Tampilkan postingan dengan label Umum. Tampilkan semua postingan
Tampilkan postingan dengan label Umum. Tampilkan semua postingan

4 Juli 2019

MY LITTLE FRIEND YANG UDAH GAK LITTLE LAGI

  4 Juli 2019

MY LITTLE FRIEND YANG UDAH GAK LITTLE LAGI


little friend


Wih, suweek lama banget udah aku gak nulis, terakhir nulis itu tanggal 13 Juni yang lalu. Itu pun karena aku sempet main-main alias jalan melulu , sehingga breaknya kelamaan. Jari tangan ku rasanya berasa canggung ketemu papan keyboard di laptopku, berasa malu-malu kucing karena lama gak tersentuh olehku...ahayyy kayak yang lagi pdkt ajaa, kayak bang Toyib ya kelamaan gak pulang jadi lupa ama anak bini.

Ditemani secangkir kopi panas, padahal aku tuh sebetulnya udah dilarang oleh pak dokter untuk sering-sering nyeruput kopi karena asam lambungku. Tapi dasar onenk, sesekali gak apalah, kan kayak blogger-blogger ngetop tuh, kalo nulisnya di kafe-kafe sambil ngupi-ngupi cantik sambil nyicipi wifi gratis hi hi, sedang akooh cuman dikamar azza, wk wk tapi full wifi looh, suer .

secangkir kopi panas


Langsung aja ke tkp, ni mau nulis yang ringan-ringan ajalah, sementara belom ada cerita ato tulisan yang rada berbobot, eit gak apa dah . Inget tulisannya mas Prima Chandra yang sempet nulis tentang kesulitannya ngeblog akibat sumpeknya ketika gak ada bahan yang mau ditulis.

Sumpeh looh, aku pun gitu, ngalamin hal yang sama, mentok kejedot tembok gak ada sama sekali hal yang menarik buat aku tulis. Jadi ku punya teman juga nih yang senasib dengan ku, so lali-lali..tarik mang, asyiik. Uups gak boleh girang woi...ini hal yang gak patut ditiru, kesalahan bukan pada alat komunikasi anda...kesalahan ada pada diri anda wk wk. Yuk langsung aja ke paragraf selanjutnya..

Namanya Vina, nama lengkapnya Sovina, tapi aku memanggilnya Vina. Dia sampai saat ini masih menjadi sahabat karibku biarpun kami jarang banget ketemu. Paling banter cuman berkomunikasi via wa aja, itupun gak tiap hari, barangkali sebulan sekali juga belom tentu.


yang pake hijab hijau paling depan itu Vina looh


Tapi kenapa aku menyebutnya sahabat dekat yah ? Secara komunikasi kita berdua aja gak begitu intens. Yah karena kesibukan kita masing-masing sehingga kita jarang bertemu, komunikasi juga jarang -jarang, namun tetep aja kita masih sesekali kontek-kontekan.

Kalo dia sibuk sih ya wajar banget, soalnya dia super sibuk alias memang punya usaha sendiri, kalo gak keberatan sih dia itu business woman, alias wanita karir, usahanya dibidang tas kulit dan pakaian, sedangkan aku wanita kurir, 😑...cedih yaakk...

Baca yuk :

Bukan Bintang Kejora
My Best Friend Forever

Memang sih aku dan dia itu udah sohiban semenjak jaman smp, kala itu kita berdua suka banget pergi main ato kesekolah bareng, pokoke akrab banget dah. Saking akrabnya, kita tuh suka oon alias ngelakuin hal yang rada sedikit bego.

Sohibku itu pan rumahnya deket banget dengan sekolah kita , barangkali jalan kaki lima menit aja udah sampe gerbang sekolah. Sedangkan aku sekitar 20 menit deh kalo menuju sekolah, itu juga dengan angkot. 

Tapi sohibku yang satu ini suka banget jemput kerumahku pake motornya, padahal tuh rumahku lumayan jauh, tapi dia rela aja jemput aku ke rumah hi hi. Laah malah tambah jauh pan rutenya ?😁
Dasar bocah yah, fikirannya rada gak mudeng, maapin Baim ya Allah..

Tapi ketika sma sekolah kita berbeda, namun kita tetep aja sering jalan bareng sampai dia kuliah kita masih tetep sohiban. Sayangnya setamat kuliah dia pindah ke ibu kota Jakarta, disitulah kita kehilangan kontak.

Eeh tapi masa itu sih aku belom punya handphone deh kayaknya, alias masih terbatas, jadi ketika dia keibu kota kita gak saling jumpa dan kehilangan kabar. Disitu aku merasa sedih... Inget me me bu polisi itu. 
Kalo dulu sih masih pake surat-suratan wk wk.. Jadul amet yakk  ðŸ˜.

Kalo aku punya body yang imut sedari dulu sampai saat ini, bahkan kayak orang kurang gizi aja😂 hi hi, sedangkan dia sedari bocah memang sudah menampakkan gejala-gejala bakalan endut, cuman aja aku gak nyangka dia bakalan se gede sekarang ini, yang cenderung bulet...Tinggal ngegelundung aja kayak bola.
Kalo berjalan berdua barangkali seperti angka sepuluh ajaa  wk wk.
Padahal tinggi tuh keatas bukan kesamping  ðŸ˜.

Sampai suatu ketika setelah belasan tahun kami berpisah , aku sudah berkeluarga, dia juga. Tapi kita gak pernah lagi ketemuan karena kita kehilangan kontak sama sekali.

Gak sengaja ketika ada reuni smp, aku tuh coba ikutan. Sebetulnya aku paling males ikutan acara beginian, secara karena memang sejak dahulu aku memang orangnya sedikit tertutup alias cuman punya sedikit sahabat deket yang bisa dihitung dengan jari tangan. Kasian banget yahh...

Tapi aku gak sombong looh...hanya saja memang sedikit tertutup. Tapi jika sudah kenal dekat denganku, aku tuh bisa jadi sahabat yang baik, apalagi jika ketemu orang yang rada rame aku juga jadi bisa ikutan rame.

Saat lagi kumpul bareng secara enggak sengaja aku nemuin nomor handphonenya dari buku tamu reuni, saat itu juga aku telfon dia.
Kangen rasanya denger suaranya....gak ada yang berubah. Tetep ceria dan renyah denger suaranya saat berbicara apalagi saat tertawa. Percis kayak kerupuk. 

Singkat cerita sejak saat itu kita saling komunikasi walaupun gak intens, yang penting kita saling tahu kabar dan keadaan masing-masing.
Sampai pada hari senin yang lewat tepatnya tanggal 24 juni 2019 kemarin, aku tuh janjian ketemuan bareng dia, alias aku main ke rumahnya.

Kebetulan aku sedang berada di Jakarta, aku nekat main kerumahnya dengan memakai gojek, padahal jaraknya lumayan jauh, tapi aku nekat aja, soalnya kalo pake mobil sudah pasti macet, bakalan habis waktu dijalan. Yang jelas sih lumayan mahal bro.. 

Belum lagi bayar tol.. Laah. Sehingga aku memutuskan menggunakan aplikasi gojek alias dianter ama babang Dillan...wk wk aku berasa jadi Mileanya hi hi 🙈.

Saking baiknya tuh abang gojek sampe bilang ke aku, mbaknya cape enggak ?

Kalo cape kita berhenti bentar gak apa katanya menawarkan diri... Duh barangkali abang gojeknya kasian liat aku duduk dimotor lumayan lama dan memang sih punggung lumayan pegel dan cuaca lumayan panas.
Tapi aku memutuskan untuk lanjut aja...tarik bang ?

Sampai di kompleks perumahan elit kita laporan dulu sama pak satpam perumahan. Diih pak satpamnya serem banget daahh nanyanya.

Emang sih barangkali udah prosedurnya gitu kali ya kalo ada tamu yang hendak berkunjung. Cuman liat wajahnya ekeeh jadi keder duluan, apalagi liat tampangnya yang kumisan, wow...

Keperluannya apaa...

Mo ketemu bu Vina pak...

Ada apa....

Yah mau ketemu aja pak...udah janjian tadi....[ kayak nanya sama siapa gituu ]

Akhirnya lolos dah aku dari pertanyaan pak satpam kompleks...Amiin...berasa lulus ujian aja hi hi. 

Sampai akhirnya aku ketemu lagi dengan sohibku ini setelah belasan tahun gak ketemu...Duh kangennya lama gak jumpa...Setelah puas ngalor-ngidul ngomong gak tentu arah mengingat ke" bego an " kita berdua dulu.

Yup berhubung dia pengusaha tas kulit, akhirnya aku tuh dapet tas kulit ular gratis looh dari dia, padahal harganya lumayan juga cuy...kalo aku gak main kesana barangkali belom tentu juga bakalan dapet tas gretongan...ngarep  ðŸ˜‚.

Tapi intinya bukan dapet ato enggaknya tas sih, yang lebih penting adalah pertemuan kita berdua looh. Dah lama gak jumpa jadi ngingetin keluguan kita dahulu, ke bego an dan kekocakan kita masa smp yang gak bakalan terulang kembali. Kita berdua sudah melewati masa-masa itu. Semuanya jadi kenangan yang gak bakalan kita lupain.

Apalagi kita berdua sudah sama-sama memiliki anak yang usianya juga gak jauh-jauh amat, makin lengkap dan berwarna aja deh persahabatan kita.

Mudah-mudahan sih kedepannya kita bakalan makin deket dan erat lagi seperti jaman kita dulu masih remaja...Namanya Vina, dia sohibku sampai saat ini. Indahnya persahabatan... Persahabatan bagai kepompong.. Mengubah ulat menjadi kupu-kupu... Indah dan berwarna. 

Punya sohib karib gak dari jaman baheula alias dari jaman dulu...


Salam Santun




13 Juni 2019

BUKAN BINTANG KEJORA

13 Juni 2019

 BUKAN BINTANG KEJORA

Iya,... karena kamu hanya manusia biasa, terlepas dari segala pernak-pernik yang terlihat menempel, cuma sebagai penutup saja, gak lebih. Terlihat berkilau tertimpa cahaya, ternyata hanya sebagai pemanis saja, hanya yang nampak di pemukaan.

bukan bintang kejora

Terlalu tinggi jika seseorang menilaimu dari luarnya saja, tidak tanpak terlihat yang sebenarnya, bukan mencoba menjadi kamuflase, tapi hanya berusaha menutupi agar tetap terlihat baik.

I'am not an actor and I'am not a star...

Yah sejatinya menjadi diri sendiri itu lebih baik, tapi kenyataannya susah yahhh. Demi terlihat baik di hadapan orang lain terkadang lupa untuk menjadi diri sendiri. Agar mendapat nilai yang positif di depan orang lain, kadang melakukan hal-hal di luar kebiasaan.

Akhirnya lelah sendiri dan mencoba menjadi orang lain, bukan hal yang mudah, gak cocok tetapi kadang kamu memaksa agar bisa diterima di lingkungan dan pergaulan.

Kadang seseorang mengajakmu keluar dari batas nyamanmu dan menjauh, karena dia bisa menunjukkan banyak hal padamu, memberikanmu janji-janji manis sehingga akhirnya kamu lupa. Karena kamu hanya tidak ingin mengecewakannya. 

Sampai pada akhirnya kamu menyadarinya, namun sepertinya susah untuk keluar dari zona tersebut. Kamu tenggelam dalam pengaruhnya.

Kamu menjadi terbiasa berpura-pura, terlihat tetap manis terlihat tetap kuat dan terlihat baik-baik saja, sampai akhirnya kamu lelah dan semunya menjadi kehilangan. Kehilangan waktu yang terbuang percuma, kehilangan sesuatu yang menjadi jati dirimu, Kehilangan percaya diri, kamu tetap memaksa dirimu untuk tetap baik-baik saja.

Gak bisa berfikir jernih, semua yang buruk menjadi terlihat baik, dan semua yang baik terlihat buruk dimatamu, membolak-balikkan semuanya, memaksa menjadi yang terbaik sementara hati dan fikiranmu sudah terlalu lelah.

Sudah terlalu jauh untuk mundur, seperti sudah terikat dan sulit untuk lepas. Kamu jadi tergantung, gak bisa mandiri. Padahal dihati kecilmu ingin sekali berteriak menyudahi semuanya, tapi terlalu sulit. Mau berontak dan berteriak kencang kok rasanya mulut seperti terkunci.

Iyaaa...karena kamu bukanlah bintang kejora diatas langit, yang selalu terlihat berkilau , kerlap-kerlip dan indah dimalam hari.

Karena kamu cuma manusia biasa yang tidak lepas dari salah dan alpa. Namun berusaha untuk tetap terlihat bersinar, berusaha untuk tetap tegar sesulit apapun masalah yang dihadapi, karena hidup itu butuh perjuangan.




Salam santun







10 Juni 2019

MY BEST FRIEND FOREVER

10 Mei 2019

MY BEST FRIEND FOREVER

Setelah dua minggu berlalu dengan hiruk pikuknya menyambut hari raya, gak kerasa ternyata ku sudah sempat meninggalkan blog imutku hampir dua minggu lamanya..weew ternyata dampak libur terlalu lama membuat moodku sempet rada anjlog, asal gak saham aja yang turun anjlog.

gambar menulis my best friend forever


Baru hari ini ku nyempetin nulis, sekedar ngilangin rasa kangenku setelah off beberapa waktu lamanya. Ternyata menulis cukup membuatku lebih bersemangat lagi walopun gak seekstrim awal-awalku ngeblog. Tapi mayanlah dari pada ku cuman duduk bengong ngeliatin status di medsos yang gak jelas juntrungnya, mendingan ku ngecharge ulang batre didalam otakku yang udah mulai rada berkurang alias udah hampir ngedrop wk wk.

Walopun ku sempet off beberapa saat yang lalu, tapi ku masih rajin menjelajah dan bacain beberapa update tulisan dari beberapa blog temens, walopun gak berkomentar, cuman jadi pembaca diam-diam aja, yah paling cuman satu dua komen aja di diblogku yang masih ada aja yang rajin dateng, padahal tulisanku terakhir update tuh tanggal 28 mei yang lewat, tapi masih ada aja yang sempet mampir di blog imutku, maaciih ya temens, ku jadi terharu, lebeeeh.

Memang sih semenjak libur hari raya, karena kebanyakan jelong-jelongnya alias jalan dan makan, sempet bikin badan sedikit ngedrop...barangkali karena faktor u hi hi, jadi ni badan rentan terkena sakit, yang flu lah, migren lah, asam lambung yang naik lah bahkan sempet kliyengan karena kebanyakan aktifitas selama hari raya, barangkali juga karena kebanyakan makan yang berlemak sehingga gak terkontrol ni ngana punya body.

Tapi masih bersyukur gak sampe ngalamin yang namanya sakit parah, duuh jangan sampe deh, ku masih mau terus beraktifitas jangan sampe kecolongan.

Karena sampai saat ini biarpun gak rutin nulis tapi buatku ngeblog masih manjadi teman terbaikku, ngilangin penatku, bisa curhat sekaligus saling balas komen. Ini yang kadang bikin aku kangen nulis. 

Blog masih menjadi my best friend yang bisa menjaga moodku yang kadang naik turun gak jelas seperti tangga. Tetap diam dan tenang, gak cerewet seperti yang punya blog, selalu menjadi penolongku jika fikiran terkadang buntu dan gak jelas juntrungnya, tempatku melepaskan semua unek-unek melalui tulisan yang gak jelas, juga sekaligus tempat curhat yang paling pas banget buatku sementara ini.

Pokoke my best friend foreverlah. Yang selalu siap menampung segala unek-unek, tetap diam kalau aku kesal dan marah.[lama-lama ku jadi sedikit gila nih]
Seperti habis makan bakso satu mangkok ditambah sebotol teh cocro. 
Rasanya adem ni hati kalo udah kluarin segala isi jeroan hi hi. Puase pool.

Apalagi sambil ngedengerin lagu rasanya pas banget, tapi lagunya rada bikin ku sedikit nelongso wk wk

 " Di dunia ini aku mengenalmu ....dalam semesta kita ditakdirkan bersama [ walopun ternyata enggak hu hu ] Di benak ini tersiratkan arti bahwa kau satu paling berarti dihati....Aku mencintai bidadari yang tak sempurna untukku...Tapi ku yakin dengan cintaku akan sempurnakanmu."

Duuuh suara yang nyanyi gak kuat denger lewat headsetku.

Upss kok topiknya jadi sedikit melenceng nih, gegara kemarin sempet nonton filmnya Aladin yang romantis jadi gini deh.

Toh gak selalu kita bisa bercerita atau terbuka dengan seseorang, dan ternyata menulis di blog merupakan sarana melepas penat yang cukup membantu looh.
Apalagi dengan rutinitas keseharian yang kadang bikin kita ngerasa uughhh , kadang gak sabaran dan pinginnya nonjok aja, emosi gak jelas...ups baru aja selesai bermaafan dah kepingin marah aja.

Nah dengan nulis ku bisa salurin emosi yang gak bisa di bendung, hasilnya lumayan ngebantu sih.
Wah dari pada ngalur ngidul ngelantur gak jelas, udahan dulu deh tulisanku kali ini, anggap aja sebagai pemanasan buatku kedepannya supaya tambah semangat nulisnya. Dadah by by


Salam Santun

22 Mei 2019

CERITA SERU DIBALIK SHOLAT TARAWEH

22 Mei 2019

CERITA SERU DIBALIK SHOLAT TARAWEH

Hai temens biasanya banyak cerita lucu dan sedikit nyebelin dibalik pelaksanaan sholat taraweh. Sholat yang biasanya identik dilakukan pada saat bulan ramadhan ini di laksanakan setelah solat isya. Dan biasanya diakhiri dengan sholat witir.
gambar cerita seru dibalik sholat taraweh
Pada awal puasa biasanya masjid sangat ramai dengan pengunjung untuk dapat melaksanakan solat taraweh bersama.
Namun setelah berlangsung  pertengahan bulan biasanya  semakin berkurang  dan menjelang akhir romadhon semakin mengerucut saja.
Fenomena ini lazim terjadi setiap tahunnya. Entah karena kesibukan lain ataupun halangan yang biasa terjadi pada kaum hawa.

Aku yang biasanya sholat taraweh bareng tetanggaku sudah hafal banget dengan cerita lucu dan sedikit nyebelin pada saat pelaksanaan sholat taraweh. Duh bukannya mo ngegosip dibulan puasa yak, ni cuman keluh kesah mak-mak yang rada rempong.

Baca yuk :


Beberapa kejadian yang sering banget terjadi saat pelaksanaan sholat taraweh di tempatku :

* Banyak Bocah Berkeliaran

Yak yak, yah begitulah cerita sebenarnya, kebanyakan ibu -ibu tuh membawa anak dan balita ikut juga saat sholat taraweh. Barangkali karena dirumah gak ada yang jagain alias pada sholat taraweh semua, jadi bocah-bocah imut ini ikut diajak juga.

Lucu sih liat mereka masih imut dan pake baju koko dan peci, juga yang cewek dipakein hijab. Tapi tingkah polah mereka yang lucu berubah jadi sedikit nyebelin karena ada saja yang terjadi saat pak ustad sedang kasih ceramah, mereka tuh lari sana lari sini dan saat jatuh tu pada nangis kenceng.
Hadeeh apa yang diomongin pak ustad kadang jadi kalah ama suara tangisan mereka  hi hi. Melengking ampe 7 oktav...

Belom lagi ni bocah-bocah yang jumpalitan gak karuan di sajadah mamaknya, udah itu giliran kita mo sujud mereka sibuk wira-wiri nutupin sajadah kita, ujung-ujungnya mo cium sajadah jadi susah deh, hadeeh.

* Bunyi Petasan Saat Sedang Sholat

Ni lagi, apa emang gak dikasih tauk kali ama ortunya, ni bocah ngapa yak girang banget bunyiin petasan saat yang lain pada sibuk sholat.
Aku tuh sempet sedikit kaget, syukur aku gak latah, kalo gak berabe dunk.

Masak lagi khusuk sholat keluar latahnya eeh copot-copot, gak keren dong.
Ini yang kadang bikin sholat jadi agak sedikit terganggu denger suara petasan yang membahana.
Bukannya berenti ni bocah-bocah malahan tambah girang mainin petasan.

* Bacaan Surat Yang Panjang

Duh maafkan saya ya pak ustad, udah sholatnya kurang khusuk karena denger suara petasan ditambah bacaan surat yang panjang-panjang jadi makin hilang konsentrasinya, ampuni hamba ya Robb.

Apa cuman aku aja yang ngerasa seperti itu ? Mudah-mudahan sih enggak salah aku ya..kadang tuh pada saat sujud juga lamaaa banget ampe ni jidat rasanya nempel banget disajadah masjid. 

Kebetulan aja kali pas lagi bacaannya yang lama, belum lagi micknya yang rada gak kedengeran, jadi pada saat sujud suka ga denger , ni pak ustad udah selesai sujudnya apa belom yak, jadi suka setunggu-tungguan ama yang lain alias ngintip dikit kesebelah duuuh, jadinya gak khusuk sholatnya kan ?

Baca yuk:


* Gak Sholat Witir

Kebanyakan sih yang laki-laki ni , sehabis sholat taraweh pada ngacir alias kabur. Gak tau kenapa, padahal gak juga lama sih. Wong sholat taraweh ditempatku cuman delapan rakaat ditambah witir tiga rakaat , jadi semuanya hanya sebelas rakaat.

Gak tau karena ngantuk ato karena satu dan lain hal. Yang tadinya jamaahnya lumayan rame jadi sedikit berkurang. Tapi yah sudahlah kita toh gak bisa memaksa seseorang untuk tetap ada ditempat.

* Sandal Yang Raib alias Hilang

Hi hi suka geli aku kalo inget ini, pernah tuh ada kejadian kehilangan sendal kesayangan. Padahal gak juga bagus-bagus amat, cuman yang namanya hilang ya tetep aja ngeselin.

Apa matanya udah burem ato apa kali yah, kok bisanya sendal kita ngilang di masjid, masak ekeh kudu balik nyeker ayam? Gak keren banget khan..
Sebetulnya dibilang hilang juga enggak sih, masih tetep ada gantinya, cuman ya gantinya tu sendal lebih parah lagi, udah tipis dan warnanya gak bersih lagi alias bluwek hi hi. Emang dasar apes.

Makanya sekarang kalo sholat taraweh aku tuh naruh sendalnya rada di pojokan, jadinya gak ketuker alias ngilang lagi. Gak mungkin banget kan masak kudu pake kantong kresek tu sandal aku taruh disamping sajadahku? Ooh no, nanti Tuhan marah dengan kesalahanku yang disengaja.

* Bersalam-salaman

Nah yang terakhir ini sudah pasti dilakukan semua jamaah masjid, terutama buat yang perempuan. Pokoknya setelah pelaksanaan sholat taraweh selesai, kami tuh bersalam-salaman dan berkeliling saling menyambangi, gak tua atau muda , pokoknya semua hepiii.

Itu tadi sedikit cerita seru dibalik sholat taraweh dan kebiasaan yang sering terjadi dari yang sedikit nyebelin dan lucu di tempatku. Gimana dengan pelaksanaan sholat taraweh di tempat kalian ? 
Semoga saja sholatnya tetep lancar dan khusuk yah ?


Salam santun



20 Mei 2019

AYOOK MUDIK YUK

20 Mei 2019

 AYOOK MUDIK YUK

Mudik,...denger kata mudik identik dengan hari raya, dan lebih berasa disaat hari raya idul fitri tiba. Saat yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat muslim khususnya di Indonesia.
Mudik itu identik banget dengan kaum muslim yang sehabis melaksanakan ibadah puasa ramadhan yang hendak pulang ke kampung halaman.


Tradisi Mudik




Saat-saat yang paling ditunggu-tunggu dan sangat berkesan banget. Meskipun setiap tahunnya tradisi mudik ini sudah sering banget kita lihat di media tentang heboh dan riwehnya pelaksanaannya , namun justru disitulah letak kekhasan dan yang bikin kita kangen dengan suasana seperti itu.

Masih dalam suasana menjalankan ibadah puasa masyarakat rela banget ngantri untuk beli tiket ataupun karcis. Rela tidur sampai menginap demi mendapatkan karcis kereta api bahkan sudah dari jauh-jauh hari antri untuk beli tiket pesawat.

Seperti yang dilakukan oleh kakakku yang sudah jauh-jauh hari membeli tiket pesawat untuk mudik ke kotaku di Bandar Lampung yang berjumlah empat orang, soalnya kalo enggak bakalan kehabisan atau susah sendiri.

Pokoknya suasana ini hanya terasa disaat pelaksanaan menjelang hari raya, barangkali karena sebagian besar penduduk di Indonesia memeluk agama Islam sehingga nuansa ini begitu terasa, dan aku sangat kangen banget dengan segala pernak-pernik kehebohannya. Ada nuansa yang berbeda. 

Melihat banyaknya masyarakat kecil yang sibuk mempersiapkan barang bawaan atau sekedar oleh-oleh buat kekampung halaman, melihat pemandangan seperti ini rasanya sudah lazim banget di tanah air.

Apalagi mereka mencari nafkah di ibukota, sehingga saat mudik segala kehebohan pasti akan terjadi, bahkan aku pernah melihat ditayangan televisi ada saja pemudik yang menggunakan kendaraan yang sebenarnya tidak layak di pakai untuk mudik seperti memakai bajaj di ibukota.

Bayangkan ukuran bajaj yang imut dijejali dengan beberapa orang, belum lagi kardus bawaan pemudik. Namun karena keadaan dan terpaksa, mereka tetap menggunakan bajaj sebagai kendaraan alternatif menuju kampung halaman.

Belum lagi tradisi mudik menggunakan sepeda motor yang sebetulnya agak kurang aman yah. Bukan apa-apa, kadang satu motor diisi dengan kedua orang tua belum lagi ditambah dengan anak dan balita, juga dijejali dengan tas dan barang bawaan. Pemandangan ini sering banget kita lihat saat arus mudik tiba.
Yah mudah-mudahan saja selamat sampai tujuan.

Sedang buat yang mudik menggunakan kendaraan pribadi sebaiknya ada persiapan yang harus dan kudu wajib di lakukan.
Adapun beberapa persiapan yang pernah aku lakukan saat aku mudik barangkali ada manfaatnya buat temen-temen yang juga hendak mudik ke kampung halaman.

Baca :

* Tetap Segar Dan Cantik Saat Ramadhan
* Bahagia Punya Siapa
Tradisi Unik Saat Ramadhan

Persiapan Yang Harus Dilakukan Menjelang Mudik :

1. * Periksa Keadaan Rumah

Ini penting banget diperhatikan, jadi gak cuma persiapan mudiknya saja tetapi rumah yang kita tinggal mudik selama beberapa waktu juga kudu di perhatikan. Jangan lupa untuk mencabut selang gas atau mematikan lampu-lampu yang tidak perlu, periksa juga stop kontak listrik, perhatikan juga kunci rumah. 

Jika kalian tinggal di perumahan sebaiknya minta tolong dengan penjaga komplek untuk sering-sering memperhatikan keadaan sekeliling perumahan.
Kita gak mau dong saat kita mudik terjadi sesuatu yang tidak kita inginkan.

2. * Cek Kendaraan

Yups ini penting banget buat yang hendak mudik dengan kendaraan, mulai dari cek mesin kendaraan, cek kekuatan ban, kipas kaca, aki dsb, pokoknya semuanya deh kudu di cek dan ricek di bengkel maupun tempat khusus yang menyediakan servis kendaraan.

gambar cek kendaraan


Soalnya ini penting banget demi kelancaraan perjalanan mudik kalian. Pokoknya ini sih tugasnya para suami dan kaum lelaki yang kudu banget diperhatikan.

Baca :

* Macam Tipe Penabung
* Kebiasaan Yang Sering Dilakukan Saat Ramadhan
* Menikmati Fasilitas Feri Di Selat Sunda

3. * Perlengkapan [ pakaian dan perintilannya ]

Bawalah pakaian yang sebisa mungkin kalian mix and match supaya enggak ribet disaat mudik, bawa pakaian yang kira-kira diperlukan misalnya buat yang cewe seperti baju gamis ataupun hijab dan perintilannya sekitar dua atau tiga potong, selebihnya bisa berupa celana panjang ataupun atasan yang bisa kalian gabung.Juga sepatu dan sandal dan perlengkapan ibadah.

Jangan lupa juga pakaian suami seperti baju koko ataupun perlengkapan lainnya. Kalo mempunyai anak kecil tentu lebih riweh lagi persiapannya, harus lumayan banyak yang dibawa, secara namanya anak-anak yang sedang aktif dan gak bisa diem , sudah tentu suka berkeringat sebaiknya membawa baju atau kaus yang menyerap keringat, soalnya mudik sudah pasti akan terkena macet yang gak bisa kita prediksi berapa lama waktunya.

4. * Obat-obatan

Ini penting banget diperhatikan buat jaga-jaga di perjalanan, sediakan juga obat-obatan dan p3k, soalnya ini pengalaman aku kalau hendak mudik gak mau dong kita ribet atau baru beli obat dijalan , harus di persiapkan sebelumnya supaya kita senantiasa tenang di perjalanan, entah itu obat batuk, flu, obat magh dan sebagainya, apalagi yang mempunyai riwayat sakit tertentu harus di perhatikan banget yah.

5. * Camilan / makanan / minum

Walaupun sedang berpuasa juga diperbolehkan bagi musafir untuk tidak berpuasa, dan kita bisa mengganti puasa kita di lain waktu. Terutama buat anak-anak sediakan mereka makanan camilan yang menyehatkan, jadi jangan asal beli makanan saja.


gambar makanan sehat


Sebaiknya membawa cukup air putih, terutama buat supir atau suami yang membawa kendaraan butuh banget tuh air minum yang cukup, soalnya suka susah kalo sedang macet di jalan.

Apalagi walaupun jalan tol sudah mulus , berhubung masih baru, belum banyak fasilitas yang memadai di area peristirahatan.
Masih belum banyak tersedia minimarket ataupun warung makan dan rumah makan disepanjang jalan tol yang baru, ini pengalaman saya saat libur beberapa waktu yang lewat, saat berlibur ke Jawa Timur.

Meskipun tol lancar jaya namun fasilitasnya belum memadai, sehingga kita harus ekstra persiapan yah biar gak memble dijalan, kan sudah sering banget liat di tv tentang kejadian yang gak enak gara-gara mudik dijalan tol, entah macet yang berjam-jam, bahkan kepanasan.

Semoga saja dengan beberapa cara diatas bisa sedikit membantu buat kalian yang berencana mudik ke kampung halaman, gak mudah memang tetapi setidaknya dengan persiapan fisik dan mental semoga saja kita bisa selamat didalam perjalanan sampai ketujuan dan dapat berkumpul dengan seluruh sanak saudara disaat hari raya tiba.

Gak ada yang lebih berkesan dengan kehadiran dari orang-orang tercinta yang sengaja menyempatkan diri untuk bersilaturahim dengan kita, dan momen setahun sekali yang kita tunggu-tunggu mudah-mudahan memberi semangat buat kita untuk tetap menjalin tali persaudaraan. Amiin..

Demikian sedikit tulisan tentang persiapan yang harus dilakukan menjelang mudik. Semoga saja saat kembali kita bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan fitrah.



Salam santun

14 Mei 2019

TETAP SEGAR DAN CANTIK DI BULAN RAMADHAN

14 Mei 2019

TETAP SEGAR DAN CANTIK DI BULAN RAMADHAN


Gak kerasa kita sudah melaksanakan ibadah puasa sekitar seminggu lamanya, mudah-mudahan tetep selalu sehat dan dapat menjalankan ibadah puasa dengan tenang dan khusuk yah sobat bloggers.

Sebetulnya tulisan aku kali ini mo ngebahas tentang cara supaya saat kita beribadah puasa tetap segar dan syantik, dah pasti buat perempuan dunk tulisan ini aku buat, btw kalo ada cowok yang mampir dan sekedar pingin tauk yah ga pa pa deh , pintu masih terbuka lebar buat silaturahim yak.
 tips cantik dan segar saat ramadhan
Ni pertama kali aku nyoba nulis tentang perawatan kecantikan, sebenarnya rada gak pede gituh tu akunya hi hi, secara kalo soal dandan akutuh gak gapeh-gapeh amat, peralatan make up aku juga gak terlalu banyak.

Dan yang pasti udah buanyaak banget yang lebih ahli dari akooh kayak beauty bloggers ono, btw tapi gak apalah aku ikutan buat ngeramein tulisan aku.

Tapi kali ini aku coba beraniin diri buat dandan sedikit supaya teteup terlihat cantik paripurnahh gaesss, biarpun nilainya cuman enam setengah ato mentok-mentoknya di angka tujuh lah, kaciaan .

Baca : Bahagia Punya Siapa
           Tradisi unik saat ramadhan
           Macam Tipe Penabung

Soalnya aku kalau dandan sungguh selow amat selow, gak bisa keburu-buru, ntar yang ada bukannya syantik kaya inces malahan koyok ronggeng wk wk.

Sing penting tampil minimalis dan gaya ala aku aja dah. Okee sebelumnya supaya tetap terlihat segar dan cantik di bulan ramadhan ini, gak susah amat kok tips and triknya. Yuk mari di pantau, zzz maksudku di baca :

1. * Minum air putih yang cukup

Sudah pasti dong gak bisa diragukan lagi, namun gimana dong kalo lagi puasa gini susah dong mo nerapin minum air yang cukup. Eits siapa bilang, bisa kok diatur cara membaginya dengan tetap minum delapan gelas air selama puasa.
air putih
Pokoknya pinter-pinter kita deh yang ngatur minumnya supaya gak lemes dan tetep fit selama puasa.
Soalnya kalo kekurangan cairan juga gak bagus yak buat tubuh.

2. * Makan buah dan sayur yang cukup serta protein

Jadi selama puasa kebutuhan sayur dan buah kudu tetep cukup yak, apalagi saat puasa gini enaknya habis seharian berpuasa makan yang seger-seger seperti buah-buahan, terserah kalian deh mau buah apa aja, asal jangan makan buah yang kira-kira kalian punya kecenderungan terhadap suatu penyakit, seperti magh, jadi pikir-pikir sebelum memakannya yah. Entar bukan manfaat yang didapat malahan sakitnya bertambah berat.

Sayuran juga gak asal nyayur aja, kalo bisa sih selama puasa agak dikurangin tuh yang namanya gorengan dan bersantan setiap harinya. Lebih baik makan sayur seperti bening-beningan aja seperti sup atau tumisan yang sedikit minyak.

sayur dan buah


Intinya sayur dan buah kudu tetep tersedia setiap harinya di meja kalian yah, selain sehat juga baik untuk pencernaan, soalnya kebutuhan serat juga harus diperhatikan biar gak gampang sembelit.

Jangan lupa juga kebutuhan protein yang cukup, kalo pinter masak enak banget tuh kita bisa ngolah macam-macam lauk buat menu selama puasa, kalo gak ngerti yah tinggal googling resepnya aja dan praktekin, kalo malez yah tinggal beli matengnya aja, tapi sebaiknya sih diolah sendiri yah supaya lebih seger dan enak, apalagi di sajikan buat keluarga tercinta.

Baca : Lorong King Gang Yang Eksis di Lampung
           Nobody's Perfect
           Rem Kebiasaanmu Yang Hobi Ngemall

3. * Olah Raga yang cukup

Siapa bilang saat berpuasa kita gak bisa olah raga, bisa dong asal kita tau aja caranya dengan gak terlalu berlebihan alias memforsir diri. Dengan gerakan-gerakan ringan seperti senam dan jalan kaki disekitar kompleks rumah bisa banget tuh.

Apalagi yang emang hobi banget dengan sepeda, bisa tuh muter-muter di keliling kompleks, asal gak terlalu berlebihan yak.
Soalnya kalo kita diem aja juga bawaannya malahan jadi lemes dan males.

Dan buat yang seharian kerjanya duduk alias ngantor bisa dong sesekali bangun dari kursi kalian dan berjalan menggunakan tangga asal gak dilantai paling atas yah, yang ada nti malah ngos-ngosan nafasnya .

4. * Jangan julid

Betul banget tuh katanya teh Syahrini, kalo kita tuh gak boleh julid ato sirik pada orang lain. Entah sirik or julid liat orang lain berhasil, julid liat orang lain lebih sukses, julid liat orang lebih pinter or lebih cantik.

Memang sih manusiawi banget liat kelebihan orang lain, tapi yakin deh dibalik kekurangan kita pasti ada satu hal yang bikin kita juga lebih dimata orang lain.
Gak usah deh ngebanding-bandingin or minder dengan kelebihan orang lain, sekalian ngingetin diri sendiri wk wk wk.

Siapa tau justru orang lain yang ternyata sering merhatiin atau kagum dengan kelebihan diri kita yang gak kita sadari. Gak usah mikirin hidung kita yang pesek, kan banyak tuh tips make up buat kelihatan mancung or mikirin e ngana punya body yang gak sekseeh. 

Just be your self ajalah, soalnya kalo kita sibuk meniru orang lain gak bakalan ada habisnya, dan belum tentu juga sesuai dengan kitanya, yang ada malahan cape jadi orang lain itu booo. Diri kita yang apa adanya justru menjadi unik dan pembeda dengan orang lain loh. Kan kita juga gak mau terlihat kembar or pasaran gituh.

5. * Perbanyak Senyum

Karena senyum adalah ibadah, jadi banyak banyaklah tersenyum, tapi senyum yang tulus yah, senyum yang tulus itu bakalan kelihatan loh diwajah kita, gak kaku atau manyun gitu.

Senyum yang tulus bisa membawa aura positif buat diri kita dan orang lain, apalagi sambil disertai pujian yang tulus, duh makin tambah kecjeeh aja tu wajahmu dan biar tambah awet muda.

6. * Tampil dengan make up yang simpel

Nah ini yang terakhir yak, sengaja aku tuh nulis yang terakhir supaya biar dapet dulu feelnya, soalnya masih deg-deg ser buat tampilin make up ala akuh, masih gak pede akunya, but anyway busway ojo ngguyu yoo ?

Simak cara make up dari blogger kondangan ini hi hi [ maluk sayah pemirsah ] dalam menampilkan make up simpel dan segar selama berpuasa, uups ulala.

Kebetulan aku tuh menggunakan beberapa produk jadi enggak berpatokan hanya brand tertentu saja, alias campur -campur, maklumlah aku gak ngerti gimana sih sebetulnya trik or tips bermake up ala beauty bloggers kebanyakan.
Jadi maaf keun aku kalau agak sedikit rempong.

Kali ini aku menggunakan liquid foundation dari MAYBELLINE FIT me yang berwarna nude nomor 128 untuk kulit normal cenderung berminyak. Warnanya juga pas dikulit aku.

Sedang untuk bedak aku memakai produk dari ZAP beauty, ni bukan sponsored yah tapi stok aku dari kakakku hi hi, mayan deh . Warnanya juga pas dikulit aku, biarpun ada kesan kerlip-kerlip dikit di wajahku,

Sedang untuk lipstick aku menggunakan dua jenis yang aku baur jadi satu, yaitu produk dari wardah yang berwarna pink dan dari ZOYA yang berwarna coklat.

make up


Dan untuk eye liner , pensil alis dan mascaranya aku memakai SILKYGIRL yang juga mengandung serum dan tulisannya sih waterproof.

Aku gak menunjukkan gimana caranya aku bermake up yak, tapi hanya foto hasil akhirnya aja , soalnya susah yak ternyata step-step berdandan yang lengkap itu.
simple make up

Tara... selesai juga make up simpel dan minimalis gaya akuuh, mudah-mudahan sih enggak norak dan malu-maluin yak.Kalo hasil akhirnya gak sesuai dengan yang diharapkan mohon dimaafkeun, soalnya ini juga butuh perjuangan buat dandan.

Duuh tapi gak jelas yak warna make upnya , maklum hp akutuh yah emang gak bagus ato emang dasar dari sononya gak bagus hi hi.

Yups ini tulisan aku mengenai cara supaya tetap segar dan cantik di bulan ramadhan allanya aku. Semoga aja gak malu-maluin dan jika ada yang kritik atau kasih saran juga ga pa-apa supaya aku semakin pintar dandan dan cetar membahenol yah kayak inces.


Salam santun






9 Mei 2019

BAHAGIA PUNYA SIAPA

9 Mei 2019

BAHAGIA PUNYA SIAPA

Yah seperti kalimat diatas, bahagia punya siapa ? Maksudnya bahagia yang kita ciptakan dan rasakan sendiri. Gak muluk-muluk, bahagia itu sederhana aja, gak juga mesti bergelimang dengan kemewahan, walaupun sebagai mahluk hidup kita juga butuh harta benda.

bahagia

Gak juga jadi jaminan kalau hidup bergelimang dengan kemewahan sudah pasti seratus persen hidup kita akan selalu hepii terus bawaannya. Memang gak bisa dipungkiri kalau salah satu sumber kebahagiaan itu jika kita punya sedikit harta benda.

Eits, dari tadi kok ngomongnya bulak-balik harta benda melulu yah ? Bukan, maksud saya, jika dilihat dari sudut pandang saya jika orang yang kekurangan saja masih bisa bersyukur dengan segala keterbatasan fisik dan harta, apalagi saya yang masih diberi sehat dan harta yang cukup menurut saya, meskipun tidak berlebihan.

Ada yang merasa dengan harta yang biasa-biasa saja, namun mereka merasa sudah cukup bahagia, ada yang selalu merasa kekurangan padahal harta mereka berlimpah ruah dan tidak habis tujuh turunan barangkali, namun selalu merasa gak bahagia, jadi gak melulu kebahagiaan itu bisa diukur dengan harta benda.

Baca : 


Jadi kebahagiaan itu kita sendiri yang cari, kita sendiri yang buat, meskipun sederhana. Katanya membahagiakan orang lain itu bisa bikin hepi diri kita pribadi, apa iya ? Memang ada betulnya juga sih, kadang kita berkorban demi kebahagian orang lain.

Tapi Kayaknya buat aku gak begitu setuju yah dengan kalimat diatas. Apa iya kita harus rela berkorban buat ngebahagiaan orang lain, sementara hati kita sendiri aja gak bahagia. udah kayak lagunya Armada aja, asal kau bahagia, sementara hati sendiri hancur, oh no no, gak mau kalo saya kayak gitu.

Yang ideal itu ya bahagia semua, gak cuman satu pihak aja, gak selalu kita bisa ngebahagiain orang lain, meskipun itu orang terkasih, kita gak selalu bisa jadi matahari yang bisa menerangi disiang hari atau kita gak selalu bisa menjadi cahaya lilin disaat mati lampu, ada saatnya lilin juga akan meleleh .

Jadi hal-hal seperti apa yang bisa membuat kita bisa bahagia, yah tergantung kitanya sendiri, bahagia itu kita yang jemput, kita yang cari.
Maafkan jika bahagianya versi saya gak seide dengan yang lain. Dan aku gak mau seperti lilin yang asal bisa menerangi sampai meleleh agar bisa terlihat bermanfaat buat orang lain.

Baca :


Pernah gak sih kita kepikiran untuk sekedar ngebahagiain diri sendiri ? Gak usah muluk-muluk deh harus  begini begitu. Sudah waktunya kita merasa hepi dengan diri kita sendiri setelah berkutat dengan berbagai rutinitas yang bikin kita bosen dan lelah. Gak ada salahnya kan buat dicoba.

Beberapa hal dibawah ini mungkin bisa sedikit membahagiakan diri kita versinya saya:

1 * Traveling

Gak usah deh keliling dunia kalau dana kita aja gak mencukupi, cukup keliling ke daerah sekitar aja, atau tempat lain yang gak terlalu jauh dan memakan budget yang besar. Seperti pantai atau pegunungan.


Pantai

Suasana yang masih alami dan indah yakin deh bakalan bikin kita terbawa suasana hepii. Lupain sejenak tugas rutin sehari-hari. Sudah waktunya ngecharge hidup kita dengan sekali-kali agak sedikit bebas berpetualang.


pegunungan

Bertemu dengan beberapa orang baru diperjalanan bahkan sesama teman akan membawa suasana beda, apalagi kalo kamu tipe backpacker, udah pasti gak terlalu ribet dengan akomodasi dan perintilannya yang serba heboh.

Baca ;


Tapi kalo kamu tipe yang  senang dengan kesunyian ato privacy ya gak ada salahnya kamu pesan penginapan yang sesuai dengan isi kantong kamu. Gak salah kok sekali-sekali keluar dana lebih asal kan kamu bahagia, looh iyakan ? memang bahagia itu kita yang ciptakan kok.
Semoga saja dengan beberapa hari berlibur, saat kembali mood kamu berubah jadi hepii dan gak suntuk lagi.

2 * Belanja

Sesekali gak ada salahnya belanja-belanja , meskipun gak ngeborong, minimal ada discount yang bisa kamu manfaatin. Coba lihat di lemari bajumu, adakah yang sudah gak bisa kamu pakai lagi atau sudah ketinggalan gaya ?

Memilah-milah pakaian bekas dan me mix and match nya dengan pakaian baru barangkali bisa jadi solusi kamu dalam penampilan.
Bagi sebagian orang belanja adalah kegiatan yang menyenangkan selama masih dalam batas yang wajar, gak melulu belanja barang mewah, sederhana dan ceria bisa jadi mewakili pribadimu.

Terserah kamu mau belanja apa aja asalkan gak menghabiskan danamu, yang penting tetap smart dalam pengeluaran yah .


3 * Makan/kuliner


kuliner

Ups, kalo ini sih jangan ditanya lagi yah, makan-makan merupakan hal yang bikin kita hepii, perut kenyang hatipun senang. Asalkan nggak berlebihan dan jatuhnya mubajir. Bisa kok kamu juga berbagi bahagiamu dengan membelikan makanan kesukaanmu buat kamu berikan dengan orang-orang yang membutuhkan, walau cuma sekedar nasi bungkus, itu sudah bikin kamu hepii.

Apalagi disaat ramadhan ini, kamu bisa membagi-bagi takjil gratis dengan orang-orang disekitarmu, selain kamu jadi bahagia, kamu juga bisa dapat pahala looh. Jadi dobelkan bahagianya.

4 * Berbagi

Meskipun harta kita enggak berlimpah, dengan saling berbagi sudah menunjukkan kalau kamu sebetulnya peduli dengan keadaan orang-orang disekeliling kamu. Kamu bisa ikut merasakan kesusahan mereka.

Kalau bukan hati kamu yang tergerak buat ngebantu, siapa lagi ? Niatkan dari hati bukan karena pamrih atau biar dinilai orang lain. lebih baik memberi dari pada menerima, lebih baik dari pada selalu menengadahkan tangan keatas.
Toh dengan memberi, harta kita gak akan berkurang, justru bertambah dan akan berlipat ganda pahalanya.

Hal-hal kecil demikian yang akan membuat kita merasa bahagia, semoga saja apa yang sudah kita beri bisa bermanfaat buat mereka, meskipun hanya secuil kuku yang bisa kamu beri, setidaknya itu menggugah hati kamu untuk tetap peduli dengan orang lain.

5* Nonton / kesalon / perawatan wajah

Ah berhubung sudah kebanyakan yang aku tulis, ni sesi terakhir aku jadiin satu aja yaks, belom tentu juga dibaca semuanya hi hi.

Nonton adalah salah satu hobi aku, aku pernah dalam seminggu dua x nonton film yang sama, bahkan dalam sebulan terakhir aku pernah sampai nonton empat kali film, dua kali film Dillan, My Stupid Bos 2 dan kapten Marvel.
Duh jangan ditiru yak, syukurnya ada juga yang dibayarin hi hi, jadi lumayanlah dari pada lu manyun.

Facial alias perawatan kayaknya perlu buat perempuan saat ini, yah biarpun bukan perawatan yang mahal banget, setidaknya dengan perawatan bikin kita tambah seger dan syantik kaya inces. Biarpun beda level hi hi.

Dan terakhir kesalon, yah sekedar buat perawatan rambut sekali-kali di massage di salon gak apa kali, atau potong rambut kamu yang udah mulai bercabang gak terawat. buat penampilan rambut kamu biar lebih fresh dan gaya. 

Kalo yang berhijab barangkali perlu juga perawatan rambut khusus di salon muslimah yah, soalnya sehari-hari kita sering banget menggunakan hijab dan berkeringat, atau rambut menjadi cepat kotor dan rontok.
Dengan perawatan yang sesuai mudah-mudahan gak ada lagi tuh rambut kusam.

Yups itu tadi beberapa hal yang mungkin bisa sedikit ngebahagiain diri sendiri. Baru deh kita bisa ngebahagiain orang lain.
Gimana dengan bahagianya versi kamu, walaupun bahagianya kita berbeda justru perbedaan itu yang membuatnya menjadi indah.


Salam Santun