BIKIN KONTEN, SEKEDAR CARI UNTUNG & NAMA ? - HENIAJAA.COM

BIKIN KONTEN, SEKEDAR CARI UNTUNG & NAMA ?

Halooh pembaca budiman...

Akhir-akhir ini lagi heboh bikin konten tentang prank ngerjain abang ojol dan nunjukin isi saldo, dikalangan tertentu, gak tau hanya fenomena yang lagi ngetrend sesaat atau bakalan berlanjut, soalnya selama konten tersebut viral dan rame bakalan membawa keuntungan buat yang bikin konten.

konten kreator

Sebenarnya sih dari segi kreatif ga ada salahnya dengan konten, hanya saja akhir-akhir ini kok konten yang dibuat seperti asal jadi alias hanya mengejar keuntungan saja tanpa memperhatikan sisi humanis didalamnya.

Banyak prank ini dan itu yang sekedar ikut-ikutan, gak artis gak masyarakat umum, semua ikut-ikutan buat konten seperti ini, ngeprank gitu istilahnya. Gak liat sikon alias situasi dan kondisi. Apakah orang yang di prank itu lagi ada masalah, punya penyakit atau hal lainnya. Sedang si pembuat prank akan merasa puas setelah berhasil mengerjai si korban.

Ya ga semua prank berkonotasi buruk, contohnya saja prank alla beberapa artis yang menyamar jadi orang gila atau orang gak mampu dimana maksudnya adalah untuk mengetes apakah si korban akan mau berbagi dengan orang yang gak mampu, yang pada akhirnya si korbanpun akan mendapat hadiah dari si pembuat prank karena kebaikan hatinya.


Itu sih masih oke lah. Namun beberapa prank yang terlalu memaksa seperti ngerjain abang ojol akhir-akhir ini kok rasanya rada ngenes ya, walopun akhirnya memberi bantuan juga kepada si abang ojol, namun kesannya kok uang bisa membeli segalanya ya...miris banget.

Namun inilah yang terjadi, semakin viral semakin laris manis meskipun banyak diluaran sana orang lain  menjadi korban keisengan mereka. Barangkali ini fenomena cari duit diera serba digital ini, gak lagi melihat sisi kemanusiaan, selama uang ada ditangan, semudah itu membeli atau melakukan sesuatu. 

Kata teh Nicky Astria, uang..lagi-lagi uang...Uang juga bisa bikin orang mabuk kepayang dan lupa ingatan, dengan uang orang bisa melakukan apapun.

Sama seperti fenomena yang lagi viral akhir-akhir ini, dimana beberapa gelintir artis menunjukkan jumlah isi saldo tabungan mereka. Barangkali ada rasa bahagia tersendiri yang gak bisa diungkapkan dengan kata-kata, ada kepuasan tersendiri bisa memperlihatkan jumlah uang mereka kepada khalayak.

Walaupun mungkin ini gak bermaksud serius, namun fenomena nunjukin jumlah saldo kok kesannya mengumbar alias ria. Gak takut dibobol maling atau keselamatan terancam yah ?

Waduh saya sendiri tuh gak terlalu ngeh apa maksud dari buat konten seperti ini, gak tau manfaatnya dari segi yang mana, kayaknya lebih banyak mudarot dari pada manfaatnya.

Namun inilah yang terjadi di negri ini, gak salah sih buat konten yang kreatif dan bervariasi, namun rasanya dimana garis kemiskinan masih cukup banyak di negri ini, apa gak menimbulkan kecemburuan sosialkah fenomena nunjukin jumlah saldo itu ?
Ataukah rasa empati sudah mulai sedikit luntur di negri ini ?

Maafkan saya kalo saya rada ga sejalan dengan beberapa teman youtuber, barangkali memang itulah kerjaan mereka dalam menciptakan konten-konten yang kreatif, namun seenggaknya sambil melihat sisi kemanusiaannya deh gak sekedar cari viral dan untung belaka, sekali lagi mohon maaf jika kita berbeda...peace.



Salam santun



























































































































32 Responses to " BIKIN KONTEN, SEKEDAR CARI UNTUNG & NAMA ?"

  1. Banyak diantara mereka telah menjadi 'budak' viewers. Sehingga idealisme seperti kemanusiaan, moral, ataupun nilai-nilai kebaikan lainnya mereka abaikan. Miris sih sebenarnya, apalagi banyak dari mereka adalah public figure, yang bagi orang awam sangat mudah dicontoh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pagi mas... Iya betul bgt .. Ga perlu repot mikirin ini itu, udah jadi... Tayang...viral... Ngetop.. Duit berdatangan...semua senang

      Delete
  2. gak papa mba semua pasti ada perbedaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oc dech... Mudah"an menghibur tpi jg berguna yaaakk

      Delete
  3. konten prank memang konten sampah. btw sekarang blognya sudah ada adsennya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pagi mas... Iya sy jg suka mikir gitu... Iya nih udh psg adsense... Tpi masih jauuuhhhhh 😁

      Delete
  4. Semua karena materi dan popularitas mbak.. kan ujung2nya yang dikejar trafficnya juga😂😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup betul bangeet mbak.... Traffic tinggi duit dan popularitas nyamperin yaak 😆

      Delete
  5. Replies
    1. Pagi... Kl masih wajar sih ga masalah yaa.. Tpi kalo udh aneh" ga masuk akal... Kok malahan laku 😮

      Delete
  6. Replies
    1. Ak wk wk... 😁😆 emng gitu yaaak...

      Delete
  7. Demi mendapatkan sesuatu memang era sekarang banyak orang membuat sesuatu yang boleh dikatakan tanpa memikirkan efek sampingnya.

    Yang terpenting bisa viral dan menguntungkan....Gw ogah kaya begitu..😱😱

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bang... Cari duit tp ga gitu" jg kali yaa.. Seide kita bang. 😄

      Delete
  8. Dunia maya atau dunia nyata itu sama aja kali, selalu ada resikonya karena tak setiap orang di luaran sana semuanya bakal mendukung karier yang diri kita lakukan tidak sama sekali tidak. Justru cuma ada 2 orang saja yang mendukungnya selebihnya tak mendukung yang membuat diri kita serba salah dalam hal menjalankan profesi tersebut.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba Tity, dunia maya dan nyata sm aja ya.. Tergantung gmn orangnya... Mudah"an org terdekat terus mendukung.. Thx udah berbagi

      Delete
  9. ngga ngeprank ngga ngadsense mbak.
    btw mbak hei sering nonton konten2 seperti diatas ya? XD

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aih bang Ichal nongol lagi... Yg ga ngeprank ama ngadsense maksudnya situ?. Pernah sih liat walo jarang... Kebetulan kok rd gmn gitu liatnya.. Kapan aktif lgi? Ditunggu looh tulisannya

      Delete
    2. kalau ngga bikin konten jadinya ngga nambah view dan uang.
      belum dipastikan kapan.

      Delete
    3. Ya sih tpi ga gitu" juga kali kontennya... Sibuk ma kerjaan ya.. Oc dech smg sukses bang Ichal.

      Delete
  10. Artis yang dulunya nongol di TV kini mencari suaka di Youtube. Saya tarik kesimpulan , mereka nampak hancur! Menjadi budak viewers, para subscribernya dan budak penikmat konten sampah yakni netizen Indonesia.

    Mempermainkan emosi dan perasaan seseorang tidak bisa diobati dengan uang yang banyak, pasti akan membekas di hati para korban prank.

    Rela menjadi sampah hanya untuk membuat konten sampah pula adalah sesuatu paling unfaedah tetapi banyak yang memfavoritkan. Mengesampingkan profesionalitas pada bidang yang ditekuni demi menjadi sampah.

    Karena konten sampah bertebaran di Youtube dan Facebook saya sebulan ini lebih aktif di Quora. Di Youtube kadang juga nongkrong tapi cuma dengerin EDM sama nonton di channel SISI TERANG. Semua channel yang upload konten sampah mulai saya tinggalkan.

    Jadi harap bersabar, dunia maya Indonesia sedang memasuki Digital Dark Age (Zaman Kegelapan Digital) 😅

    #sorry_komen_kepanjangan_lagi :v

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya nih.. Suka miris liat kelakuan bbrp artis yg kini mulai ikutan buat konten ga jelas... Ngeprank yg aneh" nyamar jd gelandanganlah... Nuunjukin beli sesuatu yg serba mahallah semwntara sebagian orang buat cari makan aja susahnya minta ampun.... Kl mau bantu ya ga usah ditunjukin... Kalo bisa tangan kanan memberi tangan kiri ga usah tau... Inimah jadinya ria.... Emang sengaja di bikin kontem supaya laku.. Udah itu yg liat hobi bangeet.. Malah ikut"bikin konten gituan yg penting bnyk viewers... Miris liatnya... Sy ngeyoutube itu cuman denger lagu doank ( lagu jadul 😁😆 kyk Sheila On 7 ..Zamrud.. Boomerang) ato denger podcast hanya satu orang aja.. Duduk Paling Depan.. Itu doank... Waah jawaban sb jg panjang bangeet.....

      Delete
  11. Konten Prank tentang Ojol itu, kayaknya untuk mencari Untung Mbak, yaitu dari segi view dan mungkin juga bisa untung dari segi penghasilan adsense.

    Yang rugi mungkin orang yg terkena Prank,soalnya cuma Jadi Bahan Konten Video.haha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanya itu... Yg bikin prank mah enak.. Walopun pranknya aneh" ttp aja bnyk yg liat... Yg apes yg kena prank... Ga ngerti apa"...

      Delete
  12. kasian kalo ngeprank ojol meski setelahnya diberi hadiah, tpi video di youtube selamanya akan dapat penghasilan dari adsense berkali-kalilipat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itulah... Apapun itu videonya.. Kalo bagus dan ada gunanya sih ga masalah ya.. Kadang yg ga guna juga viral dan nguntungin yg bikin kontennya.

      Delete
  13. Dari dulu saya gak suka konten-konten gak jelas gitu. Nonton youtube paling liat makeup tutorial (dulu) sama tentang fashion. Kalo sekarang cuma buat dengerin lagu-lagu anime sama paling lihat channelnya gita savitri.

    Saya juga heran mbak, kok banyak yang nonton konten prank kayak gitu. Gimana tuh perasaannya pas nonton?? Hmm ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai mbak... Iya sy jg jrg bgt ntn yg begituan, sesekali aja krn denger heboh di medsos, ga tau yg hobi bangeet liat konten prank model gitu.. Udh mati rasa kali yaa.. Sy tuh liat youtube cmn dngr lagu" ato gak podcast gt ...tpi ga banyk juga kyk Duduk Paling Depan

      Delete
  14. akupun mulai tak paham dengan konten creator youtube yang kini isinya malah hamper semuanya sensasi dan drama. Akhirnya hanya nonton funny moment dan relaxing video jika buka youtube

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kebanyakan udah aneh"...tapi justru yg aneh itu yg bnyk dicari.. Diliat dan ditiru..

      Delete
  15. Sekarang lebih mengutamakan views dan kehebohan daripada sisi manusiawi mba, suka miris lihatnya, semoga dapat balasan deh orang-orang kek gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah nih yg penting viewers banyak... Mau guna ato nggak yg penting mah viral judulnya..

      Delete

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel