MENGATUR DUIT SIMPEL ALA SAYA - HENIAJAA.COM

MENGATUR DUIT SIMPEL ALA SAYA


Apa kabarnya gaes.. Sudah lumayan lama saya ga update tulisan nih, moga-moga aja masih ada yang mau mampir di blog admin yang sedikit kece yaa... ngarep.com

Btw, ngatur duit itu buat sebagian orang itu susah-susah gampang, alias banyak susahnya dari pada gampangnya, apalagi buat golongan kelas yang biasa-biasa aja kayak saya wk wk.

Cara mengatur duit simpel

Tapi sebagai orang yang sadar pentingnya mengatur masalah keuangan yang rada-rada sensitif ( kayak kulit wajahku ) makanya saya berusaha dengan sekuat tenaga dan daya upaya tetep aja mengatur keuangan tiap bulannya biarpun hasilnya ga terlalu signifikan,  tapi minimal saya punya niat dan komitmen buat tetep nabung biarpun gak banyak.

Biasanya saya selalu menyisihkan hasil pendapatan yang gak seberapa ini kedalam beberapa post.
Sekitar 20-25 persen selalu saya usahakan untuk saya sisihkan seperti tabungan, barangkali memang gak ideal seperti anjuran pakar keuangan ya. Baru deh sisanya yang 75-80 persen saya bagi-bagi dalam beberapa pos. Adapun yang biasanya saya lakukan adalah sebagai berikut :

* 20-25 persen untuk tabungan [ sisihkan, bukan sisakan ].
   Seperti  asuransi,  rekening tabungan , apapun itu bentuknya.

Keperluan rumah tangga seperti listrik,  air, dll.

* Konsumsi,  biaya pendidikan,  hiburan , belanja ini itu.

* Dana darurat,  btw biarpun ga banyak tetap sewaktu-waktu diperlukan.

* Jangan lupa sadaqohnya.

Selama ini saya masih tetap menjalankan cara ini buat keluarga kecil saya, yah biarpun kadang masih juga suka kecolongan wk wk,  maklum yang namanya perempuan ga bisa lepas dari jiwa diskonan kalo udah belanja parah-parah-parah , jangan ditiru ya gaes.

Namun sebagai ibu yang "berusaha terlihat baik",  saya selalu menyisihkan dana buat investasi  juga loh biarpun ga banyak, itung-itung buat bekal hari tua kelak [ semoga panjang umur Amiin YRA ], dan itu gak saya kutak-katik gaes.

Nah kalo kalian googling ada tuh kalo kalian mau invest dana berupa sukuk  tabungan ST005 yang berlangsung dari tanggal 8 -21 Agustus 2019 ini loh..bahkan  ini adalah produk investasi berbasis syariah yang diterbitkan pemerintah kepada warga negara Indonesia perorangan, jadi lebih nyaman dan aman.

Baca Yuk :


Bahkan dengan dana minimum 1 juta rupiah kalian sudah bisa invest dengan imbalan sebesar 7,4%. per tahunnya. Syarat dan ketentuan ya dibaca sendiri ya.. Ato kalo gak mau ribet tinggal datang aja ke bank-bank yang sudah di tunjuk pemerintah seperti BCA, Mandiri, BNI, BTN, BRI Syariah, Mandiri Syariah dan beberapa lembaga keuangan lainnya.

Semakin besar dana yang di invest ya semakin besar bagi hasilnya looh,  jadi buat kalian yang tertarik buruan gih sebelum  masa berlakunya berakhir.

Sedang untuk keperluan sehari-hari saya sekedar menabung buat bisa diambil sesekali saja, jika sakit kebetulan saya dan keluarga mengikuti aturan pemerintah alias BPJS ( walo sedikit ribet ngurusnya).

Memang sih dana bpjs jarang banget saya dan keluarga gunakan, selain rada ribet ngurusnya kesana kemari, ngantri berjam-jam kudu sabar gaes,  jadi kalo sakit sementara ini saya dan keluarga selalu bayar pake duit pribadi alias umum aja,  soalnya ga mau ribet dan lebih cepat aja biarpun rada mahal dikit .
.
Syukurnya aku terdiri dari keluarga kecil jadi gak terlalu berasa banget,  gak kebayang kalo keluarga berencana ( keluarga besar ga ada rencana ) ups.

Dengan nyisipin dana ala saya,  minimal saya ga terlalu silep mata alias ngiler buat beli ini itu berlebihan,  ya sesekali berburu diskonan ga apa sih karena itu buat ngilangin setres juga sekalian bikin rileks fikiran asal gak bergaya BPJS alias  budget pas-pasan jiwa sosialita  hi hi siapa yaaa...
.
O iya gaes saya juga selama ini ngikutin asuransi juga  pada salah satu bank,  yah biarpun ga besar amat minimal saya berusaha untuk tetep komit menabung loh.

Apalagi biaya pendidikan sekarang ini lumayan mahal,  kalo ga pinter-pinter ngaturnya bisa berabe yaa. Tahu sendiri kalau segala sesuatunya pasti keluar duit,  mau pipis aja ke toilet umum keluar duit.

Terakhir,  itu tadi  cara mengatur budget  simpel ala saya selaku admin,  yah emang sih cara ini terlihat biasa saja, tapi jika cara yang sederhana aja gak diterapkan ya percuma donk, semuanya tergantung niat dan ketekunan . Barangkali saja ada temans yang mau menambahkan... Monggo silahkan saja, siapa tau ada yang mau berbagi tips dan sarannya.


Salam Santun

22 Responses to "MENGATUR DUIT SIMPEL ALA SAYA"

  1. Sekarang ini saya merasa sulit nabung. Sejak si sulung kuliah, tiap bulan saya menyisihkan sejumlah uang untuk bayar kuliah. Begitu juga dengan adik-adiknya. Biar ketika waktu bayar daftar ulang, sbb, tinggal narik tabungan masing2. Kalau untuk investasi, Alhamdulillah ada sedikit.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba... Iya nih.. Emg susah yah. Tapi hrs teteup deh di niatin.. Kl ga bs berabe ya.. Hari gini apa" serba susah dan mahal... Bernafas aja yg gratis... Apalg kl sudh ada yg kuliah... Kebetuln aj sy dl ampe sekrg msh ikutan asuransi pwndidikan.. Lmyn ngebantulah...thks mba udh mampir 😀🙏

      Delete
  2. Makasih infonya kaka sangat bermanfaat :D

    ReplyDelete
  3. Memang paling mudah atur keuangan itu dengan pos-pos ya mba, jadi sudah tahu perhitungannya asal nggak gatal mau ambil saja saat lihat diskonan :D hehehehe~

    Saya juga selama ini syukurnya jarang sakit, dan kalau sakit pun belum pernah pakai BPJS walau tetap bayar~ karena kadang cape juga kalau harus urus prosesnya haha. Pikir saya kalau sakitnya masih ringan better bayar pakai uang sendiri saja, nanti BPJS bisa digunakan saat memang betul-betul dibutuhkan atau membantu orang-orang yang membutuhkan juga :D

    Dan saya setuju soal Investasi juga Dana Darurat, seperti yang sudah sering dibahas oleh para financial planner, semenjak saya paham soal dua hal tersebut, saya langsung mengaplikasikannya ke hidup saya. Dan ternyata memang apabila kita rutin menabung, efeknya sangat bagus ke hidup kita :D

    Semoga mba sekeluarga selalu dilimpahkan rizki,
    dan dilancarkan rencana-rencananya yaaa :D
    Semangat menabung mbaaaa~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sore mbaa.. Maaf br sempet bales yaa... Iya nih inves kecil"an aja bisanya... Wa ka ka.. Majlumlah... Dr pd ga sama sekali ya mbaaa.. Thx udh mampir yaa😀🙏

      Delete
  4. nabung 20-25% per bulan itu gede loh mba. hebat juga bisa menyisihkan segitu. kalo aku sekarang cuma bisa menyisihkan 15% aja. punya anak bayi pengeluaran jebol di pampers dan susu. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai... Siang mba Thya... Iyah nih... Soalnya kebetulan aku tuh cmn pnya 1 anak aja yg udh remaja... Ud lm aku praktekin... Moga" aja ttp bs konsisten.. Amiin. 😀

      Delete
  5. Saya nabung uang untuk beli kebutuhan tambahan seperti pulsa, buku, makanan ringan, bensin dll. Mulai paham mengelola uang setelah hidup ngekost.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul bgt tuh.. Kalo ngekost mau gak mau hrs pinter berhemat.. Karena kebiasaan lama" jadi terbiasa yaa 😃

      Delete
  6. manteb banget bu tips ngatur duitnya, aku sebagai mahasiswa juga harus bisa pinter pinter ngatur duit nih, soalnya belum ada pemasukan, doain dapat kerja bu ya wkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai.. Pagi.. Lm ya ga salung bw... Iya nih cmn tips sederhana aja ini mah bukan yg ribet"..iyaa mudah"an di mudahkan dpt kerjaa dan rizkinya berlimpah.. Amiin Yra

      Delete
  7. ngatur duit tu emang musti ati2 banget. palagi kalo ada kiriman email dari mol macam grand indonesia tu paling sering kirim2 email diskon ini, diskon itu... h&m diskon lah, resto ini diskon pake kartu member gi lah... hadeuh salah ni kayaknya aku ikutan member mol, bisa kebablasan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wk wk.. Mbak ni lucu bgt deeh... Uya nih kl dpt disconan emg hati suka ga kuat yaa... Maklum namanya cewe psti aja ada yg mo di beli.. Pdhl kdg blom tentu jg di pake.. Ato kdg sk beli brg yg ampir mirip 😮 jd mubazir pan ?

      Delete
  8. Simpel pisan cara ngatur duit ala neng heni aja teh geuningan nyak... moga 2,5% untuk ulah hilap disedekahkeun ningan nyak neng....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Malam kang... Iyah.. Simpel pisan kang.. Di coba praktekin atuh kang.... Amiin kang... Hatur nuhun 😃🙏🙏

      Delete
  9. Kelihatannya simpel dan mudah tp menurut saya konsistennya yang agak susah mba. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wk wk 😁 iya sih... Sy jg msh suka tergoda ama diskonan... Tp kudu diniatin sih.. Makasihh dh mampir 🙏

      Delete
  10. Dulu saya pas kelas 1 SD bisa nabung sampai 2 juta. Sekarang udah gak bisa lagi :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah udh lm bgt ya kita ga saling bw... Lumyn tuh gede bwt ukuran ank sd mh.. Knp skrg ga bisa? Krn bnyk kebutuhan yaa... 😁

      Delete
  11. Nabung, niat hati pengen, tapi sering kepake buat kebutuhan sehari-hari.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wk wk, emang yang namanya berhubungan ama duit itu susah yaa, kepinginya ama niatnya ada, tapi suka kepentok ama kebutuhan sehari', tapi sebisanya tetep di sisihin biar ga banyak juga mas, tau pan hari gini....

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel