasinya, ampuni hamba ya Robb.

Apa cuman aku aja yang ngerasa seperti itu ? Mudah-mudahan sih enggak salah aku ya..kadang tuh pada saat sujud juga lamaaa banget ampe ni jidat rasanya nempel banget disajadah masjid. 

Kebetulan aja kali pas lagi bacaannya yang lama, belum lagi micknya yang rada gak kedengeran, jadi pada saat sujud suka ga denger , ni pak ustad udah selesai sujudnya apa belom yak, jadi suka setunggu-tungguan ama yang lain alias ngintip dikit kesebelah duuuh, jadinya gak khusuk sholatnya kan ?

Baca yuk:


* Gak Sholat Witir

Kebanyakan sih yang laki-laki ni , sehabis sholat taraweh pada ngacir alias kabur. Gak tau kenapa, padahal gak juga lama sih. Wong sholat taraweh ditempatku cuman delapan rakaat ditambah witir tiga rakaat , jadi semuanya hanya sebelas rakaat.

Gak tau karena ngantuk ato karena satu dan lain hal. Yang tadinya jamaahnya lumayan rame jadi sedikit berkurang. Tapi yah sudahlah kita toh gak bisa memaksa seseorang untuk tetap ada ditempat.

* Sandal Yang Raib alias Hilang

Hi hi suka geli aku kalo inget ini, pernah tuh ada kejadian kehilangan sendal kesayangan. Padahal gak juga bagus-bagus amat, cuman yang namanya hilang ya tetep aja ngeselin.

Apa matanya udah burem ato apa kali yah, kok bisanya sendal kita ngilang di masjid, masak ekeh kudu balik nyeker ayam? Gak keren banget khan..
Sebetulnya dibilang hilang juga enggak sih, masih tetep ada gantinya, cuman ya gantinya tu sendal lebih parah lagi, udah tipis dan warnanya gak bersih lagi alias bluwek hi hi. Emang dasar apes.

Makanya sekarang kalo sholat taraweh aku tuh naruh sendalnya rada di pojokan, jadinya gak ketuker alias ngilang lagi. Gak mungkin banget kan masak kudu pake kantong kresek tu sandal aku taruh disamping sajadahku? Ooh no, nanti Tuhan marah dengan kesalahanku yang disengaja.

* Bersalam-salaman

Nah yang terakhir ini sudah pasti dilakukan semua jamaah masjid, terutama buat yang perempuan. Pokoknya setelah pelaksanaan sholat taraweh selesai, kami tuh bersalam-salaman dan berkeliling saling menyambangi, gak tua atau muda , pokoknya semua hepiii.

Itu tadi sedikit cerita seru dibalik sholat taraweh dan kebiasaan yang sering terjadi dari yang sedikit nyebelin dan lucu di tempatku. Gimana dengan pelaksanaan sholat taraweh di tempat kalian ? 
Semoga saja sholatnya tetep lancar dan khusuk yah ?


Salam santun



40 Responses to "CERITA SERU DIBALIK SHOLAT TARAWEH"

  1. kalau ditempatku, bunyi petasan yang tidak tahan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah berarti sama juga yaa. Dimana " yg namanya petasan swlalu jd masalah pd saat sholat taraweh.. Trims sdh beekunjung 😀🙏

      Delete
    2. Tapiii ...,

      Kak Heni ngga latah kan saat dengar petasan ?

      Wwwkkk 😀

      Delete
    3. Hampir sihhh 😁😂 tp gak berlanjut donkkk... Kudu konsenttrasi dan khusuk sholatnya

      Delete
  2. aku udah 2 tahun gak solat taraweh di masjid krn punya anak bayik.. huhu..
    jadinya udah gak tau lagi deh keadaan masjid skrg gimana.. apa masih rame anak2 kayak dulu, apa masih ada bunyi2 petasan.. udh gak tau lagi.. hehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mbaa.. Kl ditempatku msh banyak anak" apalg ada aja yg mainin petasan... Suka kesel gt.. Tp mau gimana lg.. Dikasih tau besoknya gitu lagi... Ya dah lh namanya bocah. 😁

      Delete
  3. Jadi ingat waktu kecil suka jahilin teman sedang sujud, saya taroh balok pada kedua kaki belakangnya, pas dia bangkit dari sujud dan duduk tahiyat, dia berteriak "aduh!"

    Ampunilah saya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wk wk jd waktu kecil ternyata usil jg yak.. 😁😂

      Delete
  4. hehe pastinya main sarung sarungan sama imam yg cepet bacaan nya.
    salam mbak Fakhrezy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih sk ga ddnger kl kwlewat berisik krucil" jd ga konsen sholatnya.. Pengalaman pribadi jg ya 😁

      Delete
  5. Yang paling lucu itu ketika sedang ibadah ada bocah main petasan teh ya,..rasanya bagaimana gitu sedang khusuknya dikejutkan dengan suara petasan yang kuat dan melengking,...ha-ha 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa syukur saya ga latahan orangnya... Kl gak....berabe dann malu maluin yaa 😝😂

      Delete
    2. Kalau latahan memang berabe banget tuh jadi teh ya,..he-he,..apalagi serangan jantung 😂😂

      Delete
    3. Jangan sampe deh kl itu mah.. Bahaya.. Amit-amit jabang bayi 😁😂

      Delete
  6. Soal petasan sudah menjadi budaya, telinga sampai kayak mau tuli gitu. Ya itu salat jadi terganggu karena kaget.
    Kalau soal kabur, saya juga itu tapi nanti witirnya dirumah saat saur gitu, karena menambahkan solat sundah dirumah. Tahajut gitulah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya petasan itu udh seperti jd kebiasaan yg ssh di hilangkan... Ga ngerti gmn awalnya. Oh ttp berlanjut tuh witirnya dengan sholat tahajut... Biar pahalanya dobel yaa

      Delete
    2. Kan witir penutup salat sunah, jika nanti ada niat ingin salat sunah lagi ya jangan witir. Tapi kalau ragu ragu ya lebih baik witir.

      Delete
    3. Oh begitu yahh... Mksh ni mas jadi tambah pinter saya... Maklum blom paham banget masalah ini

      Delete
  7. Replies
    1. Iya ni kejadiannya ya gitu lah ditempatku... Pokoke riweh dan jengkelin 😁😂 thx dh mampir

      Delete
    2. Lempari bom teh, biar greget 😂😂😂

      Delete
    3. Iya bom molotov sekalian yaa.. Juedaaaaarrrr.. Pada bubar semua anak" tuh hi hi.. Ada ada aja kamu mah 😆😆

      Delete
  8. ditempat saya bunyi petasan ada mbak, tapi ga di area mesjid, paling suara anak2 yang lari2 main2 sambil teriak2 bersuara, wajar sih, hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kl ditempat sy justru diarea masjidnya mas... Rame dan heboh... Dah dibilangin jg besoknya gitu lagi... Dasar bocah 😁

      Delete
  9. Di tempat Saya udah gak ada lagi kedengeran suara petasan, jamannya udah beda, kebanyakan pada maen gadget. Maen mobile Legends.

    Ngomong-ngomong, template-nya baru ya mba..😀

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kok beda yaa.. Tmpt saya msh du daerah kl ya.. Di lampung..jd msh da aja bocah" yg mainin petasan.... Iya ni ganti template.. Tp ttp aja bawaan dr blogger.. Mo downloud yg bru ga ngerti masangnya 😁😁

      Delete
    2. Suasananya masih ramai berarti di Sana.. tempat Saya juga daerah perkampungan. Cuma, hampir kyk Kota, pemandangan hijau udah pda mau dijadiin pabrik.

      Cari aja caranya di YouTube mba, atau searching Google

      Delete
    3. Iya thx atas infonya mas.. Maybe next time dicoba lagi

      Delete
  10. Di desa saya masih ada sebagian anak-anak yang main petasan, padahal kasihan kalau mereka kena petasan yang pernah saya alami dulu, kulit tangan mengelupas gara-gara petasan yang meledak di tangan...
    Kalau pas tarawih, anak-anak ini senang mengucapkan Aamiin dengan nada panjang dan keras, kadang bikin senyum-senyum mendengarnya... :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul bgt ni mas.. Pdhl sy tinggal nya dikota.. Tp ttp aja ni bocah" sukanya ngidupun petasan saat org lagu sholat.... Yg panjang Amiinnya jg sama aja disini juga gitu hi hi.. Thx dh mampir... Btw.. sebwtulnya sy dh beberapa x berkunjung ke blognya mas.. Tp mo ksh komen bingung sy disqas gitu.. Synya yng katro.. Maafkeun 🙏🙏

      Delete
  11. Bajaan yang panjang panjang, buat ngantuk, masbob.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kadang bacaan suratnya yg terlalu panjang dutambah berisik di luar jd gak konsen.. Maafkan sy ya Rabb

      Delete
    2. Iya kadang bacaan suratnya yg terlalu panjang dutambah berisik di luar jd gak konsen.. Maafkan sy ya Rabb

      Delete
    3. Iya kadang bacaan suratnya yg terlalu panjang dutambah berisik di luar jd gak konsen.. Maafkan sy ya Rabb

      Delete
  12. masjid d komplekku juga begitu riweh pokoknya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beratri podo bae alias dimana" sama aja yakk 😁

      Delete
  13. Itu namanya bumbu saat Tarawih, dan biasanya terjadi di Indonesia,k gak ada hal-hal di atas, rasanya kayak ada yang kurang, wkwkwkwk....

    Bawa anak-anak ke masjid it bagus buat pendidikan agama, tapi harus extra perhatian orang tuanya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tul bgt.. Walo kadang riweh tp suasananya bikin ngangenin... Btw mmg dr kecil anak" kudu di kenalkan ke masjid spy ga asing lg.. Cmn orh tua mmg hrs ttp merhatiin jgn didiemin aja kali ya.. Thx dh mampir dimari 😀🙏

      Delete
  14. Mengajak anak shalat di Masjid itu baik dan dalam rangka membentuk hati anak selalu terpaut dgn masjid. Dan akan berdampak pada anak saat di remaja nanti.

    Terus yg penting jgn sampai kehilangan sajadah aja Mbak. Kan makin tambah lucu ntar kejadiannya. Hehehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pak betul bgt sedari kecil kudu diperkenalkan... Asal mamaknya tau aja cara ngehandelnya supaya ga berlarian saat kita sholat hi hi... Makl msh bocah kdg blom ngerti yaa

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel