BLOG TUTORIAL VS BLOG GADO-GADO

Hallo all, gimana dengan aktifitas kalian hari ini, semoga tetap semangat yah, cemungut kaka...
Kali ini mimin mo ngebahas tentang blog tutorial vs blog gado-gado.


Blog tutorial vs blog gado gado

Kira-kira persentasinya dilirik oleh pembaca gede yang mana yah diantara keduanya ? Apakah blog tutorial yang menggunakan seo cenderung lebih banyak pengunjungnya, ataukah blog gado-gado juga gak kalah dari blog tutorial ? 

Jika dirasa si pemilik blog lebih suka atau cenderung ingin berbagi manfaat mengenai tutorial [ teknologi, kecantikan, dll ], biasanya si penulis lebih cenderung membuat artikel blog tutorial.

Jika si empunya blog lebih suka menulis blog yang berisi berbagai macam hal seperti keseharian, lifestyle,  jalan-jalan, tips, kuliner dan sebagainya , yang biasanya disebut blog gado-gado, mereka nggak mengkhususkan kedalam satu topik saja.

Baca juga :
- Aplikasi yang sering digunakan diblog
- Komentator dalam sebuah blog

Blog tutorial apalagi jika membahas teknologi dan per seo an cenderung kalimatnya berkesan lebih tegas dan sedikit kaku, meskipun nggak semua blog tutorial itu kaku.

Mimin juga sedikit kurang paham sih, karena biasanya mimin lebih cenderung menyukai blog gado-gado. 

Hanya saja sesekali mimin membaca atau berkunjung ke blog yang membahas seputar tutorial dan per seo an agak terlihat sedikit berbeda pada kalimatnya, itu sih menurut pendapat mimin pribadi yang awam.
Seolah-olah seperti sedang membaca google translate gitu ya ?

Sedang blog mimin sendiri adalah blog gado-gado, karena mimin lebih suka menulis beberapa jenis artikel sekaligus, meskipun sederhana dan seadanya.

Soal selera juga yang menentukan adalah pengunjung blog itu sendiri, hanya saja biasanya blog seo yang membahas tutorial, biasanya cenderung menduduki peringkat satu atau kesekian di google, iya apa enggak sih? 

Tapi kadang mimin juga melihat blog gado-gado juga ada yang menduduki halaman satu google gitu sih, nggak tau gimana caranya, apakah si penulis juga mahir dalam per seo an, sehingga tulisannya terlihat lebih natural dan gak kaku begitu.

Jadi bukan perkara lebih bagus mana antara blog tutorial atau blog gado-gado, kalau menurut mimin pribadi sih, keduanya mempunyai kelebihan dan punya penggemarnya masing-masing. 

Tergantung kepentingan dari si pengunjung blog itu sendiri, apa yang mau dia cari ,mengenai manfaat ataukah sekedar membaca artikel seputar lifestyle, bahkan blog gado-gado juga enggak sedikit yang ngebahas tips bermanfaat lainnya.

Kalo mimin sih jika memang dirasa perlu mencari tambahan ilmu, maka mimin juga googling diblog tutorial atau sekedar ngintip, sedang untuk membaca artikel pendek dan sederhana, namun terkesan segar dan santai, maka mimin cenderung googling blog yang gado-gado.

Bukan juga berarti blog gado-gado itu gak bermanfaat, enggak looh..jangan salah menilai. 

Justru dari blog gado-gado itulah kalau mimin lagi googling suka ketemu dengan berbagai hal menarik dan lucu, apalagi mengenal si empunya blog itu sendiri, mimin banyak mendapat pelajaran dari blog gado-gado, barangkali karena artikelnya gak ngebahas hanya satu topik saja ya ?

Enggak tau apakah karena nyambung aja dengan artikelnya yang cenderung lebih sederhana dan simpel ketimbang blog tutorial, apalagi review produk yang cenderung berat.

Jadi menurut kalian, lebih suka yang mana ? Blog yang membahas seputar tutorial ataukah blog gado-gado ? Sekali lagi itu sih tergantung dari selera pembacanya masing-masing. 

Dan mimin juga enggak tahu, apakah blog tutorial itu lebih cenderung besar presentasinya dilirik oleh pembaca ketimbang blog gado-gado, alangkah lebih bijak jika kita semua mencari manfaat yang didapat dari membaca keduanya, Wassalam...



Salam santun


31 Responses to "BLOG TUTORIAL VS BLOG GADO-GADO"

  1. Iya bener banget pernah juga liat blog yg ngutamain SEO jadi bahasanya jadi agak kaku..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah... berarti gitu ya... Sy jg kdang suka baca blog yg begitu... Tp yg diambil manfaatnya aja deh... Salam kenal... Trims sdh berkunjung 😀🙏

      Delete
    2. Yap, bener banget tuh.
      SEO bukannya malah membuat menarik.
      Eh malah hancurin konten2 yang ada

      Padahal kalo SEO dimanfaatin baik2 bakal bikin blog jadi kuat secara konten dan traffic website.
      SEO bukannya cara menaikkan traffik dan masuk halaman 1 mesin pencari.
      Eh malah jadi penghilang traffik.

      Delete
    3. Ya kalau di gunakan sewajarnya sih ga masalah... Kadang kalo udah ngutamain SEO mulu tu kontem jadi rada sedikit aneh gitu menurut aku looh... Gak tau bener apa enggak... Kl masalah masuk page one.. Siapa yg gak mau trafiknya nambah.

      Tapi balik lgi sih... Kepuasan menulis itu lebih dari segalanya... Gak sekedar ngincar page one google... Kalo bisa keduanya ya syukur deh 😁

      Delete
  2. Kalau blog travel termasuk gado-gado, berarti blog saya juga blog gado-gado dong. Saya sih lebih suka blok gado-gado. Lebih banyak pilihannya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya setahu mimin yg kurang update... Blog yg campur"yg disebut gado"..alias bnyk pilihan... Toos. sama kita donk mbak 😁

      Delete
  3. Dulu aku bikin blog tutorial mbak. Dan memang lebih cepet dapat pv daripada blog pribadi (gado-gado).

    Bikin artikel tutorial juga lebih susah sih menurutku, karena harus riset dulu dan segala macamnya. Tapi entah kenapa bikin artikel di blog pribadi rasanya lebih puas aja, mungkin karena apa yang ada di pikiran bener-bener bisa dituangkan di tulisan itu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sih lebih enak blog yg pribadi yaa.. Nulisnya lbh plong... Karena apa yg ada di benak kita ato nggak apa yg kita alamin.. Jd lebih natural aja. ...sy jg nulis kadng ga hrs mikir ada target ini itu... Kl ada iklan kebetulan aja ada yg mau nolong wk wk. Sy sendiri ga ngarti...pokoke blog sy jadi lbh ramee ajaaa 😆😆







      Delete
  4. Ada juga awalnya blog dgn niche tertentu, lama2 jadi blog gado2 jg karena mengejar perluasan topik biar bisa menjangkau lebih banyak pengunjung

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepertinya kalo blog dgn niche tertentu aja kurang menarik yaaa...blog gado"mungkin krn bnyk alternatif pilihan sehingga pengunjung ga cpt bosen... Mungkin yaa.. Thks bang Day.. 😀🙏

      Delete
  5. Blog ane juga gado2,lbih ngampang ngurusnya krna tdk berpatokan di satu topik sja...jgn lupa kunbal gan

    https://aspireblack.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sama sy jg gitu lbh gmpng ya ga terlalu ribet mikir ini ono

      Delete
  6. blog saya gado-gado mbak, jadi saya bebas mau nulis apa distu. !
    gak harus satu topik!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba.. Iya lbh gampang yaa kl banyak topik.. Yg baca jg bnyk pilihan.. Tankyuu..

      Delete
  7. kalo aku lebih suka blog gado-gado, karena kalau tutorial lebih monoton pembahasannya. ya gak sih?
    tapi kalo masalah pengunjung nya banyakan mana sih tergantung, dua-dua nya bisa dapat pengunjung yang banyak menurut ku, apalagi kalo blog nya bisa dapet peringkat 1 google.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sore mba Thya... Sama dunk kita... Aku jg lbh sreg gado" lbh banyak pilihannya...tp ya pengunjung mh tregantung selera ya... Thks dh mampir ya 😀🙏

      Delete
  8. sekarang gue lebih memandang keren blog yang isinya cuma curhatan atau opini pribadi tapi bisa sukses. itu keliatannya keren aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup tul banget... Lebih simpel dan ngena aja di hati... Ga neko" apa adanya... Sip lhh

      Delete
  9. Blog saya juga gado-gado. Alasannya kalau satu blog satu niche agak susah. Giliran mau buat artikel dari niche lain berarti harus buat blog baru kalau blog yang sebelumnya gak mau dijadiin blog gado-gado. Sementara buat blog baru harus ribet dan mulai lagi dari nol.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya betul bgt tuh... Lbh fleksibel yg gado: ya.. Apa aja ada bisa kita pilih kontennya apa gitu... Yg baca jg bnyk pilihnnya

      Delete
  10. Kalau gado-gado, ya serba ada mbak, tapi bahasanya lebih baku,

    tapi kalau blog kayak punya mbak, lebih santai. lebih umum disebut sebagai lifestyle blogger, membahas hal-hal yang berkaitan sama opini, pengalaman dan sharing langsng dari si pemilik blog.

    tutorial memang berbeda lagi, khusus membahas tutroial.

    lah, kalau saya sendiri gimana dong mbak? bahas khusus tentang finansial, masuk kategori apakah blog saya? kwkwk..


    untuk muncul di tangking 1 google memang ada indikator yang mempengaruhi, banyak variable. mau gado-gado, formal, tutorial, niche khusus, bisa aja nangkring di halaman 1 google.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wknwk blognya mas Sabda termasuk blog apa yak 😁 tutorial jg gak yaa... Lbh ke finansial gitu... Bnyk ilmunya yg jelas mah.... Susah
      .kategorinya tinggi bingitsss....

      Delete
    2. Blognya barangkali kategori khusus ya.. Sperti kt mas Sabda sebut diatas... Udeh ky mo dpt piala citra aja wk wk

      Delete
  11. blog gado ado tetep the best, walau kadang emang suka ngelirik blog tutorial biar penjelasannya lebih padet dan gak terlalu bertele-tele, tapi blog yang campur atau kadang pakai kiasan dengan niche lifestyle tetap jadi primadona

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wk wk... Hidup blog gado"..wah rata " yg komen disini kebanyakan suka blog gado " yak... Barangkali krna banyak pilihan dan lebih sederhana penulisannya... Alias gampang dicerna.

      Delete
  12. blog saya gado-gado dan tentu saja tidak ada yang bagus SEO nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama aja kita ya wk wk.. Yang penting nulis sesuka hati aja.. Sesekali njajal pk seo.. Tp ga ngarti blass 😆😆

      Delete
  13. Saya mah gado'' kak, gak tau seo apa engga hehe yang penting nulis

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi hi iya sama aja.. Aku jg gitu.. Pernah sih nyoba kek pake seo gitu googling gitu deh.. Tpi susah dan ga ngati 😂😆 emg ga bakat.

      Delete
  14. Tos min, saya juga suka blog gado2, lebih variatif isinya... hehehe

    ReplyDelete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel