Tampilkan postingan dengan label Tips dan manfaat. Tampilkan semua postingan
Tampilkan postingan dengan label Tips dan manfaat. Tampilkan semua postingan

25 Mei 2019

CARA NGABISIN THR TANPA RASA BERSALAH

25 mei 2019
Cara Ngabisin Thr Tanpa Rasa Bersalah


Hai sobat, gimana udah dapet thr blom nih, kayaknya ada yang udah ada yang belom yah, sungguh bahagia banget buat yang udah terima transferan, senyum sumringah terlihat diwajahnya wk wk, sedang buat yang belum terima harap bersabar, sesungguhnya orang yang sabar disayang mamah.

gambar cara habiskan thr tanpa rasa bersalah

Kalo aku sih thr [ tunjangan hari rabu ] aja deh, secara namanya ibu rumah tangga ya cuman nunggu apa kata suami, dapet hayook, gak dapet ya nyengir, ngarep.com. 
Maklum eike kan bukan blogger yang berpenghasilan wk wk alias cuman sekedar nulis dan curhat ajaa, kaciaaan.

Emang sih yang namanya dapet duit thr itu hepiiinya gak ketulungan, secara dapet dokunya dobel tergantung dimana kerjanya juga sih, biasanya paling telat seminggu sebelum hari h udah masuk transferan. Hati dag dig dug riang gembira, tralala -trilili, hari yang ditunggu-tunggupun tiba, kayak mo nunggu pujaan hati aja hi hi.

Tapi begitu dapet duit thr kadang suka bingung nih gimana cara supaya ngabisin ato ngegunain duit thr tanpa rasa bersalah alias gak mubazir gitu aja.
Biasanya kan suka kalap begitu dapet duit, maunya langsung aja keliling mall, cuci mata liat diskon dan belanja ini itu.

Ujung-ujungnya tu duit habis dalam hitungan jam, udahnya nyesek di dada liat duit didompet kosong melompong, biarpun masih ada tinggal yang warna ijo ato yang ungu, alias sepuluh rebeet, ngenes yak.
Ntar balik kerumah yang ada lemes karena duit gak cukup ampe bulan depan.Tapi aku yakin sih gak segitunya kali...

Btw, barangkali beberapa hal dibawah ini bisa jadi renungan eeh kok renungan, barangkali bisa jadi acuan buat yang ngegunain duit thr dengan cara yang bijak.

Baca loh :

Tips Membersihkan Kuningan
* Tips Memberi Bingkisan / kado
* Tips Agar Buah Hati Sehat dan Bugar
* Barang Disekitar Yang Membantu Saat kepepet

Cara menggunakan thr tanpa rasa bersalah :

1.* Siapin Buat Bayar Zakat

Pasti dong, kalo yang ini mah udah merupakan kewajiban yang gak bisa diganggu gugat, pokoke kudu dua setengah persen yah jangan lupa.
Supaya hati dan fikiran tenang karena apa yang menjadi haknya fakir miskin dan orang-orang yang berhak menerima zakat fitrah sudah kita bayar.

Kalo gak mau ribet kita serahkan ke petugas amil zakat aja di masjid atau badan yang mengelola tentang pembayaran zakat fitrah supaya kita gak  bingung bin puyeng.
Jangan sampe telat bayarnya yah, yang ada udah heboh belanja kesana kemari giliran bayar zakat waktunya mepet-mepet nunggu bedug takbiran..iiih gak banget kan ? Gak mau dong kita dibilang orang yang gak mampu bersyukur.

2. * Shadaqoh

Sekecil apapun yang kita beri pasti akan ada pahala yang setimpal, jadi jangan takut untuk memberi shadaqoh. Apalagi memberikan kepada orang-orang yang benar-benar gak mampu, seperti anak yatim piatu, pahalanya gede banget tuh.
Apalagi di bulan baik ini, gak rugi rasanya ngumpulin amalan supaya pahalanya makin bertambah, dikencengin aja amalannya.

3. * Sisipin / Sisain Buat Disimpan

Perlu banget ni, jadi begitu terima duit thr sudah tau hal-hal prinsip yang musti kamu dahuluin. Sisipin kek ato simpen kek secukupnya kira-kira yang bisa kamu sisihkan. Jadi gak ada rasa nyesel begitu kamu ngegunain duit thr. Kayaknya sih mas Sabda Awal lebih ngerti deh urusan memanajemen ato ngatur keuangan.

Itu bisa jadi tabungan ataupun dikumpulkan buat buka usaha kecil-kecilan atau apapun itu, terserah kamu deh, intinya duit kamu gak habis begitu aja dengan sia-sia, soalnya kalo gak sakit nya tuh disini [ nepuk jidat ] karena doku keburu habis alias raib.

4. * Belanja keperluan lebaran

Nah setelah kamu berhasil atau selesai membagi kedalam beberapa point diatas, baru deh bisa bernafas lega buat ngegunain duit thr kamu tanpa rasa bersalah atau menyesal, secara semua kewajiban diatas udah kamu lakuin.
So let's go to shopping, soalnya ini yang ditunggu-tunggu sedari tadi.

Sudah pasti yang namanya belanja itu hal yang bikin fikiran kita sedikit rileks, betul apa betul..Gak laki ato perempuan dah pasti kalo belanja tu suka ribet. Apalagi menjelang hari raya gini, sudah pasti heboh kepinginnya tuh berburu diskon beli satu dapet sepuluh wk wk wk.

Ngeliat ibu-ibu di mall tu seharian ngiderin mall gak ada capeknya. Kalo aku sih sebetulnya suka juga, normal dong, tapi kalo seharian ya gak juga lahh. Secara betis eke gak kuat mau keliling, udah itu ngantri dikasir berjam-jam demi ngedapetin baju kesayangan, duh gak deh gak kuat akutu kalo begitu.

Emang suka juga belanja tapi gak maniak juga kali, tetep ada kontrolnya deh biar gak kebablasan, sebisa mungkin belanja yang cerdas deh.
Ato kalo gak, bisa aja belanja online biar gak ribet ngantri dan cape, cuma resiko ditanggung sendiri kalau barang gak sesuai dengan yang kita harapkan.

Belanja disini gak sebatas baju baru aja, tapi udah termasuk perintilannya seperti kue-kue lebaran, hidangan hari raya dan sebagainya, jadi duit gak melulu habis buat mempercantik tubuh aja, tapi juga mempercantik meja makan dan perut. Sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui.

5. * Sisipkan Buat Mudik

Nah ini juga gak kalah pentingnya untuk persiapan mudik, kira-kira dananya udah ada blom, kalo bisa sih sebetulnya dana buat mudik itu udah ditabung dari jauh-jauh hari, jadi enggak tergantung hanya dengan duit thr aja.

Soalnya ongkos buat mudik itu lumayan looh. Tiket pesawat dan karcis kereta api cukup lumayan loh jika sudah punya keluarga, belum lagi jika menggunakan kendaraan pribadi, untuk bayar jalan tol, naik kapal laut dan sebagainya.
Jadi sebaiknya sih yang berencana mudik sebaiknya memang sudah jauh-jauh hari mengalokasikan dananya, sehingga duit thr hanya sebagai cadangan saja.

6. * Sisipkan Buat angpau alias amplop

Nah kalau ini sih sepertinya sudah menjadi tradisi di negara kita, bila setiap hari raya tiba tuh pastinya ada bagi-bagi angpau alias bagi-bagi duit receh buat anak-anak dan sanak saudara.

Gak bisa enggak anak-anak biasanya udah nyiapin tas gembolan berisi duit dari keliling-keliling, hi hi saya keinget jaman masih bocah, kok sampe sekarang kebiasaan ini jadi turun-temurun yah.

Tapi gak apalah setahun sekali ini, lagian rasanya bahagia banget kalo ngeliat bocah-bocah apalagi anak tetangga yang dari pagi udah start keliling rumah sengaja bawa gembolan yang berisi duit thr. Yah biarpun jumlahnya gak seberapa, tetapi keiklasan melihat krucil-krucil tertawa rasanya seneng banget.

Jauh-jauh hari emang udah nukerin duit pecahan baru buat persiapan bagi-bagi amplop. Tu bocah-bocah kalo keliling kan lumayan tuh dikumpulin bisa buat beli apa gituh. Termasuk anakku yang udah abg juga tetep masih kebagian duit thr dari bude dan pakdenya, geli deh kalo ngeliat keponakan yang masih imut-imut nyengir begitu dapet duit angpau.

Belom lagi balita-balita yang juga sibuk nadahin tangan, gak tau ngerti ato enggak pokoke ikut-ikutan aja,,,seettt dibisikin ama mamahnya tuhhh...

The last, itu tadi beberapa cara ngabisin thr tanpa rasa bersalah, gak salah kok belanja-belanja buat keperluan hari raya, wong cuman setahun sekali ini aja kok, asalkan dipergunakan secara bijak dan sudah dipisahkan mana yang wajib di salurkan kepada yang berhak menerimanya.

Jika beberapa hal diatas belumlah sempurna mohon dimaafkan yah, maklum ini sekedar sedikit pengalaman yang pernah saya lakukan, lebih dan kurangnya mohon dimaafkan. Barangkali ada diantara teman-teman yang punya pendapat lain bisa dibagikan tipsnya dibawah ini, hatur nuhun.

Selamat menikmati belanja-belanja, btw kalo saya pribadi sih termasuk jarang loh beli baju baru , apalagi buat hari raya, yang penting anake hepii aja si mamak ini udah seneng. Lebih utama sih silaturahimnya itu looh. 


Salam santun







30 Januari 2019

Cara Membersihkan Kuningan Yang Kusam Dengan Asam Jawa

 30 januari 2019

Cara Membersihkan Kuningan Yang Kusam Dengan Asam Jawa

Sebenarnya banyak cara untuk membersihkan kuningan, salah satunya adalah dengan menggunakan asam jawa. Siapapun pasti sudah tau banyak manfaat dari asam jawa, selain sebagai bumbu dapur, ternyata asam jawa juga bisa berfungsi untuk membersihkan barang-barang yang terbuat dari kuningan. Dan hasilnya juga terbukti bisa mencerahkan dan mengkilatkan kuningan.
cara membersihkan kuningan yang kusam

Asam jawa, siapapun pasti sudah tau apa itu asam jawa. Asam jawa biasanya banyak digunakan sebagai bahan utama bumbu dapur.
Biasanya digunakan untuk campuran bumbu dalam mengolah ikan supaya tidak amis, jika kebetulan didapur sedang kosong jeruk nipis.

Asam jawa juga bisa dikonsumsi sebagai minuman, berupa campuran gula merah ditambah dengan air hangat dan asam jawa, selain itu juga bisa digunakan sebagai obat pereda panas dalam.

Selain sebagai minuman ataupun bumbu dapur, asam jawa juga bisa dibuat menjadi permen yang rasanya asam manis  dengan taburan gula pasir di atasnya atau permen gulas [ gula asam ].

Bahkan jika anak bayi terkena demam, biasanya di daerah pedesaan masih menggunakan asam jawa sebagai campuran untuk di borehkan di dahi atau di tubuh pada saat si bayi dipijat, sehingga sensasi dingin dari asam jawa bisa menurunkan demam pada bayi, tetapi ini untuk demam biasa, bukan karena demam yang disebabkan oleh virus.

Siapa juga yang tidak suka mengoleksi barang kerajinan yang terbuat dari bahan kuningan. Biasanya orang tua jaman dulu, terutama yang berasal dari Sumatra, biasanya banyak memiliki benda-benda atau peralatan dapur yang terbuat dari kuningan.

Selain untuk keperluan dapur, benda kuningan juga biasanya dibuat sebagai hiasan rumah, seperti puade atau bokor , wadah sirih, ataupun kendi dan gelas yang terbuat dari kuningan. Selain untuk hiasan juga digunakan untuk mempercantik ruangan dirumah anda.

Baca juga  tips memberi barang sebagai bingkisan atau kado


Baca juga  5 tips supaya buah hati tetap sehat dan bugar 

Namun kali ini adalah membahas cara membersihkan kuningan yang kusam dengan asam jawa. Adapun  caranya adalah sebagai berikut.

Bahan yang digunakan :

* Asam jawa sebanyak seperempat kilogram / satu bungkus.
* Sabun detergen bubuk sebanyak satu bungkus ukuran kecil.
* Air secukupnya sebagai bahan pengencer adonan.

Cara membuat adonan pasta :

Ambil asam jawa yang telah di bersihkan dari bijinya, campurkan dengan detergen bubuk dan air secukupnya, dicampur menjadi satu adonan seperti pasta, jadi kekentalannya cukup, tidak terlalu encer juga tidak terlalu kental, sehingga gampang dioleskan.

Cara membersihkan :

Ambil barang kerajinan atau peralatan dapur yang terbuat dari kuningan. 
Oleskan adonan pasta asam jawa tadi ke seluruh barang kerajinan kuningan anda dengan rata sampai keseluruh permukaannya, gosok yang rata dan biarkan agak lama menggosoknya.

Jika seluruh barang kuningan tadi telah teroles secara merata, siramlah barang kerajinan kuningan tadi dengan air, dengan cara di guyurkan atau disiram secara merata, sampai permukaan barang kuningan anda terlihat bersih dan tidak ada lagi tersisa olesan pasta tadi.

Selanjutnya keringkan barang kuningan tadi dengan menggunakan lap kering yang bersih. Keringkan sampai rata dan bersih dan jangan ditunda -tunda mengeringkannya, karena jika terlalu lama dalam keadaan basah, kuningan tadi akan timbul seperti noda bintik-bintik, makanya harus segera di lap.
Pokoknya harus benar-benar kering.

Jika sudah selesai dikeringkan, kalian tinggal menjemur barang kuningan tadi dibawah sinar matahari, syaratnya harus terik yah, supaya hasilnya kelihatan.
Selama sekitar 30 menit atau lebih agar hasilnya maksimal.

Jika ditempat yang gelap atau mendung hasilnya tidak akan maksimal, karenanya disarankan untuk menjemur barang kerajinan kuningan tadi di siang hari yang cukup panasnya supaya hasilnya mengkilat dan warnanya kembali kuning.

Cara ini lumayan berhasil, karena memang ibu saya sendiri punya koleksi barang kerajinan dari kuningan, dan hasilnya terbukti memang bersih dan mengkilat, karena memang  sudah sering di praktekkan.

Dan sebaiknya cara ini diulang sekitar dua atau tiga bulan sekali untuk dilakukan, supaya barang kuningan anda tetap terjaga warnanya dan mengkilat.

Demikian cara membersihkan kuningan  yang kusam dengan asam jawa. Semoga saja dapat dipraktekkan, terutama yang suka koleksi barang kuningan, kan sayang donk kalau tidak dirawat warnanya akan kusam.


Salam santun

24 Januari 2019

Tips Memberi Barang Sebagai Bingkisan Atau Kado

24 Januari 2019

Kadang suka bingung gak, mau nyari kado atau bingkisan buat temen-temen atau kado buat  ultah seseorang. Sebenernya sih sekarang udah gak jamannya lagi yah ngasih barang. Biasanya cenderung berbentuk uang buat yang nikahan. Maksudnya biar lebih praktis juga lebih bermanfaat kayaknya ketimbang beli barang.

Apalagi kalo barang biasanya numpuk di rumah dan sudah ada juga barang yang mirip bahkan sama , rasanya sayang banget yah. Tapi yang namanya pemberian kan tetep harus di simpan walaupun belum tentu juga langsung kita gunakan.

Tapi kadang kepikiran gak sih kalo harga barang yang mau kita beli budgetnya kadang gak sesuai dengan isi kantong kita. Suka bingung apalagi kalo kado atau barang itu buat kita berikan ke orang yang mampu alias tajir.

Suka bingung gitu ngasihnya, mau beli barang yang bagus dan mahal, dana kita terbatas, lagian dia juga mungkin gak terlalu membutuhkan. Tapi mau beli yang biasa aja juga kadang gak enak ati, kesannya kok biasa aja.

Biasanya kita memberi bingkisan buat orang dengan beberapa tipe atau kriteria, seperti :

* Buat orang yang memiliki segalanya alias tajir

1*Tips membeli barang buat orang yang memiliki segalanya :

1*Udah tentu rada njelimet ngebeliin barang buat orang kaya alias tajir, udah keliling-keliling pertokoan ato mall, tapi tetep pusing apa yang mau kita beri. Dana yang terbatas juga sering menjadi kendala buat nyari barang.

Tapi sebenernya gak perlu juga kita repot-repot nyari barang seperti tas, sepatu apa lagi tas branded, kayaknya sih enggak mungkin banget yah.

Selain udah pasti harganya mahal dan bermerk, kayaknya gak banget buat isi kantong.
Kalo kendalanya di budged, bisa aja kita ngebeliin sobat atau orang kaya tadi barang yang buat dia berguna walaupun harganya gak seberapa.
tips memberi barang sebagai bingkisan
komik dan cd favorit


lebih baik kita membelikan barang dengan satu harga seperti buku bacaan ato komik kesayangannya atau pun cd yang berisi lagu-lagu favorit atau pun novel kesukaannya.
Selain harganya gak menguras isi kantong, tentunya punya kegunaan karena bisa menjadi hiburan.
Apalagi jika dia memiliki koleksi cd atau novel. Kan bisa menambah koleksinya. Seorang kolektor biasanya akan senang mengumpulkan barang kesukaannya bertambah, meskipun harganya biasa saja dan dia sudah mempunyai jumlah yang banyak.

Sudah pasti dia akan senang menerimanya, karena benda yang kita berikan bermanfaat buat dia, dan menambah jumlah koleksinya.
Intinya sih gak perlu loh memberikan barang yang mahal,yang penting barang yang kita berikan itu berkesan buat si penerima.

* Buat orang yang tidak mampu.

2*T:ips membeli barang buat orang yang tidak mampu:

Sebenernya gak terlalu susah buat nyari barang atau bingkisan buat mereka. Bukan bermaksud pilih kasih atau merendahkan mereka.
Sebaiknya sih kita membelikan barang yang bermanfaat atau barang yang memang benar-benar dia butuhkan.

Kalau temen kita tersebut masih sekolah dan kita liat tas sekolahnya yang sudah rusak atau tidak layak pakai, kayaknya gak ada salahnya kita membelikan dia tas sekolah baru.

Selain memang bermanfaat, sudah pasti dia akan senang dengan pemberian kita tadi atau jika temen kita tadi pintar melukis atau menggambar, kita bisa membelikannya alat untuk menggambar atau melukis, sudah tentu berguna banget. Harganya gak terlalu mahal dan bisa menambah ketrampilannya dalam melukis.

Dari pada kamu membelikan barang yang mahal seperti baju mahal atau tas pesta, mungkin dia juga bingung yah mau di pake kemana dan buat apa.

*Buat orang yang kurang kita kenal dekat.

3* Tips membeli barang buat orang yang tidak kita kenal dekat :

Sebenernya gak terlalu susah untuk ngebeliin barang buat mereka yang kadang kita gak terlalu kenal dekat. Kadonya seperti apa sih, kok rada bingung yah mau ngasih apa.

Supaya kita gak bingung dan salah dalam memberikan kado atau bingkisan , alangkah lebih baiknya kalau kita memberikan dia barang yang gak terlalu spesifik atau barang-barang yang dibutuhkan manusia pada umumnya.



Seperti mug gelas yang lucu dan berwarna warni, atau juga kita bisa memberikan ikat rambut yang lucu jika yang ultah adalah cewe, atau kaos kaki yang lucu ato bingkai foto lucu juga okeh kok.
Atau kalo yang ultah itu sudah ibu-ibu, bisa ajakan kamu beliin keperluan dapur seperti botol-botol minum yang lucu atau teflon mungil. Selain gak terlalu mahal juga bermanfaat.

Itu tadi beberapa tips sederhana buat mencari kado atau bungkusan kepada beberapa tipe orang. Sebenarnya gak bermaksud mengkhususkan juga sih.
Karena gak semua kita kenal dekat, makanya tips diatas semoga bisa membantu.


Salam santun.


17 Desember 2018

Barang Di Sekitarmu Yang Membantu Di Saat Kepepet

22 Desember 2018        
                               
  Barang disekitarmu yang membantu disaat kepepet-                                                  

Biasanya mendung-mendung gini enaknya minum secangkir teh hangat ditemenin dengan camilan ya. Berhubung  aku adanya keripik pisang , ya sudahlah dari pada manyun gak jelas, cemilan ini juga lumayan membantu walau gak bikin kenyang he he. iya saat aku menulis ini jam sudah menunjukkan pukul 5 sore. Cuaca diluar rupanya sangat gak mendukung banget deh, udah gelep, sunyi pula. Wes mau ngapa-ngapain juga males banget alias mager

Duduk didepan laptop sambil terus mulutku berbunyi kriuk-kriuk diselingi ngemil si keripik ini, makin membuat aku malas beranjak dari tempat dudukku. Bunyi geluduk sih sudah dari tadi bersahutan, tetapi hujan juga gak kunjung jatuh.
Padahal aku sangat menyukai hujan, entah kenapa, setiap hujan datang selalu suka mencium bau tanah yang basah, ada nuansa apa gitu, gak bisa dijelasin pokoknya.

Apalagi duduk  bersandar dekat jendela samping rumahku, menatap jauh, terlihat orang yang sibuk lalu lalang bergegas karena hari sudah sangat gelap.
Sudahlah tinggalkan sejenak yuk suasana adem tenan ini, sekarang waktunya kembali ke topik yang mau aku tulis saja ya, biar makin gak ngalor-ngidul.

Disini aku mau menulis bahasan yang cukup ringan, gak perlu yang berat-berat deh, karena hidup sudah semakin berat he he. Adapun itu mengenai benda atau barang yang mungkin ada di sekitar kita sehari-hari yang mungkin kita anggap remeh alias gak kepikiran di kepala kita.
Hayuk di simak.

1*Karet Gelang

Loh kok karet gelang sih. Emang ada apa dengan si karet gelang yang satu ini. paling cuma buat ngebungkus atau mengikat sesuatu gitu ya. Iya sih memang gak ada yang istimewa dengan benda yang satu ini, tapi akan lumayan membantu kalau kita sedang kepepet. Kalo kamu lagi menulis atau menggambar dengan menggunakan pensil kemudian gambar atau tulisanmu salah, sedang kamu gak punya penghapus, toh sebagai pertolongan pertama alias disaat kepepet, kamu bisa menggunakan karet gelang dengan mengikatnya diujung pensilmu, gampangkan ?

 Iya itu lumayan membantu kamu ketika diluar sedang hujan or panas dan penghapusmu hilang atau habis, mau keluar juga males dan blom sempet beli, sikaret gelang lumayan bisa menolongnya, iya khan ? Inget zaman dulu pas sd suka ngapus pake karet gelang he he, pengalaman pribadi ini mah, maklum namanya anak sd gak selalu bisa menjaga alat-alat tulisnya, entah hilang atau ketinggalan didalam kelas. Lumayan kan apalagi kamu lagi mager.




2*Mentega atau margarine

Bermanfaat saat bibirmu mengelupas alias kering. Kalau bibirmu mengelupas jangan di kelotokin ya, rambutan kali ngelotok he he. Iya soalnya kalo ngelupas gitu terkadang kita secara enggak sengaja hobi banget main kelupasin bibir. Gak tau tu tangan bersih apa kotor, pokoke asyik banget kalo dah main kelupas, dan itu seringnya jadi kebiasaan buruk. Kadang juga hobi banget basahin bibir yang kering, maksudnya sih biar bibir lembab alias gak ngelupas gitu, tapi ternyata itu gak banget, yang ada malahan bibirmu tambah kering.

Boleh dibaca : 


Cara yang aman adalah menggunakan mentega atau margarine sebelumnya rendam sebentar lap yang lembut dan bersih dengan air hangat, lalu usapkan lap yang basah tadi dibibirmu dengan cara perlahan sampai yang terkelupas lepas, pelan-pelan ya jangan digosok kuat-kuat, biasanya lap yang direndam air hangat akan cepat membersihkan bibirmu, setelah itu baru kamu oleskan dengan mentega or margarine pada bibirmu secara perlahan dan cukup sedikit saja yah gak usah banyak-banyak , tar dikira orang kamu habis makan apa gitu .
.


3*Lipstick

Ada apa dengan si pemerah bibir ini ya ? Ternyata eh ternyata si lipstick ini juga bisa menolongmu disaat darurat alias kepepet. Loh kok bisa, bisa dong. Disaat kamu hendak berpergian entah itu sekedar jalan bareng temen or ke pesta, ternyata shading atau blush on kamu habis, kamu bisa menggunakan lipstikmu sebagai pengganti shadingmu dengan cara mengoles dan membaurkan secara tipis di pipimu, lumayan membantukan si lipstick tadi. Kayaknya sih memang ada juga ya lipstick yang berfungsi sebagai pemerah bibir sekaligus juga sebagai blush on, aku pernah denger deh.

                                                           
                                                            
4*Bawang Putih

Sudah banyak diketahui kalau bawang putih mempunyai khasiat yang cukup banyak, selain sebagai pengobatan untuk beberapa jenis penyakit seperti darah tinggi, kolesterol, dan sebagainya berdasarkan pengobatan tradisional dan modern. Bawang putih biasanya kita konsumsi sebagai bumbu masak dalam sehari-hari. Bahkan sebagian besar olahan makanan orang cina kebanyakan menggunakan bawang putih, bahkan saya sempat mendengar dan melihat manfaat bawang putih di salah satu media televisi kalau gak salah ada satu rumah makan di luar negri yang sebagian besar masakannya menggunakan bawang putih dengan jumlah yang cukup banyak.

Saya juga sempat mencicipi minuman sari bawang putih sebagai obat untuk melancarkan peredaran darah yang terdiri dari bawang putih, cuka apel dan madu, rasanya asam dan masih tercium aroma bawang putih yang cukup menyengat.
.

Tapi kali ini salah satu khasiat dari bawang putih adalah untuk menguatkan kuku yang gampang rapuh. Pasti pernahkan liat kuku seseorang yang agak rapuh alias bentuknya jelek dan agak berwarna putih kekuningan, nah bawang putih ini bisa dimanfaatkan untuk mengurangi kuku tadi dengan cara dikupas kulitnya, kemudian dari satu siung bawang putih tadi bisa kamu oleskan ke kuku kamu atau kukumu dicucukkan ke bawang putih tadi, rutin di oleskan sehari 2 kali dan usahakan rutin memakainya ya sehingga kukumu kembali sehat dan kuat.

5*Daun Sirih

Ternyata daun sirih juga banyak kandungan  yang sangat bermanfaat. Sama seperti bawang putih tadi, daun sirih juga mempunyai kandungan antiseptik yang bermanfaat untuk pengobatan tradisional dan modern. Banyak dijual obat-obatan herbal di toko obat dan apotik bahkan di minimarket juga ada yang digunakan sebagai bahan pembersih kewanitaan dan juga sebagai obat kumur alias mouthwash, juga ada yang digunakan sebagai campuran pasta gigi.


Sebagai pertolongan pertama saat kamu mimisan dengan cara digulung dan diselipkan kedalam hidungmu, cara ini lumayan membantu, ada satu lagi yang gak kalah hasiatnya yaitu ketika kamu makan lalapan yang agak gimana gitu seperti pete dan jeki alias jengkol, biasanya bau mulut gak bisa ditutupin meskipun kamu sudah sikat gigi, terkadang masih samar-samar tercium.

Cara yang praktis adalah dengan mengunyah daun sirih ,yaitu pilih daun sirih yang masih muda secukupnya saja sekitar 2 lembar kemudian dicuci dan langsung saja kamu kunyah, persis seperti oma opa kita di daerah Papua yang terbiasa makan sirih. tapi sirih hijau ya. Kalau digambar ku ini kebeneran sirih merah.
Itu lumayan ngebantu banget dikala kamu sedang ngobrol , maka bau mulutmu akan terhalang oleh bau sirih tadi. Emang sih rasanya getir gitu. Kalo baunya dah ilang kamu bisa berkumur dan minum air putih, supaya rasa getirnya hilang. Selamat mencoba.

Itu tadi 5 barang yang ada disekitarmu yang membantu disaat kepepet , keliatannya gak begitu penting, ternyata cukup lumayan membantu loh.

Salam Santun

30 November 2018

5 tips supaya buah hati tetap sehat dan bugar

Hallo sobat,

Kembali lagi ke blog miniku.

Kali ini aku mau memberikan beberapa tips seputaran menjaga kesehatan si buah hati. Memang akhir-akhir ini cuaca kurang mendukung ya. Terkadang panas terkadang hujan, pokoknya gak jelas deh. Musim hujan gini biasanya ditandai banyaknya beberapa penyakit yang datang tanpa diundang.Misalnya saja demam berdarah, flu dan batuk. Apabila si kecil mulai terserang salah satu dari penyakit diatas, kita sebagai orang tua khusunya ibu sudah pasti ketar-ketir melihat keadaan si buah hati tercinta.

Duh jangan sampai ya ibu-ibu ananda terkena penyakit yang tiba-tiba menyerang.Namun apa daya walaupun kita sudah berusaha menjaga si buah hati, tetap saja terkadang kecolongan ya ? Seperti beberapa saat yang lalu disekitar rumahku ada beberapa anak yang terkena dbd alias demam berdarah. Ternyata gak main-main lo nyamuk demam berdarah itu.

Demi menghindari keadaan  yang gak mengenakkan diatas, disini saya akan membagi beberapa tips supaya si buah hati tetap sehat dan ceria meskipun dimusim yang gak menentu ini.Yuk mari di simak tulisan saya dibawah ini ya ?

1*.Makanan bergizi.

Yak sudah pasti makanan yang bergizi dan sehat memegang peranan penting demi kesehatan si buah hati.Dari jaman dulu sampai sekarang 4 sehat 5 sempurna masih dianjurkan dalam menu makanan sehari-hari, bukan saja bagi orang dewasa, anak kecil atau balita juga membutuhkan gizi yang baik melalui makanan. Gak usah ribet menyiapkan menu yang mewah dan mahal. Makanan sederhanapun bila diolah dengan cara yang baik tentu akan berdampak baik.
.
Contoh :tahu, tempe,telur, ikan ,ayam dan daging adalah protein nabati dan hewani.
Gak perlu kita menyajikan semuanya diatas piring makan kita, cukup kita ambil seperti tempe dan ikan atau tahu dan ayam ,dan seterusnya. Dipiring setidaknya ada 2 jenis protein yang berbeda.Tambah kan sayur hijau atau berwarna dan juga sedikit nasi buat si kecil.

Ibu yang kreatif biasanya menyajikan lauk sikecil dengan berbagai bentuk supaya sikecil lahap makannya. Entah berbentuk hewan atau bentuk kesukaan sikecil. Sayur juga sebaiknya yang segar dan berwarna seperti sop, bayam dan jagung dan sebagainya, Biasakan sikecil menyukai sayur sejak dini, namun bila sikecil susah makan sayur , ibu harus kreatif ya memutar otak,entah itu dibuat snak dan sebagainya.


Selain sayur dan lauknya, buah juga memegang peranan penting karena vitamin dan seratnya yang baik buat pencernaan sikecil, seperti jeruk, pepaya,apel dan sebagainya. Jika sikecil suka jus , ibu bisa membuat jus untuknya, Terakhir susu, nah biasakan si kecil minum.susu 2 kali sehari ya. Kalau masih batita lebih ya soalnya masih menyusui . Sedang balita dan usia sekolah biasanya minum susu 2 kali saat pagi dan malam hari menjelang tidur.

2*Olah raga.

Olah raga disini bukan berarti sikecil harus ikut olah raga yang berat yah bu? Biarkan sikecil aktif bergerak sesuai usianya. Karena anak yang aktif bergerak baik untuk motoriknya.Biarkan sikecil berlari, atau bermain diluar jika cuaca mendukung. Atau ibu bisa mengajak sikecil untuk ikut membantu didapur dengan pekerjaan yang ringan . Seperti membantu ibu membersihkan meja makan,membawa gelas dan piring ke meja, ajarkan agar si kecil bisa berhati-hati.Sikecil pasti senang, dan gak kerasa dia juga sudah bergerak sehat kan.

anak sehat banyak gaya

3*Istirahat yang cukup

Setelah lelah bermain dan bergerak biasanya sikecil akan ngantuk. Biarkan sikecil tidur dan beristirahat sesuai tumbuh kembangnya. Biasanya sikecil butuh waktu tidur lebih lama dari orang dewasa,Mungkin sekitar 8 sampai 10 jam perharinya.
Namun dengan banyaknya kegiatan di sekolah, biasanya waktu tidur sikecil berkurang, ibu bisa menyiasatinya dengan memberi dongeng kepada sikecil sebelum tidur sambil memberinya segelas susu hangat, sudah pasti sikecil akan tidur nyenyak.

4*Imunisasi

Biasanya sikecil atau balita dan batita masih memerlukan imunisasi tiap bulannya.Ibu jangan sampai lupa dengan jadwal pemberian imunisasi buat sikecil. Rutin memeriksakan sikecil ke posyandu atau ke klinik agar daya tahan tubuh sikecil tetap sehat dan kuat. Rajin bertanya kepada dokter atau petugas posyandu mengenai pertumbuhan si kecil, entah itu berat badannya atau tinggi badannya. Biasanya di sekolah juga terkadang ada kunjungan dari dinas kesehatan atau puskesmas yang meninjau ke sekolah-sekolah untuk memberi imunisasi dan layanan kesehatan lainnya.

5*Lingkungan yang bersih

Lingkungan yang bersih mencerminkan kepribadian si pemilik rumah, bukan hanya didalam rumah namun juga lingkungan di sekitar kita. Rajin membersihkan got-got yang tergenang, menguras bak mandi, membakar sampah yang menumpuk, mencabuti rumput yang sudah liar adalah salah satu upaya dalam menjaga lingkungan sekitar tetap sehat. Coba  ibu bayangkan jika rumah ibu sudah bersih tapi lingkungan sekitar masih kotor dan kumuh, ya percuma dong. Jadi gotong royong dengan tetangga juga perlu, lakukan rutin minimal 1 minggu sekali, sehingga nyamuk tidak sempat berkembang biak. Lakukan penyemprotan atau foging di sekitar kediaman apabila ada yang sudah terkena dbd, biasanya petugas dari puskesmas dan kelurahan akan datang.

Terakhir biasakan kita cek rutin keadaan si buah hati, rajin berkunjung dan memeriksakan kesehatannya dan jangan lupa ajarkan sikecil untuk selalu mencuci tangan sebelum makan dan sesudah bermain dan juga menggosok gigi. Mudah-mudahan tips diatas bisa membantu ibu menjaga si buah hati tetap sehat ceria ya. Anak yang sehat hati ibu terasa tenang dan bahagia melihat perkembangannya.

Salam santun