Content Creator Or Youtuber Jaman Now

Salam...

Hai gaess, entah kenapa akhir-akhir ini saya lagi demen banget dengerin podcast ato dengerin youtube. Gak melulu tentang lagu, gak tau sekitar dua minggu terakhir saya tuh sering banget dengerin podcast seorang anak muda dan segala cerita tentang latar belakang kehidupan dia hingga motivasi yang keren banget sih menurut saya.

content creator

Padahal saya sendiri adalah seorang ibu yang biasanya jarang banget dengerin curhatan ato motivasi sejenisnya, tapi kali ini berbeda menurut saya, gak sekedar ngebahas curhatan -curhatan pada umumnya, namun juga ada nasehat dibaliknya yang bisa diambil dari seorang anak muda usia 20 tahun, dan sebagai seorang ibu ternyata saya kok jadi ngerasa ada teman buat berbagi , bisa lebih faham mengenai pribadi seseorang, dan gimana hal yang seharusnya dilakukan oleh seorang remaja dan dewasa seharusnya.

Saya jadi tau perjuangan yang dia tempuh dari awal membuat podcast, cerita tentang latar belakang dia, ketidak sukaan dia terhadap sesuatu, sifatnya yang introvert, bandelnya, bahkan yang menurut saya bikin kagum sih ternyata dibalik plus minusnya dia, ternyata sejak usia remaja, dia tuh sudah punya target dan mulai melakukan bisnis sejenis investasi, yang dananya dia kumpulkan sedikit demi sedikit karena dia tuh memanfaatkan keahliannya sebagai fotografer ala-ala dan ngebantu ngedit gawean dari teman-temannya.

Dari situ dia ngumpulin uang dan mulai invest dan dia kepingin di usia 25 tahun sudah bisa menikmati hasilnya, semoga aja benar. Kalo menurut saya sih motivasi ataupun obrolan dia itu cukup menarik , seputar kehidupan sehari-hari seperti salah satu judul podcastnya: pilih mana , prioritas atau keinginan, atau mengenai lapangan kerja yang makin sempit, dan gimana cara ngadepinnya.

Baca Yuk :

Dan ada beberapa podcastnya yang menurut saya sih keren dan kreatif banget, karena dibawakan dengan santai namun berbobot, sehingga saya sendiri betah ngedengerinnya . Kalo boleh saya bocorkan podcast dia tuh judulnya cukup unik, namanya Depan Layar, kalo kalian minat dan kepingin dengerin curhatan alias obrolannya bisa liat di youtube, semoga aja bermanfaat.

Oke berlanjut ke pembahasan selanjutnya, kali ini topiknya berbeda dengan yang diatas, kali ini ngebahas seputar contentnya mas Deddy Corbuzier dan mantan youtuber gamer Reza Arap. Yang sekarang jadi trending topik nomor lima, gitu sih katanya.

youtube


Sebetulnya saya belum pernah liat contentnya mas Deddy juga si Reza Arap ini, namun tadi saya sempet liat dan dengerin apa yang mereka berdua bahas tentang content creator or youtuber jaman now.

Sejak awal ngedengerin topik yang mereka bahas, saya sedikit kaget dengan ungkapan-ungkapan Reza yang menurut saya rada keras gitu deh, wk wk, maklum saya tuh cuman ibu rumahan, jadi rada sedikit gimana gitu dengernya.
Maafkeun saya yaa mas Reza ?

Baca Juga :

Tapi ya wes lah bukan ngebahas itu juga keles, mereka berdua tuh ngebahas tentang youtuber jaman now yang segala sesuatunya kepingin instan, berbeda dengan mereka berdua yang mungkin udah ngerasain sepak terjang dan susahnya menuju  youtuber yang sukses.

Dari obrolan mereka tuh, youtuber sekarang kepingin cepat kaya, kepingin cepat ngetop dan di like atau subscriber yang banyak dalam waktu yang singkat alias instan. Ya gak salah sih, namun sekali lagi yang mereka berdua tekankan adalah mengapa untuk menjadi viral dan ngetop, kenapa musti melakukan hal-hal yang enggak banget, alias dilakukan dengan cara-cara yang gak bener.

Kan sekarang mah mau viral aja gampang banget, gak usah deh content yang bagus, yang aneh-aneh kelakuannya ato ga bermanfaat aja lansung viral, meskipun videonya gak banget, alias video-video bokep gitu aja bisa jadi viral. Yang lebih ngenes lagi tuh banyak banget viewersnya dan ngeklik content model begituan.

Baru bikin dua atau tiga video, udah kepingin ngetop, udah males nerusin buat video baru, ngeditnya dan sebagainya. Yang ada dikepala mereka saat ini sih, gimana ngedapetin like dan subscriber sebanyak-banyaknya dengan cara apapun. Terus kalo gak dapet viewers dan like yang banyak, jadi mandeg kreatifitas. Udah menghayal jadi orang kaya baru, sukses , tapi kurang gigih, gak mau bersusah payah atau menghargai prosesnya.

Semuanya kepingin serba instan, bahkan hanya dalam hitungan hari saja followers mereka udah banyak banget, kan banyak tuh jual beli followers, yah jika content yang disajikan memang bagus dan menarik sih nggak apa, tapi kadang enggak disertai dengan niat dan kreatifitas yang baik juga. Yang penting mah ngapload aja.

Yang ada difikiran mereka tuh sebatas terkenal dan uang semata. Sama aja kayak calon blogger yang baru buat dua tiga artikel udah sibuk nanyain penghasilan alias ngadsense. Sepertinya jumlah viewers dan like itu jadi hal yang utama tanpa dibarengi dengan kreatifitas. Mereka seolah bangga dengan jumlah viewers dan likes yang banyak, star syndrome ato gimana yaa.

Saya sih enggak menjudge semua youtuber atau content creator itu begitu semua, saya cuman ngedengerin obrolannya mas Deddy dan Reza Arap saja, ternyata apa yang mereka katakan itu memang ada benernya sih.

Sekarang content kebanyakan ikut-ikutan seperti ngeprank segala, yah barangkali itu yang lagi booming dan gampang dibuat. Ato nggak bikin video bokep yang katanya biar cepet viral. Judulnya aja kadang udah nyeremin.  Duh saya sih bukannya sok suci dan sok alim yaa, tapi yang menonton itu gak cuman orang dewasa aja, anak dibawah umur juga udah paham banget ngeklik dan nonton yang begituan. Sediiih banget rasanya....

Sempet viral juga kan video tentang anak sd yang udah pacaran dengan teman sebayanya yang memanggil dengan sebutan mama papa alias ayah bunda. Duuh ngenes amat yahh, mereka tuh udah keburu dewasa sebelum waktunya.

Jadi kalo ditanya kepinginnya berhasil dengan cara yang instan tapi caranya gak bener, atau kepingin berhasil tapi dengan cara bersusah payah dahulu namun hasilnya membanggakan, itu sih terserah kembali kepada pilihan masing-masing ,yang penting mah kreatifitas dan semua usaha yang dilakukan dengan pake hati dan proses yang berliku biasanya hasilnya lebih nikmat. Pan ga enak makan buah durian yang ternyata masih muda udah dikarbit biar cepet mateng... Rasanya gak enak banget yaa...sepet dan rada pahit... Ya begitulah... 



Salam santun

22 Responses to "Content Creator Or Youtuber Jaman Now"

  1. Emang ngenes banget sih youtube sekarang tuh. Tapi ya youtuber ga bisa disalahin juga sih, toh pencetak uang mereka adalah penonton. Penonton juga ga bisa disalahin sepenuhnya karena selera orang beda-beda asal punya kuota ya mereka bebas untuk memilih vidio apa yang ingin mereka tonton.

    Semakin hari youtuber satu dengan yang lainnya kaya ga ada bedanya. Ga kaya youtuber dulu yang selalu punya ciri khas. Kalo kita ngomongin chandra liaw dia pasti terkenal akan editing vidionya yang gila gilaan. Eno bening dia adalah seorang kurator meme dan sering membahas meme di channel youtubenya, btw eno adalah orang yang sudah membuat youtube rewind indonesia pertama yaitu ditahun 2014.

    Kalo kita lihat si tara dia seorang gamers, magician, penyanyi, editor dan masih banyak lagi. Youtuber dulu tuh lebih punya ciri khas.

    Coba kalo sekarang, jangab jauh-jauh deh ambil conth aja Ricis, ciri khasnya apa? Sama aja kaya atta, sama aja kaya acara tv. Tapi ya balik lagi semua itu udah ga bisa disalahin.

    ReplyDelete
  2. Malem kang.. Yup.. Tul banget sih.. Emng ga bisa juga disalahin wong video jg pilihan yang nonton.. Suka" mereka lah... Namun yg buat content ga mendidik yg penting viral itu loh yg bikin ngenes yaaa... Ga penting mutu.. Yg penting bnyk yg suka... Banyk subsriber.. Trus jadi orang kaya baru... Gampil amat ya cari duit kyk gitu.... Saya seumur" blom pernah liat kontennya Atta kyk apa... Kl Ria Ricis.. Pernah sekali jamannya mencet" squsi ato apalah itu... Gak penting banget yaaa... Tapi kok jadi hebooh... Malahan content yg lucu" dan bermanfaat tapi diedit sedemikian rupa sehingga jd tontonan yg kreatif malahan ga laku

    ReplyDelete
  3. Yutuber tuh cita2 anak sekarang. Blogger generasi under 90 :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cita citanya 180 derajat beda sama anak zaman old: pingin jadi dokter he he he

      Delete
    2. Iya bang Day.. Anak sekarang cita"nya ngeyoutube aja ya

      Delete
    3. Tul banget beda banget ama kita zmn dulu... Gantungkan cita"mu setinggi langit gituuu kt guru

      Delete
    4. Dulu pasti banyak yang ngetawain ya kalo ada niatan pengen jadi gamer, eh ternyata sekarang ada yang bisa beli ferari dari jadi gamer doang wkwkwk

      Delete
    5. Itulah pilihan hidup... Dulu kl ngegame ajaa pasti bnyk yg kesel krn abis waktu berjam" giliran udh jadi profesi dan ngehasilin... Pada lomba " ya pingin jdi gamer..

      Delete
  4. yaap.. yutuber menjanjikan sekali penghasilan ny

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo dikerjakan secara serius dan sabar apapun itu akan ada hasilnya.. Yg jdi masalah kadang ga sabaran kepingin cepet dan ga mau nikmatin prosesnya

      Delete
  5. Saya belum nonton yang Deddy sama Reza ini mbak. Semua memang butuh proses. Yang sungguh-sungguhlah yang bakalan dapat apa yang diinginkan. Sy bukan cm bicara tp ngerasain 10 th usaha jatuh bangun kemudian baru bisa meluk buku solo sy..hehe. lama banget kan :D

    Untungnya smp sekarang saya nggak pengen jadi youtuber *lha siapa yang mau nonton.. Hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba Muy, tapi meskipun sepuluh th itu waktu yg lama tapi jika dilakukan dengan sangat sabaaar bgt dan niat yg kuat dan banyk rintangan ,tentunya hasilnya sangat memuaskan yaa, buktinya mba Muy udah jadi panutan dan blogger yg sukses abiis ya khan ?

      Delete
  6. Setuju banget mbak, menurut saya juga proses itu walaupun panjang dan berliku justru itulah yang bikin menarik, bikin greget, bikin semangat. Kalau langsung berhasil, pasti nggak ada rasanya, hambar.
    Mi instan aja nggak sehat, sukses yang instan pun juga pasti nggak baik.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh keren banget nih kata"nya...emang segala yg instan itu ga baik yaaa... Cepet tapinya ga da tantangan.. Yg susah dan berliku itu justru seninya... Jadi kita sama donkkkk 😁

      Delete
  7. Jadi kepo dengan podcast depan layarnya, cus yutub ahh setelah ini

    Btw emang bener banget, hasil yang instan itu gak akan semanis hasil yang diperoleh dengan kerja keras susah payah. Ada nikmat tersendiri yang tak bisa diterjemahkan dengan bahasa, cukup dirasa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mba.. Iya sy lgi seneng dengerin podcast menurut sy sih keren dan memdidik gitu... Kl youtuber instant ya gitu deh gak ngerasain kerja keras dan wktu yg lama
      .pdhl yg lama dan berliku" itu kerasa manis ya

      Delete
  8. Tapi faktanya emang banyak loh mbak, content creator atau blogger yg bukan karna hobi/passion tp karna ngejar tenar & uang. Aku sering bgt dpt DM di IG, "kak gmn sih caranya dpt uang dr blog?", "gimana caranya biar di endors?", "gmn caranya biar adsense di acc cepet?", setelah aku cek blog mreka ternyata itu blog baru yg visitornya blm seberapa, artikelnya juga baru berapa biji, jujur aku males bgt jawab pertanyaan beginian kalau motivasi mreka itu uang, soalnya dulu aku bahkan ga terpikir kalau bisa dpt uang dr ngeblog, aku ngeblog karna itu passionku aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pagi mba Meta... Gitu ternyata ya.. Kl niatnya dr awal emang udh duit or ketenaran semata ya susah yaa.... Sy jg dr awal emng niatnya ngeblog karena suka coret" walo kadang masih curcol ga penting gitu... Krn awalnya emg ga ngerti sama sekali ngeblog itu gmn... Baru setelah BW baru ngeh sy kalo ternyata ada blogger yg sukses dan menghasilkan... Gt jg dengan content.. Selama bagus.. Kreatif.. Knp nggak yaa... Asal sejak awal jgn melulu duit aja yaaa... Cintai dulu kerjaan atau kegiatan kita... Rezeki ga kemana yaaa

      Delete
  9. Jangankan konten kreator, artis2 aja sekarang youtube nya isi nya sejenis2 juga. Kalau ga ngevideoin kegiatan sehari2 mereka, atau ga wawancara orang2 yg lg viral. Tapi emank yg kaya gt banyak yg nonton sih, karena sesungguhnya banyak orang yg kepo dg gaya hidup mereka. Mendidik? Itu urusan belajangan yg penting view dan like. Hehehhe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya mbak... Kok ceitanya yg model gituan semua.. Kalo ga prank... Nunjukin kehidupan mewah... Ato hal" yg ga penting bgtt yaaa... Tpi itulh mlahan yg ditonton ama warga +62 😁

      Delete
  10. Segala sesuatu itu harus diraih dengan kerja keras. Kalo mau cepet minta aja sama ibu peri. Bikin blog kalo males nulis ya tenggelam blognya. Sama aja kaya youtuber. Kalo gak mau bikin konten, mikirin materi, males ngedit, ya jangan harap bisa sukses. Sukses itu mengikuti usaha kita. Karna usaha itu gak pernah bohong.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alamak bijaksana kali pendapatnya x ini.. Yup segala gawean apapun itu kudu dilakukan dng sungguh" ga bisa cepet" / instan... Dikira mie instant kali.. Usaha ga akan pernah ngebohongin hasilnya.

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel