2 Mei 2019

MACAM TIPE PENABUNG

2 Mei 2019

MACAM TIPE PENABUNG

Pernah dengar kalimat menabung pangkal kaya atau sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit , tentu pernah dengar khan ?
Maunya sih dengan menabung yang sedikit demi sedikit dan berhemat bisa jadi kaya ha ha, apa masih berlaku enggak sih slogan itu.

uang
ilustrasi

Kali ini saya mo ngebahas beberapa tipe penabung berdasarkan kebutuhan dan kepribadian. Sebetulnya ini berdasarkan apa yang pernah saya lihat dan saya alami, jadi enggak juga seratus persen yang saya tulis ini sudah pasti benar yah, ini sekedar berbagi tulisan saja.

Beberapa tipe penabung :

* 1. Penabung Serius

buku tabungan
ilustrasi
Biasanya menabung memang karena gaya hidup alias sudah menjadi kebutuhan, secara dijaman sekarang kalo enggak pinter-pinter nyisipin duit buat ditabung mau jadi apa kita nanti.

Biasanya penabung tipe ini memang sudah paham banget dengan kewajiban tiap bulannya sehabis gajian, biasanya dia langsung menyisihkan uangnya untuk segera ditabung setelah membaginya kedalam pos-pos penting.

Teratur dan sudah terstrukur sedemikian rupa, sehingga enggak ada lagi urusan menabung jadi nomor kesekian, tapi menabung baginya sudah menjadi prioritas yang gak bisa ditunda-tunda. Pokoknya prinsipnya bisa diacungin jempol deh buat tipe penabung serius seperti ini.

Dia mengerti betul gimana kebutuhan yang mendesak atau enggak, baginya menabung itu suatu keharusan demi masa depan yang lebih baik, entah itu berupa deposito, saham dan sebagainya, atau dalam bentuk emas, pokoknya semua sudah demikian terencana dalam kesehariannya.

Baca ;


* 2. Penabung Di Celengan

Kebanyakan sih anak-anak yah. Kenapa saya sebut penabung dicelengan, iya karena mungkin saja belum ada dana yang cukup besar untuk membuka rekening atau menabung di bank.

Jadi cara yang cukup simpel yah hanya bisa menabung dicelengan saja.
Tapi itu sudah cukup lumayan loh, masih ada niat mau menabung dari pada enggak sama sekali.

Saya masih ingat dengan cerita masa kecil saya waktu sd atau smp barangkali yah, suka banget nabungin sisa uang jajan di celengan yang terbuat dari tanah liat alias celengan ayam atau kendi wk wk.

Giliran lagi kepepet, tuh saya suka banget ngambilin duit celengan dengan cara menyelipkan jepitan rambut di mulut celengan, dan dengan susah payah tu duit akhirnya bisa keluar juga dengan selamat, hi hi jangan ditiru yah adik-adik.

You know khan kalo mulut celengan dari tanah liat itu kecil banget, tapi aku ahli banget buat cungkil-cungkil tu duit, tapi suka diem-diem, soalnya kalo ketahuan bisa berabe dong, tapi enggak sering-sering juga sih, yah maklum aja namanya anak kecil yang kreatif dan inovatif ha ha.

*3. Penabung Konservatif

Saya pernah liat ada di suatu desa, yang masih menyimpan uangnya di dalam tabung bambu. Tapi itu sudah lama sekali, barangkali saja menabung di celengan bambu ini sudah enggak ada lagi yah, soalnya sekarang penduduk desa sudah mulai paham dan terbuka, apalagi banyaknya tabungan keliling dan simpedes, mereka sudah mulai melek teknologi.

Saat itu masyarakat di pedesaan barangkali masih belum mengenal caranya menabung di bank, atau jalan menuju kekota juga lumayan jauh, sehingga mereka memanfaatkan tanaman bambu untuk dijadikan tabungan.

Saat ini sih rasanya enggak mungkin lagi masyarakat pedesaan menabung di celengan bambu, apalagi sarana dan prasarana sudah lumayan maju dan memudahkan mereka untuk menabung di bank. Bank juga sudah banyak bermunculan di desa dan kecamatan.

* 4. Penabung Dadakan
perhiasan emas
Kenapa saya bilang penabung dadakan ? Biasanya fenomena ini sering muncul hampir tiap tahun, terutama menjelang hari raya.
Biasanya kebanyakan ibu-ibu yang rajin memborong emas buat dipakai saat hari raya, iya enggak sih.

Saya sering lihat jika menjelang hari raya banyak sekali bermunculan ibu-ibu dari berbagai rupa untuk membeli perhiasan emasnya menjelang hari raya tiba.
Barangkali buat dipakai saat hari raya , pembelian emas juga merupakan salah satu cara menabung yang cukup banyak dikalangan perempuan atau ibu rumah tangga biasa.

Juga dengan menabung berupa emas dan perhiasan, mereka juga tetap dapat bergaya sambil menabung loh. Pokoknya tetap cetar membahenol deh.
Gak ketinggalan sama inces Syahrini hi hi.

Menabung emas berupa batangan atau koin sebetulnya lebih baik ketimbang emas perhiasan. Namun kebanyakan perempuan lebih memilih perhiasan emas ketimbang emas batangan atau koin.

Selain untuk dipakai, juga kebanyakan untuk meningkatkan status sosial mereka. Asal jangan semua barang perhiasan dipakai semua yah, selain gak aman juga kok kesannya terlalu lebay yah bu ibu. cukup sederhana aja ya, supaya tetangga nggak ada yang sirik wk wk.

* 5. Penabung Arisan

Sebetulnya arisan ini masih termasuk katagori menabung atau enggak yah ?
Kebanyakan yang ngadain arisan adalah perempuan, dari berbagai rupa dan kalangan.

Biasanya terdiri dari sekelompok orang yang berjumlah sepuluh orang bahkan lebih. Kebanyakan mereka mengadakan arisan dengan mengumpulkan dana dari masing-masing anggota arisan yang jumlahnya sudah di sepakati setiap sebulan sekali. Dan jika saatnya tiba, arisan segera dikocok dan nama yang keluar itulah yang menerima dananya.

Cukup simpel sih sekaligus mempererat silaturahim sesama anggota sebulan sekali, sekarang sih banyak sekali fenomena arisan selebritis yang dananya gak sedikit, enggak cuma ratusan ribu saja bahkan puluhan juta rupiah, bahkan ada juga arisan berupa perhiasan batu intan atau permata.

Tapi kalau enggak siap gak usah ikut-ikutan yah, selain mehong juga kita kudu sadar diri, kalau kita tuh bukan artis. Tar yang ada bukannya menabung, malahan terjerat hutang, duh jangan sampai yah.

Yups itu tadi sekilas macam tipe penabung yang bermunculan dan ada di sekitar kita. Menabung hendaknya memang dilakukan sejak dini.
kebiasaan menabung sejak kanak-kanak akan melatih anak untuk terbiasa terorganisir dalam mengatur keuangan.

Semoga saja slogan hemat pangkal kaya dan sedikit demi sedikit lama lama menjadi bukit akan menjadi kenyataan.


Salam santun.



38 komentar:

  1. Jadi teringat masa kecil ketika celengan kakak saya ambil dengan kawat. Tapi masa kecil juga sering nabung sih.. Tapi sekarang kok ya susah nabungnya hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh peenah jg ya mas ngalamin ngulik" celengan... Hibhi maklum ya anak" suka iseng.. Duit receh ditabung begitu gakbada duit sibuk dikeluarin pake cepit rambut... Saya banget tuhh. 😁😂

      Hapus
  2. Jd bingung saya masuk tipe penabung yg mana ya, wkkwwkwk tipe yg serius kayanya soalnya 😁 semoga istiqomah nabungnya, aamiin 😊 makasih sharingnya mbaak ~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah mba Lucky... Smg masuk yg no 1 yahhh.... Ini gak usah terlalu serius sih... Ini cuman share pengalaman dan yg suka diliat ajah 😁😁

      Hapus
  3. hahahah......saya dulu suka nabung di dalam bambu, dan dibuka pas lebaran, biar bisa beli mainan dll.... berarti saya masuk kategori...penabung konservatif yach.....

    kalau sekarang sama mah nabungnya di Warung, Toko, dan di Pedagang Gorengan Mbak, hahahah......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wk wk wk... Wah berarti pernah ya nabung dibambu 😁😁 tp itu udh jaman alip yaak.... Kalo yg nabung diwarung saya jg rajin.. Apalgi gorengan hi hi 😂😂

      Hapus
  4. Kalau sekarang menabung di celengan plastik itu termasuk apa ya mbak, konservatif paling ya... Anak-anak saya senang tuh menabung disana, selain buat mainan juga buat menyimpan uangnya juga bahkan sampai dibawa tidur hehee...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya itu jg termasuk nabung konrervatif... Bisa juga yg point 2 Biar aja dr kecil dibisain nabung... Namanya anak"apalgi kl celengannya warna warni dan ada gambarnya pasti mereka suka 😀

      Hapus
  5. Tipe nabung terus diambil lagi uangnya tipe apa ya mbak?? Wlwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ntu kayaknya yg no 2 wk wk... Tapi pastinya ga mungkin kl nabung di celengan yak... Pasti nabungnya di bank cuman si mas nya rajin ngambilin yak bukan rajin nyimpen 😁😁😂

      Hapus
    2. Wkwkwk terlalu banyak kebutuhan mbak

      Hapus
    3. Iyaah hi hi... Tp mudah"an nyimpennya jg rajin yaakk 😁😁

      Hapus
  6. saya tipe nabung di celengan tapi kalau butuh langsung ambil. biasanya buat beli makanan atau bensin kalau buat yg lain jarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sy nabung di celengan kl ada kembalian ajah... Dulu jaman sd iya rajin bgt nabung di celwngan tapi rajin jg ngambilin buat jajan. 😁😁

      Hapus
  7. Aku dan anakku saat ini berlomba-lomba jadi penabung celengan hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi hi ga apa bund nabung dicelengan... Kl butuh gak susah cairinnya... Gak perlu ngantri atm.. Tinggal getok ajab pecah tu celengan.😁😂. Yg pentingkan niatnya

      Hapus
  8. Saya masuk tipe penabung dadakan yang nabung di celengan :v tapi sebulan udah ambil :v cuma sampai 200000 doang :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi hi. Cepet amit udah diambilnya... Tu tabungan belum sempet lama ngendep di celengan udah ngilang... Apalagi kl celengan kendi dr tanah...tinggal getok aja 😁😂

      Hapus
  9. krn aku kerja di bank, kok ya rasanya kebangetan kalo ga nabung :p. aku termasuk tipe yg pertama kali yaaa... tp lbh suka disebut investasi drpd menabung. dlm bntuk reksadana, obligasi, ato saham . kalo tabungan uang biasa, itu sbnrnya bukan utk jngka panjang sih. hanya utk keperluan sehari2 aja. krn biar gimana, ga akan menguntungkan kalo hanya menabung uang biasa :D. inflasi soalnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ni baru termasuk penabung yg serius... Oh banker yg suka traveling ya mba Fanny.... Enak dunk.... Iya kl duit biasanya sekwdar buat sehari" yg gampang diambil... Kl buat simpenan biasanya ya lebih bernilai lagi sprti mba Fanny bilang kyk saham... Obligasi ato reksadana... Nih aku jg jd belajar looh dr mba Fanny 😀🙏

      Hapus
  10. Sepertinya saya tidak termasuk dari ke 5 tipe diatas, hmmm kali yah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang ga ada ya mba Aorlin nya nabung... Pastinya nabung saham ini mah kliatannya yakk... Pasti udeh pengalaman bgt nih... Thx mbak Aorlin dh mampir dimari 😀🙏

      Hapus
  11. Yg ditabung tidak sebanding dgn yg ditarik. Tipenya apa Mbak? Hehehehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh tipe apa ni ya? Tipe penabung yg sering mengintai kali pak wk wk , maksudnya kl dah rada ngumpul bisa ditarik gitu 😁😂 itu besar pasak dari pada tiang yahh pak....

      Hapus
  12. Wah, ternyata saya masuk ke tipe penabung nomer 2. Walau kadang sering kecongkel juga kalau lagi kepepet 😄😄😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi hi itu mah kerjaan sy wktu jaman sd suka nyelengin duit receh... Giliran gk ada duit tinggal nyungkil dr celengan pk jepit rambut... Kreatip yak saya wkt kecil 😁😂

      Hapus
  13. Kalau aku tipe 1 dan 2. Tapi tapi 1 stuck aku jalanin di rekening bank lain. Masih nyesek juga duitnya abis buat kebutuhan sehari-hari juga. Kalau tipe 2 masih aku jalanin, nabung biarpun 5 atau 10 ribuan gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mba Nurul... Salam kenal yah... Aku jg yg no 1 dan 2 no 1 kl buat simpenan yg rutin dan jrg aku ambil kl gak penting" amat. Kalo yg no 2 di celengan hi hi ..ini buat harian aja sedikit" sama aja mbak. 😀😀

      Hapus
  14. Waktu masih sekolah dulu, saya juga nabung dicelengan mbak..tapi yaa gitu dah, samaa..suka dicungkilin juga kalau lagi ga ada uang jajan. Nyungkil nya juga agak susah, butuh perjuangan.😀

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sama sy jg sk nyungkilin celengan.. Maklum sy dl anak yg kreatip dam inovatip... 😁😂 tp jgn ditiru ya

      Hapus
  15. Kalo saya sepertinya masuk kategori penabung dadakan nih wkwkwk

    Kalo lagi ada keperluan, atau pengen sesuatu, baru nabung hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh katagori penabung dadakan yak... Gak apa msih ada niat mo nabung mah.. Dari pd nggak sama sekali yahhh... Thx sdh mampir di sini 😀🙏

      Hapus
  16. Wahhh kadang kalau saya nabung di celengan rawan bangett. Mending kalau saya uang yang saya miliki kalau banyak mau saya investasikan ke sesuatu dan berbagi ke banyak orang, kalau sedikit yaa disimpan di dompet dulu dan juga berbagi dikit dikit dari yang saya punya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah betul banget ni masnya... Mulia banget. Buka invest dan berbagi ke swsama apalgi pas lg bulan puasa cocok banget nih timingnya buat saling berbagi... Pasti rezeki akan dilipat gandakan dan lancar Amiinn... Thx sdh mampir 😊🙏

      Hapus
  17. kalo aku sih tipe nabung yang gini.....

    misal pengen beli suatu barang, "aahhh nabung ahh,,,"

    ngumpulin.....

    ngumpulin......

    ngumpulin.....

    ngumpulin....

    *few months later*

    "dah banyak nih,..."

    trus ada temen... "eehhhh KFC yuk, ada menu baru, keknya enak... abis itu XXI kuyyy,, pilemnya NTABS banget daaahhh"

    aku "KUYLAAAHHHHH"

    tau-tau tuh uang tabungan ludes dalem sehari.


    gituh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wk wk wk... Itumah nabung buat isi perut sama nonton ajaaa... Jadi yg ditabung jg lewat aja alias waalaikum salam 😁😂😂

      Hapus
  18. saya termasuk menabung yang berjangka waktu misal setahun atau dua tahun saja, karena biasanya sudah diagendakan dengan duit tabungan itu mau di pakai apa. Selebihnya kalau sisa bisa lah pakai untuk hangout sama keluarga deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi nie masuk yg mana yak.. Bisa jg sih ky model invest berjangka ya kayak deposito ya mbaak.. Tinggal tentuin aja kpn mau diperpanjang ato batas wkt tertentu br diambil.. Kl tabungan biasanya sy untk yg msh bisa sesekali di ambil aja..

      Hapus