14 Mei 2019

TETAP SEGAR DAN CANTIK DI BULAN RAMADHAN

14 Mei 2019

TETAP SEGAR DAN CANTIK DI BULAN RAMADHAN


Gak kerasa kita sudah melaksanakan ibadah puasa sekitar seminggu lamanya, mudah-mudahan tetep selalu sehat dan dapat menjalankan ibadah puasa dengan tenang dan khusuk yah sobat bloggers.

Sebetulnya tulisan aku kali ini mo ngebahas tentang cara supaya saat kita beribadah puasa tetap segar dan syantik, dah pasti buat perempuan dunk tulisan ini aku buat, btw kalo ada cowok yang mampir dan sekedar pingin tauk yah ga pa pa deh , pintu masih terbuka lebar buat silaturahim yak.
 tips cantik dan segar saat ramadhan
Ni pertama kali aku nyoba nulis tentang perawatan kecantikan, sebenarnya rada gak pede gituh tu akunya hi hi, secara kalo soal dandan akutuh gak gapeh-gapeh amat, peralatan make up aku juga gak terlalu banyak.

Dan yang pasti udah buanyaak banget yang lebih ahli dari akooh kayak beauty bloggers ono, btw tapi gak apalah aku ikutan buat ngeramein tulisan aku.

Tapi kali ini aku coba beraniin diri buat dandan sedikit supaya teteup terlihat cantik paripurnahh gaesss, biarpun nilainya cuman enam setengah ato mentok-mentoknya di angka tujuh lah, kaciaan .

Baca : Bahagia Punya Siapa
           Tradisi unik saat ramadhan
           Macam Tipe Penabung

Soalnya aku kalau dandan sungguh selow amat selow, gak bisa keburu-buru, ntar yang ada bukannya syantik kaya inces malahan koyok ronggeng wk wk.

Sing penting tampil minimalis dan gaya ala aku aja dah. Okee sebelumnya supaya tetap terlihat segar dan cantik di bulan ramadhan ini, gak susah amat kok tips and triknya. Yuk mari di pantau, zzz maksudku di baca :

1. * Minum air putih yang cukup

Sudah pasti dong gak bisa diragukan lagi, namun gimana dong kalo lagi puasa gini susah dong mo nerapin minum air yang cukup. Eits siapa bilang, bisa kok diatur cara membaginya dengan tetap minum delapan gelas air selama puasa.
air putih
Pokoknya pinter-pinter kita deh yang ngatur minumnya supaya gak lemes dan tetep fit selama puasa.
Soalnya kalo kekurangan cairan juga gak bagus yak buat tubuh.

2. * Makan buah dan sayur yang cukup serta protein

Jadi selama puasa kebutuhan sayur dan buah kudu tetep cukup yak, apalagi saat puasa gini enaknya habis seharian berpuasa makan yang seger-seger seperti buah-buahan, terserah kalian deh mau buah apa aja, asal jangan makan buah yang kira-kira kalian punya kecenderungan terhadap suatu penyakit, seperti magh, jadi pikir-pikir sebelum memakannya yah. Entar bukan manfaat yang didapat malahan sakitnya bertambah berat.

Sayuran juga gak asal nyayur aja, kalo bisa sih selama puasa agak dikurangin tuh yang namanya gorengan dan bersantan setiap harinya. Lebih baik makan sayur seperti bening-beningan aja seperti sup atau tumisan yang sedikit minyak.

sayur dan buah


Intinya sayur dan buah kudu tetep tersedia setiap harinya di meja kalian yah, selain sehat juga baik untuk pencernaan, soalnya kebutuhan serat juga harus diperhatikan biar gak gampang sembelit.

Jangan lupa juga kebutuhan protein yang cukup, kalo pinter masak enak banget tuh kita bisa ngolah macam-macam lauk buat menu selama puasa, kalo gak ngerti yah tinggal googling resepnya aja dan praktekin, kalo malez yah tinggal beli matengnya aja, tapi sebaiknya sih diolah sendiri yah supaya lebih seger dan enak, apalagi di sajikan buat keluarga tercinta.

Baca : Lorong King Gang Yang Eksis di Lampung
           Nobody's Perfect
           Rem Kebiasaanmu Yang Hobi Ngemall

3. * Olah Raga yang cukup

Siapa bilang saat berpuasa kita gak bisa olah raga, bisa dong asal kita tau aja caranya dengan gak terlalu berlebihan alias memforsir diri. Dengan gerakan-gerakan ringan seperti senam dan jalan kaki disekitar kompleks rumah bisa banget tuh.

Apalagi yang emang hobi banget dengan sepeda, bisa tuh muter-muter di keliling kompleks, asal gak terlalu berlebihan yak.
Soalnya kalo kita diem aja juga bawaannya malahan jadi lemes dan males.

Dan buat yang seharian kerjanya duduk alias ngantor bisa dong sesekali bangun dari kursi kalian dan berjalan menggunakan tangga asal gak dilantai paling atas yah, yang ada nti malah ngos-ngosan nafasnya .

4. * Jangan julid

Betul banget tuh katanya teh Syahrini, kalo kita tuh gak boleh julid ato sirik pada orang lain. Entah sirik or julid liat orang lain berhasil, julid liat orang lain lebih sukses, julid liat orang lebih pinter or lebih cantik.

Memang sih manusiawi banget liat kelebihan orang lain, tapi yakin deh dibalik kekurangan kita pasti ada satu hal yang bikin kita juga lebih dimata orang lain.
Gak usah deh ngebanding-bandingin or minder dengan kelebihan orang lain, sekalian ngingetin diri sendiri wk wk wk.

Siapa tau justru orang lain yang ternyata sering merhatiin atau kagum dengan kelebihan diri kita yang gak kita sadari. Gak usah mikirin hidung kita yang pesek, kan banyak tuh tips make up buat kelihatan mancung or mikirin e ngana punya body yang gak sekseeh. 

Just be your self ajalah, soalnya kalo kita sibuk meniru orang lain gak bakalan ada habisnya, dan belum tentu juga sesuai dengan kitanya, yang ada malahan cape jadi orang lain itu booo. Diri kita yang apa adanya justru menjadi unik dan pembeda dengan orang lain loh. Kan kita juga gak mau terlihat kembar or pasaran gituh.

5. * Perbanyak Senyum

Karena senyum adalah ibadah, jadi banyak banyaklah tersenyum, tapi senyum yang tulus yah, senyum yang tulus itu bakalan kelihatan loh diwajah kita, gak kaku atau manyun gitu.

Senyum yang tulus bisa membawa aura positif buat diri kita dan orang lain, apalagi sambil disertai pujian yang tulus, duh makin tambah kecjeeh aja tu wajahmu dan biar tambah awet muda.

6. * Tampil dengan make up yang simpel

Nah ini yang terakhir yak, sengaja aku tuh nulis yang terakhir supaya biar dapet dulu feelnya, soalnya masih deg-deg ser buat tampilin make up ala akuh, masih gak pede akunya, but anyway busway ojo ngguyu yoo ?

Simak cara make up dari blogger kondangan ini hi hi [ maluk sayah pemirsah ] dalam menampilkan make up simpel dan segar selama berpuasa, uups ulala.

Kebetulan aku tuh menggunakan beberapa produk jadi enggak berpatokan hanya brand tertentu saja, alias campur -campur, maklumlah aku gak ngerti gimana sih sebetulnya trik or tips bermake up ala beauty bloggers kebanyakan.
Jadi maaf keun aku kalau agak sedikit rempong.

Kali ini aku menggunakan liquid foundation dari MAYBELLINE FIT me yang berwarna nude nomor 128 untuk kulit normal cenderung berminyak. Warnanya juga pas dikulit aku.

Sedang untuk bedak aku memakai produk dari ZAP beauty, ni bukan sponsored yah tapi stok aku dari kakakku hi hi, mayan deh . Warnanya juga pas dikulit aku, biarpun ada kesan kerlip-kerlip dikit di wajahku,

Sedang untuk lipstick aku menggunakan dua jenis yang aku baur jadi satu, yaitu produk dari wardah yang berwarna pink dan dari ZOYA yang berwarna coklat.

make up


Dan untuk eye liner , pensil alis dan mascaranya aku memakai SILKYGIRL yang juga mengandung serum dan tulisannya sih waterproof.

Aku gak menunjukkan gimana caranya aku bermake up yak, tapi hanya foto hasil akhirnya aja , soalnya susah yak ternyata step-step berdandan yang lengkap itu.
simple make up

Tara... selesai juga make up simpel dan minimalis gaya akuuh, mudah-mudahan sih enggak norak dan malu-maluin yak.Kalo hasil akhirnya gak sesuai dengan yang diharapkan mohon dimaafkeun, soalnya ini juga butuh perjuangan buat dandan.

Duuh tapi gak jelas yak warna make upnya , maklum hp akutuh yah emang gak bagus ato emang dasar dari sononya gak bagus hi hi.

Yups ini tulisan aku mengenai cara supaya tetap segar dan cantik di bulan ramadhan allanya aku. Semoga aja gak malu-maluin dan jika ada yang kritik atau kasih saran juga ga pa-apa supaya aku semakin pintar dandan dan cetar membahenol yah kayak inces.


Salam santun






9 Mei 2019

BAHAGIA PUNYA SIAPA

9 Mei 2019

BAHAGIA PUNYA SIAPA

Yah seperti kalimat diatas, bahagia punya siapa ? Maksudnya bahagia yang kita ciptakan dan rasakan sendiri. Gak muluk-muluk, bahagia itu sederhana aja, gak juga mesti bergelimang dengan kemewahan, walaupun sebagai mahluk hidup kita juga butuh harta benda.

bahagia

Gak juga jadi jaminan kalau hidup bergelimang dengan kemewahan sudah pasti seratus persen hidup kita akan selalu hepii terus bawaannya. Memang gak bisa dipungkiri kalau salah satu sumber kebahagiaan itu jika kita punya sedikit harta benda.

Eits, dari tadi kok ngomongnya bulak-balik harta benda melulu yah ? Bukan, maksud saya, jika dilihat dari sudut pandang saya jika orang yang kekurangan saja masih bisa bersyukur dengan segala keterbatasan fisik dan harta, apalagi saya yang masih diberi sehat dan harta yang cukup menurut saya, meskipun tidak berlebihan.

Ada yang merasa dengan harta yang biasa-biasa saja, namun mereka merasa sudah cukup bahagia, ada yang selalu merasa kekurangan padahal harta mereka berlimpah ruah dan tidak habis tujuh turunan barangkali, namun selalu merasa gak bahagia, jadi gak melulu kebahagiaan itu bisa diukur dengan harta benda.

Baca : 


Jadi kebahagiaan itu kita sendiri yang cari, kita sendiri yang buat, meskipun sederhana. Katanya membahagiakan orang lain itu bisa bikin hepi diri kita pribadi, apa iya ? Memang ada betulnya juga sih, kadang kita berkorban demi kebahagian orang lain.

Tapi Kayaknya buat aku gak begitu setuju yah dengan kalimat diatas. Apa iya kita harus rela berkorban buat ngebahagiaan orang lain, sementara hati kita sendiri aja gak bahagia. udah kayak lagunya Armada aja, asal kau bahagia, sementara hati sendiri hancur, oh no no, gak mau kalo saya kayak gitu.

Yang ideal itu ya bahagia semua, gak cuman satu pihak aja, gak selalu kita bisa ngebahagiain orang lain, meskipun itu orang terkasih, kita gak selalu bisa jadi matahari yang bisa menerangi disiang hari atau kita gak selalu bisa menjadi cahaya lilin disaat mati lampu, ada saatnya lilin juga akan meleleh .

Jadi hal-hal seperti apa yang bisa membuat kita bisa bahagia, yah tergantung kitanya sendiri, bahagia itu kita yang jemput, kita yang cari.
Maafkan jika bahagianya versi saya gak seide dengan yang lain. Dan aku gak mau seperti lilin yang asal bisa menerangi sampai meleleh agar bisa terlihat bermanfaat buat orang lain.

Baca :


Pernah gak sih kita kepikiran untuk sekedar ngebahagiain diri sendiri ? Gak usah muluk-muluk deh harus  begini begitu. Sudah waktunya kita merasa hepi dengan diri kita sendiri setelah berkutat dengan berbagai rutinitas yang bikin kita bosen dan lelah. Gak ada salahnya kan buat dicoba.

Beberapa hal dibawah ini mungkin bisa sedikit membahagiakan diri kita versinya saya:

1 * Traveling

Gak usah deh keliling dunia kalau dana kita aja gak mencukupi, cukup keliling ke daerah sekitar aja, atau tempat lain yang gak terlalu jauh dan memakan budget yang besar. Seperti pantai atau pegunungan.


Pantai

Suasana yang masih alami dan indah yakin deh bakalan bikin kita terbawa suasana hepii. Lupain sejenak tugas rutin sehari-hari. Sudah waktunya ngecharge hidup kita dengan sekali-kali agak sedikit bebas berpetualang.


pegunungan

Bertemu dengan beberapa orang baru diperjalanan bahkan sesama teman akan membawa suasana beda, apalagi kalo kamu tipe backpacker, udah pasti gak terlalu ribet dengan akomodasi dan perintilannya yang serba heboh.

Baca ;


Tapi kalo kamu tipe yang  senang dengan kesunyian ato privacy ya gak ada salahnya kamu pesan penginapan yang sesuai dengan isi kantong kamu. Gak salah kok sekali-sekali keluar dana lebih asal kan kamu bahagia, looh iyakan ? memang bahagia itu kita yang ciptakan kok.
Semoga saja dengan beberapa hari berlibur, saat kembali mood kamu berubah jadi hepii dan gak suntuk lagi.

2 * Belanja

Sesekali gak ada salahnya belanja-belanja , meskipun gak ngeborong, minimal ada discount yang bisa kamu manfaatin. Coba lihat di lemari bajumu, adakah yang sudah gak bisa kamu pakai lagi atau sudah ketinggalan gaya ?

Memilah-milah pakaian bekas dan me mix and match nya dengan pakaian baru barangkali bisa jadi solusi kamu dalam penampilan.
Bagi sebagian orang belanja adalah kegiatan yang menyenangkan selama masih dalam batas yang wajar, gak melulu belanja barang mewah, sederhana dan ceria bisa jadi mewakili pribadimu.

Terserah kamu mau belanja apa aja asalkan gak menghabiskan danamu, yang penting tetap smart dalam pengeluaran yah .


3 * Makan/kuliner


kuliner

Ups, kalo ini sih jangan ditanya lagi yah, makan-makan merupakan hal yang bikin kita hepii, perut kenyang hatipun senang. Asalkan nggak berlebihan dan jatuhnya mubajir. Bisa kok kamu juga berbagi bahagiamu dengan membelikan makanan kesukaanmu buat kamu berikan dengan orang-orang yang membutuhkan, walau cuma sekedar nasi bungkus, itu sudah bikin kamu hepii.

Apalagi disaat ramadhan ini, kamu bisa membagi-bagi takjil gratis dengan orang-orang disekitarmu, selain kamu jadi bahagia, kamu juga bisa dapat pahala looh. Jadi dobelkan bahagianya.

4 * Berbagi

Meskipun harta kita enggak berlimpah, dengan saling berbagi sudah menunjukkan kalau kamu sebetulnya peduli dengan keadaan orang-orang disekeliling kamu. Kamu bisa ikut merasakan kesusahan mereka.

Kalau bukan hati kamu yang tergerak buat ngebantu, siapa lagi ? Niatkan dari hati bukan karena pamrih atau biar dinilai orang lain. lebih baik memberi dari pada menerima, lebih baik dari pada selalu menengadahkan tangan keatas.
Toh dengan memberi, harta kita gak akan berkurang, justru bertambah dan akan berlipat ganda pahalanya.

Hal-hal kecil demikian yang akan membuat kita merasa bahagia, semoga saja apa yang sudah kita beri bisa bermanfaat buat mereka, meskipun hanya secuil kuku yang bisa kamu beri, setidaknya itu menggugah hati kamu untuk tetap peduli dengan orang lain.

5* Nonton / kesalon / perawatan wajah

Ah berhubung sudah kebanyakan yang aku tulis, ni sesi terakhir aku jadiin satu aja yaks, belom tentu juga dibaca semuanya hi hi.

Nonton adalah salah satu hobi aku, aku pernah dalam seminggu dua x nonton film yang sama, bahkan dalam sebulan terakhir aku pernah sampai nonton empat kali film, dua kali film Dillan, My Stupid Bos 2 dan kapten Marvel.
Duh jangan ditiru yak, syukurnya ada juga yang dibayarin hi hi, jadi lumayanlah dari pada lu manyun.

Facial alias perawatan kayaknya perlu buat perempuan saat ini, yah biarpun bukan perawatan yang mahal banget, setidaknya dengan perawatan bikin kita tambah seger dan syantik kaya inces. Biarpun beda level hi hi.

Dan terakhir kesalon, yah sekedar buat perawatan rambut sekali-kali di massage di salon gak apa kali, atau potong rambut kamu yang udah mulai bercabang gak terawat. buat penampilan rambut kamu biar lebih fresh dan gaya. 

Kalo yang berhijab barangkali perlu juga perawatan rambut khusus di salon muslimah yah, soalnya sehari-hari kita sering banget menggunakan hijab dan berkeringat, atau rambut menjadi cepat kotor dan rontok.
Dengan perawatan yang sesuai mudah-mudahan gak ada lagi tuh rambut kusam.

Yups itu tadi beberapa hal yang mungkin bisa sedikit ngebahagiain diri sendiri. Baru deh kita bisa ngebahagiain orang lain.
Gimana dengan bahagianya versi kamu, walaupun bahagianya kita berbeda justru perbedaan itu yang membuatnya menjadi indah.


Salam Santun




7 Mei 2019

TRADISI UNIK SAAT RAMADHAN TIBA

7 Mei 2019

TRADISI UNIK SAAT RAMADHAN TIBA

Biasanya memasuki ramadhan tiba ada beberapa tradisi unik di setiap daerah. Kebanyakan mungkin masih mirip-mirip satu dengan yang lainnya, hanya saja sebutannya yang berbeda, namun justru perbedaan dan tradisi itu yang justru menyatukan kita.

tradisi ramadan
pixabay.com

Hari puasa pertama ditandai dengan sepinya nada pemberitahuan di smartphoneku. Agaknya mirip dengan yang lagi pada puasa pertama hari ini, sedikit lemes yak...jangan ya..teteup cemungut kaka...

Tadi sempet belanja kebutuhan dapur, Masya Allah tu pasar macetnya minta ampun dah. Angkot dan kendaraan lain bejubel jadi satu sehingga nggak ada lagi tempat yang nyaman ditambah pedagang kaki lima yang berjualan tumpah ruah memenuhi badan jalan, pade tumpeh-tumpeh.

Hadeeh, dimana-mana macet gak karuan, syukur cuaca hari pertama puasa enggak panas amat, malahan cenderung sejuk. Allhamdullilah ketolong dengan udaranya yang rada adem sisa hujan deras semalam.

Btw ni sambil ngetik biarpun puasa tetep aja semanget ditemenin lagu-lagu yang enak didenger biar hati tambah adem.

Yah biarpun dalam keadaan berpuasa enggak menurunkan semangat untuk tetap ngeblog, biarpun tulisannya enggak rame dan heboh seperti dipasar tadi , yang penting bisa menceritakan keseharian aku saat ini.

Baca :


Enggak bisa dipungkiri yang namanya bulan puasa yang jatuh setahun sekali ini banyak dinanti-nanti oleh para pedagang, apapun itu jenisnya.

Buat mereka ini saatnya meraup keuntungan dari hari-hari biasanya.
Enggak salah sih, cuman harga-harga lumayan naik boooo.

Pusing aku ngeliatin tawar menawar antar pedagang dan pembeli, maklum yang belanja kebanyakan ibu-ibu yang kekeh banget nawar belanjaan.

Kalo aku pada dasarnya emang gak begitu ngerti tawar menawar, seperlunya aja. Yang penting gak kemahalan amit, tetep aja gak mo rugi hi hi.

Kalo ngeliat ibu-ibu nawar barang itu buat aku kayak lagi nonton telenovela apa gitu...nyimak. Secara harga selisihnya gak jauh amat dengan pedagang sekitarnya.
Namun tetep aja kekeh nawarnya sambil sedikit ngedumel wk wk.

Gak berhasil di toko si anu melipir ketoko si ono buat ngebandingin harga.
Walah berhubung rada lebih mahal dikit, ujung-ujungnya si ibu balik lagi ketoko yang awal tadi.

Padahal udah lumayan ngotot-ngototan harga. Aku yang ngeliat aja pusiiing . Tapi itulah the power of emak-emak. Gak ada mereka pasar terasa sepi , kaya kuburan, lebeeh.

Tapi ditangan merekalah bisa kebeli beberapa item barang yang memang harganya cenderung naik, lumayan ngebantu ngatur keuangan dari suami yang tambah nipis hi hi.

Baca :


Aku kebetulan hari ini enggak banyak yang dibeli, sekedar cari sayuran dan lauk aja buat persiapan buka dan saur nanti malam. Kebetulan stok di kulkas juga dah mulai menipis. Yang pasti dibeli adalah kurma, karena itu makanan wajib keluargaku saat ramadhan tiba.

buah kurma
ilustrasi buah kurma
Biasanya aku beli kurma di supermarket atau minimarket karena lebih bersih dan praktis aja karena sudah didalam kotak-kotak, lagian ni bocah dirumah kok demen banget yak nyamilin kurma, padahal beberapa hari sebelum puasa aku sudah dapet kiriman kurma dari kakak perempuanku kurma majol yang besar ukurannya.

buah kurma
Tapi ya itu tadi keburu habis dicamilin anak semata wayangku, jadilah si mamah ini kudu nyetok lagi.

Biasanya kebiasaan berbuka di keluarga kecilku gak juga lumayan ribet. Kalo aku cukup segelas teh anget buat ngilangin dahaga ditambah beberapa buah kurma, dan sepotong cemilan.

Yang rada banyak maunya anak semata wayangku, yah maklumlah biarpun udah abg teteup yang namanya puasa kepinginnya ada menu yang sedikit berbeda dari hari biasanya. Soalnya hobinya memang ngemil. Jadi mamahnya kudu pinter buat-buat camilan yang disukai biar puasanya tetep semangat dan lancar.

Tapi kalo si mamah kumat maleznya ya cari gampangnya aja tinggal beli di pedagang makanan yang menjual bermacam takjil.

Dilanjut dengan solat magrib sendirian soalnya anak dan suami solatnya di masjid dekat rumah, hu hu sepi yaaa.

Maklum semenjak menikah aku dan suami mandiri dengan hanya seorang anak cowok remaja abg, rumah yang mungil berasa jadi gede karena kami tinggal hanya bertiga saja dan kebetulan rumah kami juga dua lantai, jadi berasa makin sepi dan gede aja ni rumah.

Biasanya sekitar pukul tujuh setelah selesai makan malam dilanjut dengan salat taraweh di masjid. Ini suasana yang bikin aku hepi banget, entah ada suasana dan rasa yang beda aja setiap memasuki ramadhan.

Ketemu dan solat bareng berjamaah dengan ibu-ibu dan anak-anak disekitar rumah bikin terasa ramai dan syahdu tiap kali puasa tiba. Biasanya kebiasaan di masjid kami hanya melaksanakan solat tarawih sebelas rokaat saja sudah termasuk witir.

Sebelumnya ada sedikit ceramah yang disampaikan oleh pak ustad. Karena biasanya diakhir solat usai kebanyakan anak-anak yang masih sekolah mendapatkan tugas untuk menulis tentang ceramah yang di berikan pak ustad, setelah selesai biasanya anak-anak meminta tanda tangan pak ustad sebagai tanda bahwa mereka telah selesai melaksanakan tugas sekolah.

Beberapa hari atau sehari sebelumnya biasanya diadakan munggahan istilah di daerah kami, yaitu berupa menghantarkan makanan yang dimasak sendiri untuk dikumpulkan di masjid, dan nantinya akan di bagi-bagi dan dimakan bersama-sama dengan jemaah lainnya atau dibawa pulang.

Pokoknya seru dan berkesan loh biarpun sederhana saja yang dimasak, namun suasana kebersamaan itu yang lebih terasa. Enggak tau yah apakah kebiasaan seperti ini juga masih ada ditempat lain. Kalau di tempatku masih terus berlangsung setiap tahunnya saat memasuki bulan puasa.

Kebiasaan lainnya adalah ziarah kubur beberapa hari atau sehari menjelang memasuki ramadhan. Biasanya suasana di sekitar kuburan akan terasa cukup ramai dan hikmad dengan banyaknya pengunjung yang datang.

Di sekitar pintu masuk juga banyak pedagang bunga-bunga dan air yang menjual dagangan mereka kepada pengunjung ziarah.

Biasanya fenomena pedagang ini muncul dadakan setahun sekali. Lumayanlah kita yang berkunjung gak perlu repot-repot membawa bunga dan air buat ditabur, keberadaan pedagang bunga dadakan ini lumayan ngebantu.

Lagian juga harga yang ditawarkan nggak juga mahal kok, selain itu kita juga sudah sedikit ngebantu dagangan mereka. Itung-itung ikut memberi rezeki buat mereka. Bahkan disana juga biasanya ada petugas yang ikut membersihkan kuburan, sehingga lumayan membuat lingkungan terasa lebih bersih.

Dengan hanya memberi sedikit upah kepada mereka, kuburan tetap terlihat bersih dan adem , karena biasanya mereka menyapu dan mencabuti rumput-rumput liar yang tumbuh di sekitar batu nisan. Kalo enggak di bulan ini kapan lagi kita berlomba-lomba mengumpulkan amal dan kebaikan di bulan penuh berkah ini.

Oh ya ada sedikit yang kelupaan, biasanya di daerahku masih ada tuh untuk membangunkan orang sawur dengan cara membunyikan irama tabuhan biarpun gak rame-rame amat, tapi aku selau ngidupin alarm buat berjaga-jaga.

Biasanya juga saat ramadhan tiba ada saja bunyi petasan atau mercon dan kembang api yang dihidupkan. sebetulnya ini lumayan berbahaya dan mengganggu sih, namun sepertinya biarpun sudah di rajia petugas tetep aja fenomena penjual petasan bulak-balik nongol.

Kalo jaman aku masih imut alias anak-anak bisanya menjelang puasa ada saja anak-anak yang memainkan alat yang terbuat dari sebatang bambu yang ujungnya di beri kain dan minyak tanah juga karbit, untuk menyumpal lubang bambu. Sayng aku gak berani ambil gambar di google, aku tipe yang masih takut buat ambil gambar sembarangan, kecuali gratis wk wk.

Setelah siap kemudian dinyalakan dengan korek api sehingga timbul suara yang mendentum, kalau ditempatku sih namanya jeduman alias meriam bambu wk wk jaman sekarang anak-anak gak ngerti mainan kayak gini, tauknya main hape ajah.

Semoga saja puasa kali ini kita semua selalu diberi kesehatan lahir dan batin dan dapat menjalankan ibadah puasa dengan sebaik-baiknya, Amiin.
Berhubung baru awal puasa masih belum banyak yang bisa aku ulas.

Gimana dengan tradisi atau kebiasan-kebiasan unik di tempatmu saat bulan puasa tiba ? Yuk berbagi kisah menarik disini...


Salam santun.


2 Mei 2019

MACAM TIPE PENABUNG

2 Mei 2019

MACAM TIPE PENABUNG

Pernah dengar kalimat menabung pangkal kaya atau sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit , tentu pernah dengar khan ?
Maunya sih dengan menabung yang sedikit demi sedikit dan berhemat bisa jadi kaya ha ha, apa masih berlaku enggak sih slogan itu.

uang
ilustrasi

Kali ini saya mo ngebahas beberapa tipe penabung berdasarkan kebutuhan dan kepribadian. Sebetulnya ini berdasarkan apa yang pernah saya lihat dan saya alami, jadi enggak juga seratus persen yang saya tulis ini sudah pasti benar yah, ini sekedar berbagi tulisan saja.

Beberapa tipe penabung :

* 1. Penabung Serius

buku tabungan
ilustrasi
Biasanya menabung memang karena gaya hidup alias sudah menjadi kebutuhan, secara dijaman sekarang kalo enggak pinter-pinter nyisipin duit buat ditabung mau jadi apa kita nanti.

Biasanya penabung tipe ini memang sudah paham banget dengan kewajiban tiap bulannya sehabis gajian, biasanya dia langsung menyisihkan uangnya untuk segera ditabung setelah membaginya kedalam pos-pos penting.

Teratur dan sudah terstrukur sedemikian rupa, sehingga enggak ada lagi urusan menabung jadi nomor kesekian, tapi menabung baginya sudah menjadi prioritas yang gak bisa ditunda-tunda. Pokoknya prinsipnya bisa diacungin jempol deh buat tipe penabung serius seperti ini.

Dia mengerti betul gimana kebutuhan yang mendesak atau enggak, baginya menabung itu suatu keharusan demi masa depan yang lebih baik, entah itu berupa deposito, saham dan sebagainya, atau dalam bentuk emas, pokoknya semua sudah demikian terencana dalam kesehariannya.

Baca ;


* 2. Penabung Di Celengan

Kebanyakan sih anak-anak yah. Kenapa saya sebut penabung dicelengan, iya karena mungkin saja belum ada dana yang cukup besar untuk membuka rekening atau menabung di bank.

Jadi cara yang cukup simpel yah hanya bisa menabung dicelengan saja.
Tapi itu sudah cukup lumayan loh, masih ada niat mau menabung dari pada enggak sama sekali.

Saya masih ingat dengan cerita masa kecil saya waktu sd atau smp barangkali yah, suka banget nabungin sisa uang jajan di celengan yang terbuat dari tanah liat alias celengan ayam atau kendi wk wk.

Giliran lagi kepepet, tuh saya suka banget ngambilin duit celengan dengan cara menyelipkan jepitan rambut di mulut celengan, dan dengan susah payah tu duit akhirnya bisa keluar juga dengan selamat, hi hi jangan ditiru yah adik-adik.

You know khan kalo mulut celengan dari tanah liat itu kecil banget, tapi aku ahli banget buat cungkil-cungkil tu duit, tapi suka diem-diem, soalnya kalo ketahuan bisa berabe dong, tapi enggak sering-sering juga sih, yah maklum aja namanya anak kecil yang kreatif dan inovatif ha ha.

*3. Penabung Konservatif

Saya pernah liat ada di suatu desa, yang masih menyimpan uangnya di dalam tabung bambu. Tapi itu sudah lama sekali, barangkali saja menabung di celengan bambu ini sudah enggak ada lagi yah, soalnya sekarang penduduk desa sudah mulai paham dan terbuka, apalagi banyaknya tabungan keliling dan simpedes, mereka sudah mulai melek teknologi.

Saat itu masyarakat di pedesaan barangkali masih belum mengenal caranya menabung di bank, atau jalan menuju kekota juga lumayan jauh, sehingga mereka memanfaatkan tanaman bambu untuk dijadikan tabungan.

Saat ini sih rasanya enggak mungkin lagi masyarakat pedesaan menabung di celengan bambu, apalagi sarana dan prasarana sudah lumayan maju dan memudahkan mereka untuk menabung di bank. Bank juga sudah banyak bermunculan di desa dan kecamatan.

* 4. Penabung Dadakan
perhiasan emas
Kenapa saya bilang penabung dadakan ? Biasanya fenomena ini sering muncul hampir tiap tahun, terutama menjelang hari raya.
Biasanya kebanyakan ibu-ibu yang rajin memborong emas buat dipakai saat hari raya, iya enggak sih.

Saya sering lihat jika menjelang hari raya banyak sekali bermunculan ibu-ibu dari berbagai rupa untuk membeli perhiasan emasnya menjelang hari raya tiba.
Barangkali buat dipakai saat hari raya , pembelian emas juga merupakan salah satu cara menabung yang cukup banyak dikalangan perempuan atau ibu rumah tangga biasa.

Juga dengan menabung berupa emas dan perhiasan, mereka juga tetap dapat bergaya sambil menabung loh. Pokoknya tetap cetar membahenol deh.
Gak ketinggalan sama inces Syahrini hi hi.

Menabung emas berupa batangan atau koin sebetulnya lebih baik ketimbang emas perhiasan. Namun kebanyakan perempuan lebih memilih perhiasan emas ketimbang emas batangan atau koin.

Selain untuk dipakai, juga kebanyakan untuk meningkatkan status sosial mereka. Asal jangan semua barang perhiasan dipakai semua yah, selain gak aman juga kok kesannya terlalu lebay yah bu ibu. cukup sederhana aja ya, supaya tetangga nggak ada yang sirik wk wk.

* 5. Penabung Arisan

Sebetulnya arisan ini masih termasuk katagori menabung atau enggak yah ?
Kebanyakan yang ngadain arisan adalah perempuan, dari berbagai rupa dan kalangan.

Biasanya terdiri dari sekelompok orang yang berjumlah sepuluh orang bahkan lebih. Kebanyakan mereka mengadakan arisan dengan mengumpulkan dana dari masing-masing anggota arisan yang jumlahnya sudah di sepakati setiap sebulan sekali. Dan jika saatnya tiba, arisan segera dikocok dan nama yang keluar itulah yang menerima dananya.

Cukup simpel sih sekaligus mempererat silaturahim sesama anggota sebulan sekali, sekarang sih banyak sekali fenomena arisan selebritis yang dananya gak sedikit, enggak cuma ratusan ribu saja bahkan puluhan juta rupiah, bahkan ada juga arisan berupa perhiasan batu intan atau permata.

Tapi kalau enggak siap gak usah ikut-ikutan yah, selain mehong juga kita kudu sadar diri, kalau kita tuh bukan artis. Tar yang ada bukannya menabung, malahan terjerat hutang, duh jangan sampai yah.

Yups itu tadi sekilas macam tipe penabung yang bermunculan dan ada di sekitar kita. Menabung hendaknya memang dilakukan sejak dini.
kebiasaan menabung sejak kanak-kanak akan melatih anak untuk terbiasa terorganisir dalam mengatur keuangan.

Semoga saja slogan hemat pangkal kaya dan sedikit demi sedikit lama lama menjadi bukit akan menjadi kenyataan.


Salam santun.



30 April 2019

KEBIASAAN YANG SERING DILAKUKAN PADA SAAT RAMADHAN

30 April 2019


KEBIASAAN YANG SERING DILAKUKAN PADA SAAT RAMADHAN

Ada anak bertanya pada bapaknya, buat apa berlapar-lapar puasa..
Ada anak bertanya pada bapaknya, tadarus taraweh apalah gunanya...
Lapar mengajarmu rendah hati selalu..
Tadarus artinya memahami kitab suci...
Taraweh mendekatkan diri pada Ilahi...

Masjid saat Ramdhan
pixabay.com

Gak kerasa beberapa hari lagi selaku umat muslim akan menjalankan ibadah puasa, disini aku selaku pemilik blog mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa bagi teman-teman yang menjalankan, dan aku juga minta maaf banget apabila ada tulisanku yang nggak berkenan atau menyinggung teman-teman, baik yang disengaja ataupun yang enggak disengaja, sekali lagi aku mohon maaf.

Sebetulnya apa yang kutulis ini barangkali hal-hal biasa yang sudah menjadi kebiasaan selama bulan ramadhan, meskipun belum tiba waktunya, namun aku hanya sedikit mengulas tentang kebiasaan-kebiasaan yang terkadang justru kita lakukan kadang bertolak belakang dengan hakekat puasa itu sendiri.

Baca :


Tanpa banyak cingcong ini ada beberapa kebiasaan yang sering kita lakukan pada saat bulan puasa :

*1. Buka Puasa Dengan Menu Berlebihan.

Hayooh, siapa yang suka beginiii. Kayaknya hampir kebanyakan dari kita pada saat sedang menjalankan ibadah puasa itu kepinginnya pas saat berbuka silep mata alias kalap kepingin makan ini itu saat berbuka.

Sudah dari siang hari nyiapin menu atau kalau malas buat, suka beli takjil yang memang sangat beragam sekali, dimana-mana ada saja menu-menu yang bikin kita ngiler. Kayaknya semua kepingin diborong. 

Beli ini itu, giliran buka puasa, ternyata yang diminum hanya segelas teh hangat dan empat buah kurma saja rasanya sudah cukup sejenak ngilangin rasa dahaga dan lemas setelah puasa seharian. Hayoo ngaku deh...mubazir banget khan jadinya ?

*2. Lebih Boros Pengeluaran.

Ngaku deh, kebanyakan memang lebih boros pengeluaran saat bulan puasa, padahal itu  hanya setahun sekali, tapi pengeluaran justru lebih banyak pada saat bulan puasa, iya apa iya...
Budget justru terasa lebih besar karena kita sudah keburu kalap dan kepinginnya beli ini beli itu buat berbuka.

Padahal ada ungkapan atau kata-kata bahwa pada saat bulan ramadhan justru setan-setan dibelenggu, dan kita di wajibkan mengendalikan hawa nafsu, termasuk nafsu buat makan yang berlebihan.

Katanya disaat bulan puasa kita bisa ikut merasakan kesusahan orang-orang yang enggak mampu, yang lapar dan dahaga, eeh justru kenapa kita malah lebih boros dari bulan - bulan sebelum puasa yah. Hakekat puasa jadi sedikit berkurang.

*3. Sibuk Ngeborong Belanjaan /Ngemall.

Kebanyakan sih ibu-ibu, padahal puasa juga belum mulai, eeh ada saja alasan ibu-ibu buat belanja keperluan lebaran. Heloow...
Alasannya biar dapet harga lebih murah, gak desak-desakan kalo lagi belanja. 

Soalnya kalo udah mepet deket hari raya bakalan tumplek dan rame sehingga ibu-ibu semangat banget buat ngeborong belanjaan di pusat-pusat perbelanjaan. Apalagi kalo lagi dapet diskon beli satu dapet sepuluh wk wk.
Rela banget ngantri di mall buat ngeborong.

*4. Suka Mojok Sambil Ngumpet Jajan

Iya, kadang aku suka ngeliat emak-emak yang ngumpet-ngumpet dipojokan kantin abang-abang bakso atau mie ayam dan abang es.
Barangkali kecapean, laper dan haus sehabis seharian keliling belanja alias ngemall. WOW..Salah sendiri ngapain belanja dan capek-capek seharian.

Kadang karena kepergok alias ketahuan, emak-emak tuh suka cuek alias sebodo aja kalo kelihatan, tetep aja asik nyeruput bakso dan es, padahal kita yang sedang lewat suka ngerasa gimana gitu liatnya. Duuh ngegoda iman aja nih emak-emak. Sabar-sabar....iih padahal beduk magrib juga masih lama...

*5. Awal Puasa Masjid Full, Mendekati Akhir Masjid Berkurang.

Suka merhatiin enggak sih, kenapa diawal-awal puasa sampai pertengahan bulan masjid cenderung full, bahkan kadang gak kebagian tempat yang pas buat solat taraweh. Awal-awal masih rajin dan semangat banget buat taraweh dilanjut dengan witir, dan juga mendengarkan ceramah pak ustad.

Lama-kelamaan ada yang udah enggak kuat lagi dan ngantuk, barangkali karena kebanyakan makan apa yah, solat jadi kurang khusuk.
Kebetulan pelaksanaan solat taraweh di tempatku itu 4-4-3 ups bukan main bola ya... ini 11 rakaat sudah termasuk witirnya. Sebetulnya enggak juga lama-lama amat, tapi kebanyakan setelah delapan rakaat, witirnya ditinggalin dan pada kabur satu persatu, itu fenomena yang sering terjadi ditempatku hi hi.

Giliran sudah mendekati akhir puasa isi masjid sudah tak lagi full alias mulai berkurang jumlah jamaahnya, kebanyakan sih jemaah perempuan yah, alasannya karena memang sedang ada tamu bulanan, kalo ini sih emang udah kodrat dari sononya yak.

Nanti makin akhir waktu ramadhan semakin mengerucut tuh shaf-shaf di masjid, yang awalnya full capacity menjadi mengerucut menjadi hanya dua shaf saja, memang kebetulan masjid di tempatku juga enggak besar-besar amat sih.

Kebanyakan jamaah perempuan, alasannya karena kecapean seharian persiapan buat kue-kue lebaran, sehingga malamnya enggak taraweh, yah terkadang saya juga sesekali masih begitu, ampuni saya ya Robb.

*6. Akhir Puasa Badan Tambah Gendut

Ya iyalah, gimana nggak tambah endut, wong niatnya puasa bukan menahan hawa nafsu, tapi justru kilaf mata dan perut. Semua- semua di serbu, pas buka puasa menunya enggak cukup kalau hanya sepotong kue-kue atau es buah yang full dengan susu ditambah semangkuk kolak pisang yang bersantan.

Ditambah lagi dengan jajan gorengan yang enggak sehat banget deh, dan juga kurangnya makan sayur dan buah, duh perut rasanya begah banget deh.
Jangan ditiru yah kalo yang ini.

Habis pulang solat taraweh bukannya istirahat, justru nambah ngemil alias makan lagi yang full, terus langsung tidur pulas karena kekenyangan.

Dan pada saat hari raya tiba berhubung menu yang disajikan kebanyakan bersantan dan berlemak serta serba daging dan macam-macam kue toples yang enak dan manis, ujung-ujungnya diakhir puasa malahan penyakit yang datang.
Duh jangan sampe yah.

KIta kan kepinginnya pas hari raya saling bermaafan dan bahagia berkumpul dengan sanak keluarga, bukannya kita justru sakit karena enggak bisa mengendalikan hawa nafsu kita disaat bulan puasa, apalagi menyangkut makanan.
Jadi yang didapat enggak ada dong hikmahnya setelah satu bulan full kita menjalankan ibadah puasa.

Semoga saja tulisanku ini bisa sedikit mengingatkan kita, termasuk aku pribadi untuk enggak terlalu boros dan ngoyo disaat bulan puasa, karena sudah selayaknya bulan puasa diisi dengan hal-hal yang bermanfaat dan enggak kebablasan dalam mengendalikan segala hal yang buruk.

Sengaja aku tulis sebagai pengingat sebelum kita memasuki bulan puasa yang tinggal sesaat lagi.
Karena aku juga masih terus belajar dan masih banyak salah dan khilafnya.

Btw, gimana dengan teman-teman , kebiasaan atau hal-hal apa yang sering dilakukan pada saat bulan puasa ?


Salam santun.