Sensasi Naik Gajah Di Taman Nasional Way Kambas

Aloha....Begini nih sensasinya naik gajah di Taman Nasional Way Kambas...ngeri-ngeri sedaap ...Begitulah pertama kali dan mungkin pengalaman seumur hidup yang mimin rasakan saat menunggangi gajah di tempat ini.
TAMAN NASIONAL WAY KAMBAS LAMPUNG
Pagi itu 8 September 2019, tepatnya hari minggu, kami berangkat dengan mengendarai mobil yang berjumlah tiga kendaraan pribadi. Kayaknya udah niat banget nih, masing-masing mobil udah full dengan keluarga dan bawaan, persis kayak mau pindahan rumah aja, wk wk.

Oke, lebih enak make nama samaran mimin aja deh, maksude admin gitu, lebih sederhana aja. Berangkat sekitar pukul delapan pagi dari Teluk Betung, mimin bersama rombongan menempuh waktu sekitar dua jam perjalanan.

Sepanjang jalan menuju ke lokasi lumayan nyaman karena suasana masih sejuk dan bersih, maklum lokasinya berada di kecamatan Labuhan Ratu Lampung Timur, jadi masih belum terlalu ramai seperti di perkotaan pada umumnya.

Way Kambas sendiri dahulu terkenal dengan sekolah sepak bola gajahnya, dimana disini terdapat banyak talenta-talenta muda gajah-gajah yang,,,eehh kok jadi kayak pemain bola aja , maksud mimin, gajah-gajah disini dahulunya dilatih untuk bermain bola.

Baca yuk :

* Ke Bali Aku Kembali
* Ke Bandung euy

Dahulunya bernama Pusat Pelatihan Gajah, namun kini berganti menjadi Pusat Konservasi Gajah. Tujuannya adalah menjadi pusat konservasi dalam pelatihan, perkembangbiakan, penjinakan dan konservasi sendiri.

Disini tidak hanya gajah saja yang kita ketemui, ada juga badak dan harimau, juga masih terdapat babi hutan dan beberapa species lainnya. Bahkan Ketika mimin sedang tour menunggangi gajah, mimin sempat melihat babi hutan dibalik semak-semak. 

Sayangnya mimin gak sempet ambil foto, soalnya si gajah dalam posisi berjalan dan mimin harus duduk super aman sambil memegang pundak si pawang gajah supaya enggak jatuh. Maklum naik gajah itu rasanya anjluk-anjluk gitu...kalo tiba-tiba mimin jatuh gak seru khan ? Bayangin aja guede dan beratnya tu body sigajah dengan mimin yang super imut šŸ˜„.

tuh kepalanya aja gede banget yak

Kalau disini gajah-gajah dilepas begitu saja, karena sudah jinak, dari kejauhan banyak gerombolan gajah sedang berjalan dan mencari makan, maklum lokasi disini masih terjaga dan masih berupa hutan yang sangat luas, jadi cocok sekali buat tempat tinggal mereka, Karena luas keseluruhan hutan sekitar 125.000 hektar.

taman wisata gajah way kambas lampung


Baca lagi dong :

* Pantai Mutun si cantik menawan
* Liburan Murah Dan Asiik

Namun kita sebagai pengunjung juga harus tetap hati-hati dan waspada, karena bisa saja gajah-gajah ini masuk kepemukiman warga, dan biasanya warga meminta bantuan pihak taman nasional.

Btw, harga karcis masuk per orang adalah sebesar Rp7.500 dan untuk kendaraan roda empat dipungut biaya Rp10.000 / kendaraan dan asuransi Rp. 2000 saja.

Fasilitas di sini :

* Rumah sakit gajah, adalah rumah sakit yang mengatasi gajah- gajah yang sakit, stress, luka dan sebagainya, menurut si pawang gajah sih ini juga kerjasama dan bentuk bantuan dari Australia dalam mengelola gajah-gajah yang ada di kawasan ini.

* Taman bermain anak, disini juga ada fasilitas bermain buat anak-anak  yang disediakan, jadi kalau anak-anak bosen mereka bisa puas bermain di taman bermain ini seperti perosotan, ayunan, naik tangga gantung, dan sebagainya.

* Penjualan sovenir, disini pengunjung bisa membeli berbagai jenis sovenir yang dijual, biasanya kebanyakan berupa mainan, gantungan kunci, boneka dan berbagai macam lainnya yang masih identik dengan ikon gajah.

* Kantin/ penjual makanan, kalo laper dan haus, cus tinggal beli aja, gak pake bingung, tapi kebetulan mimin dan rombongan emang udah niat banget bawa bekal seabrek-abrek dari rumah, maklum tiga mobil yang berangkat, itu juga full kapasitas šŸ˜.

* Musola dan Toilet, buat kalian yang mau sholat dan butuh toilet, bisa banget disini udah disediain juga, yah meskipun kalo menurut mimin kurang terawat gitu sih, tapi kalo udah kebelet yah harap maklum aja sih, mimin berharap kedepannya fasilitas toilet kudu terawat lebih bersih lagi yak.

* Penginapan, disini juga disediakan penginapan murah bagi yang ingin bermalam dengan sewa berkisar Rp 100-200 ribu atau cottage sekitar 500 ribu rupiah.

Disini pengunjung bisa naik gajah dengan membayar Rp 20.000 dengan berputar disekitar lokasi sekitar 10 menit, namun untuk lebih mengenal gajah dari dekat dan lebih lama, kalian bisa ikut tour gajah dengan membayar Rp 150.000/ orang dengan satu pawang gajah dan menempuh perjalan sekitar 30 menit kayak mimin nih.

Kalian lebih puas melihat gerombolan gajah dari kejauhan bisa berhenti sejenak minta ambil foto, melihat kelakuan gajah , btw nama gajah yang mimin tunggangi ini si Arni wk wkšŸ˜† kayak nama kita aja. 

Si Arni tuh ternyata demen banget makan rumput dan pepohonan yang ada disekitar hutan, pokoke selama perjalanan banyak berhentinya gegara si Arni nguyel mulu mulutnya hi hi, gimana badannya gak endut gitu.

Rasanya aneh aja naik di badannya si Arni, you know lah biasanya mimin jarang banget liat gajah, apalagi kepikiran buat naikinnya, mumpung ada kesempatan dan bisa liatin dari deket, gini toh rupanya si gajah itu, super gedee, norak ya mimin hi hi, tapi seneng juga sih , secara gajah itu termasuk hewan yang udah mulai langka di muka bumi, sedang di sini mimin puas main sama si Arni.

Syukur di Taman Nasional Way Kambas ini masih memiliki koleksi hewan langka lainnya, jadi mudah-mudahan usaha yang mereka lakukan disini enggak sia-sia, kita masih bisa melihat hewan-hewan langka ini dari dekat, bahkan bisa menyentuhnya.

Salut buat para petugas disini yang sudah begitu sayang dan telatennya merawat hewan langka tersebut dengan kasih sayang, tuh si bapak pawang gajah yang aku tumpangi aja sayang banget sama si Arni, kata-katanya juga lembut buat ngajak si Arni jalan, coba kalo kasar.....duh udah pasti si Arni bakalan ngambek.

Yei itu sedikit gambaran mimin tentang gajah, mimin banyak dapet ilmu, bahwa kalau hewan-hewan itu jika diperlakukan sama baiknya seperti manusia, mereka juga akan nurut, dan mereka juga hewan yang cerdas loh. gak salah kalo disini memang tempatnya sekolah gajah dari lampung. Dan semoga aja ekosistemnya tetap terjaga dengan baik, cemunguuut pak petugas šŸ’‚.

Buktinya dulu juga sempet ada kesebelasan sepak bola dari Bandar Lampung yang bernama Gajah Lampung Foot Ball, kalo sekarang sih lagi ngetrendnya Badak Lampung FC, itu tuh klub sepak bola asal Lampung yang sedang berkompetisi di Liga Satu dan bermarkas Di Bandar Lampung. Selamat berjuang juga buat kamu-kamu yang sedang bertanding di Liga satu, semangaaat.

Buat kalian yang berada di Bandar lampung dan di luar Bandar lampung, kalo pas lagi liburan jangan lupa ya mampir kesini, wisata sekalian edukasi juga.
Yuk cobain sensasi naik gajah di Taman nasional Way kambas kayak mimin šŸ˜.


Salam santun



16 Responses to "Sensasi Naik Gajah Di Taman Nasional Way Kambas"

  1. wahhh, saya lihat gajah secara langsung aja belum pernah apa lagi naikin. *kayaknya saya gak berani juga sih. wkwkw

    ReplyDelete
    Replies
    1. Malam mba. Maaf baru sempet bales... Maklum lgi nyelesain urusan rumah yg ga beres" wk wk... Syvjuga br sekali ini naik seumur" rasanya aneh gitu hi hi

      Delete
  2. Replies
    1. Hayoo ke sana mas Adyt... Biar bisa kenalan ama si Arni šŸ˜

      Delete
  3. Bagus banget tante tempatnya, sejuk dan asri jadi pengen ke sana deh? Semoga suatu saat nanti saya sekeluarga bisa kesampaian ke sana , amin ya robbal alamin.

    ReplyDelete
  4. Keren buuu..berani naik gajah šŸ˜ŠšŸ˜€

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyoba buu persiapan buat naik onta nanti wk wk šŸ˜†

      Delete
  5. Pertamax.. Pertama kali denger waykambas kalau ga salah SD ato SMP. Belum pernah naik gajah. Tp kayaknya ngeri2 sedap gt ya mbak? Wkwkwk

    ReplyDelete
  6. Saya belum pernah nih naik gajah šŸ˜…

    ReplyDelete
  7. Way Kambas dah tenar sejak dulu emg. Waktu kecil kalo ditanya gajah di mana, pasti pada nyebut Way Kambas.

    Mba Mimin kok fotonya ditutup sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ngetop juga ya way kambas
      ..iya saya tutup wajahnya.. Malu ama si Arni šŸ˜

      Delete
  8. Ahhh Way Kambas, kami jadi rindu lagi sama tempat indah satu ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya saya jadi inget blognya ibadah mimpi ttg way kambas

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel