Tampilkan postingan dengan label Kuliner. Tampilkan semua postingan
Tampilkan postingan dengan label Kuliner. Tampilkan semua postingan

6 Maret 2019

RESEP TUMIS PEPAYA MUDA

6 maret 2019

RESEP TUMIS PEPAYA MUDA

resep tumis pepaya muda

Hai kali ini mau nulis resep masakan tumis pepaya muda, simpel aja kok buatnya. Bahannya juga gampang dicari, bahkan pohon pepaya banyak tumbuh di pekarangan rumah, bahkan sering terbuang karena tidak dimakan.

Buah pepaya banyak sekali manfaatnya, terutama untuk melancarkan pencernaan karena seratnya yang lumayan tinggi. Namun tidak banyak orang yang memanfaatkan buah yang satu ini.

Kebanyakan hanya dikonsumsi begitu saja jika sudah matang, atau dibuat rujak buah jika masih setengah matang, terkadang suka bosan juga memakan buah ini begitu saja, karena buat sebagian orang pepaya yang sudah matang baunya agak kurang enak. Tapi manfaatnya baik untuk kesehatan terutama pencernaan.

Kebetulan dibelakang rumah ada satu batang pohon pepaya yang buahnya lumayan lebat. Dari pada bingung mau diapain karena suka bosen juga, lebih baik aku buat tumis pepaya muda aja deh. Yuk langsung aja di simak.

Baca   Menu Ikan Acar Kuning
Baca   Menu Lodeh Lengkap Dan Peyek udang
Baca   Resep Sayur Rebung Enak Dan Murah
Baca   Semur Ayam Alla Aku

Bahan-bahan :

- 1 buah pepaya muda ukuran sedang, dikupas kulitnya sampai bersih, lalu diserut atau diiris tipis-tipis sekali sebesar batang korek api.
Cuci dengan mencampur sedikit garam halus dan di aduk merata supaya getahnya berkurang.
Bilas dengan air yang mengalir sampai bersih dan tiriskan.
pepaya muda


Bumbu :

- 1 sendok teh lada hitam atau lada bubuk juga boleh

- Bawang merah 5 siung

- Bawang putih 2 siung

- garam secukupnya

- ebi atau udang kering 1 sendok makan

- minyak untuk menumis

- Air sekitar 3 gelas

- kecap manis secukupnya / sesuai selera
bumu tumis pepaya muda

Cara membuatnya :

Giling semua bumbu sampai halus, lalu tumis sebentar sampai bumbu harum, 
lalu masukkan pepaya muda yang sudah di serut tadi, aduk perlahan dan tambahkan dengan 3 gelas air tadi, masak hingga setengah matang, tambahkan kecap manis secukupnya atau sesuai selera, cicipi apakah rasanya sudah pas antara manis, gurih dan pedasnya lada tadi.

Masak hingga empuk dan matang sehingga agak sedikit berkurang kuahnya dan jika sudah matang sajikan di mangkuk dan taburi bawang goreng, rasanya mirip dengan mie goreng gitu cuman agak kretes-kretes.

Yups itu tadi menu praktis resep tumis pepaya muda buat makan siang kali ini.
Selamat mencoba.


Salam santun


1 Maret 2019

MENU IKAN ACAR KUNING YANG ENAK DAN PRAKTIS

februari 2019

MENU IKAN ACAR KUNING YANG ENAK 
DAN PRAKTIS

"Kali ini mau mengulas tentang ikan, seperti kita tahu, banyak mengkonsumsi ikan sangat baik untuk kesehatan, apalagi ikan laut.

Ikan kembung salah satunya, selain harganya yang terjangkau, proses pengolahannya tergolong mudah, jadi buat yang mau sehat dan pintar banyaklah mengkonsumsi ikan sedari kecil"
.
menu ikan acar kuning
ikan acar kuning


Hai temens, sudah lama banget kayaknya aku gak nulis tentang masakan. Kali ini mau nulis menu acar ikan kembung. Padahal aku suka makan dan masak, ntar kalo kelamaan gak nulis tentang masakan , takutnya ilmuku ngilang hi hi.


Kebeneran di rumah lagi nyetok ikan kembung, masih seger soalnya barusan aku beli, jadi angguran langsung dimasak aja.

Tadinya rencana mau di buat sate kembung, tapi berhubung proses pembuatannya rada ribet dan aku lagi gak ada stok daun pisang buat di bungkus.

Daun pisang aja gak ada apalagi alumunium foil, akunya gak ada setok, maksud hati biar agak rapih dan keyen dikit gitu loooh.. Ujung -ujungnya kagak jadi juga dah.  

Akhirnya cari yang gampang dan praktis aja. Buat acar ikan kembung aja deh, selain enak juga gak ribet. Bumbunya juga emang kebetulan ada di rumah.

Bahan yang di butuhkan :

3 ekor ikan kembung ukuran sedang.

Ikan kembung dipotong menjadi dua bagian, jadi dari tiga ekor tadi bisa terkumpul enam potongan ikan, lalu dibersihkan sampai tidak ada lagi kotoran atau sisa -sisa darah yang menempel di ikan. 

Sebaiknya pakai air yang mengalir aja yah, jadi hasilnya betul-betul bersih, lalu di tiriskan deh supaya airnya menetes  dan sisihkan di piring atau wadah.
.

Bumbu yang di butuhkan :

-8 siung bawang merah
-4 siung bawang putih
-5 butir kemiri
-12 buah cabe merah besar tergantung selera
-1 ruas jari kelingking kunyit
-1 batang sereh ukuran sedang
-1 buah tomat ukuran sedang / besar
-2 lembar daun salam
-1 sendok teh garam
- minyak goreng untuk menggoreng    dan menumis bumbu
- air  sebagai tambahan
-1 sendok teh gula pasir

Baca  Resep sayur lodeh yang simpel dan lezat
Cara membuat :

Goreng semua ikan sampai matang, lalu ditiriskan supaya minyak tidak menetes lagi, atau pakai alas tisu yang khusus untuk meniriskan / menyerap minyak bekas menggoreng.

Semua bumbu yang telah dicuci dan bersih lalu di giling , kalo males ngegiling dan capek, tinggal di blender aja. Soalnya aku tauk pastinya malez buat ngegiling bumbu yang rada banyak , ntar juga takutnya hasilnya kurang halus.

Kalo rada susah, sebelumnya semua bumbu kecuali daun salam sebaiknya di potong rada kecil yah supaya nggak susah di blendernya, kalo perlu tambahin sedikit air supaya gampang.

Setelah bumbunya halus, lantas ditumis dengan minyak goreng secukupnya sampai harum dan matang, lalu tambahkan  daun salam dan air secukupnya.

Terakhir tambahkan garam dan gula pasir, masukkan ikannya dan diaduk sampai semua bumbu menyatu dengan ikan.

Kalo kurang asin atau kurang manis, bisa di cicip dulu, tergantung selera, kalo aku sih sukanya semua yang sedeng-sedeng aja, gak kelewat asin juga gak kelewat manis. Masak sebentar sampai matang dan bumbu agak sedikit mengental.

Kalo sudah matang angkat dan sajikan deh. Gampang dan praktiskan. 

Gak pake ribet dan lama, kalo temens gak sempet masaknya sendiri bisa minta tolong buatin sama mbaknya dirumah, jadi pas mau makan dah tersedia deh.

Yups itu tadi menu ikan acar kuning yang enak dan mudah ala aku, semoga bisa di coba di rumah. Terima kasih temens, selamat menikmati.


Salam santun


4 Januari 2019

Menu Lodeh lengkap dan peyek udang

 3 Januari 2019

Halo sobat bloggers

Wah banyak banget yah cerita di awal tahun. Ada yang jalan-jalan, ato sekedar kumpul bareng keluarga. Semuanya di nikmati aja, aku gak juga sampe heboh gitu nyambut tahun baru, biasa aja. Kebetulan aku juga malahan udah molor dari jam 10 malem, soalnya udah cape dan ngantuk sih. Kebangun juga karena tetangga yang niup terompet dan ngidupin kembang api. Mudah-mudahan kedepannya bisa lebih baik dari saat ini. Amiin.

Ketopik selanjutnya,
   
Nulis tentang resep masakan lagi aja deh. Secara dah beberapa saat yang lewat nulis tentang perjalanan melulu,  sekarang kudu diselingin ama masakan gitu,  supaya aku juga gak bosen nulis hal yang sama. Kudu ada something yg berbeda gitu. 

Resep kali ini juga cukup simpel dan tentunya enak gitu looh kalo menurut aku. Enggak tau kalo menurut kalian. Mungkin mau coba praktekin dulu nih resepnya . Kalo belum coba.. jangan dulu bilang gak enak yah. Mudah-mudahan sih kalian syukaaa..Soalnya ini mah menu rumahan aja.
.
Oke resep kali ini ada dua macam. Sekalian aja biar sayur juga sekalian lauknya,  jadi gak perlu bingung-bingung lagi mau masak apa.
Hayuk di mulai dan disiapin bahan-bahannya.

Resep pertama

* Sayur lodeh lengkap *





Bahan-bahan:

* Melinjo sebanyak 1 genggam ato satu mangkuk kecil sesuai selera masing-masing.
* Daun melinjo secukupnya
* Labu siam 1 buah dipotong dadu
* Jagung manis potong 4
* Kacang panjang 1 ikat kecil potong seruas ibu jari
* Kol 2 lembar di potong/sobek
* Tahu goreng 4 buah di potong dadu
* Santan kental 1 gelas
* Air 4 gelas
* Minyak untuk menumis.

 Bumbu yang dibutuhkan :

* Garam secukupnya
* Sereh 1 btg geprek
* Laos 1 bh ibu jari geprek
* Daun salam 2 lembar
* Kemiri 4 butir
* Cabe hijau 5 buah iris tipis
* Cabe merah 3 buah
* Bawang merah 4 siung
* Bawang putih 2 siung
* Kunyit 1/2 jari kelingking
* sejumput gula pasir

 Baca juga  : SemurAyam Alla Aku

 Cara membuat :

Giling bumbu seperti cabe merah+bawang merah+bawang putih+kunyit+kemiri dan garam sampai halus. Kalo males di blender aja.

Tumis semua bumbu yang sudah digiling tadi,  lalu masukkan irisan cabe hijau... Daun salam... Sereh dan juga laos yang sudah digeprek tadi.dan sejumput gula pasir. Tumis bumbu sampai harum dan sisihkan.

Rebus 4 gelas air... Masukkan melinjo.. Labu siam dan jagungnya. Tunggu sampai semua empuk.
Masukkan kacang panjang.. Tunggu sebentar... Lalu masukkan daun melinjo plus daun kol... Lalu masukkan bumbu yang ditumis tadi.

Terakhir masukkan potongan tahu dan santan kentalnya.
Masak sebentar sampai santan mendidih dengan api sedang. Usahakan santan tidak pecah. Angkat dan sajikan. Taburi bawang goreng lebih enak.

Resep kedua

* Peyek udang *


Bahan-bahan :

- 1/4 udang kecil bersihkan
- 8 sendok makan tepung beras
- 1 batang daun bawang iris tipis
- 1 butir telur
- minyak untuk menggoreng
- air sebagai pengencer adonan

 Bumbu :

- 2 siung bawang putih
- 2 siung bawang merah
- 1 sendok teh ketumbar
- 1/2 jari kelingking kunyit
- garam secukupnya


Baca juga :  Resep Sayur Rebung


Cara membuat :

Giling semua bumbu seperti bawang merah + putih +ketumbar dan garam dan juga kunyit sampai halus....sisihkan.

Buat adonan dari tepung beras ditambahkan telur dan masukkan bumbu tadi. Tambahkan air secukupnya sampai adonan kekentalannya cukup... Masukkan irisan daun bawang.
Lalu masukkan udangnya dan di aduk sampai nyatu.

Goreng adonan dalam minyak yang cukup dengan api sedang.
Masukkan adonan satu persatu.
Goreng hingga warnanya kekuningan... Angkat dan sajikan. 

Yah selesai juga deh menu kita yang ke dua ini. Simpel dan juga enak . Soalnya bahannya juga masih seger dan gampang di dapat.

Yup kalo ada yang mau coba silahkan.  Siapa tau bisa jadi menu makan siang kalian kali ini.
Apalagi jika sedang libur bisa banget tuh di coba.
Met maksi semuanya. Jumpa lagi di resep selanjutnya yah...


Salam Santun

18 Desember 2018

Resep Sayur Rebung Yang Murah dan Enak



Desember 2018

Resep sayur rebung yang murah dan enak-


Hai sobat,...


Bosan dengan makanan yang itu-itu aja, kali ini aku mau berbagi resep sayur rebung yang murah dan enak, praktis juga memasaknya gak pake ribet dan lama. Kalian sudah tau kan rebung itu seperti apa.
Kalau di kampungnya suamiku ,aku masih bisa melihat secara langsung pohon rebung alias bambu.

Ya rebung memang tanaman bambu, yang diambil pada bagian akarnya yang masih muda alias pucuk rebung. Biasanya kebanyakan di daerah Jawa menggunakan tanaman ini sebagai sayur. Sedangkan batangnya yang sudah tua banyak sekali kegunaanya. Entah dipakai sebagai dinding rumah, biasanya dengan cara menganyam bambu setelah dibersihkan dan di serut bagian yang kasar.

Kebanyakan di desa-desa masih menggunakan bambu sebagai atap dan dinding rumah. Bahkan di rumah orang tua suamiku di Jawa juga plavon rumahnya juga masih terbuat dari anyaman bambu. Terlihat lebih unik karena hanya di beri olesan pernis sehingga mengkilat.
Banyak perabotan rumah tangga juga masih menggunakan bambu anyaman seperti bakul nasi, topi pak tani, kursi dan sebagainya, dikota-kota juga bambu banyak digunakan kafe atau rumah makan tradisional sebagai pemanis interior atau gazebo.

Nah sekarang setelah sedikit uraian diatas, aku mau bagiin resepnya sekarang, di simak yah.

Boleh dibaca :   Resep Sayur Lodeh Yang Simpel



Resep sayur rebung ala aku 

Bahan- bahan :

* 1/4 kg rebung muda yang sudah direbus
* Santan kelapa yang kental 1 gelas

Bumbu yang diperlukan :

* 5 buah cabe hijau iris serong
* 4 siung bawang merah
* 2 siung bawang putih
* ebi  /  udang kering 1 sendok makan ceper
* 4 butir kemiri
* 2 lembar daun salam
* 1 batang sereh di geprek
* 3 gelas air
* garam secukupnya
* minyak untuk menumis

Cara membuat :

Rebung diiris tipis sebesar ukuran telunjuk.

Baca juga :  Semur Ayam Alla Aku

                     
Sebelumnya rebung direbus dahulu supaya empuk, tapi biasanya dipasar sudah ada sih yang matang., 
Giling bumbu seperti bawang merah, bawang putih, kemiri, dan udang kering beserta garam sampai halus, kalo malez ngegiling bisa di blender aja supaya praktis. Kemudian tumis bumbu sampai harum dan matang yah, masukkan sereh yang sudah digeprek tadi juga daun salamnya.

Rebus air kedalam panci sebanyak 3 gelas, biarkan sampai hampir mendidih.
Lalu masukkan rebung yang sudah empuk , tunggu sebentar , kemudian masukkan bumbu yang sudah ditumis tadi, terakhir masukkan santan kental tadi, tunggu sampai santan mendidih , dan usahakan jangan sampai santannya pecah yah. Masak menggunakan api sedang saja ya.

Terakhir taburi dengan bawang goreng dan siap di sajikan.

Kalo kata aku sih rasa kuahnya itu mirip sama kuah bugro yaitu makanan dari daerah Palembang, yang terbuat dari tepung beras yang dimasak dengan cara dikukus dan diiris tipis seperti mie, dan kuahnya terbuat dari campuran  udang kering yang banyak, tapi ada juga yang membuatnya dengan campuran ikan panggang,,sedap deh. Yang orang Palembang pasti tau nih.

Nah sayur rebung udah jadi enaknya dimakan selagi hangat beserta sambal dan lauknya, kebenaran aku juga sudah masak lauk peyek ikan teri dan bakwan apalagi kalo ada kerupuk, pasti lebih nendang he he. Itu tadi resep praktis dari aku semoga ada yang suka dan bisa dipraktekin.
Selamat menikmati.


Salam santun.

3 Desember 2018

Resep sayur lodeh yang simpel dan lezat ala aku

Resep sayur lodeh yang simpel dan lezat ala aku -


Ini adalah yang kedua kalinya dalam tulisanku kali ini. Karena sesuai dengan niche nya blogku , salah satunya adalah tentang kuliner, maka aku mencoba membagi sedikit hobi masak-masakku ini .

Kubuat karena kesukaan aku yang doyan makan tapi susah gendut, coba aja liat di foto-fotoku di tulisan yang lain.. Kurus khan? Makanya berhubung doyan makan ya sudahlah sekalian buat resep sayur lodeh  yang sehat juga enak.
Semoga bermanfaat dan bisa dicoba dirumah oleh ibu-ibu dan embaknya.

Selasa kemarin dah sempet posting tentang 4 alasanku ngeblog... Itu adalah tulisanku ku yang umum. Hari ini balik dulu ke artikel mengenai kuliner dulu yak... Tinggalkan dulu sejenak artikel yang rada berat... Kembali ke hal yang ringan dan menyenangkan terutama buat bu ibu yang hobi masak yah he he. Karena sesuai dengan judul or nichenya blogku yang menceritakan tentang hobi dan juga mengenai keseharianku, maka kali ini topiknya membahas tentang masakan.. Yuk ikuti ceritaku dibawah ini yak men temen.

Siang-siang gini mau keluar kok males banget ya. Mau ngapa-ngapain juga kok mager amat yak. Napa yah. Iya mau makan siang dirumah kok gak nafsu amat, apalagi cuaca siang ini gerah banget.Tapi kalo keluar rumah juga gak mungkin, secara kalo keluar rumah pasti ada ada aja yang mau dibeli. Gak mungkin cuma semacem, pasti banyak macemnya he he. Namanya emak-emak kalo dah keluar rumah, apalagi kalo ngemall pasti banyak maunya. Jiat...Hayo ngaku aja deh.

Ngomong-ngomong tentang makan siang, apa maksimu men temen. Yap berhubung aku tadi sempet liat di kulkas ku ada seonggok kacang panjang ,tahu dan tempe, loh kok seonggok sih...setumpuk kali yah he he. Iya tadi aku liat ada bahan-bahan ini didalam kulkas, enaknya dimasak apa yah.Sambil celingak-celinguk dikulkas ada apa lagi yah kira-kira.

Oke kali ini berhubung waktunya makan siang hendak dimulai, maka kali ini aku mau buat resep sayur lodeh ala aku.Bahannya murah meriah dan maknyus loh. Kayaknya  cucok deh buat menu makan siang kali ini. Yuk ikuti  di bawah ini yah.


Bahan-bahan :

*Kacang panjang 1 ikat sedang, potong seruas jari
*Tahu putih yang sudah digoreng sebanyak 5 buah dipotong dadu
*Tempe 1 buah / kotak, dipotong dadu.
*Santan kental 1 gelas

Bumbu :

*4 Siung bawang merah diiris tipis
*2 Siung bawang putih diiris tipis
*5 Buah cabe hijau iris tipis
* Beberapa lembar daun kemangi
*1 Batang sereh digeprek
*1 Ruas ibu jari laos digeprek
*Garam secukupnya
* Air 3 gelas

Cara membuat :

Masukkan air kedalam panci, lalu masukkan pula semua bumbu yg diiris tadi ya, termasuk sereh dan laosnya, jika air hampir mendidih masukkan kacang panjang, tunggu sebentar sampai agak setengah matang, lalu masukkan tempe dan tahunya, cemplungkan  alias beri garam secukupnya, terakhir tambahkan santan kental dan diaduk perlahan ya , jangan sampai santannya pecah, api sedang saja, terakhir masukkan daun kemangi secukupnya saja, jika sudah mendidih dan matang angkat dan sajikan yah men-temen.

Yey sudah jadi menu aku kali ini buat temen makan siangkuh. Gimana, simpel dan praktis kan?
Iya selain enak juga sehat karena kita tahu, kita sendiri yang mengolahnya dan bahan-bahannya juga masih seger dan yang pasti sehat, karena  no msg. Dan yang lebih penting lagi gak pake lama dan ga pake mahal, secara bisa menghemat buat keperluan yang lain, iya khaaan. Bahan-bahannya juga gampang didapat kok, di abang tukang sayur juga ada kalo men-temen gak sempet ke supermarket.

Oke deh ini adalah resep sayur lodeh ala aku kali ini. Mudah-mudahan bermanfaat dan bisa dicoba yah.
Buat nyenengin anak dan suami gak pake mahal, yang penting yang masak happy dan iklas so pasti yang makan juga akan senang. Selamat makan teman-teman.Tunggu resep-resep sederhana dan simpel dari aku ya...See you.

Salam Santun dariku




18 November 2018

Semur ayam alla aku

18 November 2018

Hai , masih setia berkunjung ke blogku....


Kali ini aku mau menulis tentang makanan aja deh. Biasanya kan aku nulis tentang jalan-jalan.
Biar belum banyak yang aku tulis , minimal ngingetin aku bahwa menulis adalah hal baru yang menyenangkan buat aku. Yah walaupun tulisan aku masih sederhana aja. Maklum aku juga masih belajar,dan sepertinya aku lebih suka menulis yang ringan-ringan saja sesuai kemampuan aku yang memang suka hal yang simpel dan praktis.

Oke kembali ke judul diatas kok nemu menu....Apa sih maksudnya..
Yap seperti yang aku tulis diatas, aku mau menulis beberapa kegiatan aku akhir-akhir ini yang suka banget posting beberapa menu masakan yang aku buat ke medsos.
Bukan buat pamer atau sok jadi food fotographer sih, tapi kegiatan yang aku lakukan itu buat nyalurin hobi aku yang suka masak dan makan. Ya biar pun cuma makanan rumahan , tapi lumayanlah dari pada manyun gak jelas mending kukeluarkan tenaga dalam buat mengerahkan kekuatan dari tangan saktiku ini,,,,,wala.

Sebenarnya sih ini cuma menu sederhana aja sih. Gak ada yang istimewa. Wong cuma masak semur ayam kecap aja kok.
Tapi karena kubuat dengan rasa kasih dan sayang, cie -cie,  maka jadi jugalah resep kesayangan ini ditangan saktiku. Aha pokoknya mantul deh kata anak dan suamiku he he.

Tau tuh entah benar-benar memuji atau cuma buat nyenengin istrinya aja yang dah sedemikian sibuknya menyiapkan masakan buat mereka.
Bahannya mudah dan juga sehat, karena aku memakai ayam.kampung. Kalau sobat bloggers mau tahu resepnya , sok aku tulis dibawah yah, siapa tau ada yang mau coba buat di rumah.

Bahan :
1 ekor ayam kampung dipotong 8

Bumbu :
*6 siung bawang merah        * cabe merah 4 buah
*4 siung bawang putih          *kemiri 5 butir
*lada 1/2 sendok teh             *Garam dan kecap manis secukupnya
* minyak untuk menumis     * Air secukupnya

Sebelumnya ayam di ungkep atau direbus dulu sekitar 45 menit supaya empuk ya.

Cara membuatnya :

Giling semua bumbu sampai halus, lalu tumis bumbu sampai harum , masukkan ayam yang sudah empuk tadi lalu aduk perlahan , masukkan garam secukupnya dan kecap manis secukupnya, aduk perlahan sambil di tambahkan air sekitar 3 gelas sedang yah. Biarkan sebentar hingga kuah agak mengental sedikit, kalau dirasa belum pas monggo diicip dan ditambah garam atau kecapnya.
Yap...selesai sudah masakan kali ini. Apalagi disajikan dengan nasi hangat dan disantap bersama keluarga tercinta, aduh makin mantul loh.....
Alias mantab betul.

Apapun makanannya , kalau kita memasaknya dengan senang, mudah-mudahan apa yang dimakan menjadi berkah dan plus dapet pujian dari suami. Seet...siapa tau bonus bulanan bakalan nambah.
Yuk ibu-ibu dan embak-embak jangan males masak .Sesibuk apapun kita, kodrat kita tetap melayani suami dan anak-anak.Lebih sehat masak sendiri , sesekali makan diluar juga nggak apa kok, asal nggak keseringan aja, soalnya kantong kering menunggu bulan depan masih lama he he.  Lewat masakan yang kita sajikan, perut kenyang hatipun riang.

Salam santun dan sehat selalu.